Air Terjun Tembok Barak, Objek Wisata Buleleng Bali Favorit Kaula Muda

Patut diapresiasi oleh semua pihak, bahwa trend media sosial yang marak di kalangan milenial, membawa dampak positif bagi dunia ekonomi, serta geliat dunia wisata di Indoensia.

Mungkin bagi kebanyakan orang, Bali hanya terkenal dengan pesona keindahan pantai. Namun seiring perkembangan jaman, bahwa Bali bukan sekedar berbicara tentang pantai saja.

Air Terjun Tembok Barak, adalah pesona Bali selain pantai. Letaknya di Buleleng, menjadikan tempat tersebut menjadi destinasi wisata alam favorit, khususnya bagi kaula muda.

Air Terjun Tembok Barak
Air Terjun Tembok Barak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Salah-satu keunggulan Bali, termasuk di dalamnya Air Terjun Tembok Barak adalah tetap berupaya mempertahankan nilai kelestarian alam, kelestarian budaya, serta keramahan penduduknya.

Hak tersebut berkolaborasi dengan nuansa kekinian, sehingga menjadi perpaduan epik di dalam sebuah destinasi wisata. Maka wajar saja, jika Bali menjadi destinasi wisata utama di Indonesia.

Langsung saja kita mulai perjalanan menuju Air Terjun Tembok Barak.

Sejarah Penamaan Air Terjun Tembok Barak

Setiap nama sebuah objek wisata memiliki kandungan makna yang menyiratkan nama tepat, pesona keindahan, legenda, hingga misteri.

Nama Air Terjun Tembok Barak mengacu kepada pesona keindahannya. Kata “tembok” yang berarti batu, atau tebing, serta kata “Barak” memiliki arti merah.

Warna Tebing Batu Yang Kemerah-Merahan
Warna Tebing Batu Yang Kemerah-Merahan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut erujuk kepada view tebing dan bebatuan yang ada di lokasi utama Air Terjun Tembok Barak yang berwarna kemerah-merahan.

Nama Lain Air Terjun Tembok Barak

Nama lain dari Air Terjun Tembok Barak adalah :

  • Air Terjun Tembok Barak Sambangan
  • Air Terjun sambangan
  • Tembok Barak Waterfall

Trekking Menuju Air Terjun Tembok Barak

Namanya juga Bali, kunjungan ke objek wisata Air Terjun Tembok Barak bukan hanya sebatas wisatawan lokal saja, namun wisatawan mancanegara juga sering berkunjung ke lokasi tersebut.

Status Air objek wisata Terjun Tembok Barak merupakan objek wisata yang sedang berkembang. Namun meskipun demikian, pesona air terjun serta view di sekitar lokasi utama mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Untuk memangkas jarak trekking, ada baiknya menggunakan kendaraan roda dua atau motor. View di sepanjang jaan masih asri, berupa area pesawahan, serta rumah warga yang dihiasi ornamen khas Bali.

View Perjalanan Pertama
View Perjalanan Pertama. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalur trekkingnya belum tertata seratus persen, karena status objek wisatanya masih dalam tahap pengembangan. Serta terdapat turunan yang cukup curam.

Namun secara keseluruhan setelah turunan tersebut, jalur trekkingnya tidak terlalu menguras tenaga. Serta disajikan view alam sekitar yang menawan, beserta aliran air yang jernih di sepanjang perjalanan.

Turunan Curam
Turunan Curam. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di beberapa titik, warna air sungainya hijau toska. Sehingga hal tersebut menjadi sebuah sajian pembuka yang memukau pengunjung saat menuju lokasi utama Air Terjun Tembok Barak.

Perlu diingat bahwa di waktu tertentu aliran air sungai tersebut begitu deras, serta serta mempunyai kedalaman yang berbeda-beda.

View Sungai Di Jalur Trekking
View Sungai Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bahkan pernah terjadi kejadian memilukan, dua orang pengunjung yang meninggal karena terseret arus aliran sungai tersebut. Oleh karena itu, selalu utamakan keselamatan, dan kenyamanan saat beriwsata ya..

Perjalanan menuju lokasi utama adalah menyusuri sepanjang aliran sungai tersebut. Karena hulu dari aliran sungai sungai tersebut adalah Air Terjun Tembok Barak.

View alam sekitar memberikan nuansa keteduhan, udara yang sejuk, serta dominasi panorama bebatuan di sepanjang jalur sungai, adalah kolaborasi keindhan sebelum sampai di lokasi utama Air Terjun Tembok Barak.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa keunggulan Bali adalah memadukan, kelestarian alam, budaya, dengan nuansa wisata.

Dan di jalur trekking tersebut, terdapat sebuah pura yang semakin menegasakan bahwa masyarakat sekitar selalu menjaga nilai-nilai religius.

Pura Dekat Air Terjun Tembok Barak
Pura Dekat Air Terjun Tembok Barak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Tembok Barak merupakan air terjun yang tidak terlalu tinggi. Sehingga viewnya dapat terlihat hanya saat trekking sudah semakin dekat.

Pada akhirnya, traveler akan meliht sebuah air terjun elok, dengan air dan kolam utama yang sangat jernih, berpadu dengan tebing batu yang kemerah-merahan.

Lokasi Utama Air Terjun Tembok Barak
Lokasi Utama Air Terjun Tembok Barak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Tembok Barak Buleleng, Bali.

Pesona Keindahan Air Terjun Tembok Barak

Air Terjun Tembok Barak memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Posisinya diapit oleh tebing batu yang kokoh. Sebagian besar tebing batu tersebut tertutup oleh akar, dan dedaunan, dan sebagian lagi warna batunya berwarna kemerah-merahan.

Air yang turun tidk begitu deras, hal ini disebabkan oleh ketinggian air terjunnya. Namun, tetap saja jika puncak musim penghujan, airnya akan cukup deras.

Selain itu, kolamnya juga tidak dalam. Serta airnya sangat jernih, bahkan kerikil di dasar kolam bisa terlihat sangat jelas.

Pesona Keindahan Air Terjun Tembok Barak
Pesona Keindahan Air Terjun Tembok Barak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kolam utamanya cukup luas, aliran air dari kolam utama langsung menuju sungai yang tadi dilewati selama trekking. View di sekitar kolam utama juga didominasi oleh bebatuan.

Panorama Air Terjun Tembok Barak, tebing kokoh, kolam utama, sungai, serta udara sekitar yang menyejukan, berpadu dengan suasana damai adalah ragam pesona yang mampu menghadirkan wisatawan, khususnya kaula muda.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tembok Barak

Terdapat beberapa ragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh para pengunjung saat berada di objek wisata Air Terjun Tembok Barak. Yaitu :

1. Mandi

Tentu saja aktivitas pertama adalah mandi di lokasi utama Air Terjun Tembok Barak. Kolam utama yang tidak dalam, air yang jernih, serta arus air yang tidak dalam, menjadikan keseruan saat di spot tersebut.

Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tembok Barak
Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tembok Barak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Hunting Foto

Aktivitas hunting foto dapat dilakukan saat di jaur trekking. Panorama alamnya sangat indah, ditambah terdapat gazebo dengan latar alam, spot tersebut juga bisa dijadikan sebagai titik untuk mengabadikan momen wisata anda.

3. Wisata Edukasi

Kunjungan wisata ke Air Terjun Tembok Barak bisa benilai edukasi. Karena di sepanjang jalan terhampar aneka ragam tumbuhan, bunga, atau tanaman yang bisa dikenalkan kepda anak-anak.

Apalagi saat berada di lokasi Air Terjun Tembok Barak. Kenalkan mereka dengan alam sekitar, dan ajarkan kepada mereka pentingnya menjaga kelestarian alam.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tembok Barak

Lokasi dan alamat Air Terjun Tembok Barak berada di Gg. Cengkeh, Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Rute Menuju Objek Wisata Air Terjun Tembok Barak

Rute menuju objek wisata Air Terjun Tembok Barak bisa ditempuh melalui :

  • Dari Badung hanya berjarak 83 kilometer, dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan
  • Dari Denpasar hanya berjarak 78 kilometer.
  • Dari Gianyar berjarak 70 kilometer
  • Dari Kabupaten Tabanan, hanya berjarak 27 kilometer

Jam Operasional Air Terjun Tembok Barak

  • Jam operasional Air Terjun Tembok Barak buka dari pukul 08.00 – 18.00
  • Air Terjun Tembok Barak buka dari hari Senin – Minggu

Penginapan

Tidak ada penginapan di Air Terjun Tembok Barak.

Penutup

Itulah info lengkap Air Terjun Tembok Barak, semoga bisa menjadi referensi awal bagi kalin yang ingin menghabiskan libur akhir pekan di lokasi tersebut.

Selalu utamakan keselamatan, hormati nilai – nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Dan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar