Bumi Pelangi Jalaksana, Barisan Kolam Pelangi di Kaki Ceremai

Bumi Pelangi Jalaksana merupakan sebuah lokasi wisata air yang memberikan kamu sensasi yang berbeda. Kenapa berbeda? Karena lokasi kolam renang ini berada di kaki Gunung Ceremai, dan air yang dialirkan langsung dari mata air Gunung Cerermai.

Selain itu pemandangan yang akan kamu lihat merupakan barisan bukit yang berdiri tegak, serta Gunung Ceremai yang menjadi primadonanya. Lokasi pemandian ini didesain sedemikian rupa sehingga membuat betah pengunjung yang datang.

Barisan Kolam Pelangi Dipadu Hijaunya Alam
Barisan Kolam Pelangi Dipadu Hijaunya Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Disebut Bumi Pelangi karena pada saat proses pembuatannya, timbul pelangi di balik bukit. Untuk menyesuaikan dengan namanya dibuatlah berwarna-warni setiap kolam yang ada.

Bumi Pelangi Jalaksana terdiri dari beberapa kolam yang dibuat berpetak-petak, setiap kolam saling berhubungan dengan dihiasi warna-warna yang sangat cantik. Selain itu setiap kolamnya memiliki kedalaman yang dangkal, sehingga aman untuk anak-anak bermain air.

Sebuah lokasi pemandian yang sangat berbeda dari pemandian pada umumnya, letaknya yang berada di alam terbuka serta langsung menghadap pemandangan yang sangat menakjubkan.

Sebuah lokasi wisata air yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

View Kolam Bumi Pelangi Jalaksana
View Kolam Bumi Pelangi Jalaksana. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga:12 lokasi indah di Kuningan

Berikut ulasan lengkap mengenai Bumi Pelangi Jalaksana:

Lokasi Bumi Pelangi Jalaksana

Lokasi Bumi Pelangi Jalaksana berada di Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Dari pusat kota Kuningan hanya memakan waktu perjalanan sekitar 28 menit saja.

Rute Menuju Bumi Pelangi Jalaksana

Rute menuju Bumi Pelangi Jalaksana jika kamu bergerak dari pusat kota Kuningan, kamu tinggal lajukan kendaraanmu menuju Taman Cirendang kemudian kamu akan melewati Jl. Cilengkrang. Setelah tiba di Pajambon belok ke arah kanan, nah dari sana kamu tinggal mengikuti jalur yang ada untuk menuju Bumi Pelangi Jalaksana.

Untuk menuju lokasi kondisi jalan sudah mudah untuk dilalui kendaraan motor maupun mobil, didominasi oleh jalur yang cukup menanjak. Sehingga kamu harus berhati-hati ketika melajukan kendaraan.

Jam Buka Bumi Pelangi Jalaksana

Jam operasional Bumi Pelangi Jalaksana dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Sehingga tak terbatas oleh waktu, kamu dapat berkunjung kapan saja. Waktu yang paling ramai dikunjungi pengunjung ialah sekitar pagi menjelang siang hari.

Tiket Bumi Pelangi Jalaksana

Tiket memasuki Bumi Pelangi Jalaksana sangat murah sekali, kamu hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya. Namun, jika kamu ingin berenang di kolam yang telah disediakan, kamu harus membayar sebesar Rp. 10.000,- saja.

Fasilitas Bumi Pelangi Jalaksana

Meskipun berada di alam terbuka, fasilitas yang tersedia cukup lengkap yakni dengan adanya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Gazebo atau saung-saung sederhana
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman

Daya Tarik Bumi Pelangi Jalaksana

1. Objek Wisata yang Menyejukkan

Alam Di Sekitarnya Yang Menyejukkan Mata Dan Hati
Alam Di Sekitarnya Yang Menyejukkan Mata Dan Hati. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pesona Watu Rumpuk Madiun

Bumi Pelangi Jalaksana merupakan lokasi pemandian yang sangat indah, hamparan bukit yang hijau karena lebatnya pepohonan yang mendiaminya. Serta alam di sekitarnya yang masih sangat asri, menimbulkan udara yang kita hirup sangat menyegarkan.

Lokasi wisata ini berada di lahan seluas 7,2 hektare, namun hanya sekitar 5 persen saja yang baru dibangun untuk area lokasi wisata Bumi Pelangi Jalaksana beserta fasilitas penunjang lainnya.

Spot Untuk Melihat Indahnya Alam
Spot Untuk Melihat Indahnya Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tak menutup kemungkinan suatu saat nanti, lokasi wisata ini akan berkembang lebih baik lagi. Lokasi wisata ini dulunya merupakan tempat hidupnya Pohon Kayu Arbise, yang kemudian oleh sebuah komunitas dibantu para pemuda sekitar dirubahlah menjadi lokasi wisata air Bumi Pelangi Jalaksana.

