Curug Bangkong Kuningan, Review Tiket Masuk, Rute Dan Ragam Wisata Yang Mengasyikan

Jawa Barat mempunyai banyak tempat wisata alam yang menghadirkan keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Di setiap wilayah yang ada keindahan alamnya mempunyai ciri khas tersendiri.

Salah satunya ialah yang berada di Kabupaten Kuningan, tepatnya yang berada di Kecamatan Nusaherang. Dimana terdapat sebuah tempat wisata yang selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai derah.

Nama tempat wisata tersebut ialah Curug Bangkong, saat new normal ini tetap buka namun pihak pengelola menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Bangkong, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Bangkong

Perjalanan menuju Curug Bangkong kita awali ketika kamu sudah memasuki Kecamatan Nusaherang. Jalanan yang kamu lalui sudah beraspal namun kondisi jalannya tidak terlalu lebar.

Pemandangan disepanjang jalan dihiasi sawah yang luas serta bukit-bukit yang berderet dengan gagahnya. Suasana pedesaan yang masih sangat asri, sejuk sekali mata ini memandangnya.

Kemudian kamu akan melalui jalanan yang hanya cukup dilalui oleh satu mobil saja, jika kamu menggunakan mobil saat berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan salah satunya harus memberi ruang.

Gerbang Desa Kertawirama
Gerbang Desa Kertawirama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu pun akan melalui jalan yang menanjak dengan kondisi jalan yang tak terlalu mulus. Lalu  kamu akan bertemu jalanan turunan yang cukup curam untuk memasuki Desa Kertawirama.

Tak berselang lama arahkan kendaraanmu untuk belok ke kanan menuju pintu masuk wisata Curug Bangkong jika kamu menggunakan motor. Untuk kamu yang menggunakan mobil kamu bisa memakirkannya dipinggir jalan.

Untuk menuju Curug Bangkong ini, kamu bisa melewati beberapa rute. Cuma yang pasti kamu harus arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Nusaherang.

Jalur Trekking
Jalur Trekking. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan kaki menuju Curug Bangkong sekitar 200 meter jauhnya. Menapaki jalan yang sudah disediakan, dengan ditemani sungai yang mengalir.

Disepanjang jalan banyak sekali pedagang yang berderet menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Jalurnya sangat ramah untuk anak-anak maupun orang tua, sehingga tepat sekali jika kamu membawa serta mereka.

Curug Bangkong
Curug Bangkong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah menuruni beberapa anak tangga tinggal sebentar lagi kamu sampai didepan Curug Bangkong, meskipun diperjalanan kamu sudah dapat melihat aliran curugnya.

Asal Usul Nama Curug Bangkong

Curug Bangkong berasal dari bahasa sunda, curug artinya air terjun sedangkan bangkong sendiri artinya hewan kodok. Kisah penyematan bangkong tersebut didasarkan pada beberapa kisah yakni:

  1. Konon pada zaman dahulu di lokasi ini terdapat kodok dengan jumlah yang banyak kemudian terus berkembang biak, bentuknya pun besar-besar.
  2. Ada lagi yang menyebutkan bahwa pada zaman dahulu desa ini pernah dikunjungi oleh seorang petapa. Beliau selalu ikut berjuang memajukan masyarakat sekitar. Suatu hari beliau pergi ke air terjun atau curug untuk bertapa. Namun, beliau tak kunjung kembali ke desa tersebut. Peristiwa hilangnya petapa tersebut bersamaan dengan suara bangkong atau kodok di sekitar air terjun atau curug tersebut. Masyarakat meyakini bahwa beliau telah menyempurnakan ilmunya, dan berubah menjadi kodok.
  3. Dan hal lain yang melatarbelakangi penyematan Bangkong yakni, setiap sore hingga malam di lokasi ini selalu terdengar suara bangkong (kodok).

Seperti itulah kisah dibalik penamaan Bangkong pada curug tersebut. Entah kisah yang mana yang benar-benar melatarbelakanginya. Namun yang pasti Curug Bangkong memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta selalu ramai dikunjungi.

Pesona Keindahan Curug Bangkong

Curug Bangkong memiliki tinggi sekitar 15-20 meter dengan lebar 3 meter dan memiliki debit air yang cukup deras. Dibawahnya terdapat kolam alami tempat menampung airnya, kolamnya pun cukup lebar.

View Curug Bangkong
View Curug Bangkong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air yang dialirkan Curug Bangkong berasal dari Waduk Darma. Airnya mengalir diantara tebing batu yang dihiasi pepohonan dikanan dan kirinya. Namun, jika setelah turun hujan airnya akan berubah kecoklatan dan debit airnya akan semakin deras.

