Saloka Park Semarang, Menciptakan Ceria di Theme Park Terbesar di Jawa Tengah

Jika kita berbicara mengenai sebuah lokasi wisata yang banyak wahana serunya, pasti langsung terlintas Dufan yang ada di Jakarta. Ketika berada di Dufan kamu dapat mencoba wahana-wahana seru yang dapat dimainkan sampai puas.

Tapi kali ini, saya tidak akan mengulas mengenai Dufan, namun saya akan mengulas mengenai sebuah Theme Park terbesar yang ada di Jawa Tengah. Yakni Saloka Park yang berada di Kecamatan Tuntang, Semarang.

Saloka Park memang sangat luas karena berada dilahan sekitar 11,2 hektar, dan baru dibuka pada bulan Desember tahun 2018 lalu. Dengan jargonnya “Ceria Tiada Akhir”, lokasi wisata ini memiliki 25 wahana yang dapat kamu nikmati.

Untuk kamu yang tidak ingin cape-cape jalan kaki mengitari area wahana, kamu dapat menyewa sebuah scooter dengan harga Rp. 100.000 saja.

Masih banyak keseruan lainnya yang akan kamu dapatkan ketika mengunjungi Saloka Park Semarang, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Saloka Park Semarang
Saloka Park Semarang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 14 wisata populer di Semarang

Lokasi Saloka Park Semarang

Lokasi Saloka Park sangat strategis karena berada di jalur utama jalan Semarang-Solo, lebih tepatnya berada di Jl. Fatmawati No. 154, Gumuksari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Saloka Park Semarang

Ada dua rute yang dapat akan dibahas untuk menuju Saloka Park Semarang, yakni melalui Solo dan Semarang. Jika bergerak dari Solo kamu akan menempuh jarak sekitar 60 km, sedangkan dari Semarang hanya sekitar 40 km.

Dari Solo kamu bisa menuju ke arah Semarang hingga berada di bunderan Jl. Pandanaran. Kemudian terus lurus ke jalan Boyolali-Semarang untuk kemudian belok kiri ke Jalan lingkar selatan Salatiga. Terus berada di kiri jalan untuk belok ke Jalan Fatmawati. Kemudian kamu tinggal mencari lokasi Saloka Park.

Untuk kamu yang bergerak dari Semarang tinggal arahkan kendaraanmu masuk tol jurusan Bawean dan keluar di pintu tol Bawean. Kemudian belok kiri ke Jalan Semarang-Surakarta. Terus ikuti jalan tersebut hingga kamu menemukan lokasi Saloka Park.

Setelah kamu memakirkan kendaraan kamu tinggal menuju ke sebuah halte untuk menunggu mobil jemputan yang akan membawamu menuju area pintu masuk Saloka Park.

Jam Buka Saloka Park Semarang

Jam operasional Saloka Park Semarang dibedakan menjadi:

  • Untuk weekday dibuka mulai pukul 10.00 sampai pukul 18.00
  • Sedangkan untuk weekend dan hari libur dibuka mulai pukul 10.00 hingga pukul 19.00

Tiket Saloka Park Semarang

1. Tiket masuk Saloka Park Semarang terdiri dari:

  • Untuk weekday (Senin-Jum’at) seharga Rp. 120.000 per orang
  • Untuk Weekend dan hari libur harus membayar Rp. 150.000 per orang

Untuk anak diatas usia 2 tahun harus membayar satu tiket. Saloka Park Semarang selalu memberikan diskon khusus di saat-saat tertentu, cek lebih lengkap di situs resminya yaitu https://salokapark.com/

2. Tiket parkir Saloka Park Semarang yaitu:

  • Parkir motor cukup membayar Rp. 5.000 per unit
  • Parkir mobil membayar Rp. 15.000 per unit
  • VIP sebesar Rp. 25.000

Fasilitas Saloka Park Semarang

Fasilitas umum yang ada di Saloka park Semarang ini sangat lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir yang sangat luas
  • ATM Center
  • Toilet umum dan difabel
  • Mushola
  • Klinik Kesehatan
  • Toko Souvenir
  • Restoran-restoran yang tersebar di setiap zona

