Wana Wisata Kampung Ciherang, Hamparan Pohon Pinus Yang Menakjubkan

Mengunjungi sebuah tempat yang memberikan keindahan alam yang menakjubkan, merupakan hal yang paling dicari saat ini. Dengan banyaknya tempat wisata yang ditutup sementara akibat penyebaran Virus Covid-19 membuat kita berusaha lebih keras untuk mencari lokasi berlibur yang tepat.

Di Sumedang, Jawa Barat terdapat tempat wisata yang indah dan menakjubkan yang bernama Wana Wisata Kampung Ciherang. Wana wisata ini memiliki beragam wahana atau keseruan yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu berlibur.

Landmark Yang Selau Dijadikan Spot Foto
Landmark Yang Selau Dijadikan Spot Foto. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga:10 wisata seru di Sumedang

Selain itu Wana Wisata Kampung Ciherang memiliki ratusan pohon pinus yang berjajar dengan rapih memayungi kamu selama berada di sini. Sungguh indah sekali, selain itu udara yang kamu hirup pun menyegarkan.

Berikut ulasan lengkap mengenai Wana Wisata Kampung Ciherang:

Perjalanan Menuju Wana Wisata Kampung Ciherang

Untuk menuju Wana Wisata Kampung Ciherang cukup mudah dilalui, selama di perjalanan akan disajikan dengan pemandangan yang sangat alami.

Jalur mendekati Wana Wisata Kampung Ciherang memang belum beraspal, namun masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua perjalanan akan lebih menyenangkan, karena kamu dapat melihat secara langsung keindahan alam dan kesejukan yang dihadirkan.

Jika kamu menggunakan kendaraan mobil, harus berhati-hati dan tetap waspada karena jalan yang akan dilalui tidak cukup lebar. Selain itu jalurnya didominasi oleh jalanan yang menanjak.

Kamu pun akan melalui jalanan yang menurun dengan pemandangan hamparan sawah, tak berselang lama kemudian akhirnya kamu akan tiba di area parkir Wana Wisata Kampung Ciherang.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan kaki menuju area pintu masuk Wana Wisata Kampung Ciherang.

Lokasi Wana Wisata Kampung Ciherang

Lokasi Wana Wisata Kampung Ciherang berada di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Wana Wisata Kampung Ciherang

Rute menuju Wana Wisata Kampung Ciherang jika kamu bergerak dari Bandung, kamu arahkan kendaraanmu keluar dari Tol Cileunyi kemudian kamu harus menuju Jatinangor lalu tiba di Alun-Alun Tanjungsari.

Jarak Wana Wisata Kampung Ciherang berada sekitar 10 km dari kawasan Tanjungsari. Lalu berkendaralah menuju Tungturunan Tanjungsari, dengan belok kiri dekat pangkalan ojeg.

Setelah tiba di Desa Pasigaran, kamu akan tiba di Desa Kadakajaya tibalah kamu di Desa Cijambu.

Jam Buka Wana Wisata Kampung Ciherang

Jam operasional Wana Wisata Kampung Ciherang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Tiket Wana Wisata Kampung Ciherang

Tiket masuk dan parkir menuju Wana Wisata Kampung Ciherang, yakni:

  • Tiket masuk tanpa bermain wahana yang ada sebesar Rp. 20.000,- per orang
  • Tiket masuk dengan bermain wahana yang ada sebesar Rp. 40.000,- per orang
  • Sewa Gazebo sebesar Rp. 10.000/jam
  • Parkir Motor sebesar Rp. 5.000,- per unit
  • Parkir Mobil sebesar Rp. 10.000,- per unit
  • Jika kamu ingin berfoto menggunakan jasa fotografer kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- untuk 2 kali pengambilan foto.

Simak juga: Memandang Keagungan Merapi dari Bukit Kelangon

Fasilitas Wana Wisata Kampung Ciherang

Fasiitas yang ada di Wana Wisata Kampung Ciherang terdiri dari:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Spot-spot selfie
  • Gazebo atau saung-saung sederhana
  • Camping Ground
  • Kolam renang

Daya Tarik Wana Wisata Kampung Ciherang

1. Sejuknya Hutan Pinus

Wana Wisata Kampung Ciherang berada di lokasi dengan dipenuhi pohon pinus yang berjajar dengan indahnya. Suasana di sekitarnya sangat indah dan sejuk sekali, udara yang kamu hirup pun sangat segar. Terbebas dari yang namanya polusi udara.

