Air Terjun Simempar, Wisata Gunung Meriah Di Kawasan Pohon Damai Simempar

Tepatnya di tahun 2017, Desa Simempar patut berbangga hati karena mempunyai objek wisata air terjun yang bernama Air Terjun Simempar.

Air Terjun Simempar
Air Terjun Simempar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Air Terjun Simempar terletak di kawasan objek wisata Pohon Damai Simempar. Sebuah objek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa.

Lokasi Air Terjun Simempar terletak di sebuah hutan, serta memiliki 2 air terjun dengan karakter yang berbeda, namun memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menawan.

Yuk kita simak ulasan lengkapnya !

Sekilas Tentang Desa Simempar

Tidak biasanya di sub judul saya mengupas tentang sebuah desa letak sebuah objek wisata. Namun berbeda dengan Desa Simempar, mungkin saja traveler juga belum banyak yang tahu tentang keunikan desa tersebut.

Sekitar tahun 2019, di Kabupaten Deliserdang pernah ramai dibicarakan tentang sebuah desa fiktif. Nama desa yang dibicarakan tersebut adalah Desa Simempar.

Desa Simempar bukanlah desa fiktif, pembicaraan tersebut terjadi karena penduduknya hanya sekitar 168 jiwa di tahun 2019. Layaknya sebuah dusun, tetapi statusnya desa. Maka wajar jika desa tersebut sempat dianggap fiktif.

Tentu saja hal tersebut diakibatkan oleh satu peristiwa sejarah. Pada tahun 1950 an warga desa Simampar pernah tinggal di Desa Paniribuan, yang lokasinya dekat dengan Desa Simempar saat ini.

Namun karena di Desa Paniribuan terjadi konflik, maka beberapa warganya pindah ke lokasi yang saat ini disebut sebagai Desa Simempar.

Sekilas Tentang Objek Wisata Pohon Damai Simempar

Objek wisata Pohon Damai Simempar adalah objek wisata kebanggaan Desa Simampar yang dibuka pada akhir oktober tahun 2017, dengan pengelolaanya di bawah Badan Usaha Milik Desa Simempar.

Nama objek wisata Pohon Damai Simempar diambil dari sebuah pohon besar yang berada di kawasan tersebut. Jika pohon besar tersebut dipeluk dengan cara bergandengan tangan bersama-sama, maka akan terasa tenang.

Pohon Damai Simempar
Pohon Damai Simempar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hmmm…. Silahkan boleh dicoba bagi traveler yang sedang butuh ketenangan jiwa. Tetapi harus banyakan, soalnya pohon tersebut sangat besar sekali.

Trekking Menuju Air Terjun Simempar

Setelah melewati Pohon Damai Simempar, untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Simempar harus ditempuh dengan cara berjalan kaki di sepanjang hutan, di pinggir sungai.

Untuk memastikan keamanan, dan kenyamanan pengunjung, maka di lokasi tersebut telah disediakan guide. Dan setiap pengunjung yang datang wajib menggunakan jasa guide tersebut.

Traveler tidak usah khawatir, dari mulai kepala desa, sampai guidenya sangat ramah, serta selalu memastikan keamanan para pengunjung.

Secara keseluruhan, trekking menuju Air Terjun Simempar melalui hutan, dan aliran sungai yang jernih di sampingnya. Kondisi jalur trekkingnya masih berupa lapisan tanah dan bebatuan. Sehinga traveler harus menggunakan alas kaki yang tepat, supaya tidak licin.

Trekking Menuju Air Terjun Simempar
Trekking Menuju Air Terjun Simempar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selama trekking, traveler tidak usah khawatir kepanasan. Karena pohon – pohon di sepanjang jalur menuju lokasi Air Terjun Simempar memberikan keteduhan, bahkan hingga akhir tujuan.

Trekking menuju lokasi utma Air Terjun Simempar cukup jauh, jadi pastikan kondisi tubuh kalian dalam kondisi prima, dan ada baiknya kunjungan tidak di puncak musim hujan.

Jalur trekkingnya tidak sempit, serta sepanjang perjalanan ditemani dengan suara air yang mengali di sepanjang sungai yang ada di samping jalur tersebut.

Hingga pada akhirnya kalian sampai di lokasi Air Terjun Simempar, dan kalian akan menyadari bahwa air dari sungai tadi berasal dari Air Terjun Simempar.