2. Water Play Ground Pelangi

Kolam-kolam yang ada dibuat bersusun dan saling menyambung satu sama lain, untuk menyesuaikan dengan namanya diwarnailah dengan warna-warna yang berbeda.

Area kolamnya diwarnai dengan warna-warna yang cerah dan sangat menarik, ketika kamu mengambil foto dari lokasi puncak kolam akan terlihat jelas perbedaan warna di setiap kolamnya. Warna-warninya kolam merupakan daya tarik tersendiri, apalagi untuk kamu para pecinta fotografi.

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut ternyata menarik minat para pengunjung, banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video. Selain itu pemandangan barisan bukit yang hijau serta Gunung Ceremai, selalu menjadi latar yang paling dicari.

Setiap kolam yang ada di Bumi Pelangi Jalaksana memiliki karakteristik yang berbeda-beda, selain itu kedalaman kolamnya tak lebih dari 30 cm saja sehingga aman untuk anak-anak.

Kolam Bumi Pelangi Jalaksana
Kolam Bumi Pelangi Jalaksana. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Merupakan sebuah perpaduan yang sangat menarik, antara hijaunya alam di sekitar dipadu padankan dengan warna pelangi kolam pemandiannya.

3. Meja Kursi Kayu

Kursi Kayu Menjadi Daya Tarik Tersendiri
Kursi Kayu Menjadi Daya Tarik Tersendiri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Beningnya perairan Situ Cipanten

Area Bumi Pelangi Laksana dilengkapi sebuah lokasi untuk kamu duduk-duduk cantik sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Sebuah kursi kayu yang berjajar rapih dan cukup banyak menjadi tempat untuk kamu beristirahat setelah puas mengeksplor keindahan Bumi Pelangi Laksana.

Penempatan kursi-kursi kayu ini sangat pas sekali, karena kamu berlatarkan hamparan bukit dan Gunung Ceramai secara langsung. Disini pun merupakan spot foto yang menarik lainnya, kondisi kursi yang alami menjadi daya tarik tersendiri.

Di area ini kamu bisa mengisi perutmu terlebih dahulu dengan makanan yang kamu bawa dari rumah, maupun dengan membeli makanan atau minuman di warung yang tersedia.

Tips Mengunjungi Bumi Pelangi Jalaksana

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Bumi Pelangi Jalaksana, yakni diantaranya:

  • Jalur menuju lokasi Bumi Pelangi didominasi oleh tanjakan dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar, sehingga untuk kamu yang menggunakan mobil harus berhati-hati saat berkendara.
  • Pagi atau sore hari merupakan saat yang tepat untuk mengunjungi Bumi Pelangi Jalaksana. Jika beruntung kamu dapat melihat pelangi di balik bukit.
  • Jika weekend tiba lokasi wisata ini selalu ramai pengunjung, jika kamu menginginkan suasana yang lebih tenang datanglah di hari-hari biasa.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air, meskipun kondisi kolamya dangkal namun area di sekitarnya bisa saja licin.
  • Jagalah kebersihan dan keasrian lokasi Bumi Pelangi Jalaksana, dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Serunya Bermain Air Di Kolam Pelangi
Serunya Bermain Air Di Kolam Pelangi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Keindahan Pematang Sawah di Taman Sabin

Objek Wisata Dekat Bumi Pelangi Jalaksana

Selain Bumi Pelangi Jalaksana masih ada lokasi wisata lainnya yang harus kamu kunjungi, diantaranya:

1. Taman Purbakala Cipari

Setelah menikmati keindahan alam Kuningan, saatnya kamu untuk melakukan wisata edukatif dengan mengunjungi Taman Purbakala Cipari yang berada di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kuningan.

Disini kamu akan seperti berada di Zaman Megalitikum atau Zaman Batu, karena lokasi ini banyak menyimpan benda-benda bersejarah yang berasal dari jutaan tahun yang lalu seperti kubur batu, Menhir, serta beberapa benda lainnya.

2. Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati merupakan salah satu tempat yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena merupakan saksi bisu dari sebuah perundingan antara Republik Indonesia dengan Pihak Pemerintah Belanda pasca Perang Kemerdekaan. Gedung Perundingan Linggarjati ini berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kuningan.

Kedua lokasi bersejarah tersebut merupakan pelengkap liburanmu kali ini. Bumi Pelangi Jalaksana merupakan lokasi wisata yang recomended banget untuk kamu menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih.

Leave a Comment