Jajaran Pohon Pinus Yang Selalu Memayungi
Jajaran Pohon Pinus Yang Selalu Memayungi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dengan hadirnya pohon pinus membuat kita menjadi tenang, tempat yang tepat untuk berpiknik bersama keluarga. Bercengkrama bersama keluarga dengan menyantap makanan yang dibawa.

Lokasi Wana Wisata ini sangat luas sekali dan di setiap sudutnya ditumbuhi pohon pinus, meskipun kamu datang berkunjung di siang hari panas matahari tak akan langsung kamu rasakan karena terhalang oleh riuhnya pohon pinus. Berfoto dengan latar pohon pinus jangan sampai kamu lewatkan.

Berpiknik Bersama Keluarga
Berpiknik Bersama Keluarga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Berenang Di Kolam Yang unik

Wana Wisata Kampung Ciherang memiliki kolam yang sangat unik dan instagramabel banget, dimana kolamnya berbentuk bulatan-bulatan yang saling berkesinambungan.

Bentuk Kolam Renang Yang Unik
Bentuk Kolam Renang Yang Unik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air kolamnya berasal dari sumber mata air yang langsung dialirkan melalui sebuah pipa air, sehingga air yang dihadirkan sangat bersih sekali.

Kamu akan merasakan sensasi berenang di kolam yang unik dan jernih dikelilingi dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Gardu Pandang Melihat Indahnya Kolam
Gardu Pandang Melihat Indahnya Kolam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Mencoba Wahana Permainan Yang Ada

Wahana Permainan Yang Ada
Wahana Permainan Yang Ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Berburu foto instagramable di Canting Mas Puncak Dipowono 

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Wana Wisata Kampung Ciherang yakni:

  • Outbound
  • Mini Motoross
  • Bermain kuda tunggang
  • Area bermain anak
  • Sepeda udara
  • Arung jeram
  • Kolam bebek kayuh

4. Camping

Untuk kamu yang ingin lebih lama menikmati keindahan Wana Wisata Kampung Ciherang dengan cara camping, kamu dapat melakukannya di area yang telah ditentukan.

Camping Seru
Camping Seru. Sumber: pesonawisataindonesia.com

Kamu ngga perlu repot-repot membawa perlengkapan untuk camping, karena pihak pengelola Wana Wisata ini menyewakan peralatan untuk camping.

Merasakan sejuknya udara di malam hari dengan hanya ditemani suara serangga sepanjang malam, merupakan pengalaman yang tak mudah untuk dilupakan.

5. Spot Foto yang Ciamik

Lokasi yang indah seperti di Wana Wisata Kampung Ciherang ini masih dilengkapi dengan beberapa spot foto untuk memanjakan kamu yang hobi fotografi. Disini terdapat beberapa spot foto yang dapat kamu manfaatkan.

Salah Satu Spot Selfie
Salah Satu Spot Selfie. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pantai Boom Banyuwangi

Objek Wisata Lainnya 

Selain Wana Wisata Kampung Ciherang, masih ada beberapa tempat wisata yang ada di Sumedang yang harus kamu kunjungi. Yakni diantaranya:

1. Batu Dua

Batu Dua merupakan sebuah lokasi yang sering digunakan untuk olahraga paralayang, selain itu pemandangan alamnya pun sangat indah sekali. Batu Dua berada di Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Sumedang.

Selain menjadi spot terbaik untuk paralayang, ternyata Batu Dua juga merupakan sebuah tempat wisata sejarah dan budaya. Yakni adanya keberadaan sebuah makam Raja Sumedang yang pertama bernama Prabu Tajimalela.

2. Desa Wisata Pangjugjugan

Desa Wisata Pangjugjugan berada di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang. Disini merupakan tempat dimana kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman seru dan menarik, seperti melihat peternakan kelinci, kambing, sapi perah dan potong, tak ketinggalan ada juga kegiatan outbound.

Wana Wisata Kampung Ciherang merupakan tempat yang tepat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga ataupun kawan komunitas. Areanya yang sangat luas serta teduh, merupakan tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Selamat menikmati keindahan alam yang disajikan Sumedang ya, jangan lupa untuk selalu menjaga alam supaya alam selalu menjaga kita.


Leave a Comment