Pantai Tiang Bendera, Gagahnya Kibar Sang Saka di Ujung Selatan Negeri

Pantai Tiang Bendera memang merupakan salah satu tempat andalan terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Pulau Rote. Menjelang sore hari, pantai ini nampak dikunjungi oleh pemuda dan pemudi setempat yang hendak menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Pantai Tiang Bendera memang merupakan salah satu tempat andalan terbaik untuk menikmati matahari terbenam (sunset) di Pulau Rote. Menjelang sore hari, pantai ini nampak dikunjungi oleh pemuda dan pemudi setempat yang hendak menyaksikan keindahan matahari terbenam.
Pantai Tiang Bendera. Image via: travel.detik.com

Di pesisir pasir pantainya juga nampak beberapa lopo-lopo / gazebo yang digunakan untuk bersantai beratap warna merah. Apabila pengunjung datang di sore hari, maka keadaan pantainya sedang surut namun pesona keindahan pantai ini tak ikut surut.

Dihiasi sejumlah batu karang cadas dengan bentuk dan ukurannya yang bervariatif menambah pesona pantai ini.

Batu Tiang Bendera ini sebenarnya adalah gugusan pulau karang yang berjarak sekitar 500 m dari bibir Pantai Baadale. Pemberian nama Tiang Bendera dilatarbelakangi oleh peristiwa heroik perjuangan rakyat Rote mengusir penjajah Belanda.

Di atas bebatuan karang yang berada di tengah laut tersebut, terdapat sebuah tugu batu beton setinggi 2,5 meter yang sengaja dibangun oleh Belanda. Konon katanya, tiang tersebut sebagai penanda tanah jajahan Belanda pada zamannya.

Pantai tiang bendera merupakan pantai dengan kontur berbatu
Pantai Berbatu. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Objek wisata lainnya di Pulau Rote

Lokasi Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang Bendera adalah sebuah pantai yang terletak di Baadale, Lobalain, Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini dikenal dengan batu karangnya yang besar. Untuk sampai ke pantai ini, Pengunjung hanya perlu menempuh jarak 5 kilometer dari pusat kota Ba’a.

Rute Menuju Pantai Tiang Bendera

Akses perjalanan menuju Pulau Rote dari Kota Kupang dapat ditempuh melalui jalur udara dan laut. Mellaui udara, pengunjung dapat menggunakan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote, menggunakan maskapai yang melayani rute Kupang-Rote-Kupang.

Sedangkan jika memilih jalur laut, terdapat 2 pilihan alternatif kapal yaitu menggunakan kapal lambat (ferry) dan kapal cepat (speed boat). Apabila pengunjung memilih menggunakan kapal ferry, Kapal berangkat pukul 08.00 dari Pelabuhan Bolok, Kupang menuju Pelabuhan Pantai Baru, Rote.  Waktunya sekitar 3-4jam.

Lopo-Lopo Pantai tiang bendera, untuk pangkalan menikmati indah suasana
Lopo-Lopo Pantai. Image via: tulisan-sandra

Bagi yang memilih alternatif kapal cepat, kapal berangkat dari Pelabuhan Tenau, Kupang dengan waktu keberangkatan pukul 08.00. Perjalanan dengan kapal cepat memakan waktu sekitar 1.5-2 jam lamanya tergantung kondisi angin dan gelombang di laut.

Setibanya di Pelabuhan Pantai Baru (Rote Ndao) pengunjung dapat melanjutkan perjalanannya menuju ke Kota Ba’a. Jarak tempuh dari Pelabuhan Pantai Baru menuju Kota Ba’a yaitu sekitar 45 Menit, dengan kondisi jalanan beraspal halus.

Untuk menjangkau Pantai Tiang Bendera yang berjarak sekitar 5km, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek ataupun menyewa kendaraan dari Ba’a. Tak ada satupun rambu atau penunjuk jalan menuju lokasi sehingga pengunjung harus sering-sering bertanya arah kepada penduduk setempat.

Kurang lebih 30 menit perjalanan dari Ba’a, Pengunjung akan sampai di Pantai Tiang Bendera.

Pengmabilan foto di pantai tiang bendera bisa memanfaatkan Tugu bendera dari kejauhan sebagai latar
Tugu bendera dari kejauhan. Image via: @dina.lenggu

Simak juga: Memandangi Samudera Selatan dari Bukit mandoo

Jam Buka Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang bendera buka 24 jam sehari, 7 hari sepekan. Jadi pengunjung bebas mengatur waktunya untuk mendatangi lokasi ini kapan pun, sesuai agenda perjalanan yang telah disusun.

Namun demikian tidak disarankan untuk datang pada saat hari telah gelap. Mengingat kondisi gelap akan beresiko jika berjalan di atas batuan karang yang licin dan tajam.

Tiket Pantai Tiang Bendera

Pantai Tiang Bendera buka selama 7 hari dengan tanpa pungutan tiket masuk. Alias Gratis. Ketentuan ini berlaku pada hari kerja maupun akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas Pantai Tiang Bendera

Untuk fasilitas penunjung kegiatan wisata, lokasi ini sudah dilengkapi dengan lopo-lopo/gazebo untuk bersantai, toilet, toko suvenir, tempat sampah dan tempat parkir.

