Saloka Park Semarang, Theme Park Terbesar di Jawa Tengah

Saloka Park Semarang menjadi salah satu tempat bermain terkenal di Semarang. Bahkan, Saloka Park digadang-gadang merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Dengan klaim itu tentu ada berbagai macam wahana yang bisa dicoba.

 Saloka Park Semarang menjadi salah satu tempat bermain terkenal di Semarang. Bahkan, Saloka Park digadang-gadang merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah.
Saloka Park Semarang. Image via: @mamabeluang

Setidaknya terdapat 22 wahana permainan yang dapat pengunjung coba pada saat berwisata ke Saloka Park. Objek wisata ini menghadirkan cukup banyak pilihan wahana menarik sebab areanya yang cukup luas. Wahana permainan yang tersedia di Saloka Park ini cukup bervariatif mulai dari wahana permainan edukasi hingga wahana yang memacu adrenalin.

Di sisi lain, penamma saloka diambil dari Baru Klinting yang mengisahkan Naga yang bisa berbicara layaknya manusia. Saloka adalah nama ibu yang melahirkan naga tersebut. Maka dari itu, tak heran jika pada saat berkunjung ke area wisata ini pengunjung akan menjumpai patung naga hijau yang dijadikan sebagi maskot Saloka Theme Park.

Bila dibandingkan, Saloka Park ini mirip dengan Dufan Jakarta namun Saloka Park lebih menonjolkan unsur budaya lokal. Salah satu contoh kecilnya bisa dilihat dari penamaan area wisata ini.

Selain areanya yang sangat luas, saloka park semarang juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana seru
Terluas di Jateng. Image via: pesona.travel

Simak juga: 14 wisata populer di Semarang

Lokasi Saloka Park Semarang

Saloka Park Semarang beralamat di di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah.

Lokasi ini strategis, hanya berjarak 45 menit dari Bandara Ahmad Yani.

Rute Menuju Saloka Park Semarang

Tempat wisata baru jateng ini hanya berjarak 40 km dari Salatiga atau 60 km dari Solo dan berkendara 45 menit dari Bandara Ahmad Yani.

Jika berangkat dari Semarang, bisa langsung masuk tol jurusan arah Bawen dan keluar tol Bawen. Lalu belok kiri ke Jalan Semarang – Surakarta. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan Saloka Park di kanan jalan setelah jembatan tuntang.

Sedangkan untuk pengunjung dari Solo, bisa langsung menuju ke arah Semarang di Jalan Semarang – Surakarta hingga keluar bundaran Jalan Pandanaran. Kemudian lurus ke Jalan Boyolali – Semarang dan belok kiri ke jalan lingkar selatan Salatiga. Gunakan lajur kiri lalu belok ke jalan Fatmawati, ikuti jalan tersebut hinga sampai di lokasi Saloka Park Semarang.

pemandangan saloka parks emarang tampak indah dengan Berlatarkan gunung Merbabu.
Berlatarkan gunung Merbabu. Image via: solo.tribunnews.com

Jam Buka Saloka Park Semarang

Untuk jam operasional, Saloka Park Semarang mulai buka dari jam 10.00 dan tutup jam 18.00. Kecuali hari libur yang diperpanjang sampai jam 20.00.

Tiket Saloka Park Semarang

Pengunjung Saloka Park Semarang dikenakan tiket yang cukup terjangkau. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 120.000 untuk hari biasa dan Rp 150.000 untuk hari libur.

Dengan membayar HTM Saloka Park tersebut wisatawan bebas bermain di semua wahana yang ada. Sedangkan untuk kuliner di bandrol sekitar Rp 5.000 hingga Rp 25.000.

Fasilitas Saloka Park Semarang

Saloka park Semarang ini memiliki fasilitas penunjang wisata yang lengkap. Toilet Umum, toilet difabel, musholla, atm center, hingga klinik kesehatan semua telah siap menyambut pengunjung.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner dapat menuju cafe yang dihadapkan langsung dengan view Rawa Pening dan gunung Merbabu. Banyak pilihan tempat makan di Saloka Park Semarang seperti Rimba Cafe, Jenju Cafe, Food Truck, Food Stalls, hingga Daimami Foodcourt.

