Situ Biru Cilembang, Danau Biru Cantik Di Sumedang

Situ Biru Cilembang merupakan tempat wisata alam di Sumedang yang masih jarang diketahui banyak orang, padahal memiliki potensi alam yang luar biasa indah.

Tidak terlalu ramainya Situ Biru Cilembang menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian orang yang menginginkan suasana liburan yang tidak terlalu ramai.

situ biru cilembang
situ biru cilembang. google maps. sumber: Arif Gunawan

simak juga: wana wisata kampung ciherang

Sesuai dengan namanya, situ atau danau ini memiliki air yang berwarna biru dan akan terlihat sangat cantik ketika terkena sinar matahari. Sparkling-sparkling gitu deh pokoknya…

Berikut deskripsi selengkapnya tentang Situ Biru Cilembang, sebagai bahan referensi tempat wisata alam di Sumedang yang harus kamu kunjungi.

Lokasi Dan Alamat Situ Biru Cilembang

Lokasi dan alamat Situ Biru Cilembang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Danau Biru Situ Cilembang

Rute menuju Danau Biru Situ Cilembang atau Situ Biru Cilembang dengan mengarahkan kendaraan menuju Gunung Puyuh Nangorak.

Kemudian lanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di Hariang – Cisumur, untuk kemudian tinggal mencari lokasi dari tempat wisata Situ Biru Cilembang.

Akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan pemandangan di sepanjang perjalanan sangat indah dan menyejukkan.

gapura situ biru cilembang
gapura situ biru cilembang. google maps. sumber: Mulyana Goeser

simak juga: mata air cikandung

Jam Buka Danau Biru Situ Cilembang

Jam operasional dari Situ Biru Cilembang setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Danau Biru Situ Cilembang

Tiket masuk Situ Biru Cilembang dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Fasilitas Danau Biru Situ Cilembang

  • Gazebo atau saung,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
hidden paradise
hidden paradise. google maps. sumber: traveling lie fa min

simak juga: curug ciputrawangi

Trekking Menuju Danau Biru Situ Cilembang

Untuk menuju Situ Biru Cilembang, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu. Jalur yang dilalui masih sangat alami, dengan suasana pedesaan yang sangat khas.

Telah tersedia papan petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju Danau Biru Situ Cilembang, sehingga kamu nggak usah khawatir kesasar.

Jalur yang dilalui dipenuhi dengan bebatuan dan juga tanah, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin. Jarak yang harus kamu tempuh sekitar 500 meter dari area parkir, nggak terlalu jauh bukan?

Daya Tarik Danau Biru Situ Cilembang

Danau Biru Situ Cilembang memiliki beberapa nama atau panggilan, yakni:

  • Situ Biru Cilembang,
  • Situ Biru Hariang,
  • Danau Biru Hariang Cilembang, serta
  • Labuan Cermin Cilembang Sumedang (karena mirip dengan Labuan Cermin di Kaltim).
mencoba segarnya air danau
mencoba segarnya air danau. google maps. sumber: CALON BOSS BESAR

simak juga: mata air sirah cipelang

Dibalik banyaknya nama dari tempat wisata alam di Sumedang ini, memiliki beberapa daya tarik sebagai berikut:

1. Area Berenang

Bermain air atau berenang merupakan kegiatan yang seru dan menyenangkan, apalagi jika dihiasi pemandangan yang sejuk.

Itulah yang dapat kamu rasakan ketika mengunjungi Danau Biru Situ Cilembang ini, air kolamnya sangat jernih juga bersih dan di sekitarnya dihiasi area sawah juga pepohonan yang rindang.

Kolam tersebut dimanfaatkan oleh warga sekitar maupun pengunjung untuk berenang, ataupun melakukan kegiatan seru lainnya. Letaknya berada di area depan, sebelum menuju sang primadona Situ Biru Cilembang.

area kolam berenang
area kolam berenang. google maps. sumber: Ary Bunda NaDlan

simak juga: nangorak camp

2. Situ Biru Cilembang

Danau Biru Situ Cilembang juga banyak yang menyebutnya sebagai “hidden paradise”, karena keindahan kolamnya yang tersembunyi diantara rindangnya pepohonan.

Danau atau Situ Biru Cilembang memiliki air yang sangat jernih, juga berkilauan apabila terkena sinar matahari pokoknya cantik sekali.

Agak susah untuk menuju lokasi karena kita harus melewati bebatuan yang besar, namun keindahannya membuat kita penasaran ingin menikmatinya.

Kedalaman dari Situ Biru Cilembang ini sekitar 3 meter, namun pengunjung yang datang tidak diperkenankan untuk mandi atau sekedar bermain air.

Karena air dari Situ Biru Cilembang dipergunakan untuk kebutuhan air bersih dari masyarakat di sekitarnya. So, kita hanya dapat menikmati keindahannya dengan mengambil beberapa gambar atau video saja.

danau biru yang cantik
danau biru yang cantik. google maps. sumber: Nizar Ridwan

simak juga: kampung toga

Danau Biru Situ Cilembang baru dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2016 lalu, dan sempat viral di berbagai media sosial karena keindahan danaunya.

Keindahan Situ Biru Cilembang ternyata menyimpan kisah mitos yakni di setiap hari Selasa dan Jumat, air kolam yang awalnya berwarna biru akan berubah warna.

Penutup

Danau atau Situ Biru Cilembang sudah ada sejak dulu, keindahan dan keunikannya sungguh mempesona. Wajib banget untuk dikunjungi jika kamu sedang berada di Sumedang, Jawa Barat.


shopee