Air Terjun Saluopa, Aliran Air 12 Tingkat Di Poso

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang sungguh luar biasa, panorama yang dimilikinya selalu menarik hati siapa saja yang melihatnya.

Kokohnya gunung, indahnya lautan, serta air terjun yang menenangkan merupakan sebagian kecil dari kekayaan alam yang dimiliki negeri tercinta ini.

Khususnya air terjun, Indonesia memiliki beberapa air terjun bertingkat yang sangat indah, dengan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Salah satu air terjun indah yang ada ialah Air Terjun Saluopa yang terletak di Poso, Sulawesi Tengah. Konon katanya air terjun yang satu ini merupakan air terjun terindah yang ada di Indonesia bahkan dunia.

air terjun saluopa
air terjun saluopa. google maps. sumber: Ayu Mayang

Air Terjun Saluopa mempunyai keunikan tersendiri, yang tidak dimiliki air terjun lainnya. Air terjun yang juga memiliki julukan Air Luncur Saluopa ini terdiri dari dua belas tingkat, dimana di setiap tingkat terdapat kolam kecil.

Julukan tersebut diberikan karena air yang dialirkannya berasal dari sumber mata air dari pegunungan setempat, yang airnya meluncur dengan deras dari puncak gunung.

Simak juga: Lokasi Wisata di sekitar Makkasar

Lokasi Air Terjun Saluopa

Lokasi Air Terjun Saluopa berada di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Air terjun indah bertingkat 12 ini terletak di sebuah desa yang berjarak 12 KM arah barat kota Tentena.

Rute Menuju Air Terjun Saluopa

Rute menuju Air Terju Saluopa jika kamu berangkat dari Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi tengah, akan memakan waktu sekitar 5 hingga 7 jam menuju Poso dengan melewati jalur darat.

Atau jika hendak menggunakan pesawat terbang bisa terbang dari Makassar langsung menuju Poso. Kemudian dilanjutkan dengan melalui jalur darat menuju Tentena.

Dengan estimasi waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam lamanya. Dilanjutkan dengan mengarahkan kendaraan menuju lokasi dimana air terjun tersebut berada.

Kamu akan melewati sebuah danau yang bernama Danau Poso, yang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Danau ini merupakan danau terbesar ke-4 di Indonesia loh.

Simak juga: Air terjun Tancak, Jember

Trekking Air Terjun Saluopa

Setelah memakirkan kendaraan, untuk menuju lokasi Air Terjun Saluopa kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki menembus hutan tropis yang sangat sejuk.

alam yang masih asri
alam yang masih asri. google maps. sumber: Gunanto Hasim

Jarak yang ditempuh dari pintu masuk hanya sekitar 500 meter saja, dimana kamu akan melihat pepohonan yang masih rindang serta suara serangga ikut mengiringi perjalananmu.

Saking takjubnya dengan hamparan alam yang tersaji, tanpa terasa Air Terjun Saluopa sudah di depan mata. Untuk mendekatinya kamu harus menapaki jalan yang telah dibuat tangga.

Jam Buka Air Terjun Saluopa

Jam operasional Air Terjun Saluopa dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 sore.

Tiket Air Terjun Saluopa

Tiket masuk Air Terjun Saluopa sangat murah sekali, kamu hanya perlu membayar Rp. 1.000,- saja per orang. Harga tiket sama sepanjang pekan. Jadi tidak ada perbedaan antara hari kerja dan hari akhir pekan.

airnya mengalir melewati bebatuan
airnya mengalir melewati bebatuan. google maps. sumber: Akhyar H.M Tawil

Fasilitas Air Terjun Saluopa

Fasilitas umum yang ada di lokasi Air Terjun Saluopa cukup lengkap, diantaranya yakni:

  • Area parkir
  • Kamar ganti
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Panggung hiburan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kolam renang mini

Daya Tarik Air Terjun Saluopa

1. Megahnya Air Terjun Bertingkat 12

Air Terjun Saluopa memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dengan bentuk berundak-undak yang terdiri dari 12 tingkatan sungguh sangat menakjubkan.

