Situ Wulukut, Hulang Healing di Tengah Hutan

|

Situ Wulukut berlokasi di tengah hutan, tepatnya di ujung Desa Kertayuga yang menawarkan suasana yang nyaman, damai, dan juga tenang.

Sebelum pandemi covid melanda, Situ Wulukut selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan. Namun saat ini, kondisinya sedikit berubah.

Meski tak seramai biasanya, Situ Wulukut tetap saja menggoda. Cocok untuk dijadikan lokasi hulang-healing sambil hunting foto keren.

Berikut deskripsi tentang Situ Wulukut, untuk kamu yang sedang mencari tempat piknik bersama keluarga tercinta disaat liburan nanti.

situ wulukut
situ wulukut. google maps. sumber: Ruslan NCC

simak juga: desa wisata cibuntu

Lokasi Situ Wulukut

Lokasi Situ Wulukut berada di alamat Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Wulukut

Rute menuju Situ Wulukut jika berangkat dari pusat kota Kuningan estimasi waktunya sekitar 20 hingga 30 menit. Dengan kondisi jalan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hanya saja mendekati kawasan situ, kondisi jalan hanya cukup untuk satu mobil saja. Sehingga tak sedikit pengunjung yang menggunakan motor.

air terjun mini
air terjun mini. google maps. sumber: hilman nurhaiman

simak juga: talaga surian camp park

Dari arah Alun-Alun Kuningan kamu tinggal arahkan kendaraan menuju Jalan Aria Kamuning, lalu belok kiri ke arah Jalan Veteran untuk selanjutnya berada di Jalan Nanggeleng – Cirahayu/  Jalan Raya Cigadung.

Selanjutnya masuk ke arah kiri ketika melihat sebuah gapura, untuk menuju Desa Nusaherang. Teruskan perjalanan hingga tiba di Windusari, teruskanlah hingga akhirnya tiba di Desa Kertayuga.

Belok kiri ketika melihat Kantor Desa Kertayuga, terus saja lurus hingga akhirnya tiba di tempat tiket masuk Situ Wulukut.

Jam Buka Situ Wulukut

  • Jam operasional Situ Wulukut setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Objek wisata Situ Wulukut buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Situ Wulukut

  • Tiket masuk Situ Wulukut Kuningan sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 2.000,-
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-
gerbang masuk situ wulukut
gerbang masuk situ wulukut. google maps. sumber: Dalmi Lizano

simak juga: curug cisurian

Fasilitas Situ Wulukut

Situ Wulukut belum banyak memiliki fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan, diantara fasilitas yang saat ini tersedia yaitu:

  • Area Parkir Kendaraan,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Mushola,

Daya Tarik Situ Wulukut

Asal Usul Situ Wulukut merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 2005, dan berfungsi sebagai sarana pengairan sawah dan juga menjadi ketersediaan air bagi masyarakat sekitar.

view yang adem banget
view yang adem banget. google maps. sumber: Else Yulianti

simak juga: cadas gantung kuningan

Dengan segala daya tarik yang dimiliki, Situ Wulukut akhirnya berubah menjadi lokasi wisata yang hits pada masanya di Kuningan, Jawa Barat. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Situ Wulukut:

1. Panorama Pesawahan dan Pegunungan yang Indah

Berwisata ke Situ Wulukut sangat cocok bagi kamu yang gemar cari tempat hulang-healing yang jauh dari kebisingan kota dan polusi kendaraan.

Saat datang ke Siti Wulukut kamu akan melihat area pesawahan yang hijau dan begitu luas, kicau burung bersahut-sahutan, hutan dengan pepohonan yang rimbun, serta dikelilingi keindahan pegunungan.

Menghabiskan waktu liburanmu di Situ Wulukut tentu akan membuat pikiran dan tubuhmu fresh dengan dimanjakan panorama alamnya yang begitu indah.

salah satu spot di situ wulukut
salah satu spot di situ wulukut. google maps. sumber: M.M CHANNEL

simak juga: bumi perkemahan ipukan

2. Danau yang Luas dan Tenang

Situ Wulukut airnya begitu tenang, dengan memandangnya saja kamu akan merasa relaks. Kamu bisa menikmati keindahan Situ Walukut dengan menaiki perahu air yang disewakan pihak pengelola.

Situ Wulukut ini tempatnya tidak terlalu ramai, jadi kamu bisa berlibur dengan santai tanpa perlu khawatir harus berdesak-desakan dengan wisatawan lain.

3. Tempat Piknik yang Asri dan Sejuk

hulang healing bersama alam
hulang healing bersama alam. google maps. sumber: pri Oyyir

simak juga: wisata bukit panembongan

Situ Wulukut juga menjadi tempat piknik yang recommended lho, kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman favoritmu untuk di santap bersama orang-orang tersayang di hamparan rumputnya.

Sedapnya makanan yang kamu bawa ditambah dengan indahnya danau atau situ yang tenang, membuat liburanmu kali ini begitu memorable.

Penutup

Itulah informasi lengkap mengenai objek wisata Situ Wulukut Kuningan. Sempatkanlah refreshing di Situ Wulukut dijamin segala penatmu akan hilang dengan menikmati keindahan alam yang tersaji.