Air Terjun Tarunggang, Wisata Air Terjun, Citarasa Wisata Pantai

Di artikel sebelumnya saya sempat membahas bahwa objek wisata alam air terjun masih banyak yang belum terkelola secara optimal.

Padahal wisata air terjun memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan dampak positif, khususnya bagi masyarakat sekitar.

Seperti halnya Air Terjun Tarunggang yang berlokasi di Deli Serdang Sumatera Utara. Air terjun yang menawan, namun belum mampu dikelola secara optimal karena beberapa faktor.

Air Terjun Tarunggang Deli Serdang
Air Terjun Tarunggang Deli Serdang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Apa saja yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Tarunggang tersebut? Inilah ulasan engkapnya.

Trekking Menuju Air Terjun Tarunggang

Sebetulnya, jika di musim kemarau, para pengunjung tidak perlu melakukan trekking untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Tarunggang.

Namun, dikarenakan kondisi jalannya masih belum bagus, maka terkadang kendaraan penumpang hanya bisa diparkir di lokasi yang agak jauh dari lokasi utama Air Terjun Tarunggang.

Untuk saat ini, akses jalan menuju Air Terjun Tarunggang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau motor. Dan jika hujan tiba, kondisi jalannya menjadi licin dan di beberapa titik dipenuhi lumpur.

Bagi mereka yang pernah berkunjung ke Air Terjun Tarunggang, pasti ada kesamaan imajinasi. Andai saja akses jalannya sangat bagus, tentu saja perjalanan menuju Air Terjun Tarunggang akan jauh lebih menyenangkan.

Jalannya sangat lebar jika dilalui oleh jenis kendaraan roda dua. Serta view alam sekitar di sepanjang perjalanan sangat menarik, dan memberikan nuansa asri.

View di awal perjalanan berupa kebun jagung, dan kebun pisang milik warga. Selanjutnya melewati perkebunan sawit. Di jalur tersebut akan terasa lebih teduh dengan angin sepoi-spoi yang menerpa tubuh.

Setelah sampai di sebuah di titik jalur dengan tebing tanah yang ada di samping jalan, maka lokasi utama Air Terjun Tarunggang sudah tidak jauh lagi.

Jika jalanan licin, maka kendaraan motor pengunjung disimpan di titik itu. Selanjutnya para pengunjung melakukan trekking ke bawah.

Tidak lama kemudia, meskipun belum sampai, traveler akan melihat sebuah air terjun dengan kolam utamanya yang sangat luas. Itulah Air Terjun Tarunggang.

Sebagai tambahan, untuk menuju lokasi Air Terjun Tarunggang, maka traveler harus memastikan kondisi kendaraanya dalam kondisi prima.

Rem, bensin, serta kondisi bannya. Karena di lokasi utama Air Terjun Tarunggang jauh dari pom bensin, dan tambal ban. Yang paling penting, membawa bekal makanan untuk dimakan saat berada di lokasi utama. Karena di lokasi tersebut belum terdapat penjual makan, dan minuman.

Pesona Keindahan Air Terjun Tarunggang

Inilah yang sangat disayangkan, kenapa objek wisata tersebut belum terkelola secara optimal. Padahal di sana terdapat lebih dari satu daya tarik wisata. Diantaranya :

1. Air Terjun Tarunggang

Air terjun tarunggang memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan kondisi air yang berwarna hijau. Arus air yang turunnya sangat deras.

Daya tariknya terletak pada kolamnya yang sanga luas, namun karena kolam utamanya ssangat dalam, maka para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di area tersebut di saat tertentu.

Pesona Keindahan Air Terjun Tarunggang
Pesona Keindahan Air Terjun Tarunggang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Yang paling terkenal di objek wisata Air Terjun Tarunggang adalah keberadaan pasir putih di tepian kolam. Gelombang air yang diakibatkan oleh Air Terjun Tarunggang, tertiup angin ke tepian.

Gelombang tersebut sampai ke lokasi pasir putih berada. Maka seketika imajinasi langsung refleks mengatakan bahwa objek wisata Air Terjun Tarunggang memiliki citarasa wisata pantai.