Saloka Theme Park Semarang juga memiliki pasar seni Seloka yang menyediakan souvenir lucu dan buah tangan khas daerah.

Daya Tarik Saloka Park Semarang

  1. Zona Pesisir

Replika kapal Jenju, salah satu spot paling menonjol di saloka park semarang.
Replika kapal Jenju. Image via: erianggorokasih.com

Simak juga: Owabong Purbalingga, waterpark terbaik di Jateng

Saat para pengunjung memasuki kawasan Saloka Park Semarang meraka akan langsung di suguhkan dengan zona pesisir. Dimana dekorasi serta interior bahkan hingga bentuk bangunan-bangunannya bergaya pesisir. Semua akan membuat pengunjung seakan-akan sedang berada di pantai.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa Wahana yang bisa di kunjungi di sini, seperti Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo, juga ada replika Kapal Jenju yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang hadir. Kemudian, khusus pada hari-hari tertentu  pengunjung bisa menyaksikan acara hiburan gratis di arena jojogedan.

Tak cukup sampai di situ saja, zona ini pun telah dilengkapi dengan pasar seni dimana pengunjung bisa mendapatkan barang atau souvenir menarik. Dan tak kalah ketinggalan kafe-kafe pun telah tersedia dan selalu siap setiap saat untuk memanjakan lidah para pengunjung.

Sementara itu, Lumbung Ilmu Galileo dapat menjadi pilihan untuk wisata yang syarat edukasi. Bahkan pada saat memasuki area ini pengunjung langsung disambut dengan Hall of Fame dimana pengunjung bisa mengenal 10 tokoh terkemuka di dunia, termasuk Indonesia.

Zona Antariksa di Wahana Galileo saloka park semarang bis amenajdi tempat mengenalkan sains kepada anak.
Zona Antariksa di Wahana Galileo. Image via: antarafoto.com

Di sini banyak pengetahuan yang bisa dipelajari, tentunya dengan berbagai media yang menyenangkan, seperti media gambar, tulisan, video, replika bahkan hingga media permainan d sediakan di sini, misalnya saja seperti kombinasi warna dan juga piano lantai.

Tentunya semua hal menarik ini bisa pengunjung jumpai di zona pengetahuan yang ada di sini. Adapun diantaranya ada Zona disester, Zona Prasejarah, Zona Bumi, Zona Zaman Es, Zona Flora dan Fauna, Zona Tubuh Manusia, dan juga Zona antariksa.

  1. Zona Permainan Balalantar

dalam wahana Safari bocah saloka park semarang, pengunjung diajak berkeliling naik kreta berbentuk mobil kuno
Safarti Bocah. Image via: salokapark.com

Simak juga: Nyiur Melambai di Pantai Kepala Tuban

Jika sudah puas bermain dengan suasana pantai, Pengunjung bisa meneruskan permainan ke Zona Balalantar. Saat memasuki Zona Balalantar yang di disen layaknya hutan belantara yang memiliki beberapa Wahana dan atraksi bertema family, Pengunjung akan melihat Resi Waringin atau si pohon bijak penghuni hutanyang menyambut kedatangan pengunjung.

Di Zona Balalantar ini pengunjung bisa menikmati berbagai wahana. Seperti Angon Ingin, Kumbang Layang, Agrowisata Ijo RoyoRoyo, Jamur Apung, Safari Bocah (antique car), Adu tangkas, bahkan ada juga Adu nyali(Haunted house). Pada Wahana Angon Ingon anak-anak bisa mengenal lebih jauh tentang dunia binatang, karena Angon Ingon ini merupakan kebun binatang DI Saloka Park Semarang. Tentunya beragam jenis hewan bisa di jumpai d sini.

