Pantai Oeseli, Keindahan Pantai Yang Menenangkan Di Pulau Rote

Pantai Oeseli  menawarkan pemandangan alam yang sangat mempesona dan menakjubkan. Dengan hamparan pasir putihnya yang bersih, air laut yang jernih serta dihiasi dengan batu cadas di sekitar pantainya.

Seolah-olah sebagai gerbang pintu masuk raksasa ke Rote Ndao. Pantai Oeseli merupakan pantai paling selatan yang berpenghuni di Wilayah Indonesia.

Di sebelah selatannya lagi hanya ada pulau Ndana. Pulau ini bisa dikatakan tidak dihuni penduduk, hanya didiami oleh pangkalan militer dari kesatuan Marinir TNI AL.

Pantai ini masih sangat alami, bersih dan belum tercemar. Sehingga pengunjung akan merasa nyaman seperti berada di pantai pribadi ketika berlibur ke Pantai Oeseli.

Karena memang belum banyak wisatawan baik mancanegara maupun nusantara yang datang untuk berlibur ke pantai yang satu ini. Pantai Oeseli hanya ramai dikunjungi oleh anak muda dari Desa Oeseli pada saat libur.

Di pantai ini pengunjung bisa bersantai dengan tenang sambil duduk menikmati pemandangan laut sambil menyaksikan indahnya laut biru atau berjemur sinar matahari diatas hamparan pasir putih pantai yang sangat bersih dan berkilau.

landscape pantai oeseli
landscape pantai oeseli. Google Maps. Sumber: Dwi astuti

Simak juga: Ragam Wisata Pulau Rote

Berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Oeseli:

Lokasi Pantai Oeseli

Terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, di Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Oeseli

Lokais Pantai Oeseli jika dihitung dari Bandara Nembrala dengan menggunakan mobil, memerlukan jarak tempuh sekitar 20 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan.

Rute menuju Pantai Oeseli dapat diakses dengan berbagai pilihan transportasi. Jika memilih Jalur udara, pengunjung dapat menggunakan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote.

Semetara itu, pengunjung yang memilih jalur laut dapat memilih satu dari dua pilihan alternatif kapal yaitu menggunakan kapal lambat (ferry) dan kapal cepat (speed boat).

Apabila pengunjung memilih menggunakan kapal ferry, waktu pemberangkatannya yaitu pukul 08.00 WITA dari Pelabuhan Bolok, Kupang dan kemudian berlabuh di Pelabuhan Pantai Baru, Rote. Dengan estimasi waktu penyeberangan sekitar 3-4 jam.

Bagi yang memilih alternatif kapal cepat berangkatnya yakni dari Pelabuhan Tenau, Kupang dengan waktu keberangkatan pukul 08.00 pagi.

Perjalanan dengan kapal cepat memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam lamanya tergantung kondisi angin dan gelombang di laut.

Sesampainya di Pelabuhan Pantai Baru Rote Ndao, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju Kota Ba’a dengan jarak tempuh sekitar 45 menit. Perjalanan menuju pantai Oeseli ini bisa ditempuh dengan menggunakan jasa travel maupun ojek.

belum banyak dikunjungi
belum banyak dikunjungi. Google Maps. Sumber: sudjono indradi

Simak juga: Pantai Mbawana, Batu Bolongnya NTT

Jam Buka Pantai Oeseli

Pantai Oeseli secara teknis terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di saat hari sudah gelap. Selain faktor hambatan untuk menikmati keindahan panorama, juga karena kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

Tiket Pantai Oeseli

Untuk saat ini, pengunjung pantai Oeseli belum dikenakan tiket masuk.

bermain air di pantai oeseli
bermain air di pantai oeseli. Google Maps. Sumber: Sendy Nulik

Fasilitas Pantai Oeseli

Meskipun menyuguhkan panorama alam yang unik dan menarik, namun ternyata objek wisata pantai Oeseli belum dilengkapi dengan fasilitas penunjung yang memadai.

Pengunjung hanya akan mendapati beberapa kedai penjaja makanan dan minuman saja kala berkunjung ke pantai ini.

Daya Tarik Pantai Oeseli

Meskipun masih jarang dikunjungi wisatawan, Pantai Oeseli memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Pantai Yang Indah

air lautnya sangat jernih
air lautnya sangat jernih. Google Maps. Sumber: Rehany LOLYPOP

Pantai Oeseli memiliki hamparan pasir putih yang dilindungi oleh batu karang besar sehingga membuatnya terlindungi dari terjangan ombak besar.