Debit airnya cukup deras mengalirkan air yang berwarna putih bersih mengalir dengan cantiknya melewati bebatuan yang berwarna cokelat.

Ditambah dengan panorama alam disekitarnya yang masih asri menyatu dengan Air Terjun Saluopa yang begitu mengagumkan.

Suara deburan airnya menjadi nyanyian alam yang menenangkan, kamu dapat merasakan segarnya air yang mengalir dengan melakukan beberapa ragam wisata seru.

bermain sejuknya air terjun saluopa
bermain sejuknya air terjun saluopa. google maps. sumber: Mewarnai Indonesia

Seperti bermain air di sekitar kolam alaminya dimana kedalamannya pun masih aman untuk digunakan. Selain itu kamu dapat menuju ke tingkatan yang ada dengan menaiki tangga yang sudah disediakan.

Selain itu anak-anak dapat bermain di kolam renang mini yang lokasinya tak jauh dari aliran air terjunnya, di kolam tersebut sudah disediakan seluncuran mini untuk menambah keseruan mereka ketika bermain air.

Simak juga: Pantai Sulamadaha, Ternate

2. Lingkungan Alam Yang Asri

Air Terjun Saluopa berada di tengah hutan tropis yang masih terjaga keasriannya, hal tersebut dibuktikan dengan masih berdirinya beberapa pepohonan yang rindang.

Udara yang dirasakan pun sangat menyegarkan, lokasi seperti ini sangat tepat untuk melepaskan penat dalam diri. Hanya ada kamu dan nyanyian alam.

airnya terus mengalir menuju sungai
airnya terus mengalir menuju sungai. google maps. sumber: catur ibnu saputro

Selain itu, dapat pula melakukan piknik bersama dengan keluarga tercinta. Menyantap makanan yang telah dipersiapkan, dengan duduk-duduk di tempat yang sudah disediakan sambil menikmati panorama alam yang menyejukkan.

Banyak peringatan yang tertera supaya kita menjaga alam yang ada di sekitar Air Terjun Saluopa, karena memang kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi.

3. Lokasi Yang Sangat Luas

Lokasi wisata yang satu ini sangat luas sekali, didalamnya terdapat beberapa saung atau gazebo dengan berbagai ukuran, serta terdapat sebuah panggung kesenian yang berada di area depan.

Oleh karena itu, pas sekali jika mengadakan acara gathering atau reunian di lokasi ini. Selain dapat menikmati keindahan air terjun yang tiada duanya, kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru bersama teman.

menuju tingkatan selanjutnya
menuju tingkatan selanjutnya. google maps. sumber: Rungga Warsito

Simak juga: Benteng Tolukko, Ternate

4. Spot Foto Yang Kece Badai

Ketika berada di air terjun yang indah seperti ini, jangan lewatkan untuk mengabadikannya dalam sebuah foto atau video. Tingkatan air terjunnya akan tampak sangat cantik di kamera.

Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan aliran Air Terjun Saluopa ini. Dan hasil yang didapatkan pun tak mengecewakan sama sekali.

berfoto bersama indahnya air terjun 12 tingkat
berfoto bersama indahnya air terjun 12 tingkat. google maps. sumber: Muhammad Nur Fauzan

Tips Mengunjungi Air Terjun Saluopa

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Air Terjun Saluopa, yakni:

  • Lebih baik datang dipagi hari, untuk dapat merasakan betapa segarnya udara yang dapat kita rasakan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Berhati-hatilah saat berjalan menuju setiap tingkatan yang ada di Air Terjun Saluopa.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Saluopa.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Penutup

Demikianlah sedikit paparan mengenai keindahan Air Terjun Saluopa, Poso. Semoga bisa kamu jadikan referensi liburan kamu weekend ini ya.

Selamat berlibur!!

Leave a Comment