Pantai Karang Bolong Kebumen, Keindahan Yang Dibalut Misteri Dan Mitos

Jawa Tengah merupakan bagian dari Pulau Jawa yang beribukota Semarang, terdapat beberapa pantai indah yang selalu menjadi incaran para pengunjung.

Salah satu pantai yang cukup populer di Jawa Tengah tepatnya di daerah Kebumen ialah Pantai Karang Bolong, pantai ini memiliki keindahan pantai yang dikelilingi dengan bukit yang cukup lebat.

Serta terdapat sebuah goa yang terkenal sebagai sarang burung walet. Goa ini disebut sebagai Goa Karang Bolong yang terletak di sisi sebelah timur pantai.

Keadaan pantainya masih sangat alami di tengah pasirnya terdapat sebuah patung yang berwarna keemasan, serta deretan warung-warung makanan dan minuman sederhana.

Nama Pantai Karang Bolong bukan hanya ada di Kebumen saja, melainkan terdapat di beberapa daerah lain juga seperti Banten serta di Sukabumi.

Simak ulasan lengkap mengenai Pantai Karang Bolong Kebumen berikut ini:

Simak juga: 13 Lokasi unik dan cantik di Kebumen

Lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen

Lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen ini tepatnya berada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Keindahan Pantainya Dihiasi Bukit Yang Hijau
Keindahan Pantainya Dihiasi Bukit Yang Hijau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rute Menuju Pantai Karang Bolong Kebumen

Rute menuju Pantai Karang Bolong Kebumen sangat mudah dituju, jika kamu bergerak dari Yogyakarta arahkan kendaraanmu menuju Jl.Deandles. Kemudian kamu tinggal menuju Pantai Suwuk dengan melewati Alun-Alun Karangbolong.

Setelah itu kamu akan mendapati pertigaan, beloklah ke arah kanan. Terus berada di jalur tersebut hingga kamu menemukan lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen.

Jam Buka Pantai Karang Bolong Kebumen

Jam operasional Pantai Karang Bolong Kebumen dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00.

Tiket Pantai Karang Bolong Kebumen

Tiket masuk dan parkir Pantai Karang Bolong Kebumen sebagai berikut:

  • Tiket masuknya cukup membayar Rp. 5.000 per orang
  • Parkir motor sebesar Rp. 5.000 per unit
  • Parkir mobil sebesar Rp. 10.000 per unit

Simak juga: Jejak aktivitas alam jutaan tahun di Goa Lawa

Fasilitas Pantai Karang Bolong Kebumen

Fasilitas umum yang ada di Pantai Karang Bolong Kebumen ini diantaranya:

  • Lahan parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
Deburan Ombaknya Cukup Kencang
Deburan Ombaknya Cukup Kencang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Pantai Karang Bolong Kebumen

Daya tarik yang dimiliki Pantai Karang Bolong Kebumen diantaranya:

1. Alamnya Yang Masih Alami

Patung Yang Ikut Menghiasi Pantai Karang Bolong Kebumen
Patung Yang Ikut Menghiasi Pantai Karang Bolong Kebumen. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Karang Bolong berada di sekitar pebukitan yang cukup tinggi dengan lebatnya pepohonan yang mendiami bukit tersebut. Pasir yang menghiasi pantainya berwarna sedikit kehitaman, dengan deburan ombak yang cukup kencang.

Ketika berada di Pantai Karang Bolong kamu tidak diperkenankan untuk mandi atau bermain air di bibir pantai, karena memiliki arus balik yang sangat kencang dikhawatirkan kamu akan terseret ombak ketika bermain air.

Namun kamu dapat melihat keindahan alam yang dihadirkan Pantai Karang Bolong Kebumen ini dengan duduk di sebuah saung atau gazebo sederhana yang terdapat di sekitar bibir pantai.

Menyaksikan begitu luasnya lautan yang terhampar di depan mata, serta sejuknya bukit-bukit yang mengitari pantai ini. Serta kehadiran batu karang yang sudah bolong di bagian tengahnya akibat kikisan air laut.

Simak juga: Owabong, terbaik di jawa tengah

2. Berkunjung Ke Goa Karang Bolong

Simak juga: Saloka Park, terbesar di Jawa Tengah

Pantai ini dinamakan Pantai Karang Bolong adalah karena dengan kehadiran sebuah goa yang terbuat dari batu karang yang menembus ke pantai di sebelahnya yakni Pantai Suwuk. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Goa Karang Bolong.

Goa Karang Bolong memiliki panjang sekitar 30 meter dan lebar sekitar 10 meter dengan ketinggian mencapai 5 meter. Kamu akan memasuki goa yang banyak sekali sarang burung waletnya, di sekitar goa terdapat tempat duduk untuk kamu yang ingin lebih lama menikmatinya.

Bahkan jika air sedang surut kamu dapat menuju Pantai Suwuk dengan mudahnya, namun jika air sedang pasang jangan coba-coba ya!

Jalan Lain Menuju Pantai Suwuk
Jalan Lain Menuju Pantai Suwuk. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Hunting Spot Foto

Kegiatan seru yang tak boleh kamu lewatkan tentu saja hunting spot-spot yang seru untuk diabadikan menjadi sebuah foto atau video.

Kamu dapat berfoto dengan latar keindahan Pantai Karang Bolongnya serta kamu dapat juga berfoto dengan latar tulisan Karang Bolong Kebumen.

Trademark Pantai Karang Bolong Kebumen
Trademark Pantai Karang Bolong Kebumen. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mitos Di Pantai Karang Bolong

Cerita yang pernah terjadi di masa lampau yang berkaitan dengan Pantai Karang Bolong ialah pada masa Kerajaan Mataram, Permaisuri Sultan pada waktu itu jatuh sakit dan tidak ada satu pun tabib yang dapat menyembuhkan penyakitnya.

Hingga suatu ketika Sang Sultan menyepi dan bertapa di sebuah hutan, dalam pertapaannya Sultan mendengar bisikan gaib yang mengatakan bahwa yang dapat mengobati permaisuri ialah bunga karang yang terdapat di Pantai Selatan.

Kemudian Sultan memerintahkan penasihatnya yang bernama Kiai Surti untuk segera mencari obat tersebut, Kiai Surti pun segera mematuhi titah dari Sultan.

Akhirnya Kiai Surti tiba di Pantai Karang Bolong dan bertapa di Goanya, ketika melakukan hal tersebut Kiai Surti didatangai oleh anak buah Nyi Roro Kidul yang bernama Dewi Suryawati.

Dewi Suryawati memberikan sebuah penawaran kepada Kiai Surti, bahwa dia akan memberikan obat yang dicari asalkan Kiai Surti mau menikah dengannya.

Tanpa berfikir panjang sebagai bukti kesetiaannya pada Sultan, Kiai Surti pun berjanji akan menikah dengan Dewi Suryawati. Kemudian Dewi Suryawati memberikan sarang burung walet sebagai obat untuk kesembuhan Permaisuri.

Kiai Surti kembali ke kerajaan dan memberikan obat tersebut, sampai akhirnya sang Permaisuri pun berangsur-angsur sembuh.

Sedangkan Kiai Surti kembali ke Pantai Karang Bolong untuk menepati janjinya pada Dewi Suryawati, mereka berdua akhirnya menikah dan tinggal di Pantai Karang Bolong untuk menjaga Sarang Burung Walet.

Pintu Masuk Menuju Goa Karang Bolong Kebumen
Pintu Masuk Menuju Goa Karang Bolong Kebumen. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Upacara Adat “Unduh Sarang Walet”

Simak juga: Teduhnya pantai kelapa Tuban

Mitos tersebut akhirnya melahirkan kebiasaan atau adat di masyarakat, yakni sebelum mengambil atau memanen Sarang Burung Walet harus mengadakan upacara unduh sarang walet terlebih dahulu.

Upacara tersebut diawali dengan pagelaran wayang kulit kemudian diakhiri kenduri serta tayuban. Ketika pagelaran Wayang Kulit dalang akan membacakan mantra yang ditujukan kepada Nyi Roro Kidul, Dewi Suryawati, Kiai Surti, serta beberapa nama lainnya.

Selain itu tokoh yang dimainkan dalang tidak boleh ada yang meninggal, karena akan mendatangkan musibah bagi para pemetik sarang burung walet.

Upacara adat tersebut telah berlangsung lama dan terus dilestarikan secara turun temurun, dan menjadi daya tarik tersendiri ketika mengunjungi Pantai Karang Bolong.

Goa Karang Bolong
Goa Karang Bolong. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Karang Bolong Kebumen ini:

  • Hormati adat atau kepercayaan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Patuhi peraturan pengelola Pantai Karang Bolong untuk tidak berenang atau bermain air di pantainya.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Karang Bolong Kebumen.
  • Jaga kebersihan dan keasrian area Pantai dan Goa Karang Bolong.

Penutup

Meskipun banyak menyimpan misteri Pantai Karang Bolong merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuknya kesibukan, karena alamnya yang tenang.

Dengan duduk santai di sebuah gazebo sembari melihat deburan ombak yang cukup kencang, sungguh sangat menenangkan.


Tinggalkan komentar