Curug Gorobog, Keindahan Alam Sumedang Yang Menyejukkan

Curug Gorobog dapat menjadi pilihan tempat wisata alam di Sumedang, Jawa Barat. Tempat dan suasananya masih asri namun sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung yang akan memudahkan aktivitas pengunjung.

Sumedang merupakan tempat yang tepat untuk nyantuy, dan merasakan kesejukan serta menikmati keindahan alam. Karena di kota yang terkenal akan tahunya ini masih memiliki alam yang asri dan terjaga dengan baik.

curug gorobog
curug gorobog. google maps. sumber: Firnanda Eryawan

simak juga: tempat wisata di sumedang

Kabupaten Sumedang memiliki cukup banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata modern. Liburan kamu dijamin seru dan tak terlupakan.

Berikut deskripsi tentang Curug Gorobog, sebagai bahan referensi tempat wisata alam di Sumedang akhir pekan ini.

Lokasi dan Alamat Curug Gorobog

Lokasi Curug Gorobog berada di kaki Gunung Goong, alamat tepatnya berada di Desa Wisata Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Gorobog

Akses menuju Curug Gorobog jika dari Alun-Alun Sumedang kira-kira sejauh 7 km menuju ke arah kanan. Jalur menuju curugnya hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

Sepanjang perjalanan kamu akan melewati beberapa tempat wisata, ketika menemukan gapura selamat datang masuklah hingga akhirnya kamu tiba di loket tiket masuk.

jembatan yang dijadikan spot foto
jembatan yang dijadikan spot foto. google maps. sumber: daroni saja

simak juga: puncak damar jatigede

Jam Buka Curug Gorobog

Jam operasional Curug Gorobog buka setiap hari, selama 24 jam penuh.

Harga Tiket Masuk Curug Gorobog

  • Harga tiket masuk Curug Gorobog sebesar Rp. 10.000,- per orang.
  • Parkir motor sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Curug Gorobog

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Curug Gorobog diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Gazebo,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
background foto yang sempurna
background foto yang sempurna. google maps. sumber: Indra Susandi

simak juga: tahura gunung kunci

Trekking Curug Gorobog

Trekking Curug Gorobog sangat mudah untuk dilalui, jalannya sudah tertata dengan baik nggak ada tuh jalan bertanah dan penuh batu.

Selepas dari loket tiket masuk, kamu tinggal ikuti saja jalan setapak tersebut hingga akhirnya tiba di tingkatan pertama dari Curug Gorobog.

Pemandangan di sepanjang perjalanan sejuk dan indah, adem banget liatnya. Udara yang terasa juga segar, jauh dari kata panas dan gerah.

Daya Tarik Curug Gorobog

1. Air Terjun Tiga Tingkat

air terjun tiga tingkat
air terjun tiga tingkat. google maps. sumber: Al Marson

simak juga: curug ciputrawangi

Curug Gorobog berada di kaki Gunung Goong, sehingga udara yang terasa sejuk dengan sajian alam yang dihadirkan asri dan juga indah. Enak banget deh pokoknya, apalagi saat pergi bersama dengan keluarga tercinta.

Air Terjun atau Curug Gorobog memiliki tiga tingkatan aliran air terjun, tingkatan pertama memiliki kolam penampungan yang tak begitu besar. Lokasinya dekat dengan jalur trekking.

Untuk menuju tingkat yang kedua, kamu harus berjalan menaiki tangga yang sudah tersedia. Tangganya pun terbuat dari tanah, dan hanya memiliki pegangan dari bambu. Air terjun di tingkat ini cukup lebar, jika sedang deras mirip seperti Niagara mini.

Kolam penampungannya pun cukup lebar, sehingga banyak pengunjung yang berenang dan bermain air di sini. Air terjun atau curug di tingkat yang ke dua ini merupakan spot favorit para pengunjung.

bermain air
bermain air. google maps. sumber: SETA SEBASTIAN

simak juga: alun-alun sumedang

Tingkatan yang paling atas merupakan sumber dari air terjun pada tingkat ke dua dan ke pertama, namun jarang dikunjungi karena harus menapaki anak tangga yang tak jauh berbeda dari sebelumnya.

Aliran air dari Curug Gorobog tergantung pada musim, maka waktu yang tepat mengunjunginya ialah ketika musim hujan dimana air terjun yang mengalir banyak.

2. Alam Yang Sejuk

Di sekitar Curug Gorobog terlihat masih asri dan juga sejuk, hal tersebut ditandai dengan rindangnya pepohonan di kawasan wisata alam tersebut.

Penataannya cantik dan pas, tanpa merusak alam namun fasilitas penunjang cukup memadai. Misalnya saja keberadaan gazebo, yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantap bersama sambil menikmati alam.

alam yang asri
alam yang asri. google maps. sumber: samsi ST

simak juga: wana wisata kampung ciherang

Bebatuan besar di sepanjang aliran sungai maupun di sekitar curug dibiarkan begitu saja, hingga kesan alami kian terasa. Jangan lupa hunting beberapa foto yang keren ya, untuk kemudian kamu unggah ke media sosial yang dimiliki.

Penutup

Sebuah wisata alam seperti Curug Gorobog atau yang lainnya, memiliki beberapa cerita mistis hingga mitos yang dipercaya oleh sebagian orang.

Namun yang pasti, keindahan alam dari Curug Gorobog sangat asri dan menyejukkan. Enak banget untuk dijadikan lokasi relaksasi dan me time.


shopee