Curug Sidomba, Review Tiket Masuk Dan Ragam Wisata Populer Di Kuningan, Jawa Barat

Sudahkan kamu menemukan tempat yang tepat untuk menghabiskan minggu bersama keluarga atau kawan komunitas?

Mengunjungi sebuah wisata air pasti akan sangat menyenangkan, namun jika bisa melakukan hal yang lainnya kenapa ngga?

Di Kabupaten Jalaksana, Kuningan, terdapat sebuah tempat wisata yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Namanya ialah Curug Sidomba, dimana dilokasi ini kamu bisa melakukan banyak sekali ragam wisata. Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Sidomba, check this out!

Pesona Curug Sidomba

Curug Sidomba berada di kawasan Objek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba, ketika sudah tiba di gerbang pintu masuk kamu akan melihat betapa luasnya area tersebut.

Ketika memasuki area wisata tersebut kamu akan mendapati sebuah bangunan masjid yang sangat megah, dihiasi menara yang menjulang tinggi yang diberi nama ASMA’UL HUSNA, karena untuk menuju puncak menara kamu harus melalui tangga sebanyak 99 anak tangga.

Masjid Megah Di Area Curug Sidomba
Masjid Megah Di area Curug Sidomba. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Saat kamu berada di atas menara, kamu akan melihat keindahan alam kaki Gunung Ciremai yang sebagian wilayahnya masih alami ditandai dengan rindangnya pepohonan.

Tak jauh dari mesjid megah tersebut pintu masuk menuju Curug Sidomba berada. Memasuki area Curug Sidomba kamu akan menemukan tempat untuk duduk-duduk santai.

Pintu Masuk Curug Sidomba
Pintu Masuk Curug Sidomba. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kemudian kamu akan disambut perpaduan antara pemadangan alam yang masih alami dengan pengelolaan tangan manusia. Kolaborasi yang menjadi nilai tambah dari Curug Sidomba ini.

Untuk menuju Curug Sidomba kamu harus menuruni beberapa anak tangga yang dibuat berkelok-kelok, dengan tujuan selain untuk mempercantik keadaan juga untuk mengurangi curamnya trekking.

Anak Tangga Yang Harus Kamu Lalui
Anak Tangga Yang Harus Kamu Lalui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah menuruni anak tangga kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menapaki jalan setapak yang telah tersusun rapih disampingnya terdapat aliran sungai yang mengalir.

Jalan Setapak Yang Harus Kamu Lalui
Jalan Setapak Yang Harus Kamu Lalui: GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Aliran sungai tersebut berisi ikan kancra emas atau kancra bodas, ikan tersebut tidak boleh dipancing ataupun diberi makan. Hamparan keindahan alam yang masih asri akan kamu dapatkan ketika menapaki jalan setapak.

Sekitar 300 meter jauhnya kamu berjalan akhirnya sampailah kamu di akhir jalan yang akan membawamu melihat Curug Sidomba lebih dekat.

Curug Sidomba memiliki ketinggian sekitar 3 meter, air yang dialirkannya sangat jernih dan bersih. Kita dapat mendekati curahan airnya dari arah samping, Cuman untuk masuk kekolamnya sepertinya tidak bisa karena kasihan ikan yang ada dikolam tersebut.

Curug Sidomba
Curug Sidomba. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya mengalir melalui sebuah batu besar, aliran airnya berasal dari mata air Gunung Ciremai sehingga sangat jernih dan menyegarkan. Di sekeliling Curug Sidomba ditumbuhi pepohonan tinggi dan yang sangat rindang.

Ragam Wisata Di Curug Sidomba

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di area Curug Sidomba, yakni:

1. Menikmati Alam

Kesejukan, ketenangan dan kenyamanan akan kamu dapatkan ketika berada di area Curug Sidomba. Banyak tersedia tempat untuk kamu bersantai duduk-duduk sembari menikmati keindahan alam Curug Sidomba.

Selain menikmati keindahan alam di sekitar area curugnya, kamu harus mencoba mengelilingi area kawasan Objek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba dengan menggunakan berbagai kendaraan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Mobil-mobilnya disulap ada yang menyerupai bus tayo, ada pula yang menyerupai domba dengan kepala domba didepan mobilnya. Jika kamu ingin mengelilingi area yang luas ini dengan menggunakan mobil-mobil tersebut, kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 15.000,-.

2. Bermain Air

Menikmati kesegaran air Curug Sidomba merupakan hal yang harus kamu lakukan. Rasakanlah kesegaran air yang berasal dari mata air Gunung Ciremai ini.

3. Berenang di Kolam Renang

Berenang merupakan hal yang wajib kamu lakukan ketika mengunjungi sebuah wisata air, pihak pengelola telah menyiapkan sebuah area kolam renang untuk kamu nikmati.

Area Kolam Renang
Area Kolam Renang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk dapat berenang disini dikenakan biaya sebesar Rp. 7.000,- untuk dewasa sedangkan untuk anak-anak Rp. 5.000,-. Area kolam renang ini tersedia kolam untuk dewasa dan anak-anak, dengan dilengkapi seluncuran air disamping kolamnya.

4. Bermain di Playground

Anak-anak pasti akan senang sekali jika kamu membawanya ke lokasi wisata ini, karena disini banyak hal yang bisa mereka lakukan salah satunya adalah dengan bermain di area playground.

Playground
Playground. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

5. Camping

Dengan memiliki luas sekitar 8 hektar, area ini sering digunakan untuk camping oleh mereka para pecinta alam yang ingin menikmati keindahan malam.

6. Flying Fox

Flying fox merupakan sebuah kegiatan yang bisa menguji adrenalin kamu, jika kamu merasa berani dan tertantang kamu wajib melakukan kegiatan yang satu ini.

Untuk dapat mencoba ragam wisata flying fox di area Curug Sidomba ini kamu harus membeli tiket sebesar Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 15.000 untuk dewasa.

7. Mini Zoo

Selain beberapa ragam wisata diatas kamu juga dapat mengunjungi mini zoo yang berisi beberapa hewan langka yang dapat menambah wawasan bagi anak kamu.

Lokasi Dan Alamat Curug Sidomba

Lokasi Curug Sidomba terletak di lereng Gunung Ciremai tepatnya di Objek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba.

Alamat lengkapnya yaitu di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sidomba

Rute untuk menuju Curug Sidomba jika bergerak dari Cirebon kamu akan melakukan perjalanan sejauh 20 km, dengan cara arahkan kendaraanmu menuju Prapatan Bandorasa Wetan.

Setelah dari sana kemudian menuju Balai Desa Manis Lor atau Balai Desa Manis Kidul kemudian menuju Desa Sembawa kemudian sampailah kamu di Desa Peusing.

Setelah tiba di Desa Peusing kamu hanya tinggal mencari petunjuk menuju lokasi objek wisata Curug Sidomba.

Jika kamu berangkat dari Kuningan kamu akan memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit saja, dan jarak yang dilalui sekitar 18 km.

Tiket Masuk dan Parkir Menuju Curug Sidomba

Tiket masuk dan parkir menuju Curug Sidomba tidak perlu menguras kantong terlalu dalam, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk:

  • Tiket Masuk Weekday            : Rp. 10.000,-
  • Tiket Masuk Weekend            : Rp. 12.000,-
  • Tiket Parkir Motor                  : Rp. 4.000,-
  • Tiket Parkir Mobil                   : Rp. 8.000,-
  • Tiket Parkir Bus/Truck            : Rp. 14.000,-

Jam Operasional Curug Sidomba

Jam operasional Curug Sidomba dibuka setiap hari dimulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.00 sore.

Fasilitas Yang Tersedia di Curug Sidomba

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini sudah dibilang sangat lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Lahan parkir yang luas, yang terdapat dibeberapa titik.
  • Toilet
  • Masjid
  • Gedung serbaguna
  • Area bermain anak
  • Panggung hiburan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo yang tersebar dimana-mana
  • Camping Ground
  • Sarana olahraga
  • Kolam Renang
  • Flying Fox
  • Mobil Domba
  • Kereta Mini
  • ATV

Penginapan Terdekat Curug Sidomba

Untuk dapat menemukan penginapan terdekat yang ada disekitar Curug Sidomba, kamu harus mencarinya lebih dari 2 km jaraknya dari curug. Karena disekitar area Curug Sidomba belum tersedia penginapan.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata yang saya bagikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Sidomba, diantaranya yakni:

  • Ajaklah saudara dan kawan komunitas kamu untuk menikmati suasana supaya lebih seru.
  • Siapkan fisik kamu untuk menuruni tangga yang lumayan banyak.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan menuruni anak tangga.
  • Berhati-hatilah ketika menuruni anak tangga menuju Curug Sidomba.
  • Jaga dan awasi selalu anak-anak.
  • Patuhilah aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta di Curug Sidomba.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Jagalah selalu kebersihan area Curug Sidomba.

Penutup

Objek Wisata Bumi Perkemahan Sidomba ini cocok sekali untuk quality time bersama keluarga atau teman komunitas menghabiskan waktu bersama di alam terbuka.

Suasanya sangat menyejukkan dan cocok untuk semua usia, maka tak heran jika area ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru.

Curug Sidomba harus kamu kunjungi weekend ini, dan jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Sidomba, ya!

Baca juga:

Leave a Comment