Curug Putri Palutungan, Wisata Kuningan Untuk Hulang Healing

Curug Putri Palutungan menjadi tempat wisata pertama yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Curug Putri Palutungan memiliki kekayaan panorama yang sangat memanjakan mata dan pikiran, dijamin saat anda berkunjung segala masalah dan beban hidup akan hilang, sob.

curug putri palutungan
curug putri palutungan. google maps. sumber: Engkos Koswara

simak juga: waduk darma 

Curug Putri Palutungan ini sangat cocok terutama bagi kalian yang suka hulang healing dan bercengkrama dengan suasana alam yang menenangkan.

Mungkin anda penasaran dan bertanya-tanya memangnya ada apa di Patulungan? Curug Putri Palutungan memiliki banyak sekali tempat-tempat yang bisa anda eksplor sob.

Harga tiketnya pun tergolong sangat terjangkau, apalagi dengan fasilitas, pelayanan serta panorama alam yang luar biasa dipastikan anda tidak akan rugi untuk datang lagi ke Curug Putri Palutungan ini.

Anda bisa membuat perkemahan di hutan pinus, membuat api unggun dimalam hari, dan menikmati hangatnya mentari dipagi hari. Anda bisa juga dapat melakukan outbound bersama kerabat kerja, keluarga, ataupun teman-teman tongkrongan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, anda juga tidak perlu bingung karena pos informasi tersedia didekat lokasi perkemahan Curug Putri Palutungan.

lokasi Curug Putri Palutungan

Adapun lokasi atau alamat dari Curug Putri Palutungan ini berada di Kampung Cisantana RT.07 / RW.03, Desa Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

berfoto bersama curug
berfoto bersama curug. google maps. sumber: Engkos Koswara

simak juga: balong keramat darmaloka 

Rute Menuju Curug Putri Palutungan

Adapun rute yang bisa anda ikuti untuk sampai ke Curug Putri Palutungan, sebagai berikut. Untuk pemberangkatan anda bisa mulai dari Alun-Alun Kabupaten Kuningan sob.

Ambil arah timur laut  di Jalan Aria Andaning, dan Ikuti Jalan Aria Andaning sejauh 69 m untuk kemudian belok kiri menuju Jalan Veteran.

Setelah 600 meter, belok kanan menuju Jalan Nanggeleng – Cirahayu/Jalan Syeh Maulana Akbar sejauh 86 meter.

Dengan mengikuti rute perjalanan ini anda akan tiba di lokasi Curug Putri Palutungan yang berada di sebelah kanan, sob dan anda pun siap hulang healing ria.

Jam Buka Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Harga Tiket Curug Putri Palutungan

  • Harga tiket masuk Curug Putri Palutungan adalah Rp. 36.000,-

Harga tersebut untuk dua orang pengunjung, serta sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

suasana alam yang asri
suasana alam yang asri Engkos Koswara

simak juga: curug ngelay

Fasilitas Curug Putri Palutungan

Curug Putri Palutungan memiliki berbagai macam fasiltas yang bisa anda gunakan saat berkunjung, diantaranya:

  • Area Parkir,
  • Area Outbond,
  • Area Camping,
  • Pos Informasi,
  • Bangku Taman,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Warung Makanan,
  • Bale Budaya,
  • Gazebo,
  • Area Memanah,
  • Kamar Bilas dan Ruang Ganti,
fasilitas yang tersedia
fasilitas yang tersedia. google maps. sumber: Ernawati E

simak juga: hutan kota bungkirit

Daya Tarik Curug Putri Palutungan

Kenapa dinamakan Curug Putri? Pertanyaan ini juga mungkin muncul dalam benak anda sob. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air terjun ini tempat pemandian Nyi Putri Rincik Manik yang merupakan puteri dari Kayangan.

Namun terlepas dari mitos yang ada, Curug Putri Palutungan ini wajib anda kunjungi disela kesibukanmu sob. Udaranya yang sejuk, serta suara-suara keheningan alam akan merelaksasi pikiran menjadi tenang.

Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Curug Putri Palutungan:

1. Pesona Alam Indah

spot hulang healing di kuningan
spot hulang healing di kuningan. google maps. sumber: Ernawati E

simak juga: telaga remis 

Curug Putri Palutungan dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini anda akan melihat pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi, lingkungan yang bersih dan asri, ditambah dengan suara air curug yang sangat menenangkan.

Curug Putri Palutungan sangat cocok untuk anda yang hobi menghabiskan waktu untuk hulang-healing di tempat wisata bernuansa alam.

Air curug di Putri Palutungan sangat bersih dan jernih. Selain itu, anda bisa dengan bebas dan nyaman bermain air atau berenang di curug ini, karena air curugnya tidak begitu deras.

2. Fasilitas Refreshing Lengkap

tempat wisata kuningan yang indah
tempat wisata kuningan yang indah. google maps. sumber: Info Aku&Kau

simak juga: bumi pelangi jalaksana

Curug Putri Palutungan memiliki fasilititas wahana refreshing yang cukup lengkap. Selain bermain air di curug anda juga bisa bermain outbond yang anda sukai. Salah satunya ada jembatan gantung, yang cukup memacu adrenalin.

Selain itu, di Curug Putri Palutungan juga terdapat area khusus memanah, dimana anda bisa menguji kemampuan bermain panahan di Curug Putri Palutungan ini.

Bagi anda yang betah berlama-lama di Curug Putri Palutungan dan ingin bermalam di tempat ini sangat bisa, Sob. Pihak pengelola menyediakan area camping khusus untuk digunakan wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas camping, seperti tenda Pramuka hingga tenda Doom juga disewakan disini, jadi anda tidak usah ribet membawa peralatan camping, karena disini sudah tersedia.

Penutup

Curug Putri Palutungan terbilang sebagai destinasi wisata alam yang lengkap di Kuningan. Anda tidak akan menyesal berlibur di tempat ini, karena panorama alam dan fasilitas yang disajikan akan membuatmu puas.

Selamat berlibur di Curug Putri Palutungan!


shopee