Gili Ketapang, Snorkeling Wah Dengan Harga Murah Di Probolinggo

Gili Ketapang mempunyai pesona yang sangat menawan, pulau ini terkenal akan keindahan bawah lautnya yang mengagumkan.

Lokasinya berada di Selat Madura tepatnya di pantai utara Probolinggo. Pulau Gili Ketapang memiliki luas sekitar 68 ha. dengan bentuk memanjang, dijamin kamu ngga akan bosen apalagi sampe gabut.

Gili Ketapang memberikan paket wisata yang seru namun harga yang ditawarkan sangat terjangkau, ngga akan membuat kantongmu bolong.

seru banget....
seru banget….. google maps. sumber: TriWung Tv

Simak juga: review wisata Air Terjun Madakaripura

Gili Ketapang sempat ditutup beberapa waktu yang lalu, saat ini pulau yang cantik ini sudah dibuka dan dapat kamu kunjungi kembali.

Berikut review lengkap tentang pesona Gili Ketapang, sehingga dapat menjadi referensi ketika hendak berlibur di akhir pekan nanti.

Sejarah Pulau Gili Ketapang

Sebelum menikmati keindahan dari Gili Ketapang, alangkah baiknya kalian simak sejarah asal usul dari Pulau Gili Ketapang ini.

Pulau Gili Ketapang dulunya merupakan bagian dari sebuah desa yang bernama Desa Ketapang. Kemudian dikisahkan pada zaman dulu, terjadilah peperangan diantara seorang penyebar agama Islam pertama di Jawa Timur dengan Suku Dayak.

beautifull sea
beautiful sea. google maps. sumber: Family Hiking

Simak: info seputar wisata Gunung Bromo

Suku Dayak ialah suku yang mendiami Desa Ketapang tersebut, sedangkan ulama yang menyebarkan agama Islam pertama di Jawa Timur bernama Syech Maulana Ishaq.

Kemudian beliau menancapkan tongkat sakti yang dimilikinya yang akhirnya membuat desa tersebut terbelah menjadi dua bagian. Dimana bagian daratan yang satunya hingga ke tengah laut. Oleh karena itu, pulau ini diberi nama Gili Ketapang karena berasal dari Desa Ketapang.

Di Pulau indah ini terdapat sebuah gua yang bernama Gua Kucing, diyakini oleh masyarakat sekitar bahwa gua tersebut merupakan tempat petilasan dari Syech Maulana Ishaq.

Daya Tarik Gili Ketapang

1. Pulau Yang Cantik

pasirnya putih bersih
pasirnya putih bersih. google maps. sumber: hary alansyah

Keindahan Gili Ketapang sudah terlihat semenjak kamu masih berada di dalam perahu motor. Sudah nampak hamparan pasir putih, dipadukan dengan hijaunya pepohonan yang ada di pulau tersebut.

Ditambah lagi dengan air lautnya yang berwarna biru jernih serta dibeberapa bagian tampak berwarna kehijau-hijauan.

Ketika kaki mulai menginjak pasirnya, jelaslah keindahan yang dimiliki Gili Ketapang. Yang terlihat hanyalah paduan warna alam yang menenangkan.

Seperti gambar pemandangan yang suka ada di kalender-kalender ….. Bahkan lokasi ini sering disebut sebagai spot wisata bahari terindah yang ada di Jawa Timur.

Air lautnya jernih banget, sayang kalau kamu abaikan. Kamu bisa bermain air di pinggiran pantainya, atau supaya aman dapat dengan menggunakan jaket pelampung.

2. Taman Laut Yang Indah

ikan nemo penghuni laut gili ketapang
ikan nemo penghuni laut gili ketapang. google maps. sumber: Wisata Gili Ketapang (Anam Snorkeling)

Selain memiliki keindahan yang tampak di daratan, Gili Ketapang pun terkenal akan keindahan bawah lautnya yang tak kalah menakjubkannya.

