Rita Park Tegal, Tempat Liburan Seru Bagi Seluruh Keluarga

Rita Park merupakan Dunia Fantasinya Jawa Tengah. Rita Park merupakan lokasi wisata keluarga di Tegal berupa kumpulan wahana permainan yang ditujukan untuk berbagai usia.


Rita Park Tegal, rtaman wisata modern terbesar di jawa tengah
Rita Park Tegal. Image via: smily.id

Rita Park Tegal merupakan taman wahana permainan terbesar di Jawa Tengah, dengan luas 2,4 hektar.

Pengunjung dijamin tidak akan cepat bosan jika berkunjung ke tempat wisata ini. Berbagai wahana seru siap menambah keceriaan liburan bersama keluarga. Ada sekitar 22 wahana yang bisa di nikmati semua anggota keluarga sesuai usia.

Untuk yang hobi berfoto, di rita park tegal ada spot foto keren. Di sana ada aneka lampion, menara Eiffel, patung iconik, dan spot lain. Rita Park Tegal juga berdampingan dengan pusat perbelanjaan one-stop shopping di komplek Rita Super Mall.

Malam di rita park tegal terlihats emarang dengan miniatur menara eiffel
Malam di rita park tegal. Image via: tempatwisataseru.com

Simak juga: 13 Tempat wisata terbaik tegal

Lokasi Rita Park Tegal

Rita Park dapat menuju ke alamat Jl. Kolonell Soegiono, No. 155, Pesurungan Kidul, Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi Taman yang berada di jalur pantura memberikan kemudahan akses menuju wisata ini.

Rute Menuju Rita Park Tegal

Dari pusat kota tegal, perjalanan bisa dimulai dari Jalan Kapten Sudibyo. Sekitar 600 meter di jalan ini, ambil Belok kiri ke Jalan Kompol Suprapto. Setelah sekitar 1 km di jalan ini, ambil Belok kiri ke Jl. Kol. Sugiono Kemandungan. Ikuti jalan ini sejauh sekitar 200 meter, lalu belok kiri memasuki gerbang taman Rita Park tegal.

Jam Buka Rita Park Tegal

Mengenai jam buka, Rita Park Tegal untuk hari Senin-Sabtu pukul 11.00 – 20.00. Sedangkan pada hari minggu dan hari libur pukul 09.30 – 21.00.

lampion rita park tegal, menajadi salahs atu daya tarik yang bisa digunakan untuk latar foto yang indah
Lampion rita park. Image via: wisatakaka.com

Tiket Rita Park Tegal

Untuk bisa masuk dan menikmati berbagai wahana di Rita park Tegal, pengujung bisa membayar biaya tiket masuk yang terbagi dalam 2 pilihan.

Pilihan pertama, Pengunjung membayar biaya tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang, plus deposit kartu elektronik seharga Rp 10.000, yang akan dikembalikan ketika keluar dari wahana dan mengembalikan kartu tersebut ke petugas. Untuk menikmati setiap wahana, pengunjung dikenai biaya masing-masing berkisar Rp 10.000-15.000 per wahana.

Pilihan kedua, membeli tiket terusan seharga Rp 75.000. Dengan tiket ini pengunjung akan diberikan gelang tangan yang bebas membawa pengunjung ke wahana mana saja tanpa perlu membayar lagi. Memilih tiket terusan, berarti pengunjung tak perlu membayar tiket masuk lagi.

Fasilitas Rita Park Tegal

Selain wahana permainan Rita park yang begitu lengkap, wisata ini juga menyediakan bermacam-macam fasilitas pendukung  seperti : area parkir yang luas, Toilet, Mushola, counter makanan dan minuman, stand penjual souvenir.

Tersedia juga stool dan shelter untuk sekedar duduk beristirahat di sela kunjungan.

spot foto rita park tegal dengan suasana ala peternakan zaman cowboy
Spot foto. Image via: tempatwisataindonesia.id

Simak juga: Trans Studio Cibubur

Daya Tarik Rita Park Tegal

Rita Park Tegal menawarkan berbagai macam wahana wisata. Wahana wisata yang tersedia di Rita Park tegal disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung yang berasal dari berbagai kategori usia, mulai anak-anak hingga dewasa.

Wahana-wahana yang menjadi daya tarik Rita park tegal dibangun dengan teknologi maju sehingga selain menyenangkan juga aman. Hingga saat ini tersedia tidak kurang dari 28 wahana yang bisa dinikmati pengunjung.

