Pantai Nemberala, Surfing, Snorkeling, Di Ujung Selatan Nusantara

Pantai Nemberala adalah pantai indah yang menjadi list dari para peselancar mancanegara untuk menjajal gelombang ombaknya.

pantai nemberala
pantai nemberala. google maps. sumber: Andy Frey

Lokasi terletak di Kabupaten Rote Ndao, sebagai sebuah kabupaten yang terletak di ujung paling selatan Indonesia, yang didominasi 50% nya berupa objek wisata laut atau pantai.

Dan Pantai Nemberala menjadi salah-satu panta di Kabupaten Rote Ndao yang bertaraf internasional, terutama dari sisi kualitas ombaknya.

Pantai Nemberala semakin populer di masyarakat saat diperbincangkan oleh beberapa artis, ditambah dengan kunjungan Presiden Jokowi ke pantai tersebut.

pantai nemberala rote
pantai nemberala rote. google maps. sumber: Ayub Ndoen

Besarnya potensi wisata ke Kabupaten Rote Ndao, khususnya ke Pantai Nemberala disadari betul oleh semua pihak, termasuk pemerintah daerahnya.

Bahkan Visi Kabupaten Rote Ndao adalah visi tentang kemajuan wisata. Potensi Pantai Nemberala jika teus-terusan ditata secara optimal, maka status pantai yang bertaraf internasional bukan hanya isapan jempol belaka.

Dan inilah review tentang Pantai Nemberala Rote yang sudah berhasil kami rangkum untuk anda.

Daya Tarik Pantai Nemberala

1. Ombak

Daya tarik yang pertama dari Pantai Nemberala adalah pesona ombaknya yang memikat hati para peselancar mancanegara.

Bahkan di Pantai Nemberala sering digelar festival selancar tahunan, yang diikuti oleh para peselncar dari berbagai negara.

peselancar mancanegara
peselancar mancanegara. google maps. sumber: Ivan Lubian

Festival tersebut biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober. Saat itu adalah saat ombak Pantai Nemberala mencapai ketinggian 7 meter.

Meskipun ombaknya tergolong sebagai ombak yang tinggi, namun tidak masuk kriteria sebagai ombak yang ganas. Tentu saja bagi para peselancar yang sudah ahli, kalau yang belum bisa cukup nonton saja di tepian pantai ya…

2. Panorama Alam Pantai Nemberala

panorama pantai nemberala
panorama pantai nemberala. google maps. sumber: Arnol Dethan

Bagi yang tidak bisa berselancar, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Nemberala adalah menikmati panorama alam yang tersaji di sana.

Hamparan pasir putih, ombak laut yang bersih, serta membentuk gradasi warna hijau tosca, dan warna biru, menjadi latar yang sangat cocok untuk melakukan selfie.

Pohon kelapa yang berjajar memberikan keteduhan, saat anda ingin sejenak beristirahat setelah menikmati keindahan Pantai Nemberala.

Di sisi lain Pantai Nemberala terdapat juga beberapa batuan karang yang besar. Perpaduan pasir putih, dan batu karang tersebut mampu menghadirkan spot foto yang instagramable.

3. Aktivitas Menyelam

pesona pantai nemberala
pesona pantai nemberala. google maps. sumber: Dr. Yudi Wahyudin PKSPL IPB

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Nemberala Rote adalah pesona keindahan alam bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik.

Dari beberapa pesona Pantai Nemberala tersebut, jika dilihat dari angka statistik kunjungan wisata ke Pantai Nemberala, maka ada hal yang sangat unik.

Ternyata angka kunjungan wisatawan mancanegara, dengan wisatawan nusantara ke pantai tersebut hampir berimbang.

Yang paling unik terjadi di tahun 2015. Angka kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1.538. sedangkan kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 1.107.

Lah kenapa lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara ya? hehehe

Simak juga: Objek wisata di NTT

Lokasi Pantai Nemberala

lokasi pantai nemberala sangat nyaman untuk wisata
lokasi pantai nemberala sangat nyaman untuk wisata. google maps. sumber: Dian Sastrokusumo

Pantai Nemberala tepatnya berlokasi di desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Australia.

Pantai Nemberala merupakan salah satu pulau di pulau Rote. Sebuah pulau yang memiliki luas sekitar 1.214 kilometer persegi.

Rute Menuju Pantai Nemberala

Perjalanan ke Pantai Nemberala ini dapat ditempuh sekitar 25 menit, dengan menggunakan pesawat terbang. Penerbangan berangkat  dari bandara El Tari di Kupang ke bandara David Constantine Saudale di Pulau Rote. Hanya ada dua penerbangan setiap harinya, yaitu pukul 06.30 dan 15.00.

Pilihan lainnya adalah menggunakan kapal feri cepat yang berangkat dari pelabuhan Tenau di Kupang. Menuju pelabuhan Ba’a di Kabupaten Rote Ndao. Pelayaran ini memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam 40 menit sampai dua jam.

Atau pilihan lain dengan menggunakan feri lambat yang berangkat dari pelabuhan Dolok di Kupang, dengan lama perjalanan sekitar tiga sampai empat jam. Dilanjutkan dengan perjalanan darat selama kurang lebih satu jam 20 menit menuju Pantai Nemberala.

Jam Buka Pantai Nemberala

Untuk bsia menikmati keindahan Pantai Nemberala, pengunjung tidak dibatasi oleh waktu. Pantai ini buka 24 jam sehari, 7 hari sepekan.

Tiket Pantai Nemberala

Mengenai biaya tiket masuk, Pantai ini tidak mengenakan tiket masuk pada pengunjung. Pengunjung hanya perlu menyiapkan dana untuk tiket biaya perjalanan saja.

Fasilitas Pantai Nemberala

fasilitas di pantai nemberala
fasilitas di pantai nemberala. google maps. sumber: yanto koremega

Fasilitas di Pantai Nemberala terbilang sudah cukup lengkap. Kehadiran beberapa penginapan atau resort menjadi sebuah penegasan bahwa objek wisata tersebut terus berbenah.

Tips Mengunjungi Pantai Nemberala

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai Nemberala adalah mulai bulan April sampai pertengahan bulan Oktober.

Sebleum datang berkunjung, calon wisatawan sebaiknya melakukan pemesanan penginapan dan penyewaan mobil sebelum datang, untuk memudahkan aktivitas selama berada di sana.

Simak juga: Benteng Tolukko

Leave a Comment