Ngalau Indah, Objek Wisata di Kota Payakumbuh

Saat kamu sedang melakukan perjalanan jauh, kira-kira apa yang kamu perlukan untuk sedikit melonggarkan otot-otot yang tegang akibat duduk yang terlalu lama?

Kamu pasti ingin sedikit menikmati udara bebas, atau mungkin kamu ingin mengisi perutmu yang kosong, atau hanya sekedar pergi ke kamar mandi.

Jika hal itu terjadi, tentunya kamu akan mencari sebuah rest area. Saat ini semenjak berkembangnya transportasi di Indonesia, banyak sekali rest area yang dsisapkan di setiap tempat. Entah itu di jalan tol ataupun jalan biasa, rest area sudah pasti berjajar tersedia dan siap memanjakkan kita.

Jika kamu hendak pergi ke Kota Padang atau Bukittinggi dari arah Provinsi Riau ataupun sebaliknya, kamu akan melewati suatu daerah yang bernama Payakumbuh. Karena Payakumbuh merupakan perlintasan antara kedua Pulau tersebut, yakni Pulau Sumatera Barat dan Pulau Riau.

Payakumbuh mempunyai sebuah tempat wisata yang luar biasa, selain itu tempatnya pun strategis karena tidak jauh dari jalan raya. Berdasarkan hal tersebut maka dibangunlah sebuah rest area dengan memadukan tempat peristirahatan dengan tempat wisata.

Goa Ngalau Indah
Goa Ngalau Indah. Sumber: www.viva.co.id

Kawasan tersebut diberi nama Ngalau Indah. Kata tersebut berasal dari Bahasa Minang. Ngalau artinya gua. Ngalau Indah adalah sebuah gua yang mempunyai panjang ratusan meter dan melingkar di pinggang bukit batu karang yang mengelilingi Payakumbuh.

Gua tersebut sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan terbentuk secara alamiah tanpa adanya campur tangan manusia. Komplit banget kan? Rest area yang satu ini bisa memanjakkan kamu lahir dan batin. Penasaran apa aja sih yang ada di Ngalau Indah? Chek this out!

Ragam Wisata yang Terdapat di Rest Area Payakumbuh

1. Ngalau Indah

Ngalau Indah diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dan terbentuk secara alami. Sejak ditemukan oleh pemerintah kolonial Belanda sampai saat ini Ngalau Indah selalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Baik dari warga sekitar maupun wisatawan yang berasal dari luar Pulau Sumatera.

Ngalau Indah merupakan sebuah goa yang dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit yang menggantung belasan meter di atas kepala kita. Selain itu ada juga yang seakan tumbuh dari dasar goa, dan semakin menambah keindahan dari Ngalau Indah.

Menikmati Keindahan Goa Ngalau Indah
Menikmati Keindahan Goa Ngalau Indah. Sumber: www.indonesiakaya.com

Jika kamu sudah sampai di pintu keluar Ngalau Indah, kamu akan menemukan jalan setapak yang apabila kamu telusuri jalan tersebut akan membawamu menuju ke puncak Bukit Karang yang bernama Puncak Marajo.

2. Puncak Marajo

Puncak Marajo merupakan nama dari Puncak Bukit Karang. Untuk sampai ke sini kamu cukup menyusuri jalan setapak setelah keluar dari Ngalai Indah. Setelah sampai di Puncak Marajo kamu akan dapat melihat Kota Payakumbuh dari ketinggian.

Selain itu kamu juga akan dapat melihat gunung berapi yang masih aktif maupun tidak yang berbaris seakan menjaga alam tanah Minang. Gunung tersebut ialah, Gunung Sago, Gunung Marapi, dan Gunung Singgalang.

Puncak Marajo
Puncak Marajo. Sumber: pelantang.id

3. Rest Area Payakumbuh

Kota Payakumbuh pintar sekali memanfaatkan sebuah peluang. Melihat kebutuhan akan rest area yang meningkat ditambah dengan wilayah Payakumbuh yang merupakan jalur perlintasan antara dua Provinsi dan dianugrahi sebuah karya alam yang luar biasa.

Berdasarkan hal tersebut maka munculah sebuah gagasan untuk menciptakan sebuah rest area yang berbeda dari yang lain. Kemudian dibangunlah sebuah rest area di pelataran Ngalau Indah yang terletak di dataran yang lebih rendah.

Rest area Payakumbuh memberikan kamu sensasi yang berbeda. Setelah kamu melepas lelah dengan beristirahat sejenak di kedai-kedai yang disediakan, jangan lupa untuk mengeksplor keindahan Ngalau Indah.

Rest Area Payakumbuh
Rest Area Payakumbuh. Sumber: travel.detik.com

4. Parkir Yang Luas

Rest Area Payakumbuh mempunyai area parkir yang luas, jadi kamu bisa leluasa memakirkan kendaraanmu.

5. Kedai-Kedai

Sama halnya dengan Rest Area pada umumnya, yaitu terdapatnya kedai-kedai yang menjajakan makanan maupun minuman untuk kamu nikmati. Kamu jangan khawatir dengan harganya, contohnya saja sepiring lontong sayur dengan gulai khas Minang ditambah dengan segelas air teh hangat hanya dihargai Rp. 10.000,- saja.

6. Kolam Pemandian Dan Wahana Bermain Anak

Kamu belum puas dengan menikmati keindahan Ngalau Indah? Tenang, Rest Area Payakumbuh akan memberikan kamu sensasi yang lain. Di lokasi ini terdapat sebuah kolam pemandian  yang dilengkapi wahana permainan untuk anak-anak.

Dengan mengajak anak-anak bermain air seperti ini, kamu akan dapat mengembalikan semangat mereka kembali. Anak-anak bisa bermain dengan sepuasnya dan kembali melanjutkan perjalanan dengan hati yang riang.

Kolam Pemandian Ngalau Indah
Kolam Pemandian Ngalau Indah. Sumber: minangkabaunews.com

7. Fasilitas Olah Raga Dan Fitness

Kamu ngerasa badan kamu pegal-pegal? Tangan, kaki, punggung serasa mau patah? Di Rest Area Payakumbuh tersedia untuk kamu sebuah fasilitas olahraga dan fitness yang bisa kamu gunakan untuk sedikit melenturkan otot-otot kamu yang tegang setelah seharian melakukan perjalanan.

Dan fasilitas tersebut dapat kamu gunakan secara gratis loh. Wow banget kan!

8. Pondok Promosi Pusat Oleh-Oleh Minangkabau

Untuk kamu para pencinta belanja, kamu disediakan sebuah tempat khusus yang diberi nama Pondok Promosi Pusat Oleh-Oleh Minangkabau. Disini terdapat banyak sekali produk-produk lokal khas Minangkabau. Mulai dari makanan, souvenir, dan bahkan pakaian adat khas Minangkabau pun ada.

Jadi, untuk kamu yang mengunjungi Rest Area Payakumbuh setelah menjelajahi Ngalai Indah yang luar biasa, melihat keindahan Kota Payakumbuh dari ketinggian kemudian ditutup dengan berbelanja di Pondok Promosi Pusat Oleh-Oleh Minangkabau ini bukan merupakan hal yang berlebihan.

Tempat Belanja Oleh-Oleh
Tempat Belanja Oleh-Oleh. Sumber: travel.detik.com

Lokasi Dan Alamat Ngalau Indah

Lokasi dan alamat Ngalau Indah berada di Desa / Kelurahan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat – Indonesia.

Rute Menuju Ngalau Indah

Rute menuju Ngalau Indah dari Kecamatan Payakumbuh Barat sangatlah mudah, karena jaraknya hanya sekitar 4 kilometer saja dengan total waktu tempuh hanya 10 menit.

Rute pertama adalah menuju Jalan Imam Bonjol kemudian masuk ke Jalan Raya Bukittinggi – Payakumbuh / Jalan Soekarno–Hatta di Bulakan Balai Kandih.

Tiket Masuk Ngalau Indah

Harga tiket masuk Ngalau Indah tahun 2020 adalah sebesar:

  • Rp. 10.000 / orang untuk kalangan dewasa.
  • Rp. 5.000 / orang untuk anak-anak

Jam Operasional Ngalau Indah

Jam operasional Ngalau Indah dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu dari hari Senin sampai hari Minggu. Jadi kamu bisa datang dan nikmati kapan aja.

Penginapan di Sekitar Ngalau Indah

Untuk kamu yang ingin menginap di Kota Payakumbuh, ada beberapa penginapan yang tidak terlalu jauh dari Ngalau Indah. Jaraknya tidak lebih dari 5 kilometer, dan dengan kisaran harga dibawah Rp. 250.000,-.

Tips Wisata

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Ngalau Indah, ada beberapa tips nih yang bisa kamu lakukan.

  • Lebih baik menggunakan sepatu daripada sandal.
  • Untuk kamu yang ingin bermain air jangan lupa bawa baju ganti atau perlatan renang lainnya.
  • Luangkan waktumu supaya kamu bisa mengeksplor keseluruhan tempat.
  • Jagalah selalu keindahan dan kealamian Ngalau Indah.
  • Siapkan gadget kamu dan ambil foto di spot terbaik.
  • Penutup

Tuhan sudah menciptakan alam sedemikian rupa. Keindahannya, keunikannya, keberagamannya, sudah terbentuk sedemikian rupa. Jika kita menghargai pemberian Tuhan dengan sebaik-baiknya maka akan terciptanya sebuah mahakarya yang luar biasa.

Penggabungan antara Kuasa Tuhan dengan pemikiran manusia jika digunakan untuk hal yang positif maka akan terlahir sebuah mahakarya yang luar biasa.

Selalu jagalah kebersihan dan keindahan tempat dimana pun kita berada. Dengan begitu kita sudah menjaga keseimbangan alam yang telah dianugrahkan.

Baca juga:

Leave a Comment