Diantaranya ada Circus Travel, Pulau Hiu, Kincir-Kincir, Mini Coaster, dan Flying Tiger. Terdapat juga 5D Cinema, Sky Drop, Circle 360, Mini ATV, hingga Space Travel. Taman hiburan ini menawarkan pengalaman dan sensasi berbeda antara satu wahana dengan wahana lain.

  1. Kincir ria

kincir ria rita park tegal setinggi 35 meter, merupakan yang tertinggi di jawa tengah
Kincir ria. Image via: @ratna_ys99

Kincir ria yang dalam bahasa Inggris biasa disebut  Ferris wheel adalah struktur berbentuk roda yang digantungi kabin-kabin penumpang yang dipasang sedemikian rupa pada bagian pelek sehingga ketika roda berputar, kabin tetap dalam keadaan tegak, biasanya berkat adanya gravitasi.

Wahana Kincir ria di Rita Tegal Park adalah satu-satunya wahana Kincir Ria di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian hingga 35 meter. Saat menaiki kincir, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Tegal dan sekitarnya dari ketinggian.

  1. Sky Drop

Bagi pengunjung yang suka tantangan dan tentu saja tidak termasuk dalam kategori jantungan, bis amencoba wahana mendebarkan ini. Di wahana ini pengunjung diajak  memacu adrenalin dan menguji nyali di Sky Drop Tower.

Sky Drop adalah wahana yang penuh tantangan dan menguji adrenalin. Pengunjung akan ditarik perlahan lahan sampai ketinggian 25 meter. Kemudian secara mendadak dilepaskan dan mengalami jatuh bebas dari ketinggian 25 meter. Dalam masa jatuh itu pengunjung bsia merasakan efek gravitasi 0 selama beberapa detik.

skydrop rita park tegal memebrikan kesempatan utnuk merasakan grafitasi 0.
Sky Drop. Image via: explorewisata.com

Simak juga: Cirebon Water Land.

Jadi pengunjung tidak perlu mencoba naik pesawat terbang bersama Pilot Vincent, Youtuber yang terkenal itu, untuk merasakan sensasi gravitasi 0. Bahkan gravitasi 0 di Sky drop lebih nyata dari pada yang dibuat kapten Vincent dengan pesawat kecil itu.

  1. Mini Coaster

Wahana Mini Coaster adalah bentuk versi mini dari Jet Coaster. Mini coaster meluncur di sepanjang lintasan rel penuh tantangan. Menaiki wahana ini, pengunjung dapat merasakan sensasi melesat dengan kecepatan tinggi.

Walau tidak se-ekstrim roller coaster, tapi paling tidak sudah cukup seru untuk membuat teriakan kecil atau menahan napas. Khususnya bagi pengunjung anak-anak.

  1. Super Swing

Wahana permainan ini mirip dengan Wave Swinger atau Ontang Anting di Dufan Ancol Jakarta. Wahana ini termasuk wahana yang populer di kawasan Rita Park Tegal. Wahana diperuntukkan bagi anak–anak dan remaja.

Super Swing rita park tegal, berayun ayun sambil berputar kencang. Pengunjung yang jantungan dilarang naik
Super Swing. Image via: sukagitu.com

Wahana Super Swing bergerak 360 derajat sesuai arah jarum jam yang membuat pengunjung serasa melayang di udara. Memiliki kapasitas sebanyak 25 kursi, wahana ini sanggup menghibur ratusan orang per jam.

Pengunjung dapat merasakan hembusan udara dengan berayun dan berputar di wahana ini. Sangat seru menikmati beramai-ramai dengan teriakan yang membahana.

  1. 5D Cinema

5D adalah teknologi digital cinema perkembangan dari teknologi 4D,dimana penonton di ajak melihat film dan merasakan ada di dalam film tersebut dengan cara ketika menonton di bioskop akan di tambahkan efek-efek seperti asap, bau atau cahaya serta semakin nyata tampilan film.

menonton film 5D juga kita harus menggunakan kacamata khusus agar dapat merasakan seperti kita melihat langsung kejadian dalam film tersebut. Bangku yang di gunakan pun khusus dan terdapat efek-efek khusus seperti goyangan bangku ke kanan, kiri, belakang, depan, bergetar dan bahkan kombinasi semuanya.

Rita Park menyediakan 5D Cinema sebagai pertunjukan yang menggabungkan unsur artistik dan teknologi canggih. Wahana ini mampu menghasilkan efek 5D serasa di dunia nyata.