Ragam wisata yang menjadi ikon dari Gili Ketapang ialah kegiatan snorkeling mengunjungi terumbu karang yang kece serta berbagai hewan laut lainnya.

Yang menjadi incaran para pengunjung ialah bertemu dengan ikan nemo, yang menjadi penghuni dari keindahan bawah laut Gili Ketapang.

Untuk menuju spot snorkeling, kamu harus naik perahu dulu. Jaraknya sekitar 200 meter dari area Pulau Gili Ketapang.

Kamu bukan hanya dapat menyaksikan keindahan biota lautnya saja, tersedia juga paket wisata untuk para pengunjung berfoto di bawah laut. Untuk kamu yang ngga bisa berenang, tenang nanti akan ada pemandu yang selalu mendampingi ko…

3. Paket Wisata Seru Yang Murah

snorkeling di gili ketapang
snorkeling di gili ketapang. google maps. sumber: Agung Nugraha

Dilansir dari web resminya Gili Ketapang, terdapat beberapa paket wisata pilihan yang tentunya dengan harga yang murah namun tidak mengecewakan. Beberapa paket wisata tersebut diantaranya:

  • Paket Snorkeling

Di paket pertama ini kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas seru hanya dengan Rp. 100.000,- saja per orangnya. Fasilitas yang kamu dapat yaitu:

  • Kapal PP,
  • Peralatan Snorkeling,
  • Makan siang,
  • Tour guide,
  • Foto underwater, dll.
  • Paket Snorkeling dan Videografi Drone

Jika kamu mengambil paket yang ke dua ini, kamu akan mendapatkan fasilitas seperti di paket pertama. Hanya ditambah dengan videografi cinematic drone, biaya yang dikeluarkan sama seperti di paket pertama ditambah dengan Rp. 500.000,- untuk biaya videografinya.

  • Paket Snorkeling Menu Cumi-Cumi

Untuk paket yang ketiga ini, kamu akan mendapatkan fasilitas di paket pertama ditambah dengan menu makan siang berupa cumi-cumi kuah hitam. Biaya untuk paket 3 ini hanya Rp. 120.000,- per orang.

Setiap rombongan pengunjung akan ditemai oleh seorang guide yang berasal dari penduduk sekitar.

Lokasi & Alamat Gili Ketapang

Alamat Gili Ketapang terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Lokasinya berada di pantai utara Probolinggo.

satu satunya alat transportasi menuju gili ketapang
satu satunya alat transportasi menuju gili ketapang. google maps. sumber: Oentoro

Cara Menuju Ke Gili Ketapang

Cara menuju Gili Ketapang yang pertama ialah dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Pelabuhan Tanjung Tembaga Barat Probolinggo.

Selanjutnya kamu akan naik sebuah kapal yang akan membawamu menuju Gili Ketapang. Dengan estimasi waktu sekitar 30 menit perjalanan laut.

Tiket Masuk Gili Ketapang

Tiket masuk Gili Ketapang sudah termasuk ke dalam paket yang diambil, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk:

  • Masuk pelabuhan membayar Rp. 2.500,-
  • Parkir motor di Pelabuhan sebesar Rp. 3.000,-
  • Sedangkan untuk parkir mobil membayar Rp. 10.000,-
  • Bermain Banana Boat membayar Rp. 300.000,- untuk 6 orang
  • Sewa Jetski sebesar Rp. 150.000,- per 20 menit untuk dua orang
seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: hendra sachiko

Jam Buka Gili Ketapang

Jam operasional Gili Ketapang dibedakan menjadi:

  • Waktu pemberangkatan mulai pukul 06.00 hingga 10.00 waktu setempat
  • Waktu kepulangan mulai pukul 13.00 hingga pukul 17.00.

Fasilitas di Gili Ketapang

Meski kita akan berkunjung ke sebuah pulau, namun jangan khawatir akan fasilitas yang ada. Karena di sini telah tersedia:

  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Kamar mandi atau toilet
  • Ayunan
  • Spot untuk berfoto

Tinggalkan komentar