11 Tempat Wisata Di Probolinggo, Wisata Lengkap Untuk Semua Usia

Tempat wisata di Probolinggo meliputi Kabupaten Probolinggo, dan Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Serta menyajikan tempat wisata yang sangat beragam, menyentuh semua lapisan usia.

Bahkan, beberapa tempat wisata di Probolinggo sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Dan wisata Probolinggo juga semakin lengkap dengan menyajikan wisata sejarah yang edukatif.

Tempat wisata di Probolinggo yang sudah buka sangat tergantung dengan status level zonasi, baik itu status level Kabupaten Probolinggo, maupun Kota Probolinggo.

Dan inilah review tempat wisata di Probolinggo yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tujuan wisata di saat liburan tiba.

11 Tempat Wisata Di Probolinggo

1. BJBR Probolinggo

bjbr probolinggo
bjbr probolinggo.google maps. sumber: Muntia Ningsi

Simak selengkapnya di BJBR Probolinggo

Tempat wisata di Probolinggo yang sangat inspiratif bernama BJBR Probolinggo, atau Bee Jay Bakau Resort. Dari namanya saja kita sudah bisa menangkap konten utamanya adalah hutan bakau, dan resort.

Kisah inspiratif BJBR adalah merubah hutan bakau yang biasa-biasa, apalagi di sekitar kawannya banyak sekali tumpukan sampah, kemudian dirubah menjadi destinasi wisata alam yang hits di Probolinggo.

Para pengunjung direkomendasikan untuk menginap di resort yang nyaman di BJBR, karena saat malam tiba, suasana romantis, instagramable, berpadu dengan lampu yang berwarna-warni adalah suguhan wisata yang sulit digambarkan keindahannya.

BJBR adalah wisata Probolinggo dengan citarasa wisata mancanegara, BJBR Probolinggo sangat recommended untuk destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

  • Lokasi BJBR Probolinggo terletak dekat Pelabuhan Mayangan.
  • Alamat BJBR berada di Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk BJBR Rp. 30.000 per orang (Weekday).

2. Gunung Bromo

gunung bromo
gunung bromo. google maps. sumber: Clément Lefebvre

Gunung Bromo adalah gunung legendaris di Indonesia, serta gunung yang disucikan oleh suku Tengger. Gunung Bromo juga sebagai salah-satu ikon provinsi Jawa Timur, yang meliputi beberapa kabupaten, di antaranya:

  • Kabupaten Probolinggo,
  • Kabupaten Malang,
  • Kabupaten Pasuruan,
  • Kabupaten Lumajang.

Daya tarik Gunung Bromo terletak dari view nya yang spektakuler, serta lautan pasir yang membentang luas. Bahkan keindahan Gunung Bromo sudah sampai ke mancanegara.

Selain itu, Gunung Bromo sebagai wisata Probolinggo dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata, termasuk ada spot wisata lainnya yaitu Bukit Teletubbies.

  • Lokasi Gunung Bromo terletak di 4 kabupaten yang ada di Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Gunung Bromo Rp. 34,000 weekend.

3. Gunung Argopuro

gunung argopuro
gunung argopuro. google maps. sumber: shack_ed org kampung

Simak juga: 11 tempat wisata Karanganyar

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya yang menawarkan sensasi adventure, khususnya bagi para muda-mudi pecinta alam, dan hobi dengan dunia pendakian.

Nama tempat wisatanya adalah Gunung Argopuro. Sebuah kompleks gunung berapi yang sudak tidak aktif, serta menjadi gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Sola view yang ditawarkan, jangan diragukan lagi. Tetapi, sangat penting untuk mempertimbangkan aspek cuaca. Disarankan yang saat puncak musim hujan, dan faktor kehati-hatian menjadi yang utama.

  • Lokasi Gunung Argopuro, atau Argapura masuk ke dalam 4 Kabupaten di Jawa Timur. Salah-satunya Probolinggo.
  • Harga tiket masuk Gunung Argopuro Rp. 20.000 per hari.

4. Pantai Bentar

Wisata pantai di Probolinggo yang sangat populer adalah Pantai Bentar. Pantai cantik yang memiliki panorama sunrise, dan sunset, sayangnya saat ini sudah tutup permanen. Padahal, pantai ini memiliki berbagai macam fasilitas, termasuk wahana wisata anak, hingga spot selfie instagramable.

  • Lokasi Pantai Bentar berada di alamat Jalan Pantura Mayangan, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

5. Pulau Gili Ketapang

snorkeling di gili ketapang
snorkeling di gili ketapang. google maps. sumber: Wahyu Nahwan

Simak selengkapnya di pulau gili ketapang

Pesona wisata Probolinggo semakin lengkap dengan kehadiran sebuah pulau cantik yang bernama Pulau Gili Ketapang. Sebuah pulau yang terletak di antara  Pulau Jawa, dengan Madura.

