Gili Labak, Sekeping Keindahan Surgawi di Sumenep

|

Gili Labak atau Gili Lawak, merupakan salah satu tujuan wisata paling favorit ketika berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Lokasinya berada di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura.

Pulau ini tak begitu besar, namun lautan yang mengelilinginya sangatlah indah. Laut biru kehijauan yang jernih juga bersih, merupakan salah satu daya pikatnya.

Dengan keindahan yang dimilikinya, banyak beberapa jasa travel yang memberikan program travelling menuju Gili Labak.

menikmati keindahan gili labak
menikmati keindahan gili labak. google maps. sumber: Rizky Johanuari Putri

Simak: review wisata di Gili Trawangan

Gili Labak dihuni sekitar 105 penduduk dengan terdiri dari 37 KK, sehingga pulau ini hanya memiliki sekitar 25 rumah, satu puskesmas, dan satu masjid.

Gili Labak memang merupakan tempat kece untuk bersantai dan mengasingkan diri dari semua kejemuan yang dirasakan. Berikut review tentang Gili Labak atau Gili Lawak:

Lokasi dan Alamat Gili Labak

Lokasi Gili Labak berada di sebelah tenggara Pulau Madura, tepatnya berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Rute Menuju Gili Labak

Rute menuju Gili Labak, pertama harus menuju ke Sumenep terlebih dahulu. Untuk menuju Sumenep kamu dapat menggunakan pesawat terbang , jika berasal dari Jakarta atau luar kota Sumenep.

Meski ada moda transportasi lain, misalnya saja dengan menggunakan bus. Ketika tiba di Sumenep, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Pelabuhan Kalianget yang lokasinya berada sekitar 10 km kearah timur.

Ketika tiba di Pelabuhan Kalianget, kamu harus melanjutkannya dengan menggunakan perahu motor. Karena itu merupakan transportasi satu-satunya menuju Gili Labak. Perjalanan laut yang akan kamu tempuh sekitar 2 jam lamanya.

hunting spot foto terbaik
hunting spot foto terbaik. google maps. sumber: Komunikasi Digital

Jam Buka Pantai Gili Labak

Jam operasional Gili Labak dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Tiket Masuk Pantai Gili Labak

Harga tiket masuk Gili Labak tidak ada alias gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi menuju pulau dan biaya sewa peralatan snorkeling atau beberapa wahana yang ada.

Fasilitas Pantai Gili Labak

Fasilitas di Pantai Gili Labak diantaranya:

  • Penyewaan alat-alat snorkeling
  • Warung makanan dan minuman sederhana
  • Saung atau gazebo sederhana
  • Toilet atau kamar mandi
salah satu fasilitas yang ada di gili labak
salah satu fasilitas yang ada di gili labak. google maps. sumber: Komunikasi Digital

Simak juga: info seputar Nusa Penida

Fasilitas yang ada memang tidak begitu lengkap, namun hal tersebut tak menyurutkan niat wisatawan untuk mengunjungi Gili Labak. Justru hal tersebut memberikan kesan alami, dan semakin menambah pesona dari Gili Labak.

Sedangkan untuk penginapan di pulau ini tidak tersedia, kamu dapat menemukannya di pusat kota Sumenep dimana terdapat beberapa penginapan dengan fasilitas dan harga yang beragam.

Pesona Gili Labak

1. Alam Yang Wonderfull

hamparan pasir putih yang eksotis
hamparan pasir putih yang eksotis. google maps. sumber: Naacha Wafiroh

Ketika masih berada di perahu motor, dari kejauhan kamu akan melihat sebuah pulau yang tak begitu besar dengan warna hijau yang lebih dominan. Kemudian dihiasi dengan air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Ditambah lagi air lautnya jernih banget, kamu jadi ngga sabar untuk cepat-cepat bermain air dan menyelam ke dasar lautan.

Ketika tiba di pulau tersebut, kamu akan disambut dengan bentangan pasir putih yang menghampar mengelilingi pulau. Pasirnya sangat lembut, dan terlihat sangat bersih.

Wah….pokoknya pemandangan di Gili Labak wonderfull banget deh, keindahannya bagaikan seperti di surga. Suasana yang menenangkan pun menjadi daya tarik selanjutnya, kamu dapat bersantai menikmati alam dengan bersantai di sebuah gazebo ataupun dengan lesehan di atas pasir putihnya.

2. Wahana Seru

mengunjungi taman laut gili labak
mengunjungi taman laut gili labak. google maps. sumber: Miftah Zaman

Selain memiliki alam yang indah, Gili Labak juga menghadirkan beberapa wahana seru dan menyenangkan. Diantaranya:

  • ATV,
  • Banana Boat,
  • Snorkeling, dan
  • Memancing.

Snorkeling merupakan wahana wajib yang harus kamu coba ketika berada di Gili Labak. Kenapa? Karena taman laut Gili Labak luar biasa menakjubkan.

Dengan kehadiran terumbu karang warna warni yang dikelilingi oleh biota laut lainnya. Taman laut di Gili Labak ini merupakan spot snorkeling terbaik yang ada di Jawa Timur.

Untuk menuju Taman Laut, kamu harus naik perahu terlebih dahulu dengan harga sewa berkisar antara Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 600.000,-. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa peralatan snorkeling, dan kapasitas perahunya yakni untuk 10 hingga 15 orang.

3. Panorama Sunset dan Sunrise

suasana alam yang romantis
suasana alam yang romantis. google maps. sumber: Miftah Zaman

Simak juga: review wisata Pulau Derawan

Pesona Gili Labak yang ngga boleh kamu lewatkan ialah menikmati indahnya sunset dan cantiknya panorama sunrise. Diyakini panorama sang surya di Gili Labak, bagus banget.

Tuhan memang sangat baik pada Indonesia, Dia memberikan anugerah berupa indahnya alam di Gili Labak dihiasi pula dengan sunset maupun sunrisenya yang indah. Pokoknya Gili Labak merupakan tempat yang tepat untuk menikmati dan menyatu dengan alam.