Ragam Wisata Seru Di Saloka Park Semarang

Sudah disebutkan di awal bahwa Saloka Park memiliki 25 wahana seru, dan semuanya terbagi menjadi 5 zona, yakni:

1. Zona Pesisir

Zona ini merupakan zona yang pertama kali kamu temui ketika memasuki area Saloka Park, zona tersebut mengusung tema layaknya seperti berada di daerah pantai. Wahana yang dapat kamu coba diantaranya:

  • Cakrawala

Cakrawala merupakan sejenis Bianglala, dengan memiliki tinggi sekitar 33 meter. Dari atas ketinggian tersebut kamu dapat melihat area Saloka secara keseluruhan, serta pemandangan gunung yang gagah dan indahnya Rawa Pening.

Wahana Seru Yang Ada Di Saloka Park
Wahana Seru Yang Ada Di Saloka Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Lumbung Ilmu Galileo

Lumbung Galileo berada di depan dekat dengan pintu masuk, ketika memasuki wahana ini kamu akan dapat mengetahui beberapa ilmuwan penting dunia ada juga ilmuwan yang berasal dari Indonesia juga loh.

Selain itu kamu akan belajar sambil bermain ketika berada di Lumbung Galileo, pokoknya seru banget deh.

  • Arena Jejogedan dan Kapal Jenju

Arena Jejogedan merupakan arena dimana kamu dapat melihat air menari yang diiringi musik serta tata lampu yang menarik. Untuk dapat menikmati Jejogedan harus menunggu malam tiba, namun untuk masa pandemi sekarang ini kamu belum bisa menikmati arena yang satu ini.

Tak jauh dari arena Jejogedan terdapat replika Kapal Jenju yang didesain sedemikian rupa, boleh juga kamu jadikan sebagai spot untuk berfoto.

Kapal Jenju
Kapal Jenju. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Owabong Purbalingga, waterpark terbaik di Jateng

2. Zona Balalantara

  • Kumbang Layang

Wahana ini sejenis Air Bike dimana cara memainkannya adalah dengan mengayuh pedal yang ada. Namun saat ini pengelola menjalankan Kumbang Layang secara otomatis jadi kamu tidak usah cape-cape mengayuh.

Kumbang Layang dapat berputar 360 derajat dengan mengoperasikan setirnya, Kumbang Layang memiliki ketinggian sekitar 4 meter dengan panjang lintasan mencapai 500 meter.

Lumbung Ilmu Galileo
Lumbung Ilmu Galileo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Angon Ingon

Ketika berada di wahana Angon Ingon kamu akan dapat menyaksikan berbagai jenis hewan seperti burung, kura-kura, kelinci, bermacam unggas, serta hewan lainnya. Seperti sebuah kebun binatang mini yang akan mengenalkan anak-anak tentang beragam hewan yang ada.

  • Ijo Royo Royo

Wahana yang satu ini jarang dikunjungi oleh pengunjung karena diapit oleh mushola dan restoran.

  • Safari Bocah

Safari Bocah wahana seru yang dapat dimainkan oleh siapa saja, bentuknya seperti sebuah kereta yang akan mengajakmu mengelilingi taman bunga selama 5 menit. Kamu ngga perlu melakukan apa-apa, hanya duduk manis dan menyaksikan indahnya taman.

  • Jamur Apung

Setelah mencoba wahana Safari Bocah cobalah untuk mengelilingi taman dan rumah jamur melalui sungai kecil dengan menggunakan perahu yang sudah didesain seperti jamur. Wahana ini sangat aman untuk dinikmati berbagai usia.

  • Adu Nyali

Wahana Adu Nyali
Wahana Adu Nyali. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Nyiur Melambai di Pantai Kepala Tuban

Adu Nyali merupakan wahana layaknya Rumah Hantu, yang dilengkapi dengan patung-patung serta suara-suara yang cukup menyeramkan yang akan membuat kamu teriak ketakutan.

Yang paling menarik dari Adu Nyali ini ialah sudah dilengkapi dengan layar proyektor yang menceritakan Buto Ijo dan peri jahat yang ingin mengambil alih istana peri dengan menculik peri-peri yang baik.

3. Zona Kamayayi

Simak juga: Wisata dan konservasi, di BJBR Probolinggo

  • Tata Titi

Tata Titi dikhususkan untuk anak-anak yang berusia 5 hingga 10 tahun, merupakan wahana mobil-mobilan dengan tantangan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Yang nantinya anak-anak akan diberikan SIM dari Saloka Park.

  • Polah Bocah

Area ini khusus untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, lokasinya seperti permainan mandi bola. Namun wahana ini ditutup selama pandemi Covid-19.

  • Komidi Kuda Laut

Ini merupakan komidi putar yang berisikan patung kuda laut serta mobil-mobilan yang akan membawamu berputar-putar selama 2 menit.

Berfoto Bersama Ikon Saloka Park
Berfoto Bersama Ikon Saloka Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Semprat Semprot

Semprat Semprot merupakan wahana yang akan membuat kamu sedikit basah kuyup, karena kamu harus menyemprotkan air ke sensor patung hewan yang ada di depan.

Jika mengenai sensor yang ada di patung tersebut, kamu akan di semprot balik. Namun untuk masa pandemi sekarang, wahana ini ditutup sementara.

  • Kupu-Kupu

Wahana ini diperuntukkan untuk anak-anak dan remaja, kamu akan berputar-putar beberapa kali. Terdapat pedal yang bisa kamu kayuh supaya posisinya bisa naik ke atas.

  • Teka Teko

Dengan menaiki wahana yang satu ini kamu akan berputar-putar di atas sebuah gelas cangkir.

  • Pinguin

Wahana ini akan membawamu berkeliling di atas sungai buatan dengan berada di sebuah perahu yang berbentuk anjing laut.

4. Zona Ararya

Zona Ararya merupakan zona bermain yang diperuntukkan untuk remaja dan dewasa

Serunya Bermain Lika Liku
Serunya Bermain Lika Liku. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Lika Liku

Dinamakan Lika Liku karena kamu akan meluncur dijalur yang berliku dengan ketinggian sekitar 12 meter.

  • Paku Bumi

Sungguh menegangkan mencoba wahana ini, karena kamu akan dibawa di atas ketinggian sekitar 38 meter, kemudian dijatuhkan dan dinaikkan kembali.

Wahana Yang Memacu Adrenalin
Wahana Yang Memacu Adrenalin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com
  • Bengak Bengok

Di wahana Bengak Bengok kamu akan dibawa berputar-putar sambil maju mundur mengikuti garis lintasan setengah lingkaran. Semakin cepat putaran semakin dekat kamu berada di ujung lintasan.

  • Obat Abit

Obat Abit akan membawamu berputar mengelilingi lintasan dengan duduk manis, bersiaplah untuk merasakan sensasi berputar lebih cepat.

  • Senggal Senggol

Senggal Senggol wahana seperti Bombom Car, dimana kamu akan mengendarai mobil-mobilan kemudian saling menabrakkan diri.

Simak juga: Barisan pantai indah di Pacitan

Obat Abit
Obat Abit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

5. Zona Segara Prada

Simak juga: Rekreasi edukasi di Tlatar Boyolali

  • Taman Galileo

Di Taman Galileo kamu akan bermain beberapa permainan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

  • Gonjang Ganjing

Jika Jamur Apung melaju di atas sungai yang mengalir cukup lambat, beda lagi dengan Gonjang Ganjing, dimana kamu akan menaiki sebuah kano dan menyusuri sungai dengan aliran yang cukup kencang tema yang diusung ialah industri pertambangan.

Kemudian kamu akan melewati sebuah terowongan yang bernama Terowongan Zulu, panjang lintasan sungai Gonjang Ganjing sekitar 360 meter.

Selain beberapa wahana di atas terdapat wahana baru yang harus kamu coba yakni Adu Tangkas dan Cinema 3D.

Cinema 3d
Cinema 3D. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penutup

Saloka Park Semarang memang merupakan tempat wisata yang seru banget, banyaknya wahana yang bisa kamu coba membuat keceriaanmu tiada akhir.

Kunjungilah Saloka Park Semarang weekend ini, selalu perhatikan protokol kesehatan Covid ya!


Tinggalkan komentar