Selain itu pantai ini juga memiliki gelombang yang tenang serta air laut yang bening sehingga menjadikannya salah satu pantai yang memberikan ketenangan yang membuat nyaman.

Dengan air lautnya yang jernih, tentu saja pantai ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kegiatan snorkeling.

Bahkan, jika air laut sedang surut pengunjung bisa melihat berbagai bintang laut dengan bentuk yang beraneka ragam.

Bintang laut yang hidup dipantai ini memang memiliki ukuran yang cukup besar serta memiliki dua warna yakni merah dan cokelat. Namun, demi menjaga kelestariannya, para pengunjung diharapkan untuk tidak menangkapnya.

2. Senja di Pantai Oeseli

Simak juga: Kibar Sangsaka di Pantai Tiang Bendera

Menyaksikan terbenamnya matahari di Pantai Oeseli memang salah satu hal yang tak boleh dilewatkan kala berkunjung ke pantai ini.

Terlebih kala senja tiba, susana akan terasa lebih tradisional dengan adanya hewan-hewan ternak yang menampakkan dirinya seperti sapi dan kambing.

Kemudian, perbukitan yang ada di sekitar pantai bak disulapnya menjadi sebuah siluet lukisan yang sangat indah. Sementara itu aktivitas para nelayan juga menjadi pemandangan tersendiri.

Mereka tak lagi memperdulikan gelap malam yang akan segera tiba dan besarnya debur ombak Samudra Hindia yang akan dilewati. Terus mendayung dan mendayung untuk mendekati perahu yang sedang menunggu.

Di sisi lain, tepat di bibir pantai anak-anak Oeseli asyik mandi air laut. Para orang tua pun nampak sangat menikmati tingkah polah anak-anak mereka sambil tersenyum. Sedangkan sebagian anak duduk menyaksikan teman-temannya berenang bermain-main air laut saat Sunset.

keindahan pantai oeseli
keindahan pantai oeseli. Google Maps. Sumber: Rehany LOLYPOP

3. Mengunjungi Telaga Nirwana

Siapa sangka jika Pantai Oeseli ternyata memiliki sebuah tempat tersembunyi yang sangat indah sekali. Telaga Nirwana, begitulah tempat ini dikenal.

Dengan tempatnya yang tersembunyi membuatnya sangat cocok untuk didatangi bagi mereka yang menginginkan suasana hening.

Sumber air Nirwana berasal dari lautan samudera yang membentang di sisi baratnya, yang mengalir melalui lubang batu cadas selebar lebih kurang 100 meter.

Airnya jernih berwarna biru kehijauan (toska). Tampak satu dua pohon mangrove (bakau) tumbuh hijau di dalam airnya, disamping rumpun mangrove yang menghijaukan sebagian area pinggir keliling Nirwana.

Kala air laut surut, area ini akan dikelilingi oleh pasir putih sehingga membuatnya nampak seperti danau. Sementara itu ikan-ikan yang terjebak di telaga ini akan jelas terlihat karena air yang ada di area ini cukup sangat jernih.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung bisa menyewa sampan atau perahu tradisional dengan tarif sekitar Rp. 100.000 per perahu yang dapat diisi sekitar 4 orang.

telaga nirwana
telaga nirwana. Google Maps. Sumber: JUNUS BANIK

Simak juga: Memandang Samudera Selatan di Bukit Mandoo

Tips Mengunjungi Pantai Oeseli

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Oeseli, yakni:

  • Gunakan topi atau kacamata hitam untuk mengurangi paparan sinar matahari.
  • Jaga selalu kebersihan area Pantai Oeseli.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Bawalah makanan atau minuman yang cukup untuk bekal selama di Pantai Oeseli.
berfoto bersama indahnya pantai oeseli
berfoto bersama indahnya pantai oeseli. Google Maps. Sumber: Arie Saleh

Penginapan

Di sekitar Pantai Oeseli belum ada penginapan ataupun homestay untuk kamu beristirahat. Namun kamu dapat menemukannya ketika berada di Pantai Nembrala, yang lokasinya tak terlalu jauh dari pantai ini.

Penutup

Itu tadi beberapa hal mengenai keindahan yang bisa diperoleh saat mengunjungi Pantai Oeseli. Keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lain.

Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam sekitar tempat wisata. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.


Tinggalkan komentar