Pasir Putih Di Air terjun Tarunggang
Pasir Putih Di Air terjun Tarunggang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Keberadaan pasir putih tersebut menjadi magnet utama untuk mendatangkan wisatawan ke objek wisata Air Terjun Tarunggang. Maka kelestariannya menjadi sebuah keniscayaan.

2. Air Terjun Lainnya

Terdapat air terjun lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi Air Terjun Tarunggang. Air terjunya tidak terlalu tinggi, arus airnya juga tidak terlalu deras, serta kolamnya sangat kecil.

Air Terjun Lainnya
Air Terjun Lainnya. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Goa Misterius

Daya tarik selanjutnya adalah keberadaan sebuah goa yang ada di balik Air Terjun Tarunggang. Keberadaan goa ini semakin menyepurnakan view yang tersaji di objek wisata Air Terjun Tarunggang.

Goa Di Balik Air Terjun Tarunggang
Goa Di Balik Air Terjun Tarunggang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

4. View Alam Sekitar

Pesona keindahan alam disekitar Air Terjun Tarunggang juga sangat menawan. Deretan pohon-pohon hijau yang memberikan keteduhan, serta keberadaan sungai yang tidak jauh dari kolam utama.

View di sekitar sungai didominasi oleh bebatuan besar. Dan di lokasi tersebutlah para pengunjung bisa melakukan aktivitas wisata seperti mandi, atau bermain air.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tarunggang

Karena status objek wisata Air Terjun Tarunggang masih dalam tahap pengembangan, maka ragam wisata yang tersaji tidak begitu banyak yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

Meskipun demikian, keseruannya masih tetap bisa tersaji saat berada di lokasi tersebut. Adapun ragam wisata yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah sebagai berikut :

1. Bermain Air

Aktivitas pertama adalah bermain air. Namun spotnya bukan di kolam utama, tetapi di sungai yang lokasinya dekat kolam utama, atau di air terjun kecil yang kecil.

2. Hunting Foto

Karena viw di sekitar Air Terjun Tarunggang sangat mempesona, maka menjadikannya sebagai latar yang sangat keren. Apalagisaat berdiri di atas pasir putih, dengan latar Air Terjun Tarunggang.

Hunting Foto Di Air Terjun Tarunggang
Hunting Foto Di Air Terjun Tarunggang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Mancing

Aktivitas selanjutnya adalahmancing. Namun untuk aktivitas ini para pengunjung haus membawa alat sendiri dari rumah. Karena di lokasi tersebut belum terdapat penyewaan alat pancing.

Aktivitas Wisata Memancing
Aktivitas Wisata Memancing. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi dan Alamat Air Terjun Tarunggang

Lokasi dan alamat Air Terjun Tarunggang berada di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hilir atau lebih dikenal dengan penyebutan STM, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Air Terjun Tarunggang

Rute untuk sampai di lokasi Air Terjun Tarunggang jika dari Medan berjarak sekitar 45 kilometer. Adapun total waktu tempuhnya mencapai 2 jam perjalanan.

Rute dari Medan menuju Air Terjun Tarunggang bisa melalui jalur Simpang Amplas, kemudian ke daerah Patumbak, dan Talun Kenas.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Tiga Juhar. Transportasi menuju lokasi Air Terjun Tarunggang hanya bisa dilalui oleh endaraan roda 2 saja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tarunggang

Sampai saat ini belum ada keuputusan resmi terkait harga tiket masuk ke Air Terjun Tarunggang Deli Serdang.

Jam Operasional Air Terjun Tarunggang

Begitupun dengan jam operasional Air Terjun Tarunggang belum ada keputusan resminya. Namun sebelum sore tiba, para pengunjung sudah beranjak pulang dari lokasi utama.

Dan Air Terjun Tarunggang buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Tarunggang.

Penutup

Itulah info lengkap Air Terjun Tarunggang. Besarnya potensi wisata yang ada di Air Terjun Tarunggang semoga apat memicu percepatan penataan, serta pengembangan objek wisata tersebut.

Dukungan dari semua phak, terutama adari pemerintah setempat adalah kunci utamanya. Dan bagi para pengunjung selalu patuhi protokol kesehatan, serta protokol keamanan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah maupun pengelola.

Dan jangan sampai membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment