Pantai Karang Bolong Kebumen, Pantai Ikonic Jawa Tengah

Pantai Karang Bolong Kebumen merupakan salah satu objek wisata yang cuckup populer di kawasan Jawa Tengah. hal ini disebabkan karena kawasan pantai ini  memiliki panorama pantai yang unik dengan batuan karang yang berlubang ditengahnya.

Pantai Karang Bolong Kebumen memiliki pasir hitam campuran, ada yang halus dan kasar. Pasir pantainya cukup luas untuk menutupi bagian tepi pantai sehingga kontur dari pantai ini menjadi landai. Batas pantai berupa perbukitan dan kelompok batuan unik, membuat keindahan yang ada semakin menawan.
Pantai Karang Bolong Kebumen. Image via: mytrip123.com

Di sisi lain, Pantai Karang Bolong Kebumen memiliki pasir hitam campuran, ada yang halus dan kasar. Pasir pantainya cukup luas untuk menutupi bagian tepi pantai sehingga kontur dari pantai ini menjadi landai. Batas pantai berupa perbukitan dan kelompok batuan unik, membuat keindahan yang ada semakin menawan.

Ada begitu nayak aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan pengunjung pada saat berada di kawasan wisata pantai ini. Salah satu aktifitas tersebut adalah bersepeda dan memancing. Kemudian, siapa sangka jika di pantai ini terdapat sebuah goa yang terkenal akan sarang burung waletnya.

Goa tersebut dinamai Goa Karang Bolong yang letaknya berada di sisi timur pantai. Gua ini sendiri cukup luas dengan panjanag mencapai 30 meter dan lebar sekitar 10 meter. Uniknya, ada sebuah ritual khusus yang perlu dilakukan bila hendak memanen sarang walet yang ada di goa ini.

Bagi siapa pun yang hendak memanennya sarang walet tersebut harus melakukan ritual dahulu, jika tidak maka mala petaka yang akan terjadi. Ritual itu tak hanya sekedar sesaji tapi juga pertunjukan wayang.

Sunset di pantai karang bolong kebumen
Sunset. Image via: gombongtranswisata

Simak juga: 13 Lokasi unik dan cantik di Kebumen

Lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang bolong Kebumen berada di Desa Karang bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Karang Bolong Kebumen

Objek wisata Pantai Karang Bolong kebumen cukup mudah dituju. Bagi pengunjung yang memulai perjalan dari kota Yogyakarta dapat mengikuti Jalan Deanles hingga mendapati penujuk arah menuju pantai Suwuk. Selanjutnya ikutilah jalan ini hingga ke Alun Alun Karangbolong.

Dari alun alun lanjutkan perjalanan mengikuti jalan kemudian ambil jalur kanan pada saat menjumpai pertigaan. Ikuti jalan ini sampai menemukan lokasi pantai Karang Bolong Kebumen.

PAntai karang bolong kebumen tampil sejuk dan rindangd negan pepohonan pantai
Alami dan asri. Image via: travel.detik.com

Jam Buka Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen terbuka untuk kunjungan wisata setiap hari sepanjang pekan. Pantai mulai buka jam 08.00 pagi dan ditutup pada jam 17.00 di sore hari.

Tiket Pantai Karang Bolong Kebumen

Harga tiket masuk yang dipatok pengelola pantai Karang Bolong Kebumen adalah sebesar Rp. 5,000 saja. Kemudian, tarif parkir untuk motor sebesar Rp. 5,000 dan untuk mobil sebesar Rp. 10,000 .

Batu karang di Karang Bolong Kebumen cocok untuk tempat berfoto
Di batu karang. Image via: @veraanggunanastasia

Simak juga: Jejak aktivitas alam jutaan tahun di Goa Lawa

Fasilitas Pantai Karang Bolong Kebumen

Objek wisata Pantai Karang Bolong Kebumen sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Selain lahan parkir yang luas, pengunjung juga bisa mendapai musholla, kamar mandi yang nyaman, gazebo untuk tempat istirahat serta warung makan yang siap mengisi perut pengunjung dikala lapar.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong Kebumen

Berikut ini beberapa daya tarik pantai karang bolong Kebumen, yang bisa menjadi alasan kenapa harus datang ke lokasi wisata satu ini.

  1. Pesona Pantai

Pantai Karang bolong kebumen Pantai Karang bolong kebumen dengan amparan pasir hitamnya
Pesona Pantai. Image via: @baby.kleinsky

Bila diperhatikan ada yang berbeda dari pantai Karang Bolong Kembumen ini dimana terdapat batuan karang yang berlubang pada bagian tengahnya mengelilingi pantai ini. Lubang pada karang ini muncul  karena adanya abrasi air laut sehingga mengikis batuan tersebut.

Hal ini tentunya menjadi daya tarik utama yang menyebabkan para wisatawan berdatangan ke pantai ini. Di sisi lain batuan karang ini pun nampak begitu instagramable sehingga membuat banyak pengunjung berfoto dengan latar batuan ini.

Selain itu, area berpasir di pantai nya pun memberikan pemandangan yang tak kalan indahnya. Pengunjung bisa duduk dantai menyaksikan ombak yang datang menerjang pantai ataupun  jalan-jalan menyusuri pantai ini.

  1. Batu Karang Berlubang

karang bolong menjadi icon dari Pantai Karang bolong kebumen
Karang bolong. Image via: superadventure.co.id

Simak juga: Saloka Park, terbesar di Jawa Tengah

Mengunjungi Pantai Karangbolong, maka tak akan lengkap tanpa mengunjungi si karangbolong. Karangbolong merupakan kata –kata dalam bahasa jawa, apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia, Karangbolong berarti batu karang yang berlubang.

Seperti namanya, karangbolong merupakan ikon lokasi Pantai Karangbolong. Karangbolong tersebut terletak di sebelah timur bagian Pantai Karangbolong. Karangbolong ini berupa sebuah gua batu karang yang berada di tepi pantai dengan panjang 30 meter, lebar 30 meter dan tinggi 5 meter.

Sebagai salah satu titik yang ikonik terhadap wisata Pantai Karangbolong, lokasi karangbolong ini menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pengunjung.

  1. Piknik di Pinggir Pantai

Pantai karang bolong Kebumen cocok untuk lokasi piknik
Lokasi piknik. Image via: coretandjawani

Bersantai bersama keluarga sambil menggelar tikar serta menikmati hidangan khas keluarga nampaknya menjadi kegiatan yang harus ada pada saat rekreasi. Maka dari itu area pantai karang bolong pun menyediakan spot alami yang sangat cocok untuk piknik.

Pepohonan palem yang tumbuh di pinggiran pantai tak ayalnya memang menjadi spot sempurna untuk menggelar tikar dan bersantai. Pohon-pohon yang tumbuh menjulang tinggi tersebut memang memberikan suasana teduh dan nyaman dan teduh sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot bersantai setelah asyik bermain air laut.

Pengunjung bisa menggelar tikar sambil menyantap hidangan khas keluarga tentunya dengan suguhan pemandangan karang-karang berlubang yang nampak unik beserta pemandangan pantainya yang indah. Dengan suasan sejuk di bawah pepohonan yang rindah tentunya akan memberikan pengalaman piknik yang tak terlupakan.

  1. Bermain Air

Main air di pantai karang bolong kebumen
Main air. Image via: wikimedia.org

Simak juga: Owabong, terbaik di jawa tengah

Selanjutnya hal yang tak kalah seru yang bisa dinikmati pada saat berkunjung ke Pantai Karang Bolong adalah bermain air. Meskipun pantai ini menghadap langsung ke pantai selatan yang terkenal akan ombaknya yang ganas -namun ternyata pantai Karang Bolong cukup aman untuk bersenang-senang bermain air dan berenang.

Hal ini bukan tanpa sebab, karang-karang batu yang terdapat di pantai ini lah yang membantu memecah ombak sehingga ombak yang menerjang pantai menjadi kecil begitu sampai ke bibir pantai. meski demikian, tetap pastikan juga untuk berenang pada saat air laut sedang surut.

Selain itu, pada saat air laut sedang surut pengunjung bisa menelusuri karang-karang unik yang tenggelam pada saat air laut sedang pasang.

  1. Susur pantai dengan Perahu

Pesona Pantai Karangbolong kebumen pun dapat Anda nikmati dari tengah laut. Pengunjung apat menikmati wahana berupa perahu
Naik perahu. Image via: detik.com

Siapa sangka jika pada saat berada di pantai Karang Bolong pengunjung bisa melakukan sebuah kativitas yang sangat seru yakni susur pantai dengan perahu. Di area ini pengunjung bisa menyeusuri pantai dengan menggunakan perahu ataupun banan boat yang tersedia untuk disewa.

Bukan hanya keseruan saja yang bisa dirasakan oleh pengunjung bahkan dengan menaiki banana boat pengunjung akan dipacu adrenalinnya. Kemudian, harga yang ditawarkan wahana ini pun cukup terjangkau dengan harga yang reasonable tergantung kesepakan dengan penyewa perahu.

  1. Upacara Ritual “Unduh Sarang Walet”

Setiap kali musim panen sarang burung walet, masyarakat setempat selalu mengadakan upacara ritual “Unduh Sarang walet” sehari sebelum dilakukannya panen sarang burung walet
Ngunduh walet. Image via: infobudaya.net

Simak juga: Teduhnya pantai kelapa Tuban

Tak hanya keindahan alam saja yang mempesona di Pantai Karangbolong ini. Ada juga tradisi yang dilakukan di wilayah ini ayang menjadi suguhan yang tak boleh terlewatkan. DI pantai ini ada banyak gua, sehingga lokasi ini menjadi habitat yang bagus untuk ribuan burung walet.

Pada saat musim panen sarang walet tiba masyarakat selalu menggelar upacara yang dinamakan Unduh Sarang Walet. Upacara ini dilaksanakan sehari sebelum panen sarang walet dilakukan. Selain itu, upacar ini juga dimaksudkan sebagai bentuk rasa syukur atas kekayaan alam yang melimpah.

Di satu sisi, dengan adanya upacara ini membuat pantai Karang Bolong menjadi objek wisata yang menarik khususnya bagi mereka yang tertarik akan tradisi-tradisi khas Indonesia.

spot foto kreatifita spengelola di antakarang bolong kembumen
Spot foto. Image via: akurat.co

Objek Wisata Dekat Pantai Karang Bolong Kebumen

Di kebumen juga ada objek wisata Goa Jatijajar. Goa jatijajar merupakan sebuah goa yang dibentuk selama jutaan tahun. Masuk kedalam goa ini serasa masuk kedalam dinosaurus yang besar mengingat pintu masuk yang bentuknya seperti mulut dinosaurus.

Disekitar gua juga terdapa taman yang desrbut dengan taman kera karena terdapat banyak patung kera di taman tersebut. Keberadaan patung kera berhubungan dnegan legenda Raden Kamandaka yang kemudian sampai sekarang menjdai kisah cerita lutung kasarung.

Ada juga pantai Ayah. Di pantai yang dikelilingi bukat yang indah ini, pengunjung dapat menyewa prahu mengelilingi pesisir pantai. Juga cocok untuk melihat sunset yang menakjubkan di sore hari, karena pantai ini yang menghadap ke barat. Bagi anda yang suka dengan sea food, di tempat ini terdapat pelelangan ikan dan dapat langsung di masak di tempat.

Demikianlah keindahan wisata Pantai Karang Bolong Kebumen ini. Sebuah wisata istimewa, karena merupakan tempat dimana wisata alam dan budaya menyatu jadi 1 lokasi.

Baca juga:

Leave a Comment