11 Tempat Wisata Sleman, Keindahan Alam Yang Dibalut Sejarah

Tempat wisata Sleman didominasi oleh tempat wisata yang memiliki nilai histori yang melegenda secara turun temurun. Objek wisata Sleman yang paling populer tentu saja candi-candi.

Sleman adalah sebuah kabupaten yang terletak di daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 2018 menjadi tahun kebahagiaan bagi Kabupaten Sleman.

Pada tahun tersebut, Sleman dianugerahi 2 penghargaan bergengsi tingkat nasional untuk sektor wisata. Yaitu :

  • 10 Kabupaten Terbaik Nasional Dari 134 Kabupaten
  • Kabupaten Terbaik Ke Dua Bidang Pariwisata

Dua penghargaan tersebut diberikan oleh dua institusi yang berbeda, serta sekaligus menjadi sebuah penegasan tentang keindahan bumi Sleman.

Dan inilah 11 tempat wisata Sleman yang wajib anda kunjungi saat liburan tiba…

11 Tempat Wisata Sleman

1. Candi Prambanan

candi prambanan
candi prambanan. google maps. sumber: Valentina Dewi

Simak juga: 11 tempat wisata Kupang

Perjalanan ke tempat wisata di Sleman kita awali dari sebuah candi yang sudah terkenal hingga sampai ke mancanegara, namanya Candi Prambanan.

Candi Prambanan adalah candi yang dibangun pada abad ke 9 masehi, serta terkenal dengan 3 candi utamanya yang disebut dengan Candi Trimurti.

Di kawasan Candi Prambanan juga terdapat banyak sekali sudut yang tepat untuk mengabadikan momen keindahan saat di Prambanan.

Kisah sejarah, legenda, arsitektur, berpadu indah dengan panorama alam sekitar. Itulah kenikmatan wisata di Candi Prambanan, Sleman.

  • Lokasi dan alamat Candi Prambanan berada di Jl. Raya Solo – Yogyakarta, No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Candi Prambanan Rp. 25.000 – Rp. 75.000 per orang.
  • Candi Prambanan buka dari pukul 08.00 – 16.00.

2. Candi Ratu Boko

candi atau keraton ratu boko
candi atau keraton ratu boko. google maps. sumber: Avid Anjala

Rasanya kurang sempurna, ketika membahas Candi Prambanan tanpa membahas kehadiran Candi Ratu Boko, yang letaknya berada di bukit dengan ketingggian 200 mdpl.

Kenapa bisa disebut tidak lengkap? Karena lokasi Candi Ratu Boko tidak jauh dari Candi Prambanan, serta tersedia armada yang menawarkan paket Pulang Pergi Candi Ratu Boko, ke Candi Prambanan.

Keunikan Candi Ratu Boko terletak pada bangunanya yang tidak berbentuk candi. Yang ada hanyalah situs, reruntuhan sebuah kerajaan, atau keraton. Maka Candi Ratu Boko sering juga disebut dengan nama Keraton Ratu Boko.

Candi Ratu Boko diperkirakan dibangun pada abada ke 8, di masa Wangsa Syailendra, jika melihat alur sejarah tersebut, maka wajar saja banyak sekali arsitektur candi yang megah.

Karena di masa itu, terkenal sebagai masa Negeri Para Pembuat Candi, di masa Mataram Kuno. Selain arsitektur, nilai sejarah, dan legenda, maka daya tarik selanjutnya dari Candi Ratu Boko adalah pesona alam sekitarnya.

Jika tidak ada kabut, maka panorama matahari terbenam menjadi sebuah view yang elok, yang berpadu dengan eksotisnya Candi Ratu Boko.

  • Lokasi dan alamat Candi Ratu Boko berada di Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk Candi Ratu Boko Rp. 40.000 per orang, untuk usia 10 tahun ke atas.
  • Candi Ratu Boko buka dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00.

3. Candi Kalasan

candi kalasan
candi kalasan. google maps. sumber: Sahara Rastanora

Simak juga: 11 tempat wisata Situbondo

Tempat wisata Sleman selanjutnya adalah Candi Kalasan, sebuah kawasan bangunan dimana terletak satu candi besar, yang disebut dengan candi induk, yang dikelilingi 52 stupa.

Kunjungan wisata ke Candi Kalasan menjadi sebuah perjalanan wisata yang bernilai edukatif. Apalagi kawasan tersebut termasuk salah-satu tempat wisata Sleman yang berstatus Cagar Budaya.

Secara pribadi penulis sangat kagum dengan perencanaan pembangunan setiap candi yang ada di Indonesia, yang dibuat oleh orang – orang terdahulu.

