11 Tempat Wisata Sumenep, Ada Pantai Dengan Kualitas Oksigen Terbaik Di Dunia

Tempat wisata Sumenep adalah pesona keindahan yang terhampar di ujung timur Pulau Madura. Sebuah kabupaten dan kota yang memiliki ratusan pulau elok, dan beberapa sudah sering menjadi kunjungan turis mancanegara.

Keindahan tempat wisata di Kabupaten Sumenep, dan Kota Sumenep dibuktikan dengan angka kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun yang selalu meningkat.

Pada tahun 2018 saja, angka kunjungan ke tempat wisata Sumenep, khususnya Kabupaten Sumenep mencapai 1.457.766. Dan di tahun 2019, baru sembilan bulan saja, angka kunjungan wisatawannya sudah mencapai angka 840.905.

Tempat wisata di Sumenep sangat beragam. Semuanya ada di sana, dari mulai wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner.

Dan inilah 11 Tempat Wisata Sumenep yang recommended untuk dikunjungi saat liburan nanti. Catatan penting, selalu patuhi prtokol kesehatan ya… kemanapun, dan dimanapun objek wisatanya.

11 Tempat Wisata Sumenep

1. Museum Keraton Sumenep

gerbang menuju museum Keraton
gerbang menuju museum Keraton. google maps. sumber: Sugi Arto

Simak juga: 11 tempat wisata Sleman

Perjalanan menuju tempat wisata Sumenep kita mulai dari objek wisata sejarah, yang lokasinya berada di jantung Kota Sumenep, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur.

Nama objek wisatanya Museum Keraton Sumenep. Sebuah bangunan bersejarah, tempat tinggalnya para adipati, yang sudah ada sejak abad ke 17, tepatnya tahun 1781.

Daya tarik darik Museum Keraton Sumenep terletak pada aristekturnya yang unik, karena dirancang oleh arsitek yang berasal dari Tionghoa.

Selain itu, terdapat juga piagam perdamaian antara Keraton Sumenep dengan Eropa, Cina, dan Arab. Di sisi lain terdapat barang-barang bersejarah lainnya.

  • Lokasi dan alamat Museum Keraton Sumenep berada di Jl. Dr. Sutomo No.6 , Kota Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Museum Keraton Sumenep Rp. 4.000 per orang
  • Jam buka Museum Keraton Sumenep beberapa bulan terakhir ditutup, karenakan kebijakan dampak dari pandemi covid-19.

2. Masjid Agung Sumenep

masjid agung sumenep
masjid agung sumenep. google maps. sumber: Doyan Dolan

Tempat wisata Sumenep selanjutnya adalah Masjid Agung Sumenep atau lebih dikenal dengan nama Masjid Jamik. Masjid tersebut adalah 1 dari 10 bangunan masjid tertua yang ada di Sumenep.

Uniknya, selain dari nilai histori, Masjid Agung Sumenep ternyata dari sisi arsitektur tidak hanya memiliki 1 model arsitektur. Arsitekturnya memiliki sentuhan khas Tiongkok, Eropa, Madura, dan Jawa.

  • Lokasi dan alamat Masjid Agung Sumenep berada di Dalem Anyar, Bangselok, Kota Sumenep. Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Masjid Agung Sumenep gatis.
  • Masjid Agung Sumenep buka selama 24 jam.

3. Pulau Giliyang

salah satu sudut keindahan di pulau giliyang
salah satu sudut keindahan di pulau giliyang. google maps. sumber: Omponk Lyno

Simak juga: 11 tempat wisata Kupang

Bagi anda yang sudah jenuh dengan kehidupan kota besar, terutama polusi yang selalu mengganggu pernapasan, maka tempat wisata Sumenep yang satu ini wajib dikunjungi.

Namanya Pulau Giliyang, atau disebut juga Pulau Gili Iyang. Daya tarik dari Pulau Gili Iyang selain dari panorama pantai, dan pulau yang menawan, di sisi lain juga Pulau Gili Iyang berstatus sebagai pulau yang memiliki kandungan oksigen terbaik ke dua di dunia, setelah Yordania.

  • Lokasi Pulau Gili Iyang terletak di Pulau Madura. Alamat Pulau Gili Iyang berada di Bancamara, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Gili Iyang tergantung jenis paket tour yang dipilih oleh pengunjung.
  • Jam buka Pulau Gili Iyang buka selama 24 jam. Tetapi bagi pengunjung yang tidak menginap, maka lebih memilih hari sebelum gelap.

4. Pulau Gili Labak

eksotisme pulau gili labak
eksotisme pulau gili labak. google maps. sumber: Komunikasi Digital

Tempat wisata Sumenep selanjutnya adalah Pulau Gili Labak. Daya tarik Pulau Gili Labak terletak pada pesona hamparan pasir putihnya yang luas. Bahkan sebelum perahu sampai di Pulau Gili Labak, pesona pasir putihnya begitu sangat jelas.

Airnya juga sangat menggoda, gradasi warna biru, dan hijau toska, menjadi pesona keindahan selanjutnya. Pulau Gili Labak merupakan spot yang nyaman untuk melakukan snorkeling, apalagi ombaknya sangat kecil sekali.

  • Lokasi dan alamat Pulau Gili Labak berada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Gili Labak hanya untuk biaya transportasi perahu saja.
  • Pulau Gili Labak buka selama 24 jam.

5. Pulau Gili Genting

pulau gili genting
pulau gili genting. google maps. sumber: Iwan Quraisy

Simak juga: 11 tempat wisata Situbondo

Jangan heran jika Sumenep didominasi oleh objek wisata berupa pulau cantik yang menawan. Karena setidaknya terdapat 126 pulau-pulau kecil.

Salah-satu yang terkenal adalah Pulau Gili Genting. Gili Genting merupakan kecamatan yang memiliki pantai eksotis yang bernama Pantai Sembilan.

Nama Pantai Sembilan merujuk kepada bentuk pasir pantainya seperti angka 9. Bentukan tersebut dari sebuah proses alamiah. Pesona keindahan lainnya yaitu airnya yang masih bersih, menyajikan dua warna khas dari pantai yang indah, yaitu warna hijau tosca, dan biru.

  • Lokasi dan alamat Pulau Gili Genting berada di Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Gili Genting Rp. 10.000
  • Pulau Gili Genting buka selama 24 jam

6. Pulau Sapeken

11 tempat wisata Sumenep selanjutnya adalah Pulau Sapeken. Pulau ini terkenal dengan pesona alam bawah lautnya, serta kelestarian hutan mangrovenya.

Para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling, serta hunting foto di area pasir putih Pulau Sapeken. Ombaknya juga tidak terlalu besar loh…

  • Lokasi dan alamat Pulau Sapeken berada di Kepulauan Kangena, Kabupaten Sumenep. Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pulau Sapeken hanya untuk jasa transportasi perahu saja.
  • Pulau Sapekan buka 24 jam.

7. Pantai Lombang

pantai lombang
pantai lombang. google maps. sumber: mhiemhie umi

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

Pantai Lombang adalah tempat wisata Sumenep yang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga di akhir pekan, atau saat liburan tiba.

Selain pemandangannya sangat indah, Pantai Lombang juga ombaknya tidak terlalu besar, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas, dan ragam wahana.

  • Lokasi dan alamat Pantai Lombang berada di Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Lombang Rp. 5.000 per orang.
  • Pantai Lombang buka dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00.

8. Pantai Ambuten

Pantai Ambuten adalah pantai yang menyajikan nilai edukatif, tradisi, atau budaya masyarakat nelayan. Yang paling terkenal dari Pantai Ambuten adalah pasar dadakan dari pagi hari sampai siang.

Pasar tersebut menjajajakan ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan. Harganya semakin siang semakin murah, dan selalu dipadati orang-orang yang akan membeli ikan tersebut.

Selain itu, memiliki panorama alam yang indah, serta cocok sebagai destinasi wisata kuliner yang edukatif. Cobain deh kuliner sea food khas Pantai Ambuten…

  • Lokasi dan alamat Pantai Ambuten berada di Kecmatan Ambuten, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk : –
  • Pantai Ambuten buka 24 jam

9. Bukit Tinggi Daramista

salah satu spot foto di bukit daramista
salah satu spot foto di bukit daramista. google maps. sumber: yurike ferdiyanti

Simak juga: 11 tempat wisata Kendari

Bukit Tinggi Daramista merupakan objek wisata alam terbuka yang menyajikan panorama alam Sumenep dari ketinggian, serta dilengkapi dengan spot foto yang kekinian.

Selain itu terdapat juga fasilitas lainnya yang dapat menunjang kenikmatan wisata pengunjung saat berada di Bukit Tinggi Daramista, seperti penginapan yang memberikan nuansa asri.

  • Lokasi dan alamat Bukit Tinggi Daramista berada di Billa Tompok, Daramesta Lemteng, Kabupaten Sumenep. Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Bukit Tinggi Daramista Rp. 5.000 per orang.
  • Bukit Tinggi Daramista buka dari pukul 06.00 – 18.00.

10. Pulau Mamburit

pulau mamburit
pulau mamburit. google maps. sumber: Abu Silmi Official

11 tempat wisata Sumenep selanjutnya bernama Pulau Mamburit. Sebuah pulau elok, yang memiliki panorama alam sekitar yang indah, dan hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga saja.

Di Pulau Mamburit terdapat juga sebuah makam yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Untuk sampai di Pulau Mamburit, para pengunjung harus menggunakan jasa transportasi berupa perahu.

  • Lokasi dan alamat Pulau Mamburit berada di Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk ke Pulau Mamburit hanya dikenakan biaya transportasi perahu, atau tongkang saja.
  • Pulau Mamburit buka selama 24 jam.

11. Pantai Slopeng

berkuda di pantai slopeng
berkuda di pantai slopeng. google maps. sumber: Zulkifli Azir

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Pantai Slopeng menjadi tempat wisata Sumenep yang terakhir, dari 11 tempat wisata Sumenep yang recommended untuk dikunjungi.

Selain memiliki panorama alam sekitar yang indah, serta pasir pantai yang luas, ciri khas Pantai Slopeng adalah berkuda di area pasir pantai, yang bisa disewa oleh para pengunjung.

Selain itu, Pantai Slopeng terkenal sebagai salah-satu wisata tertua Kabupaten Sumenep, serta di objek wisata tersebut sering digelar beberapa festival budaya.

  • Lokasi dan alamat Pantai Slopeng berada di Dasuk, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Slopeng Rp. 20.000 per orang.
  • Pantai Slopeng buka dari pukul 08.00 – 18.00.

Tinggalkan komentar