Gerbang rumah hantu rita park tegal
Rumah hantu. Image via: netz.id

Simak juga: Taman Pintar Jogja

  1. Bom Bom Car

Bumper car atau yang lebih akrab disebut bom bom car adalah permainan yang berupa mobil listrik. Dengan mobil ini, anak-anak bisa belajar mengemudikan mobil sekaligus seruan-seruan bersama pengemudi lain.

Paling seru adalah ketika mobil satu beradu dengan mobil lain. Karena mobil ini dilengkapi dengan bumper karet, tetap aman meskipun terjadi benturan keras. Permainan ini sangat di minati bukan hanya untuk anak anak saja tetapi oleh remaja hingga dewasa, biaya yang di keluarkan pun tak mahal.

  1. Wahana lain

Masiha da banyak wahana lain yang bsia dinikmati di Rita Park Tegal ini.
Ada wahana Undur-undur menyediakan wahana yang berputar penuh histeria. Pengunjung dapat menikmati dahsyatnya 3 level kecepatan.

Ada wahana Sepeda Terbang. Pengunjung dapat melawan rasa takut akan ketinggian di sini. Di Wahana ini, pengunjung dapat bersepeda di atas rel. Rel ini mengelilingi area taman hiburan yang penuh warna.

family time di rita park tegal sangat cocok. menciptakan kebersamaan antar anggota keluarga melalui kesenangan yan bsai dinikmati semua anggota keluarga.
Family time. Image via: @ritaparktegal

Ada juga Circle 360 yang meruapakan tantangan pemacu adrenalin lainnya yang disediakan Rita Park. Pengunjung akan diajak merasakan sensasi berputar 360 derajat pada wahana ini. Wahana ini tidak dianjurkan untuk anak-anak.

Wahana Bajak Laut memberikan sensasi berada di atas kapal laut. Pengunjung dapat merasakan imajinasi berada di laut dan diombang–ambingkan ombak besar.

Pada wahana Ulang Alik, Pengunjung dapat mencoba sensasi meluncur ke angkasa. Pengunjung diajak merasakan simulasi mengudara dengan pesawat ulang–alik. Ada juga Kereta Sirkus, yakni kereta penuh warna yang mengantarkan pengunjung melintasi lintasan penuh keceriaan.

Pada wahana Pulau Hiu, pengunjung diajak bertempur dengan biota laut .Senjata yang digunakan adalah senjata air. Pengunjung juga akan mendapat sensasi dari menerima balasan semburan air.

Wahana Roda-roda ini sarat akan putaran dan ayunan. Wahana ini akan membawa sukacita seluruh keluarga. Wahana Macan Terbang, mengajak pengunjung dapat menikmati keceriaan mengendarai pesawat unik.

Wahana Kuda Putar adalah carousel dengan tempat duduk berbentuk kuda. Pada wahana ini pengunjung dapat menikmati sukacita menunggang kuda. Anak-anak sangat menyukai wahana ini.

Selain wahana yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi lainnya. Seperti Redeo, Kiddy Ride, Area Ketangkasan, dan Mini Atv. Tersedia juga Frog Jump, Rumah Hantu, dan banyak lainnya.

Malam dengan suasana romantis di rita park tegal.
Malam romantis. Image via: tempatwisataindonesia.id

Simak juga: Taman Matahari Bogor

Objek Wisata Dekat Rita Park Tegal

Setelah puas bermain main di berbagai wahana taman hiburan terbesar di jawa tengah, pengunjung bisa melanjutkan ke taman rakyat yang lebih merakyat. Maksudnya yang membuat jadi “menyatu” dengan kehidupan soal Tegal. Pilihan jatuh pada Tana Rakyat Slawi, yang berjarak 13 km dari rita park tegal. . Taman yang resmi beroperasi sejak tahun 2013, ini dibangun dalam rangka memenuhi kebutuhan sosial masyarakat Tegal dan sekitarnya, antara lain rekreasi, olahraga, dan pertunjukan seni.

Bagi yang ingin suasana pantai, bisa coba singgah di Pantai alam indah. Pantai yang berjarak hanya 5 km dari rita park tegal ini memiliki pantai yang luas, membuat semua orang senang berkunjung. Ditambah lagi, semilir angin pantai yang berhembus membuat hati terasa syahdu bagaikan sebuah lagu nan merdu.

Bagaimana, sudahkah tergoda untuk singgah berkunjung ke Rita Park Tegal? Memang menyenangkan, jangan ragu dan agendakan waktu liburan wisatawan ke sini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment