Gili Ketapang, Pesona Bawah Laut Jawa Timur yang Menggoda

Di Probolinggo, ada Gili Ketapang yang mempunyai pesona yang tidak kalah dengan Gili di Lombok. Bahkan, tempat ini sering disebut sebagai spot wisata bahari terindah yang ada di kawasan jawa Timur.


Menikmati kawasan ini memang harus dan wajib dilakukan. Karena, Sobat Native tidak perlu pergi jauh untuk bisa melihat eloknya Indonesia.

Gili Ketapang
Gili Ketapang. Image via: ngetripyuk.id

Gili Ketapang

Menikmati Gili tidak perlu jauh-jauh ke Lombok yang terkenal dengan tiga Gilinya. Probolinggo, hadir dengan Gili Ketapangnya dengan pesona eksotis nan elok. Tak kalah dengan yang ada di Lombok. Pasir putih dan keindahan pantai serta dunia bawah lautnya memang sangat menggoda setiap wisatawan untuk terjun kesana.

Satu hal yang akan selalu diingat oleh wisatawan saat berkunjung ke tempat ini adalah kebersihannya yang selalu terjaga dengan baik. Tidak ada sampah yang terlihat disini, semuanya murni pasir putih halus nan lembut. Tidak hanya itu saja, keasrian dan keteduhan kawasan ini benar-benar di jaga dengan baik.

Makan siang
Berbaur makan siang. Image via:exploretrip.id

Simak juga: review wisata Air Terjun Madakaripura

Penduduk yang ada di tempat ini pun sangat ramah dan bersahaja. Jadi, wisatawan akan merasa seperti berada di rumah sendiri. Semuanya bisa berbaur bagaikan saudara yang lama tidak datang dan bertemu. Apalagi, saat prosesi makan siang, kebersamaan akan sangat terasa sekali. Momen yang akan selalu mengena di hati dan selalu membuat rindu.

Menikmati pantainya pun juga tidak salah, duduk di antara hamparan pasir dan merasakan seruan angin yang selalu menerpa. Ketenangan yang dibutuhkan mampu melunturkan setiap beban yang menerkam. Inilah Pesona Indonesia yang sesungguhnya, tak kalah dengan pesona negara lainnya.

Luas kawasan ini kurang lebih 68 ha. Area yang cukup luas untuk pulau yang mempunyai penghuni kurang lebih 7.600 jiwa. Dimana, kebanyakan dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan dan juga pedagang dengan mendirikan beberapa warung makan khusus untuk sobat native yang datang.

snorkeling
Senorkeling. Image via: @gili_ketapang

Snorkeling

Inilah dia aktifitas yang wajib dan harus dilakukan oleh sobat native yang datang dan berkunjung ke tempat ini. snorkeling, menghampiri dan berkenalan dengan hewan-hewan bawah laut dan terumbu karang nan kece. Salah satu ikan yang berada di sini adalah ikan nemo yang namanya sempat terkenal dan dijadikan sebagai salah satu judul film.

Kurang lebih 200 meter dari area pantai adalah titik snorkeling yang bisa digunakan untuk melihat berbagai macam keindahan bawah laut. Menariknya lagi, warga sekitar sudah sangat paham pariwisata. Dimana, ada titik-titik yang digunakan khsus untuk swafoto. Inilah salah satu alasan mengapa sobat native wajib mengunjungi kawasan ini.

snorkeling 2
Spot foto bawah air. Image via: wisatagunungbromo

Titik swafoto tersebut di buat dengan menggunakan balok kotak segi empat. Ada berbagai macam tulisan seperti, selamat datang di gili ketapang, kapan kamu berkunjung ke gili ketapang, dan masih banyak lagi. Balok-balok ini sudah di ukur dan disesuaikan dengan kondisi terumbu karang. Jadi, spesies bawah laut ini tetap terjaga dengan baik.

Simak: info seputar wisata Gunung Bromo

Alamat Lokasi dan Cara Menuju Ke Gili

Alamat lokasi Gili Ketapang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Nah, agar bisa sampai ke kawasan ini. sobat Native wajib mengarahkan kendaraan menuju ke Probolinggo. Atau bisa naik Transportasi umum menuju ke stasiun atau terminal probolinggo.

Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Tanjung tembaga. Dari sini, sobat native bisa naik kapal untuk menyeberang. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menyeberang adalah satu jam. Tergantung pula dengan kondisi cuaca yang ada di sekitar pelabuhan.

foto di pantai
Foto di pantai. Image via: @octavianggra

Biaya ke Gili

Berbicara mengenai biaya ke Gili sebenarnya tidak terlalu mahal. menuju ke Probolinggo dengan menggunakan bus antara 100 hingga 300 ribu rupiah. Jika, memilih naik kereta api biaya yang dibutuhkan antara 90 – 300 ribu rupiah. Masih di tambah dengan biaya menuju ke pelabuhan.

Nah, setelah itu biaya penyeberangan menuju ke Gili yang harus membayar 10 ribu rupiah saja untuk sekali penyeberangan. Jadi untuk pulang pergi sobat native membutuhkan biaya 20 ribu rupiah. Jadi total biaya yang harus dikeluarkan menuju ke tempat ini kurang lebih 500 ribu rupiah bila, sobat native berangkat dari Yogyakarta.

berkuda di pantai
Berkuda di pantai. Image via: @gili_ketapang

Paket Wisata

Mengunjungi Gili Ketapang memang paling seru menggunakan paket wisata yang ditawarkan. Harganya pun beragam mulai dari 95 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Di dalam paket ini sudah ada jadwal kegiatan yang harus dipatuhi.

Nah, paket wisata ini bisa dinikmati sobat native dengan minimal 10 orang. Ada juga beberapa penyedia jasa tour menyedialan paket berdua dengan harga kurang lebih 600 – 700 ribu rupiah.

latihan snorkeling-gili-ketapang
Latihan Senorkeling. Image via: ronapersadatour

Harga di atas juga sudah termasuk dengan fasilitas yang akan dinikmati oleh sobat native seperti Kapal PP, peralatan snorkeling lengkap dengan standar keamanan dan lisensi dunia. Pelampung, Makan siang dengan cita rasa yang gurih dan nikmat, ada beberapa  jasa tour yang membebaskan wisatawan memilih sendiri menu makan siangnya.

Pemandu wisata yang sangat ramah dan bersahaja, murah senyum dan siap menjawab segala pertanyaan serta menolong sobat native selama dalam perjalanan tour. Ada juga pemandu snorkeling yang akan menemani sobat native menikmati panorama bawah lautnya. Jadi, tidak perlu khawatir.

Bagi yang tidak membawa kamera underwater tidak usah panik. Karena, jasa tour ini juga menyediakan fasilitas foto underwater. Ada juga rest area, serta basecamp bagi sobat native yang kebetulan tiba pada malam hari atau bahkan dini hari. Semua perjalanan tour sudah memiliki asuransi.

rest area sebelum senorkeling
Rest area. Image via: pantaigiliketapang.com

Harga paket diatas tidak termasuk dengan kebutuhan pribadi sobat native seperti camilan dan air mineral, serta biaya bilas selama di gili dan biaya parkir kendaraan. Nah, disarankan sobat native untuk membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Karena, tempat ini tidak menyediakan obat-obatan.

Bagaimana dengan keindahan Gili Ketapang? Tidak kalah dengan keindahan gili yang lainnya bukan? Menikmati Indonesia memang harus menikmati dunia bawah lautnya. Karena, negeri ini adalah negeri kelautan dengan produksi ikan yang tidak akan pernah ada habisnya bila terjaga dengan baik. Jadi, kapan sobat native mau berkunjung ke gili ketapang?

Selamat berlibur!

Gili Ketapang, Pesona Bawah Laut Jawa Timur yang Menggoda
4.8 (95%) 4 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment