Saloka Park Semarang, Theme Park Terbesar di Jawa Tengah

Saloka Park Semarang menjadi salah satu tempat bermain terkenal di Semarang. Bahkan, Saloka Park digadang-gadang merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Dengan klaim itu tentu ada berbagai macam wahana yang bisa dicoba.

 Saloka Park Semarang menjadi salah satu tempat bermain terkenal di Semarang. Bahkan, Saloka Park digadang-gadang merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah.
Saloka Park Semarang. Image via: @mamabeluang

Nama wisata Saloka terinspirasi budaya lokal sang legenda Rawa Pening. Merupakan sesosok naga bisa berbicara Baru Klinthing, putra dari Ki Hajar dan Nyai Salokantara. Saloka Park Semarang berada di lahan seluas 18 hektar dan setidaknya terdapat 22 wahana permainan seru menarik dicoba.

Selain areanya yang sangat luas, tempat wisata ini juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana seru. Wahana di Saloka Park mulai dari wahana permainan edukasi khusus anak anak, remaja hingga wahana yang memacu adrenalin.

Saloka Park Semarang yang dikelola PT. Panorama Indah Permai ini diresmikan pada tanggal 15 Desember 2018. Taman bermain ini mengusung konsep serupa dengan Dufan di Jakarta. Hanya saja, Saloka Park Semarang lebih menonjolkan unsur kekayaan budaya lokal. Misalnya dalam pemilihan nama wahana.

Selain areanya yang sangat luas, saloka park semarang juga di lengkapi dengan berbagai fasilitas dan wahana seru
Terluas di Jateng. Image via: pesona.travel

Simak juga: 14 wisata populer di Semarang

Lokasi Saloka Park Semarang

Saloka Park Semarang beralamat di di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah.

Lokasi ini strategis, hanya berjarak 45 menit dari Bandara Ahmad Yani.

Rute Menuju Saloka Park Semarang

Tempat wisata baru jateng ini hanya berjarak 40 km dari Salatiga atau 60 km dari Solo dan berkendara 45 menit dari Bandara Ahmad Yani.

Jika berangkat dari Semarang, bisa langsung masuk tol jurusan arah Bawen dan keluar tol Bawen. Lalu belok kiri ke Jalan Semarang – Surakarta. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan Saloka Park di kanan jalan setelah jembatan tuntang.

Sedangkan untuk pengunjung dari Solo, bisa langsung menuju ke arah Semarang di Jalan Semarang – Surakarta hingga keluar bundaran Jalan Pandanaran. Kemudian lurus ke Jalan Boyolali – Semarang dan belok kiri ke jalan lingkar selatan Salatiga. Gunakan lajur kiri lalu belok ke jalan Fatmawati, ikuti jalan tersebut hinga sampai di lokasi Saloka Park Semarang.

pemandangan saloka parks emarang tampak indah dengan Berlatarkan gunung Merbabu.
Berlatarkan gunung Merbabu. Image via: solo.tribunnews.com

Jam Buka Saloka Park Semarang

Untuk jam operasional, Saloka Park Semarang mulai buka dari jam 10.00 dan tutup jam 18.00. Kecuali hari libur yang diperpanjang sampai jam 20.00.

Tiket Saloka Park Semarang

Pengunjung Saloka Park Semarang dikenakan tiket yang cukup terjangkau. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 120.000 untuk hari biasa dan Rp 150.000 untuk hari libur.

Dengan membayar HTM Saloka Park tersebut wisatawan bebas bermain di semua wahana yang ada. Sedangkan untuk kuliner di bandrol sekitar Rp 5.000 hingga Rp 25.000.

Fasilitas Saloka Park Semarang

Saloka park Semarang ini memiliki fasilitas penunjang wisata yang lengkap. Toilet Umum, toilet difabel, musholla, atm center, hingga klinik kesehatan semua telah siap menyambut pengunjung.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati kuliner dapat menuju cafe yang dihadapkan langsung dengan view Rawa Pening dan gunung Merbabu. Banyak pilihan tempat makan di Saloka Park Semarang seperti Rimba Cafe, Jenju Cafe, Food Truck, Food Stalls, hingga Daimami Foodcourt.

Saloka Theme Park Semarang juga memiliki pasar seni Seloka yang menyediakan souvenir lucu dan buah tangan khas daerah.

Daya Tarik Saloka Park Semarang

  1. Zona Pesisir

Replika kapal Jenju, salah satu spot paling menonjol di saloka park semarang.
Replika kapal Jenju. Image via: erianggorokasih.com

Simak juga: Owabong Purbalingga, waterpark terbaik di Jateng

Masuk ke Saloka Park semarang pengunjung akan disambut dengan zona Pesisir. Mulai dari dekorasi, interior hingga bentuk bangunan akan membawamu berasa berada di pantai. Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati di sini, di antaranya Lumbung Ilmu Galileo, Taman Galileo, serta replika Kapal Jenju.

Selain itu, ada arena Jejogedan sebagai acara hiburan gratis di hari-hari tertentu. Di Zona ini juga terdapat Pasar Seni Saloka untuk berburu barang-barang suvenir. Selain itu, ada Kafe Jenju, Tuk CIO Café, dan Srengenge Café yang siap untuk memanjakan lidah.

Lumbung Ilmu Galileo (science center) menjadi pusat wahana ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk segala usia, terutama anak-anak. Memasuki Lumbung Ilmu Galileo, kamu akan disambut Hall of Fame untuk mengajak pengunjung mengenal 10 tokoh ternama dari berbagai negara, tak terkecuali dari Indonesia.

Zona Antariksa di Wahana Galileo saloka park semarang bis amenajdi tempat mengenalkan sains kepada anak.
Zona Antariksa di Wahana Galileo. Image via: antarafoto.com

Ada beberapa zona pengetahuan yang dapat dijelajahi di sini, di antaranya Zona Disester, Zona Prasejarah, Zona Bumi, Zona Zaman Es, Zona Flora dan Fauna, Zona Tubuh Manusia, hingga Zona Antariksa. Ada banyak pengetahuan yang dapat kamu pelajari dengan berbagai media gambar, tulisan, video, replika hingga permainan, seperti kombinasi warna dan piano lantai.

Di zoa ini juga ada Cakrawala (ferris wheel). Wahana berbentuk kincir raksasa yang berwarna-warni memiliki tinggi 33 meter. Ada 22 gondola yang tersedia. Durasi permainan ini kurang lebih 15 menit dalam sekali putaran.

Dari ketinggian Cakrawala, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah zona-zona permainan di Saloka Park Semarang, Rawa Pening, persawahan, dan sederetan gunung di Jawa tengah.

  1. Zona Permainan Balalantar

dalam wahana Safari bocah saloka park semarang, pengunjung diajak berkeliling naik kreta berbentuk mobil kuno
Safarti Bocah. Image via: salokapark.com

Simak juga: Nyiur Melambai di Pantai Kepala Tuban

Setelah bermain-main dengan suasana pantai, pengunjung akan memasuki zona permainan Balalantar. Balalantar terinspirasi dari tema hutan belantara. Di sini ada beberapa wahana dan atraksi yang disesuaikan untuk dinikmati bersama keluarga.

Masuk ke zona Balalantar, pengunjung disambut Resi Waringin, Si Pohon Bijak penghuni hutan yang menyambut kedatangan tamu. Di zona Balalantar pengunjung dan keluarga dapat menikmati wahana Angon Ingon, Kumbang Layang, Agrowisata Ijo Royo Royo, Jamur Apung, Safari Bocah (antique car), Adu Tangkas, dan Adu Nyali (haunted house).

Angon Ingon merupakan kebun binatang di Saloka Park Semarang. Wahana ini mengedukasi anak untuk mengenal beragam burung, unggas, kura-kura, kelinci, dan binatang lainnya.

Ragam burung dan unggas, meliputi burung belibis, jalak bali, burung macaw, burung sun conour, merak biru, merak putih, bebek mandarin, ayam  golden pheasant, dan ayam lady amherts pheasant. Kebun binatang ini memiliki luas 1.240 meter persegi.

Agrowisata Ijo Royo Royo adalah wahana area produksi dan rekreasi. Area produksi sebagai area edukasi untuk mengenal beberapa tanaman buah
Agrowisata Ijo Royo-royo. Image via: salokapark.com

Kumbang Layang adalahwahana berjenis air bike dengan tinggi 4 meter. Air bike ini dapat dikendarai memutar 360 derajat. Setiap air bike dilengkapi MP3 yang bisa terhubung dengan bluetooth. Panjang lintasan wahana ini sekitar 500 meter.

Menaiki Kumbang Layang kamu dapat melihat bentangan zona Pesisir, Balalantar, dan beberapa gunung Jawa Tengah yang menjulang.

Agrowisata Ijo Royo Royo adalah wahana area produksi dan rekreasi. Area produksi sebagai area edukasi untuk mengenal beberapa tanaman buah, meliputi jambu biji, mangga, srikaya, nangka, blimbing, durian, manggis, sawo, dan jeruk bali.

Di antara tanaman buah, juga terdapat tanaman bunga. Di area rekreasi terdapat labirin tanaman, 5 lumbung padi, dan replika kandang kerbau. Wahana ini memiliki luas lahan 5.262 meter persegi.

  1. Zona Kamayayi

Kupu Kupu adalah wahana dengan sepeda gantung berwarna-warni, berbentuk kupu-kupu. Speda dapat berputar dan melayang maksimal 4 meter
Kupu-Kupu. Image via: wisnutri.com

Simak juga: Wisata dan konservasi, di BJBR Probolinggo

Kamayayi adalah zona di Saloka Park Semarang yang dibuat untuk anak-anak agar mereka bisa riang bermain dan belajar. Ada 7 wahana permainan anak-anak yang bisa dimainkan, yaitu Polah Bocah, Kupu-Kupu, Pinguin, Tata-Titi, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, dan Teka Teko.

Selain itu, zona Kamayayi juga dilengkapi dengan beberapa resto berbentuk foodtruck dan kedai es krim yang nikmat-nikmat.

Polah Bocah adalah ruang bermain tertutup di Saloka Park Semarang yang dikhususkan untuk anak-anak usia 3-6 tahun. Anak usia 1-2 tahun dapat bermain di area ini asalkan dengan pengawasan langsung dari orang tuanya.

Di sini tersedia 15 permainan anak, meliputi Fire Station, Area Mandi Bola, Start Drawaing, Prosotan, Kapal, Puzzle, Mobil tidak bergerak, Cup Putar, Sepeda, Pohon Kelapa, Kolam, Puzzle dan Piano, Ice Cream, Trampolin, dan Mobil-Mobilan.

Semprat-Semprot merupakan wahana bermain air yang dilakukan di atas kursi berputar yang akan mengitari patung-patung hewan laut selama 3 menit
Semprat semprot. Image via: wisataoke.com

Kupu Kupu adalah wahana dengan sepeda gantung berwarna-warni, berbentuk kupu-kupu. Speda dapat berputar dan melayang maksimal 4 meter. Semakin kayuh pedalnya, akan membawa melayang lebih tinggi.

Wahana ini memiliki kapasitas 12 orang dengan 6 sepeda gantung yang tersedia. Permainan ini akan berputar selama 2 menit.

Semprat-Semprot merupakan wahana bermain air yang dilakukan di atas kursi berputar yang akan mengitari patung-patung hewan laut selama 3 menit. Terdapat sensor di setiap patung hewan laut itu dan pengunjung memiliki misi untuk menembakan semprotan ke sana.

Jika berhasil mengenai sensor itu, maka pemain akan mendapatkan kejutan berupa semprotan air. Jadi, bersiap-siaplah untuk sedikit berbasah-basahan. Permainan Semprat-Semprot memiliki kapasitas untuk 24 orang. Cocok untuk dimainkan bersama rombongan keluarga maupun teman-teman.

  1. Zona Ararya

OBat abit merupakan komedi putar yang didesain untuk dewasa.
Obat Abit. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Barisan pantai indah di Pacitan

Zona ini cocok untuk para penyuka tantangan karena memiliki beberapa macam wahana yang memacu adrenalin. Beberapa wahana yang menantang di zona Ararya cukup beragam, di antaranya ada Paku Bumi, Bengak-Bengok, Lika-Liku, Obat Abit, dan Senggal Senggol.

Selain memiliki wahana menantang, Ararya juga terdapat wahana santai untuk bermain menikmati suasana dan mengisi perut, yaitu Kolam Bebek dan Rimba Café. Seperti di zona Kamayayi, zona Ararya juga dilengkapi dengan beberapa foodtruck yang menyediakan berbagai sajian makanan dan minuman

Naik Paku Bumi, pengunjung akan merasakan sensasi dijatuhkan dari ketinggian 38 meter, kemudian ditarik ke atas dengan kecepatan tinggi. Semakin lama kecepatannya semakin meningkat dan kamu akan merasakan sensasi itu selama 2 menit. Permainan ini memiliki kapasitas 16 orang.

Paku bumi wahana yang paling iconik di saloka park semarang
Paku bumi. Image via: @salokapark

Bengak Bengok merupakan Wahana dengan bentuk lingkaran akan melaju maju-mundur dan berputar perlahan-lahan di atas rel setengah lingkaran. Semakin lama lajunya akan semakin tinggi mendekati kemiringan 90 derajat. Ketegangannya akan membuat pemain berteriak-teriak sepuasnya.

Aspek keselamatan telah terjamin, karena setiap kursi wahana dilengkapi dengan pegangan tangan dan besi bantalan yang mengunci jarak aman tubuh dengan pegangan tangan, agar kamu tidak terjatuh. Bagi kamu pencinta permainan menegangkan, wahana ini bisa menjadi pilihan favorit setelah Paku Bumi.

Lika-Liku adalah wahana kereta luncur dengan ketinggian 12 meter dengan jalur berlika-liku yang melaju cepat. Permainan ini berjalan selama 2 menit. Saat bermain di wahana ini kamu dapat melihat serta wahana lain di sekitarnya, seperti wahana Bengak Bengok, Paku Bumi, dan Obat Abit, serta pemandangan alam di sekitar Saloka Park Semarang.

  1. Zona Prada

Zona ini mengangkat tema industri pertambangan dan menjadi satu-satunya zona yang menyajikan perpaduan antara wahana bermain dengan tempat kuliner
Zona Prada . Image via: wisnutri.com

Simak juga: Rekreasi edukasi di Tlatar Boyolali

Zona ini mengangkat tema industri pertambangan dan menjadi satu-satunya zona yang menyajikan perpaduan antara wahana bermain dengan tempat kuliner. Di sini wahana Gonjang Ganjing dan Kedai Daimami.

Wahana Gonjang Ganjing atau arung jeram merupakan wahana yang akan membuat berbasah-basahan. Di dalam kano yang berputar kamu akan melewati jeram sepanjang 360 meter dengan pemandangan area industrial pertambangan.

Kano juga akan melewati terowongan pertambangan yang bernama terowongan Zulu. Wahana ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga dan memiliki kapasitas 54 orang dengan masing-masing kano dapat berisi maksimal 8 orang.

Kedai Daimami mengusung konsep yang terhubung dengan wahana Gonjang Ganjing yang sama-sama memiliki tema industri pertambangan. Tema industri pertambangan itu dapat tergambarkan dari desain bangunan dan interior yang menghiasi setiap sudut ruangan di kedai.

Foodcourt Daimami dengan dua lantai menawarkan berbagai kuliner ala Jepang. Menu beef katsu dan chicken katsu menjadi salah satu menu favorit pengunjung. Seperti Rimba Cafe, Kedai Daimami terbuka untuk kegiatan gathering.

memebuat foto cantik dalam Senja di Saloka park semarang.
Senja di Saloka. Image via: @zulfahniisa

Objek Wisata Dekat Saloka Park Semarang

Hanya berjarak 7 km dari Saloka Park Semarang, terdapat wisata eling Bening. Eling Bening sejatinya sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening.

Keindahan itu disempurnakan lagi dengan  adanya background Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo, yang terlihat berdiri dengan gagah. Lokasi yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di kawasan Eling Bening cukup sejuk, terutama di pagi dan sore hari.

Sedikit lebih jauh, 16 km mengitari ½ rawa pening, terdapat Love Hill Of Rawapening. Di tempat ini, pengunjung yang datang bisa menyaksikan keindahan danau rawa pening dan pemandangan eksotis Bukit Cinta.

Kawasan Bukit Cinta tepat berada bersebelahan dengan Danau Rawa Pening. Dari atas Bukit Cinta akan terlihat hamparan luas danau alami yang indah serta potret pegunungan menjadi latar belakang.

Itulah gambaran keindahan dan informasi lengkap mengenai wisata Saloka Park Semarang. Datanglah bersama sanak saudara, keluarga, maupun para sahabat.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Leave a Comment