Karena lokasi mayoritas candi tersebut memiliki panorama alam yang sangat menawan. Hal tersebut bisa jadi karena manusia di jaman dahulu mempunyai prinsip untuk tetap melestarikan alam. Termasuk di kawasan Candi Kalasan.

  • Lokasi dan alamat Candi Kalasan berada di Jl. Raya Yogya – Solo, Desa Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Candi Kalasan Rp. 5.000 per orang.
  • Candi Kalasan buka dari jam 06.00 – 18.00.

4. Candi Ijo

candi ijo
candi ijo. google maps. sumber: romeo oreoo

Candi Ijo menjadi tempat wisata Sleman berupa candi yang lokasinya berada paling tinggi dibandingkan dengan lokasi candi lainnya.

Kunjungan wisata ke Candi Ijo selain bernilai sejarah, namun di sisi lain juga sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan Jogja dari ketinggian.

Oh iya, nama Candi Ijo merujuk kepada situasi lokasi Candi Ijo. Lokasinya berada di bukit yang terhampar rerumputan hijau. Dan dalam bahasa jawa, ijo bermakna Hijau.

  • Lokasi dan alamat Candi Ijo berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk Candi Ijo Rp. 5.000 per orang.
  • Candi Ijo buka dari pukul 06.00 – 18.00.

5. Blue Lagoon Jogja

blue lagoon jogja
blue lagoon jogja. google maps. sumber: Chromesaurus

Simak juga: 11 tempat wisata Tretes

Setelah puas jalan-jalan ke tempat wisata Sleman berupa candi, kita lanjutkan perjalan ke objek wisata lainnya berupa sungai yang “disulap” menjadi sebuah objek wisata.

Tempat wisata tersebut bernama Blue Lagoon Jogja. Sebuah objek wisata alam yang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga di saat liburan tiba.

Daya tarik utamanya berupa sungai yang mempunyai aliran air yang bersih, airnya berwarna hijau tosca, serta menjadi sebuah kolam renang alami.

Di sekitar kolam, bahkan dari area parkir menuju lokasi utama Blue Lagoon Jogja sudah berjajar ragam fasilitas pendukung seperti kantin, maupun jembatan yang bisa dijadikan spot selfie.

  • Lokasi dan alamat Blue Lagoon Jogja berada di Widodomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Blue Lagoon Jogja Rp. 10.000 per orang dan bisa ditukar dengan minuman.
  • Blue Lagoon Jogja buka dari pukul 06.00 – 17.00.

6. Tlogo Putri Kaliurang

Tempat wisata Sleman selanjutnya yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga adalah Tlogo Putri Kaliurang. Sebuah embung yang dilengkapi dengan ragam wahana yang akan membuat keseruan wisata para pengunjung.

Selain itu, di area Tlogo Putri Kaliurang pemandangannya sangat indah. Taman – taman yang tertata baik, jalur trekking, serta beberapa spot selfie adalah daya tarik dari Tlogo Putri Kaliurang.

Di kawasan Tlogo Putri Kaliurang sering juga ditemukan monyet-monyet, karena lokasinya berada di kawasan hutan di bawah pengelolaan perhutani.

Pada saat-saat tertentu, tempat wisata Tlogo Putri Kaliurang sering juga dijadikan tempat untuk melaksanakan pagelaran seni dan budaya.

  • Lokasi dan alamat Tlogo Putri Kaliurang berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Tlogo Putri Kaliurang Rp. 5.000 per orang
  • Tlogo Putri Kaliurang buka dari pukul 07.00 – 16.00.

7. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

air terjun tlogo muncar kaliurang
air terjun tlogo muncar kaliurang. google maps. sumber: Muhammad Asad

Simak juga: 11 tempat wisata Kendari

Masih satu kawasan dengan Tlogo Putri Kaliurang, nama objek wisatanya Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang. Lokasinya berada di bawah lereng Gunung Merapi.

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Status Taman Nasional menjadikan objek wisata tersebut seringkali ditemukan segerombolan monyet.

Monyet-monyet tersebut cukup bersahabat asalkan tidak diganggu oleh kita. Dan di objek wisata tersebut juga terdapat area camping, yang selalu ramai oleh kunjungan wisata muda-muda.

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang memiliki ketinggian sekitar 30 – 45 meter, airya sangat dipengaruhi musim, dan kolamnya tidaklah dalam. Sehingga bisa juga sebagai spot yang nyaman bermain air bersama anak.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang Rp. 5.000 per orang.
  • Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang buka dari pukul 07.00 – 16.00.

