Kiarapayung Camp, Tempat Camping Berstandar Nasional Di Sumedang

|

Kiarapayung Camp atau lebih dikenal Kiarapayung Jatinangor salah satu tempat camping yang sejuk dan indah, yang lokasinya berhadapan langsung dengan Gunung Geulis.

Bumi Perkemahan Kiarapayung berada di lahan yang luas, sehingga sering digunakan oleh lembaga-lembaga formal maupun non formal.

kiarapayung camp
kiarapayung camp. google maps. sumber: Irfan Hilmi

simak juga: mata air sirah cipelang

Menghabiskan waktu bersama alam memang sungguh mengasyikkan, apalagi kegiatan camping akan mengasah anak-anak untuk belajar mandiri dan juga lebih mencintai alam.

Untuk kamu yang sedang mencari lokasi untuk berkemah, berikut gambaran tentang Kiarapayung Camp Jatinangor.

Lokasi dan Alamat Kiarapayung Camp

Lokasi Kiarapayung Camp berada di sebelah utara kampus Unpad dan ITB Jatinangor, tepatnya berada di Cikeyep Girang, Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Kiarapayung Camp

Rute yang harus dilalui untuk kamu yang berangkat dari Jakarta, dengan menggunakan tol dan keluar di pintu Tol Cileunyi. Lalu belok kanan ke arah Unpad Jatinangor, dan belok kiri ke arah Kiarapayung.

Jarak yang akan ditempuh dari pintu Tol Cileunyi yakni sekitar 3 hingga 4 km, dengan akses jalan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

salah satu fasilitas di kiarapayung jatingangor
salah satu fasilitas di kiarapayung jatingangor. google maps. sumber: Q-Wonk Sugiharto

simak juga: puncak damar jatigede

Jam Buka Kiarapayung Camp

Jam operasional Kiarapayung Camp buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Kiarapayung Camp

Harga tiket masuk Kiarapayung Camp cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- saja

Fasilitas Kiarapayung Camp

Fasilitas yang ada di sekitar Kiarapayung Camp seperti:

  • Area parkir kendaraan,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Camping ground yang luas,
  • Penyewaan tenda,
  • Masjid atau Mushola,
lingkungan yang adem banget
lingkungan yang adem banget. google maps. sumber: Waytea mancap

simak juga: museum prabu geusan ulun

Sejarah Kiarapayung Camp

Kiarapayung berasal dari dua kata yakni Kiara yang artinya pohon, dan payung yang artinya bernaung. Kata tersebut berasal dari Bahasa Sunda.

Bumi Perkemahan Kiarapayung direvitalisasi pada tahun 2006, pada masa pemerintahan Presiden SBY. Dan pada tahun tersebut pernah digunakan sebagai lokasi Jambore Pramuka Nasional.

Daya Tarik Kiarapayung Camp

1. Tempat Yang Luas

Kiarapayung Camp memiliki lahan yang sangat luas, sehingga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan alam dengan peserta yang banyak.

alam yang sangat indah
alam yang sangat indah. google maps. sumber: amandus sudari

simak juga: alun-alun sumedang

Bahkan pernah dimanfaatkan untuk acara pengenalan mahasiswa Unpad, karena memang lokasinya yang berdekatan. Selain itu, Kiarapayung Camp dapat pula digunakan untuk kegiatan outbound dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

Bumi Perkemahan Kiarapayung bahkan sudah berstandar nasional, dan sering digunakan untuk kegiatan pramuka taraf nasional ataupun kegiatan lainnya.

2. Alam Yang Indah

Kiarapayung Camp berada di kaki Gunung Malayang dan berhadapan langsung dengan Gunung Geulis, so dapat dipastikan pemandangan yang tersaji epic banget.

Udara yang terasa juga sejuk, suasananya menenangkan jauh dari kata bising dan panas. Untuk digunakan sebagai sarana olahraga bisa banget.

pemandangan yang indah
pemandangan yang indah. google maps. sumber: Narendra XyZ

simak juga: gunung tampomas

Selain tempat camping, kamu juga dapat mengajak keluarga tercinta untuk sekedar jalan-jalan menikmati suasana alam yang menenangkan. Sambil hunting beberapa foto yang bagus dan keren banget.

Banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi ke atas, membuat Kiarapayung Camp terlihat asri dan terasa sejuk. Udara yang terasa juga segar, bebas dari polusi yang menyesakkan.

3. Tempat Camping Yang Seru

Selain camping yang konvensional dengan menggunakan tenda, kamu juga dapat melakukan campervan. Yakni camping dengan menggunakan mobil sendiri.

Atau bisa juga camping di pinggir mobil, namun tetap dengan menggunakan tenda sesuai kebutuhan. Hal tersebut tetap dapat menciptakan keseruan tersendiri.

tempat camping berstandar nasional
tempat camping berstandar nasional. google maps. sumber: Angga Hirro

simak juga: tahura gunung kunci

Camping atau berkemah merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi diiringi dengan berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Bumi Perkemahan Kiarapayung berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, sehingga kamu dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa.

Misalnya saja, dari tempat kemah di Sumedang tersebut kamu dapat menyaksikan Gunung Geulis di sebelah timur dan pemandangan pemukiman warga di daerah Bandung Timur. Karena lokasinya yang berbatasan dengan wilayah Bandung Timur.