Lokasi Utama Air Terjun Simempar
Lokasi Utama Air Terjun Simempar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan sebagai tambahan, bahwa Air Terjun Simempar terdapat 2 air terjun. Dan air terjun yang ke dua berada di atas air terjun yang pertama kali anda temui setelah trekking.

Nikmati keindahan dan keseruannya, namun jangan mengabaikan aspek keamanan ya…

Pesona Keindahan Air Terjun Simempar

Air Terjun Simempar memiliki 2 air terjun dengan karakter yang berbeda. Air Terjun Simempar yang berada di bawah merupakan air terjun yang paling aman untuk melakukan aktivitas mandi, atau bermain air.

Air Terjun Simempar Pertama
Air Terjun Simempar Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun Air Terjun Simempar yang ada di atas, kolamnya sangat dalam. Bahkan sampai saat ini, warga setempat yang mengukur kedalaman kolam tersebut selalu tidak pernah menemukan akhir dari kedalamannya.

Sekalipun traveler jago berenang, ada baiknya mengurungkan niat untuk berenang atau bermain air di air terjun yang di atas. Air Terjun Simempar yang di bawah juga sangat indah, cukup memanjakan keseruan wisata alam.

Air Terjun Simempar Ke Dua
Air Terjun Simempar Ke Dua. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Airnya sangat jernih, namun arus air yang turun sangat deras sekali. Karena Air Terjun Simempar tidak terlalu tinggi, maka kondisi kolam yang di bawah tidaklah dalam.

Pesona alam sekitar selain view hutan, terdapat bebatuan besar, atau tebing batu di sekitar lokasi utama Air Terjun Simempar yang semakin memanjakan mata yang memandang.

Pesona Sekitar Air Terjun Simempar
Pesona Sekitar Air Terjun Simempar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Misteri Di Air Terjun Simempar

Lokasi Air Terjun Simempar merupakan lokasi sakral, serta lokasi untuk meminta hujan. Cerita mistis selalu ada bagi pengunjung yang melanggar norma, etika, atau keyakinan warga sekitar.

Jadi sewajaranya saja dalam berwisata. Tetap menjunjung tinggi keyakinan, serta norama yang berlaku. Dan yang penting jangan merusak ekosistem yang ada.

Catatan Tambahan

Bagi beberapa pengunjung memang ada yang mengeluhkan tentang akses jalan menuju objek wisata Pohon Damai Simempar, khusunya terkait kondisi jalannya yang belum optimal, serta berbahaya.

Namun bagi sebagian pengunjung lainya, mengganggap memang itulah resiko mengunjungi objek wisata air terjun yang notabene berada di dalam hutan atau pegunungan.

Terlepas dari pro dan kontra yang ada, semoga saja objek wisata yang baru seumur jagung ini mampu terus berkembang. Sehinga mampu meberikan sajian keamanan, dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Simempar

Lokasi Air Terjun Simempar terletak di objek wisata Pohon Damai Simempar. Alamat Air Terjun Simempar berada di Desa Simempar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Air Terjun Simempar

Rute untuk sampai di lokasi Air Terjun Simempar dari Medan menempuh jarak sekitar 3 jam perjalanan. Akses jalannya bisa melalui :

  • Medan – Lubuk Pakam – Bangun Purba – Simempar.
  • Melalui Medan – Delitua  Tiga Juhar – Simempar.
  • Medan – Brastagi – Kabanjahe – Saran Padang – Simempar.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Simempar

Harga tiket masuk Air Terjun Simempar adalah :

  • Rp. 10.000 tiket masuk per orang
  • Rp. 100.000 jasa guide per rombongan

Jam Operasional Air Terjun Simempar

Jam operasional Air Terjun Simempar buka dari pukul 07.00 – 13.00. Dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Khusu untuk aktivitas wisata di lokasi air terjun memamng sangat terbatas. Pihak pengelola memang sangat memperhitungkan nilai keamanan bagi pengunjung.

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Simempar.

Penutup

Demikian informasi lengkap tentang Air Terjun Simempar. Dukungan dari semua pihak tentu saja menjadi salah-satu kunci keberhasilan objek wisata Pohon Damai Simempar mampu memikat hati dan mata para pengunjung.

Selalu patuhi protokol kemanan, dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola dan pemerintah. Jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment