Kampung Karuhun, Menepi Dengan Suasana Kearifan Lokal Sumedang

|

Kampung Karuhun sebuah tempat wisata di Sumedang yang memadukan antara modernisasi dengan kebudayaan khas serta suasana alam yang masih asri nan sejuk hingga menghasilkan sebuah tempat yang layak untuk dikunjungi.

Tempat wisata ini berada di lahan seluas 1,5 hektar dan berada di ketinggian kira-kira mencapai 1.200 mdpl, hingga udara yang dirasa sejuk dan juga bersih.

Jauh dari yang namanya hiruk pikuk perkotaan, yang selalu ramai oleh suara kendaraan serta suara klakson yang silih berganti.

landmark kampung karuhun
landmark kampung karuhun. google maps. sumber: Aldiansyah Hibatullah

simak juga: gunung tampomas

Saat ini untuk mengunjungi wisata Kampung Karuhun kamu harus scan barcode melalui aplikasi pedulilindungi, dan mematuhi prokes yang selama ini diterapkan misalnya saja dengan memakai masker.

Berikut review dari Kampung Karuhun untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata unik, indah, dan menarik di Sumedang.

Lokasi dan Alamat Kampung Karuhun

Lokasi dan alamat Kampung Karuhun berada di Jl. Pagarbetis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute Menuju Kampung Karuhun

Rute menuju Kampung Karuhun dari pusat kota Sumedang akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 7 km, dengan mengarahkan kendaraanmu ke arah Selatan.

Dari Alun-Alun Sumedang kemudian belok kanan menuju Jl. R.A Kartini, terus saja lurus dimana kamu akan melewati Jembatan Cipamengpeuk.

gerbang masuk kampung karuhun
gerbang masuk kampung karuhun. google maps. sumber: Abik Selamet

simak juga: wana wisata kampung ciherang

Lurus terus hingga akhirnya kamu menemukan lokasi dari Kampung Karuhun, yang letaknya berada tepat dipinggir jalan raya.

Akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan kondisi jalan yang sudah cukup bagus dan beraspal. Hanya dibeberapa bagian saja kondisi jalannya masih berlubang.

Jam Buka Kampung Karuhun

  • Jam operasional dari Kampung Karuhun buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai dibuka pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Kampung Karuhun

Harga tiket masuk Kampung Karuhun berbeda antara anak-anak dan dewasa, yakni:

  • Anak-anak membayar Rp. 15.000,-
  • Dewasa membayar Rp. 25.000,-

Harga tersebut belum termasuk biaya untuk mencoba setiap wahana yang ada.

tempat wisata keluarga
tempat wisata keluarga. google maps. sumber: To2h NRP Channel

simak juga: balong geulis

Fasilitas Kampung Karuhun

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
  • Gazebo,
  • Pendopo,
  • Café and Resto,
  • Arena bermain anak,

Daya Tarik Kampung Karuhun

1. Suasana Yang Entik

Kampung Karuhun sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa sunda yang artinya kampung leluhur, maksudnya ialah tempat wisata ini selain memberikan suasana yang modern namun tetap mempertahankan hal-hal yang sudah ada sejak dulu atau biasa disebut dengan kearifan lokal.

sudut kebudayaan dari papua
sudut kebudayaan dari papua. google maps. sumber: Aldiansyah Hibatullah

simak juga: curug sabuk

Area tersebut diberi nama Kawasan Etnik Nusantara, yang berisikan bukan hanya kebudayaan dari sunda saja melainkan ada pula dari Toraja hingga Papua.

Yang ditunjukkan dengan beberapa bangunan, pakaian adat, serta suasana yang menjadi ciri khas dari daerahnya masing-masing.

Yang menarik lainnya dari Kampung Karuhun ialah hadirnya gembok cinta mirip kaya yang ada di Korea, dimana kamu dapat menuliskan keinginanmu digembok tersebut.

2. Taman Bunga

Taman bunga atau Flower Garden di Kampung Karuhun terdiri dari berbagai macam jenis bunga, dimana bunga-bunga yang ada menjadi nama sebuah bale atau saung yang letaknya berada di area taman bunga.

Lokasi tersebut enak banget untuk dijadikan tempat bersantai, apalagi tempatnya berada di samping aliran sungai. Suara aliran air yang menenangkan dipadukan dengan cantiknya bunga-bunga yang ditanam.

flower garden
flower garden. google maps. sumber: Aldiansyah Hibatullah

simak juga: waduk jatigede

Spot flower garden juga sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto, so kamu juga harus mengambil beberapa gambar ketika berada di sini ya….

3. Kolam Renang

Kolam renang di Kampung Karuhun terdiri dari kolam anak, kolam dewasa dan kolam arus. Kolam renangnya juga dilengkapi dengan seluncuran air yang akan menambah keseruan dalam berenang.

Untuk berenang di kolam renangnya kamu nggak perlu membayar biaya tambahan lagi, karena sudah termasuk kedalam tiket masuk yang sudah kamu bayar di awal tadi.

Selain bermain air di area kolam renang Kampung Karuhun, kamu juga dapat bermain air di aliran Sungai Cihonje. Dimana air yang mengalir sangat bersih dan juga menyegarkan.

kolam renang kampung karuhun
kolam renang kampung karuhun. google maps. sumber: kang denys

simak juga: wisata tanjung duriat

4. Spot Selfie

Sebuah tempat wisata kekinian nggak akan lengkap tanpa hadirnya spot selfie, begitu pun di Kampung Karuhun ini. Disini cukup banyak tersedia spot foto untuk kamu eksplor, apalagi latarnya sebuah pemandangan alam yang hijau.

Spot foto yang ada di Kampung Karuhun diantaranya:

  • Ayunan,
  • Spot yang mirip perahu,
  • Karuhun Bride,

Serta beberapa spot foto lainnya yang tentunya nggak kalah cantik.

salah satu spot foto yang ada
salah satu spot foto yang ada. google maps. sumber: Didin Samsudin

simak juga: puncak damar jatigede

5. Wahana Permainan Yang Beragam

Kampung Karuhun menyediakan berbagai wahana permainan yang pastinya seru dan sayang untuk dilewatkan, seperti:

  • Zip Bike,
  • Flying Fox,
  • River Tubing,
  • Padle Boat,

Untuk dapat menikmati wahana-wahana di atas, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 30.000,-

6. Penginapan

penginapan di kampung karuhun
penginapan di kampung karuhun. google maps. sumber: Aldiansyah Hibatullah

simak juga: alun-alun sumedang

Untuk kamu yang ingin tinggal lebih lama di Kampung Karuhun dapat coba menginap di penginapan yang tersedia, yang diberi nama Saung Walik.

Penginapannya berbentuk bangunan sederhana dengan mengusung konsep layaknya barak prajurit, dimana tempat tidurnya disajikan berderet.

Namun fasilitas yang ada dijamin lengkap, pas banget untuk kamu yang datang bergerombol bersama keluarga ataupun kawan.

Namun, untuk kamu yang menginginkan suasana yang lebih nyaman dapat menyewa villa di Kampung Karuhun. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 300.000,- per malamnya.