Pulau Gili Ketapang menawarkan pesona laut yang sangat indah, lengkap dengan ombaknya yang tenang. Selain itu, Pulau Gili Ketapang memiliki area pasir putih yang menawan.

  • Lokasi Pulau Gili Ketapang berada di Alamat Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Gili Ketapang Rp. 90.000.

6. Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
air terjun madakaripura. google maps. sumber: Muhammad Farakhi

simak selengkapnya di artikel air terjun madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah tempat wisata alam di Probolinggo yang berbalut dengan cerita legenda tentang Gajahmada. Dan Air Terjun Madakaripura konon diduga menjadi tempat terakhir Patih Gajahmada.

Yang paling penting, daya tariknya terletak pada pesona air terjunnya yang memiliki total ketinggian 200 meter, yang mengalir dari sebuah ceruk, turun melalui tebing batu yang sangat tinggi.

Paoramanya sangat spektakuler. Air yang turun membentuk sebuah kolam kecil yang sedikit berwarna hijau tosca. Inilah wisata alam yang instagramable di Probolinggo.

  • Lokasi Air Terjun Madakaripura terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
  • Alamat Air Terjun Madakaripura berada di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Madakaripura Rp. 5.000 per orang.

7. Air Terjun Umbulan

air terjun umbulan
air terjun umbulan. google maps. sumber: Christopher Ludewig

Simak juga: 11 tempat wisata Belitung

Setelah berkunjung ke Air Terjun Madakaripura, maka tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat wisata air terjun di Probolinggo yang sangat layak untuk dikunjugi.

Nama tempat wisatanya adalah Air Terjun Umbulan. Air terjun yang dikelilingi oleh alam yang masih lestari, serta airnya yang sangat bersih.

  • Lokasi Air Terjun Umbulan berada di alamat Desa Watulumpang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Umbulan Rp. 5.000 per orang.

8. Danau Ronggojalu

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah Danau Ronggojalu. Danau tersebut memiliki nuansa alam yang nyaman, dan tenang, sehingga menjadi tempat favorit bagi mereka yang hobi memancing.

Selain itu, Danau Ronggojalu dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata. Dan yang spot yang paling hits di Danau Ronggojalu adalah kolam renang anak yang cocok untuk wisata keluarga.

  • Lokasi Danau Ronggojalu berada di alamat Desa Tegalsiwalan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Danau Ronggojalu Rp. 5.000.

9. Danau Ranu Agung

danau ranu agung
danau ranu agung. google maps. sumber: Ay Aik

Simak juga: 11 tempat wisata Kaliurang

Danau eksotis, dengan panorama alam yang sangat indah di Probolinggo selanjutnya bernama Danau Ranu Agung. Daya tarik utamanya adalah sepanjang aliran air danau tersebut, di sampingnya terdapat gususan tebing batu yang sangat kokoh.

Danau Ranu Agung memiliki kedalaman 40 meter, warna airnya didominasi oleh warna hijau. Dan asal usul Danau Ranu Agung dari danau vulkanik Gunung Lamongan.

Aktivitas wisata di Danau Ranu Agung yang paling populer adalah menjelajah kawasan tersebut dengan menggunakan perahu yang siap untuk disewakan kepada para pengunjung.

  • Lokasi Danau Ranu Agung berada di alamat  Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Danau Ranu Agung Rp. 3.000 per orang.

10. Museum Probolinggo

museum probolinggo
museum probolinggo. google maps. sumber: yves frombelgium

Liburan di Probolinggo akan semakin lengkap dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah yang edukatif, cocok untuk semua usia. Namanya Museum Probolinggo.

Secara umum, Museum Probolinggo menyajikan berbagai macam replika, serta barang-barang bersejarah. Selain itu, ada juga barang-barang yang menonjolkan budaya khas Indonesia, seperti Batik.

  • Lokasi Museum Probolinggo berada di alamat Jl. Suroyo No. 25, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Museum Probolinggo Rp. 10.000.

11. Candi Jabung

candi jabung
candi jabung. google maps. sumber: Dian Nur Aini

Simak juga: 11 tempat wisata Madura

Wisata sejarah di Probolinggo selanjutnya adalah Candi Jabung. Candi Jabung dibangun pada tahun 1354 Masehi, serta menjadi bukti peninggalan Majapahit.

Candi Jabung memiliki warna merah, karena dibangun dengan menggunakan material bata merah dengan kualitas terbaik, serta dilengkapi dengan berbagai relief yang mengandung nilai filosofis yang tinggi.

  • Lokasi Candi Jabung berada di alamat Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Candi Jabung gratis.