Balong Keramat Darmaloka, Tempat Wisata Alam, Wisata Religi, Yang Indah Dan Penuh Misteri

|

Balong Keramat Darmaloka salah satu tempat wisata di Kuningan yang menawarkan berbagai macam tema liburan, mulai dari wisata alam, wisata religi hingga wisata misteri.

Konon katanya Balong Keramat Darmaloka sudah ada sejak dulu kala, dan menyimpan kisah sejarah yang cukup panjang. Dan terdapat beberapa balong yang ada di kawasan Balong Keramat Darmaloka, diantaranya:

  • Balong Ageung,
  • Balong Bangsal,
  • Baling Beunteur,
  • Bale Kambang, dan
  • Balong Sumber Air Cibinuang.
wisata alam yang asri
wisata alam yang asri. google maps. sumber: Chandra Dwinata

simak juga: curug ngelay

Selain eskplor beberapa balong atau kolam di atas, masih terdapat keseruan lain yang dapat dilakukan ketika berada di kawasan Darmaloka.

Lokasi dan Alamat Balong Keramat Darmaloka

Lokasi Balong Keramat Darmaloka berada di Desa Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Rute Menuju Balong Keramat Darmaloka

Rute yang dapat kamu ambil untuk menuju Balong Keramat Darmaloka jika dari Alun-Alun Kuningan ialah dengan menuju Jl. Aria Kamuning menuju Jl. Veteran.

Lalu lanjutkan perjalananmu menuju Jl. Nanggeleng – Cirahayu/Jl. Raya Cigadung, selanjutnya belok kiri menuju Jl. Balong Hilir. Terakhir putar balik untuk menuju Balong Keramat Darmaloka, dimana lokasinya berada di sebelah kanan.

pintu masuk balong keramat darmaloka
pintu masuk balong keramat darmaloka. google maps. sumber: Akhmad Hidayat

simak juga: hutan kota bungkirit

Jam Buka Balong Keramat Darmaloka

Jam operasional Balong Keramat Darmaloka buka setiap hari Senin hingga Minggu. Banyak pengunjung yang datang di akhir pekan, dengan membawa serta keluarga tercinta.

Waktu terbaik mengunjungi Balong Keramat Darmaloka ialah di pagi hari, dimana cuaca masih nyaman untuk dihirup. Tidak terlalu dingin juga tidak begitu panas.

Harga Tiket Balong Keramat Darmaloka

Tiket masuk Balong Keramat Darmaloka sangat murah, kamu cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya ditambah biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000,-

dihuni ikan yang nggak boleh kita pancing
dihuni ikan yang nggak boleh kita pancing. google maps. sumber: muhamadroro oktavian

simak juga: telaga remis

Fasilitas Balong Keramat Darmaloka

Fasilitas yang ada di Darmaloka ini sudah sangat memadai, hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Wahana bermain anak,
  • Area parkir kendaraan,
  • Kantin,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Kolam ikan,
  • Mushola,
  • Toilet,

Sejarah Balong Keramat Darmaloka

Sejarah mengenai Balong Keramat Darmaloka mari kita awali dari asal muasal penamaan Darmaloka, yang berasal dari kata Darulmai yang artinya Negara Air.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena Desa Darma memiliki sumber mata air yang dialirkan ke beberapa rumah warga untuk kebutuhan mereka akan air.

lokasi wisata religi
lokasi wisata religi. google maps. sumber: Arif Susilo

simak juga: curug landung

Selain Balong Keramat Darmaloka terdapat beberapa balong atau kolam lain untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar Kuningan.

Pembangunan balong-balong tersebut dilakukan oleh Syeikh Rama, yang konon katanya hanya membutuhkan waktu satu hari saja.

Setelah selesai Syeikh Rama melakukan syukuran bersama para pengikutnya di kolam Darmaloka, beliau kemudian membuang bekas tulang ikan ke kolam.

Tanpa dinyana dan diduga ternyata tulang tersebut berubah menjadi ikan hidup, yang kemudian terus berkembang biak.

Ikan Dewa merupakan Ikan Kancra Bodas yang ada di setiap kolam di Balong Keramat Darmaloka, konon katanya ikan tersebut akan menghilang jika air sedang surut, dan datang kembali ketika kolam sudah penuh kembali.

Ternyata tak hanya di Cibulan saja adanya Ikan Dewa, di Balong Keramat Darmaloka pun keberadaannya menjadi daya tarik dari tempat wisata di Kuningan yang satu ini.

Daya Tarik Balong Keramat Darmaloka

1. Memberi makan ikan

memberi makan ikan
memberi makan ikan. google maps. sumber: ketrek eljabal

simak juga: bumi pelangi jalaksana

Memberi makan ikan di kolam dapat menjadi daya tarik pengunjung khususnya anak-anak, kegiatan seru dimana umpanmu akan dimakan oleh ikan.

Kamu dapat membeli umpan berupa roti pada seorang pedagang yang ada di sekitar lokasi Darmaloka, dengan harga sekitar Rp. 10.000,- untuk satu pack.

2. Suasana Yang Asri

Ketika menginjakkan kaki di kawasan wisata Darmaloka Kuningan ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih sangat asri.

Enak banget untuk piknik bareng keluarga, dibawah rindangya pohon. Bercengkrama bersama sambil mencicipi makanan enak yang dibawa dari rumah.

bermain air di kola alami
bermain air di kola alami. google maps. sumber: muhamadroro oktavian

simak juga: curug bangkong kuningan

3. Kolam Renang Alami

Begitu banyak keseruan yang dapat dilakukan ketika berada di Balong Keramat Darmaloka, salah satunya ialah berenang. Merasakan segarnya berenang di kolam alami, dengan kedalaman sekitar dada orang dewasa.

Air di kolamnya sangat jernih juga menyegarkan, di sekitar Balong Keramat Darmaloka terdapat 3 sumber mata air yang airnya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air warga sekitar.

berenang di kolam renang
berenang di kolam renang. google maps. sumber: Rikarno Nuriana

simak juga: curug sidomba kuningan

4. Kolam Renang

Selain berenang di kolam alaminya, kamu juga dapat berenang di area kolam renang yang sudah tersedia dengan wahana seluncuran airnya.

Memang tak begitu besar, tapi sangat aman untuk anak-anak bermain air. Untuk memasuki area kolam renang ini kamu harus membayar biaya tiket masuk tambahan.

5. Ziarah Ke Makam Syekh Rama Haji Irengan

Untuk menuju Makam Syekh Rama Gusti atau dikenal dengan Syekh Irengan, harus menuju ke atas bukit dengan menyusuri jalan setapak kira-kira 5 menit saja.

Syekh Rama Gusti ditugaskan oleh Sunan Gunung Jati untuk menyebarkan ajaran Islam di wilayah Kuningan. Para penziarah datang bukan hanya dari Kuningan saja, bahkan dari berbagai daerah lainnya juga.

So, komplit banget bukan? Berbagai macam tema wisata dapat kamu lakukan hanya di Balong Keramat Darmaloka.