8. Lava Tour Merapi

lava tour merapi dengan menggunakan jeep
lava tour merapi dengan menggunakan jeep. google maps. sumber: Andreas Didit

Lava Tor Merapi adalah wisata penjelajahan menikmati pesona alam Gunung Merapi. Sebetulnya, start awal Lava Tor Merapi masih satu kawasan dengan Air Terjun Tlogo Muncar, maupun dengan Tlogo Putri Kaliurang.

Penjelajahan tersebut menggunakan sebuah jeep khusus, serta didampingi oleh tim yang profesional. Paket penjelajahanpun beragam, dari mulai paket penjelajahan satu jam, hingga 3 jam.

  • Lokasi dan alamat Lava Tor Merapi berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket Lava Tor Merapi mulai dari Rp. 350.000.
  • Lava Tor Merapi buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00.

Catatan penting, objek wisata yang ada di kawasan Kaliurang, atau yang berada di lereng Gunung Merapi bisa saja terdampak oleh Erupsi Merapi yang terjadi beberapa bulan yang lalu.

9. Museum Seni Affandi

salah satu sudut museum affandi
salah satu sudut museum affandi. google maps. sumber: Diaz Adrian

Simak juga: 11 tempat wisata Demak

Tempat bersejarah lainnya yang dapat kamu kunjungi ialah Museum Seni Affandi, yang berisikan lebih 300 kara Affandi sang maestro seni lukis.

Karya-karya yang ditampilkan merupakan inspirasi Affandi selama beliau masih hidup. Karya-karyanya bukan hanya disukai oleh pengunjung dari Indonesia saja, wisatwan mancanegara pun menyukai hasil karya beliau.

Museum ini mulai diresmikan pada tahun 1974 oleh Prof. Ida Bagus Mantra dimana beliau saat itu menjabat sebagai Direktur Kebudayaan Umum.

Selain menikmati indahnya lukisan tangan sang maestro, kamu juga dapat beristirahat sambil meminum teh atau kopi serta makanan lainnya di sebuah cafe yang terletak di lantai bawah.

Namun sayangnya untuk saat ini kamu tak dapat menikmati hasil karya dari Affandi, karena Museum Seni Affandi tutup sementara waktu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

  • Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No. 167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI. Yogyakarta
  • Tiket : Rp. 25.000,- per orang
  • Jam Buka: 09.00-16.00 Hari Minggu Tutup

10. Museum Ullen Sentalu

ullen sentalu museum
ullen sentalu museum. google maps. sumber: Wisata Jogja1001

Ullen Sentalu merupakan akronim dari pepatah jawa yang berbunyi “Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku”, yang bermakna Terang adalah penuntun jalan kehidupan.

Museum yang satu ini menyajikan segala hal yang berhubungan dengan kehidupan dan pola pikir bangsawan awa pada masanya.

Ketika mengunjungi Museum Ullen Sentalu, kamu harus memiih untuk mengikuti kegiatan tur yang mana. Karena disini kamu tak dapat berkeliling kesana kemari dengan sesuka hati.

Saat pandemi seperti ini, pembelian tiket pun hanya dilayani melalui online. Dan untuk anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun, serta lansia yang berusia lebih dari 65 tahun belum diizinkan untuk berkunjung.

Setiap kelompok tur pun dibatasi hanya sekitar 8 orang pengunjung saja.

  • Lokasi : Jl. Boyong Kaliurang, Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta
  • Tiket : Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000
  • Jam Buka : 08.30-16.00 Setiap hari Senin Tutup

11. Monumen Jogja Kembali

monumen yogya kembali
monumen yogya kembali. google maps. sumber: Budy Supraptono

Simak juga: 11 tempat wisata Singkawang

Monumen Jogja Kembali atau lebih dikenal dengan nama Monjali merupakan sebuah tugu peringatan dalam merebut kembali Jogja dari tangan Belanda.

Monjali jika dari kejauhan tampak seperti sebuah tumpeng yang mengerucut di bagian atasnya, yang terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi perpustakaan dan ruang serbaguna.

Ketika berada di pintu masuk Monjali terdapat beberapa tulisan nama-nama pahlawan yang gugur antara tahun 1948 sampai dengan 1949, ada sekitar lebih dari 400 nama.

Di setiap lantai Monjali kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Monumen Jogja Kembali ini diresmikan oleh Bapak Soeharto selaku Presiden yang menjabat pada waktu itu pada tanggal 6 Juli 1989. Dan dibangun diatas lahan sekitar 5 ha.

  • Lokasi : Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI. Yogyakarta
  • Tiket : Rp. 15.000,- per orang
  • Jam Buka : Selasa-Jumat jam 09.00-14.00, Sabtu Jam 08.00-16.00, dan setiap hari Senin Tutup

Tinggalkan komentar