Bumi Pelangi Jalaksana, Lukisan Pelangi di Kaki Ciremai

Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan tampil beda dengan wisata dataran tinggi lainnya. Lingkungan dan Spot foto disini tampil unik karena fasilitas yang di bangun diantara perbukitan hijau asri ini, hampir semuanya didesain dengan warna-warni mencolok, laksana Pelangi.

Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan tampil beda dengan wisata dataran tinggi lainnya. Lingkungan dan Spot foto disini tampil unik karena fasilitas yang di bangun diantara perbukitan hijau asri ini, hampir semuanya didesain dengan warna-warni mencolok, laksana Pelangi.
Bumi Pelangi Jalaksana. Image via: @andrearamadhaan

Berada di kawasan yang relatif jauh dari perkotaan, objek wisata ini berada di kaki Gunung Ciremai. Mengunjungi Bumi Pelangi, udara sejuk khas kaki gunung akan terasa. Pemandangan Gunung Ciremai dari jauh juga bisa dinikmati saat duduk-duduk santai di salah satu bangku yang disediakan di lokasi.

Untuk menambah daya tarik bagi kalangan pemburu Foto Instagenic, pengelola menambahkan aneka Spot-spot foto yang didesain sesuai dengan selera mereka. Warna-warna cerah pada sebagian besar lokasi menjadi daya tarik tersendiri.

Berwisata di lokasi ini, pengunjung kaan mendapat paket komplit. Cuaca yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Warna hijau alami dari latar belakang alam pegunungan. Warna pastel ceria dari water play ground bertema pelangi. Sungguh sebuah paket komplit.

objek wisata ini berada di kaki Gunung Ciremai. Mengunjungi Bumi Pelangi, udara sejuk khas kaki gunung akan terasa
Lereng Gunung Ciremai. Image via: @cirebonunited

Simak juga:12 loksi indah di Kuningan

Lokasi Bumi Pelangi Jalaksana

Bumi Pelangi Jalaksana  berlokasi di Desa Babakanmulya, Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat.

Lokasi wisata ini dari pusat Kuningan hanya berjarak sekitar 28 menit menggunakan kendaraan melalui Jln. Dr. Ir. Soekarno.

Rute Bumi Pelangi Jalaksana

Bagi pengunjung yang yang datang dari arah Cirebon, bisa mengikuti jalan utama ke arah Kuningan. Setelah masuk daerah Jalaksana, pengunjung bisa belok kanan setelah Surya Toserba, lalu ikuti jalan sampai ke daerah Sadamantra. Di titik ini bisa terlihat beberapa informasi untuk masuk ke wisata Bumi Pelangi.

Memang ketika mengunjungi wisata ini cukup membingungkan, karena jalan yang diakses adalah sebuah jalan desa dan tidak begitu lebar. Namun, pengunjung bisa dengan mudah menemukan obyek wisata Bumi Pelangi ini dengan menggunakan maps pada ponsel pintar agar tidak tersesat.

Di lokasi wisata bumi pelangi jalaksana, buakn hanya tempoknya, hingga bebatuan alam pun bercat warna pelangi
Batu Pelangi. Image via: @happypramita

Jam Buka Bumi Pelangi Jalaksana

Lokasi wisata Kuningan ini buka setiap hari, dari Senin sampai minggu. Setiap harinya lokasi ini Buka 24 jam.  Khususnya bagian Pujasera atau tempat makan.

Tiket Bumi Pelangi Jalaksana

HTM Bumi Pelangi sebesar Rp 5.000 / orang ( promo opening ). Namun wisatawan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 untuk dapat memasuki area kolam renang.

Fasilitas Bumi Pelangi Jalaksana

Walaupun wisata ini terbilang baru, namun beberapa fasilitas sudah dibangun sedemikian rupa agar pengunjung dapat nyaman dan berlama-lama menikmati indahnya pemandangan perbukitan atau merasakan dinginnya air kolam renang.

Disini pengunjung disediakan fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti pakaian, tempat parkir, kantin, Gazebo, mushola, spot foto yang menarik, kursi berjejer, dan masih banyak lagi.

Untuk makanan dan minuman sendiri masih sangat terjangkau. Jika datang bersama keluarga, pengunjung bisa membawa makanan sendiri dan makan bersama di tempat peristirahatan yang sudah disediakan.

Daya Tarik Bumi Pelangi Jalaksana

  1. Objek Wisata yang Menyejukkan

Pemandangan bagus Gunung Ciremai tampak di latar belakang, tidak membuat bosan menikmati perjalanan.
Panorama pegunungan. Image via: wisataoke.com

Simak juga: Pesona Watu Rumpuk Madiun

Seluruh pemandangan sepanjang perjalanan menuju lokasi  Bumi Pelangi Jalaksana, sungguh indah dipandang. Bahkan bisa dianggap perjalanan itu sendiri adalah sebuah safari wisata. Pemandangan bagus Gunung Ciremai tampak di latar belakang, tidak membuat bosan menikmati perjalanan.

Petugas Pengelola Bumi Pelangi, menjelaskan obyek wisata ini memiliki luas sekitar 7,2 hektare. Namun baru 5 persen yang dibangun untuk tempat sarana dan prasarana penunjang wisata.

Mereka menjelaskan, dulu Bumi Pelangi merupakan areal yang banyak ditumbuhi pohon kayu arbise. Kemudian oleh komunitas dan pemuda sekitar diubah menjadi obyek wisata alam. Tempat ini bagus untuk berbagai kegiatan seperti gathering, bumi perkemahan dengan daya tampung sekitar 500 – 750 orang.

Dalam perencanaan pihak pengelola, dalam tahun-tahun ke  depan, beberapa wahana permainan akan dibangun. Seperti air mancur dan lain sebagainya.

  1. Water Play Ground Pelangi

Playground water playground ini kolam kolam dangkal yang disusun bertingkat-tingkat beberapa kolam dengan kedalaman masing-masing tidak lebih dari 30 cm. Para pengunjung bisa bermain air di dalam kolam kolam dangkal ini.
Main Air. Image via: kuningankab.go.id

Fasilitas paling menonjol di tempat wisata ini adalah water playground dengan cat pastel aneka ragam warna. Kombinasi warna-warna yang meriah ini membuat suasana menjadi ceria. Dari kombinasi aneka warna inilah nama pelangi di sematkan pada objek wisata ini.

Playground water playground ini kolam kolam dangkal yang disusun bertingkat-tingkat beberapa kolam dengan kedalaman masing-masing tidak lebih dari 30 cm. Para pengunjung bisa bermain air di dalam kolam kolam dangkal ini.

Mainan ini tentu saja paling banyak diminati oleh pengunjung, terutama pengunjung  anak-anak. Beberapa ketentuan ketika pengunjung hendak menikmati fasilitas khusus ini diantaranya tidak boleh merokok dan tidak menggunakan alas kaki ketika masuk ke dalam kolam.

Keberadaan kolam kreatif ini bukan suasana yang unik. Yakni perpaduan antara cuaca sejuk di daerah pegunungan, ditambah dengan kesejukan dari percikan air yang dipakai bermain, serta kesejukan hati karena melihat warna-warna yang ceria. Maka tidak salah jika fasilitas ini merupakan ikon dari objek wisata ini

  1. Meja Kursi Kayu

pengelola wisata bumi Pelangi menyediakan meja kursi kayu yang berderet berjajar rapi.
Meja dan Kursi. Image via: @kuninganendah

Simak juga: Beningnya perairan Situ Cipanten

Pengelola wisata bumi Pelangi Jalaksana tampaknya sangat mengerti akan kebutuhan para pengunjung. Pengunjung lokasi ini yang baru datang, pasti akan kegirangan dengan suasana sejuk dan permainan warna pada fasilitas kolam bertingkat.

Mereka  tentu akan menghabiskan waktu-waktu awalnya dengan berjalan-jalan mengelilingi lokasi wisata ini. Menikmati pemandangan alam, mencari Spot indah untuk berfoto, serta menjelajahi kolam Pelangi aneka warna.

Setelah melalui itu semua, tentu mereka akan merasa lelah dan perlu tempat istirahat. Disini lah dengan cerdas pengelola wisata bumi Pelangi menyediakan meja kursi kayu yang berderet berjajar rapi. Set meja kursi yang disediakan berjumlah belasan di areal sekitar sekitar objek wisata.

Penempatan Kursi ini strategis. Bahkan tidak berlebihan jika dikatakan, bahwa meja kursi ini sendiri pun sebenarnya adalah sebuah objek seni. Bahkan bisa digunakan sebagai Spot untuk berfoto. Dengan duduk di meja kursi kayu ini para pengunjung selain bisa mengistirahatkan kaki juga bisa mengistirahatkan jiwa.

tempat yang cocok untuk bersenda gurau, atau membuka bekal makanan. Ataupun makan dari makanan yang dijual di lokasi.
Ngobrol di meja kursi. Image via: @nngrohaeningsih

Saat duduk di meja kursi ini, pengunjung dapat memandangi hijaunya pegunungan Gunung Ciremai di latar belakang. Sungguh tempat yang cocok untuk bersenda gurau, atau membuka bekal makanan.  Ataupun makan dari makanan yang dijual di lokasi.

Tips Mengunjungi Bumi Pelangi Jalaksana

  • Hati-hati saat berkendara, karena menuju wisata terutama mulai pematang sawah jalannya mulai rusak. Serta untuk kendaraan roda empat perlu ektra hati-hati jalurnya cukup dilalui satu mobil
  • Lebih baik pagi atau sore datang kesini, suasananya sangat terasa sekali dan tidak terlalu padat pengunjung
  • Jika anda ingin santai lebih baik jagan weekend, lumayan banyak pengunjung saat hari libur.
  • Tidak perlu banyak bekal disini juga sudah banyak warung yang menyediakan makanan ringan ataupun besar.
  • Hati-hati yang membawa anak-anak saat bermain di wahana taman air, karena tidak ada pagar pembatas dan kondisi taman sedikit licin.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
Bumi Pelangi Jalaksana berada bersebelahand neganlahan persawahan milik warga
Di sebelah Sawah. Image via: @misyefadhila

Simak juga: Keindahan Pematang Sawah di Taman Sabin

Objek Wisata Dekat Bumi Pelangi Jalaksana

Kuningan ternyata sangat kaya akan berbagai potensi wisata yang tak akan rugi jika dikunjungi. Selian wisata laam, kuningan juga memeiliki berbagai objek yang berbasis pada sejarah, Dari Sejarah Kemerdekaan sampai sejarah masa purba.

Untuk tempat wisata sejarah Purba, Kuningan memiliki Taman Purbakala Cipari. Tempat wisata di Kuningan ini dipercaya dulunya menjadi permukiman manusia purba masa neolitikum. Hal ini diperkuat dengan temuan benda-benda purbakala seperti peti kubur batu, gerabah, perkakas dapur, perunggu, dan bekas fondasi bangunan.

Untuk sejarah kemerdekaan Indonesia, Kuningan memiliki gedung bersejarah, yakni Gedung Perundingan Linggarjati. Sebagai tempat bersejarah, bangunan dan perabotan yang ada tidak dilakukan perombakan, sehingga masih sama persis dengan fakta sejarahnya. Sebagai museum, bangunan ini dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi yang dipajang di dinding gedung.

Secara keseluruhan, jika ingin mencari tempat untuk ngecamp, kamu bisa memilih Bumi Pelangi sebagai lokasi yang pas. Selain itu tempat ini sangat cocok dijadikan tempat kopdar komunitas, outbound, mini gathering ataupun kegiatan lainnya.

Baca juga:

Leave a Comment