Daya Tarik Pantai Tiang Bendera

  1. Tiang Bendera Di ujung Selatan Negara

tugu bendera berdiri gagah di batuan karang di pantai tiang bendera
Tugu bendera. Image via: sportourism.id

Tugu batu yang disebut sebagai tiang bendera, yang merupakan land mark lokasi ini, berada di atas batu karang yang besar. Terlihat, bendera Merah Putih berkibar di sana menghadap ke Laut Sawu. Menurut sejarahnya, tiang bendera di pantai ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu, bendera Belanda yang berkibar di sana.

Akana da semacam getar nasionalisme, di dalam dada pengunjung, ketika menyaksikan bendera Merah Putih berkibar di ujung selatan tanah Republik. Sang Saka di titik selatan terdepan negeri ini berkibar gagah.

Untuk menuju ke tiang benderanya, pengunjung dapat berjalan kaki menyeberangi perairan yang dangkal kemudian naik ke atas batunya. Hanya saja harap memakai alas kaki yang memadai, sebab tekstur karangnya cukup tajam.

Bentangan bebatuan karang terhampar di Pantai Tiang Bendera. Itu menjadi objek menarik untuk berfoto-foto. antai Tiang Bendera sudah menjadi objek wisata yang memadai. Di sini ada gazebo untuk bersantai, toilet, toko suvenir, tempat sampah dan tempat parkir.

  1. Sunset

sunset di balik tiang bendera pantai tiang bendera
Sunset. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Memandangi Kecantikan Ibu Gunung di Manulalu

Bagi pengunjung yang senang melihat matahari terbenam, mencoba kunjungan ke Pantai Tiang Bendera di Pulau Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur adalah pilihan tepay. Panorama senjanya bakal bikin pengunjung ingin kembali lagi.

Indahnya sunset di pulau paling selatan nusantara ini, telah menjadi incaran para wisatawan asing. Bahkan warga lokal pun tak bosan datang.

Pantai tiang bendera yang terletak di pesisir Pantai Baadale atau lima kilometer dari pusat Ibukota Rote Ndao, Nusa Tenggara timur. Pantai ini ramai dikunjungi pengunjung menjelang moment terbenam matahari. Sambil menanti sunset, pengunjung bisa menikmati hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.

Banyak Wisatawan lokal, yang mengaku hampir tiap bulan, terutama akhir pekan, mengunjungi lokasi objek wisata pantai tiang bendera bersama keluarga. Mereka tidak pernah bosan melihat indahnya sunset di pantai ini.

Sunset menawan
Sunset menawan. Image via: @fauzi_prima

Pengunjung akan dibuat terpesona oleh panorma sunset di Pantai Tiang Bendera, dengan langit kemerahan.

Pengunjung yang awalnya hanya mendengar saja soal keindahan sunset di Pantai Tiang Bendera, pasti akan menyempatkan diri ke lokasi ini ketika berkunjung ke pulau Rote. Saat berkunjung ke Pulau Rote Ndau, dia tidak akan menyia-nyiakan kesempatan berkunjung ke Pantai Tiang Bendera.

Objek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan Gazebo atau opolopo untuk tempat berteduh para pengunjung yang datang beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Tips Mengunjungi Pantai Tiang Bendera

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika berkunjung ke Pantai Tiang bendera. Hal berikut terlihat remeh, namun akan sangat berpengaruh terhadap kualitas liburan di lokasi ini.

  • Pakai sandal/ sepatu bersol karet. Ini penting, karena jika ingin mencapai tugu tiang bendera, akan melalui bebatuan karang yang tajam. Sehingga sandal sol karet akan lebih nyaman dana man untuk digunakan.
  • Periksa persediaan baterai Kamera, HP, dan juga power Bank. Akansangat mengesalkan jika saatmau foto di lokasi indah tapi gagal hanya karena low batt.
  • Jika berkunjung siang hari, tidak ada salahnya menyiapkan sun Block
Pantai tiang bendera diamati DAri ketinggian tebin di sekitar pantai
Dari ketinggian. Image via: @kyunikha

Simak juga: Wisata Religi di Desa Bubohu

Objek Wisata Dekat Pantai Tiang Bendera

Selain pantai tiang bendera, kabupaten Rote Ndao terkenal dengan pantai Nembrela. Nembrala disebut-sebut sebagai Kuta-nya Pulau Rote dengan hamparan pasir putih.  Wisatawan yang berkunjung di Desa Nemberala menghabiskan waktu berminggu-minggu  hingga  berbulan-bulan hanya untuk menikmati permainan gelombang air laut.

Pantai Nemberala memiliki ombak berskala internasional. Sehingga tidak heran banyak wisatawan Surfing dari mancanegara yang mengunjunginya. Bahkan pada bulan Agustus hingga Oktober, ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 7 meter.

Jika Nembrela adalah pantai berombak ganas, maka bagi yang inginpantai berombak jnak, bisa mencoba Pantai Oeseli. Pantai Oeseli cenderung lebih tenang dengan ombak dan gelombang yang tidak besar. Sehingga sangat nyaman untuk melakukan aktivitas berenang atau sekedar bermain air.

Demikianlah ulasan nativeindonesia.com tentang keindahand an daya tarik Pantai Tiang Bendera, di Rote NTT. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, teman untuk menikmati wisata yang satu ini. Rame-rame lebih seru.

Baca juga:

Leave a Comment