Wisata Curug Ciputri Tenjolaya Bogor Jawa Barat, Info Lengkap, HTM, Biaya Camping, Camping Ground, Dan Pesona Keindahan

Pada tahun 2018, tercatat sekitar 7,6 juta kunjungan wisata ke Kabupayen Bogor selama satu tahun. Bahkan tahun – tahun berikutnya ditargetkan sampai 10 juta kunjungan wisata per tahunnya.

Angka yang sanga fantastis tentunya, dan patut mendapatkan apresiasi dari semua pihak. Bukan tanpa alasan jika Kabupaten Bogor begitu memikat hati para wisatawan.

Alasan yang utama adalah destinasi wisata alam yang menyuguhkan pesona keindahan yang mengagumkan, serta lokasinya mudah diakses dari kota besar di sekitarnya. Seperti Curug Ciputri.

Curug Ciputri Bogor
Curug Ciputri Bogor. Sumber : hallo.id

Curug Ciputri adalah destinasi wisata alam yang berlokasi di kaki Gunug Salak, serta suguhan utama dari lokasi wisata tersebut adalah pesona air terjun dan kenikmatan saat melakukan camping.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak info Curug Ciputri tahun di tahun 2020!

Tracking Atau Akses Jalan Ke Curug Ciputri

Curug Ciputri merupakan destinasi wisata alam yang cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga dan edukasi. Apalagi momen camping bersama keluarga merupakan kebahagiaan tiada terkira.

Akses jalan ke Curug Ciputri dari Desa Tapos, para pengunjung sudah disajikan pemandangan alam di sepanjang jalurnya berupa panorama pegunungan, serta area perkebunan, dan sawah.

Setelah melewati gapura utama Curug Ciputri, atau loket pembayaran, maka kita langsung masuk area parkiran yang bersebelahan dengan area camping.

Area Camping Ground
Area Camping Ground. Sumber : highlandcamp.co.id

Secara keseluruhan, area wisata Curug Ciputri dipenuhi rindangnya pohon pinus. Sehingga semakin menambah keteduhan dan keindahan saat berada di sana.

Mari kita mulai trackingnya. Jaur menuju lokasi Curug Ciputri dari lokasi parkiran bisa dikatakan setengah mendaki, namun tidak terlalu miring.

Jalurnya masih berupa tanah, serta bebatuan namun cukup lebar, apalagi saat melewati area pohon pinus sebagai tracking tahap pertama.

Tracking Pertama Menuju Curug Ciputri
Tracking Pertama Menuju Curug Ciputri. Sumber : www.hondarevoclubjakarta.net

Tracking menuju lokasi Curug Ciputri dari area parkir sekitar 30 menit perjalanan. Lama dan tidaknya perjalanan, tergantung berapa lama dan berapa kali anda berhenti istirahat.

Secara keseluruhan, trackingnya bisa juga dialui oleh anak-anak, sehingga lokasi wisata Curug Ciputri dari awal sampai akhir mampu menghadirkan destinasi wisata keluarga dan edukasi.

Setelah melewati area pohon pinus, selanjutnya kita akan menaiki jalur yang dasarnya berupa bebatuan. Meskipun tidak panjang, serta tidak terlalu miring, namun kalian harus tetap hati-hati apalagi saat hujan turun.

Tracking Diantara Pohon Pinus
Tracking Diantara Pohon Pinus. Sumber : backpackerjakarta.com

Jalur terakhir, menapaki sedikit turunan lalu kemudian sampai di lokasi Curug Ciputri. Selama tracking, bisa dijadikan wahana edukasi bagi anak anda untuk mengenal alam.

Lokasi Utama Curug Ciputri
Lokasi Utama Curug Ciputri. Sumber : www.tripadvisor.co.id 

Pesona Keindahan Curug Ciputri

Lokasi Curug Ciputri terletak di kaki Gunung Salak mejadikan curug tersebut memiliki udara pegunungan yang sejuk. Namun saat sore hingga sampai pagi tiba, cuacanya sangat dingin sekali.

Curug Ciputri memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan kolam air yang tidak terlalu besar. Airnya juga bersih, dan arusnya tidak terlalu besar.

Curug Ciputri Memiliki Ketinggian 30 Meter
Curug Ciputri Memiliki Ketinggian 30 Meter. Sumber : anandastoon.com

Curug Ciputri serta kolamnya tidak dalam, sehingga anak-anak bisa bermain air sepuasnya di lokasi tersebut. palungnya juga tidak terlalu dalam, serta aliran air dari atas tidak terlau deras.

Sebetulnya terdapat lebih dari satu air terjun di kawasan ini, namun air terjun yang cocok untuk keluarga serta hunting foto yaitu di lokasi Curug Ciputri.

Pemandangan di sekitar curug masih asri, serta pepohonan yang memberikan keteduhan saat melakukan keseruan di lokasi curug.

Kondisi Kolam Curug Ciputri
Kondisi Kolam Curug Ciputri. Sumber : ecleciaalphakhairi.wordpress.com

Tepat di lokasi Curug Ciputri atau di sepanjang jalur tracking tidak terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Sehingga kalian mesti membawa perbekalan sendiri.

Perbekalan bisa dibeli di warung yang ada di area parkir atau dekat dengan camping gound. Kenikmatan yang luar biasa saat menikmati teh hangat setelah lelah bermain air di Curug Ciputri.

Ragam Akitivitas Wisata Di Curug Ciputri

Ada beberapa ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi Curug Ciputri, diantaranya :

1. Bermain Air

Aktivitas wisata pertama yang bisa dilakukan adalah bermain air di kolam Curug Ciputri. Jernihnya air, serta kedalaman kolam tidak melebihi lutut orang dewasa menjadikannya area yang cocok dikunjungi oleh anda dan keluarga.

Meskipun demikian, kalian harus tetap menjaga keamanan saat tracking dan saat berada di lokasi curug. Karena sulit sekali menerka apa yang akan terjadi saat berada di alam.

Secera keseluruhan, dari mulai tracking sampai saat di lokasi curug adalah sebuah keseruan, serta kegembiraan yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Bermain Air Di Curug Ciputri
Bermain Air Di Curug Ciputri. Sumber : ajakanak.blogspot.com

2. Camping

Camping di Curug Ciputri sudah terkenal di masyarakat Bogor, maupun di kota – kota yang ada di sekitarnya. Apalagi kaum millenial, kunjungan ke lokasi ini tidak hanya satu kali.

Lokasi camping ground Curug Ciputri berada di dekat area parkir. Serta lokasi camping ground berada di hamparan rumput dan rindangnya pohon pinus yang berjajar rapih.

Camping Ground Curug Ciputri
Camping Ground Curug Ciputri. Sumber : highlandcamp.co.id

Saat liburan tiba, kalian bisa menyaksikan banyaknya tenda yang dipasang di area tersebut. bukan tanpa alasan, karena suasana alam yang memberikan kesejukan, ketenangan, serta view yang mempesona.

Aktivitas camping bisa dilakukan di area dekat parkiran, atau jika ingin meihat pemandangan yang lebih indah, kalian bisa naik sedikit ke lokasi camping gound yang ada di atas.

Salah-satu Area Camping Ground
Salah-satu Area Camping Ground. Sumber : www.youtube.com

Kalian tidak perlu memasak atau takut kehabisan perbekalan, karena di sana sudah terdapat warung – warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Secangkir kopi hangat saat mentari mulai menyapa adalah kenikmatan yang sulit digambarkan saat berada di area camping ground Curug Ciputri.

Oh iya, jangan lupa untuk membawa jaket ya. Karena cuaca di bumi perkemahan Curug Ciputri sangat dingin ketika malam menuju pagi.

3. Hunting Foto

Aktivitas wisata selanjutnya adalah hunting foto di kawasan wisata Curug Ciputri. View di kawasan tersebut sangat cocok sebagai latar keindahan.

Spot favorit pengunjung saat melakukan hunting foto adalah lokasi camping ground, jalur tracking, serta lokasi Curug Ciputri.

Hunting Foto Di Curug Ciputri
Hunting Foto Di Curug Ciputri. Sumber : ecleciaalphakhairi.wordpress.com

Lokasi Dan Alamat Curug Ciputri

Lokasi Curug Ciputri terletak di kaki Gunung Salak. Adapun alamat Curug Ciputri berada di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Rute Atau Jalan Menuju Lokasi Wisata Curug Ciputri

Rute atau jalan menuju lokasi wisata Curug Ciputri dari Kabupaten Bogor adalah sebagai berikut :

  • Jarak tempuh dari Kabupaten Bogor menuju Curug Ciputri sekitar 21 kilometer
  • Waktu tempuh dari Kabupaten Bogor menuju Curug Ciputri sekitar 1 jam perjalanan
  • Rute pertama dari Jalan Raya Bogor belok kanan menuju arah Dermaga.
  • Dari arah pertigaan, beok kiri menuju arah Kecamatan Tenjolaya.
  • Lurus terus sampai di pertigaan, kemudian beok kiri. Lurus terus, hingga akhirnya anda akan sampai di loket pembayaran tiket Curug Ciputri.
  • Selain dipandu dengan aplikasi google maps, para pengunjung juga tidak perlu khawatir karena selama di perjalanan sudah terdapat papan penunjuk arah.

HTM Atau Harga Tiket Masuk Curug Ciputri

Harga tiket masuk Curug Ciputri / htm tahun 2020 adalah sebagai berikut :

  • Harga tiket masuk Curug Ciputri dan parkir : Rp. 15.000
  • Biaya camping di Curug Ciputri sebesar : Rp. 25. 000 per orang sudah termasuk biaya parkir.

Jam Operasional Curug Ciputri

Jam operasional Curug Ciputri buka 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu

Penginapan Di Curug Ciputri

Tidak ada penginapan di lokasi Curug Ciputri. Namun bagi kalian yang ingin menginap bisa melakukan aktivitas camping.

Penutup

Itulah info Curug Ciputri yang berada di Kabupaten Bogor. Geliat wisata di kabupaten ini terus dipacu dengan menargetkan kunjungan wisata per tahunnya mencapai 10 juta kunjungan.

Yuk kita sambut bersama geliat wisata di Kabupaten bogor, salah – satunya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, serta mematuhi protokol kemanan dan kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.

Baca juga:

Leave a Comment