Agrowisata Ijo Royo Royo adalah wahana area produksi dan rekreasi. Area produksi sebagai area edukasi untuk mengenal beberapa tanaman buah
Agrowisata Ijo Royo-royo. Image via: salokapark.com

Wahana Kumbang Layang merupakan wahana air bike yang memiliki tinggi hingga 4 meter. Tidak hanya itu saja, Air Bike ini dapat memutar hingga 360 derajat. Tak cukup di situ kecanggihan di setiap Air Bike ini di lengkapi juga dengan Bluetooth. tak henti berdecak kagum.

Saat menaiki Kumbang Layang pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah, yaitu bentangan zona pesisir, Balalantar Bahkan hingga beberapa Gunung Jawa Tengah.

Ada juga Wahana yang menyatukan antara Produksi dan rekreasi. Yaitu aeahana Agrowisata Ijo RoyoRoyo. Dimana wahana ini adalah area tempat produksi sebagai area mengedukasi, memperkenalkan beberapa Tanaman buah seperti jambu biji, mangga, srikaya, nyangka, dan lainnya.

Selain tanaman buah ada juga Tanaman Bunga. Sementara itu, di area rekreasi nya terdapat Labirin bertemakan tanaman, 5 Lumbung padi juga ada replika kandang kerbau. tidak tanggung-tanggung, wahana ini memiliki luas lahan hingga kurang lebih 5.262 meter persegi.

  1. Zona Kamayayi

Kupu Kupu adalah wahana dengan sepeda gantung berwarna-warni, berbentuk kupu-kupu. Speda dapat berputar dan melayang maksimal 4 meter
Kupu-Kupu. Image via: wisnutri.com

Simak juga: Wisata dan konservasi, di BJBR Probolinggo

Kumayayi merupak zona yang disediakan khusus untuk anak-anak. Terdapat sekitar tujuh wahana yang bisa dimainkan oleh anak-anak di zona ini yakni, Polah Bocah, Kupu-Kupu, Pinguin, Tata-Titi, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, dan Teka Teko.

Polah Bocah merupakan wahana permainan tertutup yang dikhususkan untuk anak-anak usia 3-6 tahun. Kemudian, bagi anak usia 1-2 tahun dapat bermain di area ini asalkan dengan pengawasan langsung dari orang tuanya.

Di area ini telah tersedia 15 permainan anak, meliputi Fire Station,  Puzzle dan Piano, Ice Cream, Trampolin, Area Mandi Bola, Start Drawaing, Prosotan, Kapal, Puzzle, Mobil tidak bergerak, Cup Putar, Sepeda, Pohon Kelapa, Kolam,dan Mobil-Mobilan.

Semprat-Semprot merupakan wahana bermain air yang dilakukan di atas kursi berputar yang akan mengitari patung-patung hewan laut selama 3 menit
Semprat semprot. Image via: wisataoke.com

Selanjutnya, Kupu Kupu merupakan wahana dengan sepeda gantung berbentuk kupu-kupu yang berwarna-warni. Sepeda ini dapat berputar dan melayang di ketinggian maksimal 4 meter. Semakin cepat mengayuh pedalnya maka semakin tinggi pula seperda ini melayang.

Permainan selanjtnya ada, Semprat-Semprot yang merupakan wahana bermain air yang dilakukan di atas kursi berputar yang akan mengitari patung-patung hewan laut selama 3 menit. Para pengunjung akan diberi misi untuk menembaki atau menyemprot setiap patung hewan yang dilalui.  Bagi pengunjung yang berhasil mengenai sasaran, maka akan mendapatkan kejutan berupa semprotan air.

  1. Zona Ararya

OBat abit merupakan komedi putar yang didesain untuk dewasa.
Obat Abit. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Barisan pantai indah di Pacitan

Zona Ararya memiliki berberapa wahana yang cukup menantang, maka dari itu bagi pengunjung yang suka tantangan jangan sampai melewatkan area yang satu ini. Para pengunjung bisa mencoba beberapa wahana yang menantang seperti Paku Bumi, Bengak-Bengok, Lika-Liku, Obat Abit, dan Senggal Senggol.

Wahana Paku bumi merupakan wahana permainan yang akan memberikansensasi dijatuhkan dari ketinggian 38 meter, kemudian ditarik ke atas dengan kecepatan tinggi. Selain itu, Wahana yang memiliki daya tampung sebanyak 16 orang ini merupakan salah satu yang paling populer.

Paku bumi wahana yang paling iconik di saloka park semarang
Paku bumi. Image via: @salokapark

Selanjutnya Bengak Bengok merupakan wahana berbentuk lingkaran yang akan melaju maju-mundur dan berputar perlahan-lahan di atas rel setengah lingkaran. Untuk aspek keselamatannya, setiap kursi di wahana ini telah dilengkapi dengan pegangan tangan dan besi bantalan yang mengunci jarak aman tubuh dengan pegangan tangan., sehingga pengunjung tidak akan terjatuh.

Selain menyajikan wahan seru dan menantang, zona Ararya ternyata sudah dilengkapi dengan berbagai cafe dan resto. Pengunjung bisa menjadikan area ini sebagai tempat istirahat sekaligus mengisi kembali energi dengan menyantap hidangan lezat, sehingga bisa mengeksplor permainan lainnya.

  1. Zona Prada

Zona ini mengangkat tema industri pertambangan dan menjadi satu-satunya zona yang menyajikan perpaduan antara wahana bermain dengan tempat kuliner
Zona Prada . Image via: wisnutri.com

Simak juga: Rekreasi edukasi di Tlatar Boyolali

Wahana Gonjang Ganjing yang bersatu dengan kedai Daimani merupakan wahana yang ada di zona parada yang pastinya akan diminati oleh para pengunjung. Dengan tema industri pertambangan lengkap dengan arena bermain dan kuliner nya juga. Pada Zona ini juga terdapat wahana air yaitu arum jeram. Tentunya pengjung bisa berbasah-basah ria disini, sembari melihat pemandangan industrial pertambangan, sungguh unik.

Arung jeram yang menggunakan kan Kano ini akan melewati terowongan pertambangan sepanjang 360meter, Namanya terowongan Zulu. Wahana ini sangat bisa d nikmati oleh seluruh keluarga, karena kapasitas yang besar muat hingga 54 orang di setiap kanonya bisa di naikin oleh 8 orang pengunjung.

Tidak kalah menarik Kedai Daimani yang terhubung dengan Wahana Gonjang Ganjing, sangat kental dengan nuansa industrial nya. Dimana disain interior yang menghiasi sudut ruangan di kedai ini bertemakan industrial. Foodcourt Dengan dua lantai ini menawarkan berbagai menu-menu kuliner ala Jepang. Dan uniknya lagi, Kedai Daimami merupakan kedai terbuka untuk acara gathering.

memebuat foto cantik dalam Senja di Saloka park semarang.
Senja di Saloka. Image via: @zulfahniisa

Objek Wisata Dekat Saloka Park Semarang

Hanya berjarak 7 km dari Saloka Park Semarang, terdapat wisata eling Bening. Eling Bening sejatinya sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening.

Keindahan itu disempurnakan lagi dengan  adanya background Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo, yang terlihat berdiri dengan gagah. Lokasi yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di kawasan Eling Bening cukup sejuk, terutama di pagi dan sore hari.

Sedikit lebih jauh, 16 km mengitari ½ rawa pening, terdapat Love Hill Of Rawapening. Area ini menghadirkan keindahan rawa serta Bukit Cinta sebagai daya tarik utamanya. Bukit Cinta sendiri lokasinya bersebelahan dengan Rawa Pening. Dari bukit ini pengunjung bisa menyaklsikan panorama indah danau dengan latar pegunungan yang menghiasinya.

Itulah gambaran keindahan dan informasi lengkap mengenai wisata Saloka Park Semarang. Datanglah bersama sanak saudara, keluarga, maupun para sahabat.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Leave a Comment