Desa Wisata Cibuntu, Desa Terbaik ASEAN Kebanggaan Kuningan

Desa Wisata Cibuntu wajib kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Kuningan, FYI desa ini pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN ke lima dan desa wisata terbaik ke dua di Indonesia.

Keistimewaan Desa Wisata Cibuntu ialah suasana alamnya yang menyejukan, dipadu dengan kebersamaan warga sekitar dalam menjaga lingkungan.

Dewasa ini tempat-tempat yang adem dan sejuk menjadi pilihan para workaholic yang ingin ngadem dan hulang-healing, resfresh untuk sejenak.

Dapat pula dijadikan lokasi wisata bersama keluarga, apalagi membawa serta anak tercinta. Berikut profil singkat mengenai Desa Wisata Cibuntu, Kuningan.

Lokasi dan Alamat Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu ini beralamat di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

ruang terbuka hijau yang luas
ruang terbuka hijau yang luas. google maps. sumber:  Saeful Rahman

simak juga: talaga surian camp park

Rute Menuju Desa Wisata Cibuntu

Rute menuju Desa Wisata Cibuntu jika kamu berangkat dari pusat kota Kuningan ialah dengan menuju Jalan Aria Kamuning lalu belok kiri untuk mengemudi di Jalan Veteran.

Setelah 240 m belok kanan ke Jalan Ajid/ Jalan Nanggeleng – Cirahayu kemudian belok kiri ke Jalan Syeh Maulana Akbar. Teruslah melaju di Jalan DR. Moch. Hatta/ Jalan Nanggeleng – Cirahayu.

Terus ikuti Jalan Cirea – Pasawahan menuju Desa Wisata Cibuntu. Waktu yang kamu butuhkan untuk sampai ke Desa Wisata Cibuntu ini sekitar 59 menit dengan jarak tempuh sekitar 28,8 km.

Jam Buka Desa Wisata Cibuntu

  • Jam operasional Desa Wisata Cibuntu setiap hari Senin hingga Minggu
  • Desa Wisata Cibuntu buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Cibuntu

  • Harga tiket masuk Desa Wisata Cibuntu dengan membayar sebesar Rp. 3.000,- per orang
fasilitas yang tersedia
fasilitas yang tersedia. google maps. sumber: Saeful Rahman

simak juga: objek wisata cibulan

Fasilitas Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa kamu gunakan saat berkunjung, diantaranya:

  • Area Taman yang Luas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kolam Renang,
  • Gazebo,
  • Warung Makanan,
  • Kampung Domba,

Daya Tarik Desa Wisata Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu dikenal sebagai desa yang memiliki pesona alam yang indah, dengan potensi wisata yang tinggi berikut daya tarik Desa Wisata Cibuntu yang bisa kamu jumpai:

1. Desa yang Indah dan Asri

Berlibur ke tempat wisata yang kaya akan nuansa alam dengan ciri khas kental pedesaan menjadi salah satu hal yang diburu wisatawan saat ini.

Desa Wisata Cibuntu memiliki daya tarik alam dengan paket komplit, nggak heran jika pernah menyabet berbagai ajang bergengsi baik di dalam maupun luar negeri.

Kamu bisa melihat hijaunya sawah yang luasnya hingga 30 hektar, di sekelilingnya kamu akan melihat pegunungan dan lereng bukit.

suasana di desa wisata cibuntu
suasana di desa wisata cibuntu. google maps. sumber: novi andriyani

simak juga: taman wisata alam linggarjati

2. Tempat Piknik dan Camping

Dengan lahan hijau yang luas dan dikelilingi pohon-pohon tinggi nan sejuk, Desa Wisata Cibuntu menjadi pilihan yang cocok untuk tempat camping dan piknik bersama keluarga. Siapkan bekal piknik dan campingmu dan rasakan keseruan piknik dan camping di tempat wisata ini.

3. Kolam Renang Cibuntu

Yang menjadi favorit dari Desa Wisata Cibuntu ialah kehadiran kolam renang, yang tentunya menjadi tujuan utama anak-anak untuk bermain.

Area kolam renangnya dikelilingi oleh lahan hijau yang luas, sehingga anak-anak dapat bermain kesana kemari dengan riang gembira.

Terdapat dua kolam renang yang bisa kamu akses, ada kolam renang untuk dewasa dan anak. Dipinggir kolam renang juga disediakan gazebo-gazebo sebagai tempatmu beristirahat dan menyimpan barang.

kolam renang cibuntu
kolam renang cibuntu. google maps. sumber: Saeful Rahman

simak juga: waduk darma kuningan

4. Homestay

Desa Wisata Cibuntu meraih predikat Desa Wisata Terbaik ke lima di ASEAN untuk bidang homestay, So jangan lewatkan keseruan homestay di Desa Wisata Cibuntu ini ya.

5. Curug Gongseng

Mengunjungi curug atau air terjun pun dapat kamu lakukan ketika berada di Desa Wisata Cibuntu. Curug Gongseng memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan tentu saja bermain air atau berenang di kolam penampungan alaminya. Oh iya, trekkingnya juga mudah banget yakni hanya sekitar 5 menit saja dari lokasi parkir.

curug gongseng
curug gongseng. google maps. sumber: Ende Ridwan fadilah

simak juga: bumi pelangi jalaksana

6. Mengunjungi Kampung Domba

Tujuan wisata selanjutnya ialah dengan mengunjungi Kampung Domba, yang memiliki lebih dari 50 kandang domba dan juga kambing.

Meski berisi banyak kambing maupun domba, tempatnya bersih sehingga kamu akan nyaman membawa anak-anak ke lokasi ini.

7. Menyusuri Situs Bersejarah

Wisata alam sudah, berenang sudah, belajar mengenalkan binatang sudah, kegiatan selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah dengan menyusuri beberapa situs peninggalan. Beberapa diantaranya ialah:

  • Situs Saurip Kidul,
  • Bujal Dayeuh,
  • Hulu Dayeuh,
  • Birit Dayeuh, dan
  • Situs Cikahuripan.

Peninggalan-peninggalan yang ada konon katanya merupakan peninggalan zaman purbakala, di Cikahuripan sendiri kamu akan mendapati mata air alami yang segar.

kampung domba
kampung domba. google maps. sumber: Taufan Saputra

simak juga: curug bangkong kuningan

Penutup

Desa Wisata Cibuntu tentu menjadi tempat wisata favorit bagi kamu yang suka berlibur, apalagi dengan menawarkan beberapa ragam wisata seru, mengedukasi, dan pastinya memorable.


shopee