Paralayang Batu Dua, Pesona Sumedang Diketinggian

Batu Dua Gunung Lingga menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang wajib kamu datangi. Bicara soal keindahan alam, Sumedang memang memiliki pesonanya tersendiri.

Batu Dua Gunung Lingga atau juga sering disebut Batu Dua Sumedang atau Paralayang Batu Dua ini bisa menjadi jawaban ketika kamu merasa stress karena terjebak pada rutinitas.

Tahukah kamu dalam ilmu psikologi bahwa setiap orang berhak untuk merasakan kebahagiaannya dalam hidup. Nah salah satu cara untuk mencintai dan membahagiakan diri sendiri ialah dengan berlibur.

hamparan keindahan yang tersaji
hamparan keindahan yang tersaji. google maps. sumber: Iip Wahyu

simak juga: tempat wisata di sumedang

Dengan panorama yang indah, suasana yang sejuk, serta jauh dari segala problematika adalah keinginanmu saat ini. Tak perlu ragu untuk menentukan Batu Dua Gunung Lingga Sumedang ini menjadi pilihan utama liburanmu akhir pekan ini.

Selain untuk menikmati suasana, kamu juga bisa memanfaatkan wahana wisata paralayang. Terutama bagi kamu yang menyukai olahraga penuh tantangan dan memicu adrenalin.

Oleh karenanya, berwisata ke Batu Dua Gunung Lingga Sumedang ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk kamu kunjungi di akhirpekan ini Bersama kawan, orang terkasih, atau Bersama keluarga tercinta.

Lokasi Batu Dua Gunung Lingga

Lokasi wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga ini berada di alamat Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Batu Dua Gunung Lingga

Banyak yang bertanya tentang rute yang dapat ditempuh menuju puncak ketinggian Wisata Paralayang Batu Dua Gunung Lingga. Nah, supaya kamu tidak bingung kami sajikan informasi lengkap rute yang bisa kamu gunakan.

Apabila kamu berangkat dari Terminal Bus Ciakar, Jl. Prabu Gajah Agung No.10, Situ, Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, kamu bisa ambil arah Timur di Jalan Prabu Gajah Agung menuju Terminal Ciakar dengan jarak tempuh sekitar 1,4 km.

Kamu akan tiba di bundaran, terus lurus ke jalan Lkr. Sumedang-Wado/Jalan Prabu Tadjimalela/Jalan Raya Wado Sumedang dengan jarak 1,7 km.

suasana di malam hari
suasana di malam hari. google maps. sumber: Benny Novianugroho

simak juga: gunung batu tanjungsari

Lalu belok kiri ke Jalan Lkr. Sumedang-Wado/Jalan Raya Wado-Sumedang/Jalan Sebelas April dengan jarak tempuh sekitar 17,2 km.

Selanjutnya kamu belok kanan ke jalan Linggajaya sejauh 1,0 km dan belok kiri ke Jalan Batu Dua sejauh 1,8 km. Tetap dijalan Batu Dua untuk selanjutnya belok kanan sebanyak dua kali dengan jarak tempuh 1,3 km.

Waktu yang dibutuhkan dari Terminal Ciakar, Sumedang menuju Wisata Dua Gunung Lingga sekitar 52 menit dengan jarak tempuh sekitar 24,5 km.

Jam Buka  Wisata Batu Dua Gunung Lingga

Kamu bisa mengunjungi objek wisata Batu Dua Gunung Lingga setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Wisata Batu Dua Gunung Lingga

Untuk kalian yang ingin berwisata ke Batu Dua Gunung Lingga sambil menikmati udaranya yang sejuk serta alam pegunungan yang indah, kalian cukup mengeluarkan uang Rp30.000 untuk tiket masuk.

Harga yang setimpal dengan keindahan serta suasananya yang pasti bikin kamu nyaman dan betah berlama-lama di Wisata Batu Dua Gunung Lingga.

gowes seru
gowes seru. google maps. sumber: Agus Sudiyantoro

simak juga: wana wisata kampung ciherang

Fasilitas Wisata  Batu Dua Gunung Lingga

Untuk menambah daya tarik wisatawan pengelola objek wisata Batu Dua Gunung Lingga tentu menyediakan fasilitas yang bisa dinikmati dan digunakan pengunjung.

1. Area Parkir

Tidak usah khawatir bagi kalian yang berniat mengunjungi Batu Dua Gunung Lingga kendaraan roda dua atau roda empat  Kamu akan terparkir dengan rapih dan aman di area parkir yang cukup luas.

2. Toilet

Untuk menambah kenyamanan kamu  saat berkunjung kesini, pihak pengelola pun tentu menyediakan toilet umum yang bisa digunakan untuk mandi, terkhusus bagi para wisatawan yang bermalam di tempat wisata ini.

3. Mushola

Tempat Sholat yang nyaman  tentu fasilitas wajib yang sangat dibutuhkan bagi umat muslim. Dengan adanya Mushola, Kamu bisa beribadah dengan khusyuk disuasana sejuk pegunungan.

jalur trekking yang harus dilalui
jalur trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: Ase Darsono

simak juga: mata air cikandung

4. Penginapan

Ada penginapan juga disini untuk memudahkan kamu yang ingin menikmati suasana malam di Batu Dua Gunung Lingga. Bermalam di alam yang indah dan dimanjakan dengan lampu kota, semakin melengkapi liburanmu bukan?

Daya Tarik Wisata Batu Dua Gunung Lingga

1. Spot Foto Instagramable yang Aesthetic

Berkunjung ke tempat wisata yang keren tidak lengkap rasanya tanpa berfoto. Batu Dua Gunung Lingga menghadirkan spot foto terbaik yang sangat cocok untuk di unggah ke sosial mediamu dengan hamparan pemandangan yang indah disetiap titiknya.

spot foto yang ada
spot foto yang ada. google maps. sumber: Arviana Budimantrias

simak juga: waduk jatigede

2. Spot Paralayang Terbaik Di Sumedang

Para pencinta olahraga Paralayang tentu akan sangat senang dengan spot-spot Paralayang terbaik yang ada di Batu Dua Gunung Lingga. Tak heran, tempat ini pernah dijadikan tuan rumah kompetisi Paralayang internasional.

Oleh karena itu, tempat wisata di Sumedang ini disebut juga sebagai Paralayang Batu Dua. So, selain di Bukit Toga kamu juga dapat mencoba wisata ekstrem tersebut di sini.

3. Waduk Jatigede dan Puncak Damar

Melihat panorama Waduk Jatigede dan Puncak Damar di ketinggian 930 mdp,l objek wisata Batu Dua Gunung Lingga ini sangat cocok untuk menyegarkan mata.  Spot ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Batu Dua Gunung Lingga.

paralayang batu dua
paralayang batu dua. google maps. sumber: Edi Setiawan

simak juga: puncak damar jatigede

Penutup

Itulah informasi lengkap wisata Batu Dua Gunung Lingga yang sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing dari penat nya hiruk pikuk perkotaan.

Tempat yang indah, nyaman dan sejuk tepat untuk piknik bersama pasangan, teman dan keluarga. Tidak lupa untuk tetap patuhi protokol Kesehatan serta terus menjaga kebersihan lingkungan. Selamat berlibur!


shopee