Namun hal tersebut tidak mengurangi keindahannya, justru dapat membuat lebih menyenangkan ragam wisata “papalidan” yang wajib kamu coba. Serta suara deburan aliran airnya sangat menenangkan.

Alam disekitar Curug Bangkong masih sangat alami, hal tersebut ditandai dengan masih rindangnya pepohonan yang ada. Di atas Curug Bangkong terdapat hamparan sawah yang menghijau.

Ragam wisata Di Curug Bangkong

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Bangkong, yakni:

1. Bermain air

Para pengunjung tidak disarankan untuk berenang di kolam tempat aliran Curug Bangkong, karena kondisi arusnya yang sangat deras sehingga membahayakan.

Namun kamu masih bisa menikmati kesegaran airnya dengan bermain air di undakan kolam yang ada dibawahnya.

Atau dengan duduk-duduk di pinggir kolam alami sembari merasakan cipratan air Curug Bangkong menyentuh wajahmu.

2. Papalidan

Ragam wisata yang wajib kamu coba ketika berada di Curug Bangkong yakni “papalidan”, yang berasal dari bahasa sunda yang artinya hanyut.

Kamu akan dihanyutkan dengan menggunakan ban yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa supaya dapat bergerak dengan bantuan derasnya aliran sungai.

Papalidan Seru
Papalidan Seru. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu akan menyusuri derasnya sungai sejauh kurang lebih 200 meter, terombang ambing kekanan dan kekiri, mirip dengan olah raga arung jeram.

Para pengunjung selalu antusias ketika mengikuti ragam wisata “Papalidan” ini, disamping seru biaya yang kamu keluarkan pun murah yakni hanya Rp.10.000 per orangnya jika ingin didampingi pembimbing kamu harus menambah Rp. 5.000,- saja.

3. Hunting Foto

Hunting foto ditempat yang indah seperti ini harus dilakukan, banyak spot yang bisa kamu aplikasikan menjadi sebuah foto maupun video.

Berfoto Bersama
Berfoto Bersama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ada spot yang bertuliskan Curug Bangkong, dan tentu saja the one and only jangan lupa berfoto dengan keindahan aliran curugnya.

Salah Satu Spot Foto
Salah Satu Spot Foto. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Bangkong

Lokasi dan alamat Curug Bangkong berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Bangkong

Rute menuju Curug Bangkong jika kamu bergerak dari bunderan Cijoho lurus terus untuk menuju Taman Kota atau Alun-alun Kuningan. Sebetulnya belok kanan juga bisa, namun saya mengambil rute yang tercepat.

Setelah lurus dari Bunderan Cijoho kamu akan berada di Jl.Siliwangi setelah tiba di pertigaan Alun-alun Kuningan belok kanan melewati Masjid Agung Syairul Islam.

Kamu sekarang berada di Jl. Veteran terus lurus hingga menuju Jl.Cikadung, kemudian kamu akan melewati perbatasan antara Kota dan Kabupaten Kuningan. Setelah itu kamu akan memasuki Kecamatan Kadugede.

Setelah melewati alun-alun Kadugede, kamu akan melalui jembatan setelahnya belok ke kanan menuju Kecamatan Nusaherang. Setelah itu kamu akan menemukan pertigaan belok ke kiri, kemudian belok kiri lagi.

Tiket Masuk Curug Bangkong

Tiket masuk Curug Bangkong sangat terjangkau sekali kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.000,- per orangnya.

Jam Operasional Curug Bangkong

Jam operasional Curug Bangkong dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Fasilitas Curug Bangkong

Fasilitas Curug Bangkong cukup memadai dengan adanya:

  • Area parkir meskipun belum terlalu luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Kamar mandi umum

Tips Wisata

Tips wisata berikut saya bagikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Bangkong, yaitu:

  • Pastikan kondisi kendaraan kamu remnya berjalan dengan baik, karena kamu akan bertemu jalanan yang cukup curam.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka ketika bermain air.
  • Patuhi peraturan yang telah ditetapkan pihak pengelola.
  • Jaga selalu kebersihan di lokasi Curug bangkong.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Bangkong.

Penutup

Seperti itu ulasan yang dapat saya sampaikan tentang Curug bangkong, sebuah tempat yang merupakan perpaduan antara ciptaan Tuhan dengan kepedulian manusia.

Weekend ini kamu harus kunjungi Curug Bangkong, tentu saja dengan terus mematuhi protokol kesehatan yang selalu digaungkan. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Bangkong, ya!


Tinggalkan komentar