Air Terjun Sampuren Putih, Kisah Tragis Berbalut Keindahan Alam Sibolangit

Kabupaten Deli Serdang adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, dengan Ibu Kotanya ialah Lubuk Pakam.

Terdapat beberapa tempat wisata yang populer yang ada di Kabupaten Deli Serdang diantaranya  Hillpark Sibolangit, Danau Linting, Air Terjun Dua Warna.

Selain itu terdapat sebuah air terjun yang mempunyai keindahan yang luar biasa yang berada di Kecamatan Sibolangit. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Sampuren Putih.

Berikut merupakan ulasan lengkap mengenai Air Terjun Sampuren Putih, check this out!

Trekking Air Terjun Sampuren Putih

Untuk menuju Air Terjun Sampuren Putih kamu harus melakukan trekking dengan berjalan kaki. Jarak yang akan kamu tempuh dari lokasi area parkir sekitar 300 meter untuk sampai menuju air terjun.

Waktu yang akan kamu tempuh kurang lebih sekitar 15 menit saja, dengan menyusuri trekking memasuki hutan dengan pepohonan yang rindang dan masih sangat alami.

Sepanjang jalan kamu akan sering mendengar hewan-hewan serangga menyambut kedatangannmu, sesekali kamu akan menemukan beberapa pohon tumbang.

Pesona Keindahan Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren Putih menurut warga sekitar memiliki tujuh tingkatan, dimana hanya tingkatan yang ketujuhlah yang terlihat. Sedangkan keenam tingkatan yang lainnya berada dibalik tebing.

Tingkatan air terjun yang ketujuh ini memiliki ketinggian sekitar 3 meter saja, namun keunikannya ialah airnya itu seperti keluar dari sebuah gua kecil yang berada di belakangnya. Masih menurut warga sekitar jika digabungkan ketinggian seluruh air terjunnya bisa mencapai ketinggian 150 meter.

Air Terjun Sampuren Putih
Air Terjun Sampuren Putih. Sumber: fahlvreza.blogspot.com

Air yang dialirkan Air Terjun Sampuren Putih sangat jernih dan bersih, saking derasnya aliran air sehingga menimbulkan buih yang berwarna putih di akhir perjalanan airnya.

Indahnya Alam Air Terjun Sampuren Putih
Indahnya Alam Air Terjun Sampuren Putih

Berada diantara pepohonan yang masih rindang, ditemani udara yang sejuk dan suara deburan air yang memekakkan telinga. Merupakan keindahan alam yang dapat kita rasakan saat berada di Air Terjun Sampuren Putih ini.

Ragam wisata Air Terjun Sampuren Putih

Berikut ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat mengunjungi Air Terjun Sampuren Putih :

1. Berenang

Kamu bisa melakukan aktivitas berenang di kolam alami tempat penampungan Air Terjun Sampuren Putih ini. Menikmati kesegaran air pegunungan yang mengandung belerang, karena hal itulah air kolamnya berwarna hijau toska.

Berenang di Kolam Alami
Berenang di Kolam Alami. Sumber: m.tribunnews.com

Namun, jika kamu tidak bisa berenang lebih baik urungkan niatmu. Karena kolam ini memiliki kedalaman sampai 15 meter dengan lebar kolam yang mencapai 10 meter. Selain itu arus yang berada dekat aliran air terjunnya sangat deras.

View Kolam Air Terjun Sibolangit
View Kolam Air Terjun Sibolangit. Sumber: correcto.id

Banyak sudah korban yang berjatuhan dikarenakan berenang sampai mendekati aliran air terjunnya. Jangan sampai kebahagianmu berubah menjadi petaka, karena ketidak hati-hatian.

2. Bermain air

Jika kamu tidak bisa berenang, kamu masih tetap dapat menikmati kesegaran airnya dengan bermain air di sekitar aliran Air Terjun Sampuren Putih. Dengan duduk-duduk diatas bebatuan besar sembari memasukkan kakimu ke air dan menikmati keindahan alam sekitar.

Bermain Air Terjun Sampuren Putih
Bermain Air Terjun Sampuren Putih. Sumber: ceritamedan.com

3. Melompat

Kegiatan melompat dari ketinggian dapat kamu lakukan juga disini. Disekitar area kolam terdapat tebing yang cukup tinggi, dimana pas banget untuk kamu yang ingin menguji nyali dengan melompat dari atas ketinggian menuju kolam.

Melompat Dari Atas Batu
Melompat Dari Atas Batu. Sumber: lensapejalan.blogspot.com

Namun kamu tetap harus waspada dan hati-hati ya,,,

4. Spot Selfie

Keindahan alam merupakan hal yang wajib kamu abadikan, kejernihan air yang dialirkan Air Terjun Sampuren Putih ini harus kamu abadikan.

Mengabadikan Keindahan Air Terjun Sampuren Putih
Mengabadikan Keindahan Air Terjun Sampuren Putih. Sumber: indonesia.tripcanvas.co

5. Area Camping

Untuk kamu para pencinta alam, di sekitar area Air Terjun Sampuren Putih kamu dapat melakukan kegiatan menginap di alam alias camping.

Kamu akan merasakan udara malam yang sejuk ditemani deburan air terjun dengan beratapkan langit yang bertabur bintang. Untuk perlengkapan campingnya kamu harus membawanya sendiri.

Sejarah / legenda Air Terjun Sampuren Putih

Terdapat sebuah kisah atau legenda yang berkembang di masyarakat mengenai proses terbentuknya Air Terjun Sampuren Putih ini.

Kisah yang terjadi diawali oleh sebuah kecemburuan yang terjadi antara seorang kakak kepada adiknya. Lantaran adiknya lebih disukai oleh wanita yang dicintainya.

Kemudian sang kakak mengajak adiknya tersebut ke atas gunung, sesampainya disana dia meminta adiknya untuk turun ke bawah dengan menggunakan sebuah tali.

Saat adiknya sedang turun ke bawah, sang kaka memutuskan tali tersebut sehingga mengakibatkan adiknya jatuh ke bawah kemudian meninggal.

Jatuhnya sang adik ke bawah membentuk 7 tingkatan air terjun, yang kemudian dikenal dengan nama Air Terjun Sampuren Putih.

Dinamakan Sampuren Putih karena air yang terjun ke bawah membentuk buih berwarna putih. Terlihat indah sekali.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sampuren Putih

Lokasi Air Terjun Sampuren Putih berada di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara 20357. Alamat lengkapnya terletak di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Sibolangit.

Rute Menuju Air Terjun Sampuren Putih

Rute menuju Air Terjun Sampuren Putih, jika kamu berangkat dari Kota Medan kamu akan menempuh perjalanan sejauh 50 km dan memakan waktu sekitar 1,5 jam lamanya.

Dengan jalur, kamu arahkan kendaraanmu menuju Jl. Guru Patimpus setelah itu menuju Jl. Gatot Subroto lalu menuju Jl. Iskandar Muda kemudian lajukan kendaraanmu menuju Jl. Jamin Ginting menuju Jl. Deleng Tinjau.

Setelah menemukan sebuah jembatan, maka kamu sudah sampai di lokasi Air Terjun Sampuren Putih.

Rute menuju Air Terjun Sampuren Putih dapat dilalui kendaraan apapun, baik motor, mobil maupun sepeda. Namun untuk kendaraan besar sedikit tidak aman karena lebar jalannya yang kecil, selain itu terdapat beberapa belokan yang cukup tajam.

Tiket Masuk Air Terjun Sampuren Putih

Tiket masuk menuju Air Terjun Sampuren Putih masih belum diberlakukan, alias masih gratis. Mungkin kamu hanya perlu membayar uang parkir saja.

Jam Operasional Air Terjun Sampuren Putih

Jam operasional Air Terjun Sampuren Putih ini dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu dan selama 24 jam nonstop.

Fasilitas Air Terjun Sampuren Putih

Fasilitas yang tersedia di area Air Terjun Sampuren Putih terdiri dari :

  • Warung-warung makanan
  • Mushola
  • Toilet

Fasilitas tersebut berada di area parkirnya bukan berada di sekitar area Air Terjun Sampuren Putih.

Tips Wisata Air Terjun Sampuren Putih

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Sampuren Putih, yakni:

  • Pastikan cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi hujan.
  • Berhatilah-hatilah saat melakukan trekking menuju Air Terjun Sampuren Putih.
  • Selalu waspada dan hati-hati saat berenang, jangan mendekati aliran air terjunnya.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman sebagai bekal kamu saat berada di Air Terjun Sampuren Putih.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Sampuren Putih.
  • Hindari perbuatan yang akan merugikan dirimu sendiri.
  • Siapkan gadget kamu untuk menangkap keindahan alam Air Terjun Sampuren Putih.

Penutup

Legenda atau cerita yang terjadi dan berkembang di masyarakat memang sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Ambil hikmah dari peristiwa yang pernah terjadi, jadikan sebuah pelajaran hidup yang sangat berharga.

Keindahan alam yang dihadirkan Air Terjun Sampuren Putih sungguh menenangkan jiwa dan raga. Nyanyian alamnya sungguh sangat berbekas diingatan. Marilah kita jaga dan lestarikan bersama, agar kita dapat terus menikmatinya.

Air Terjun Sampuren Putih bisa banget jadi tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di Sibolangit. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment