Taman Kartini Cimahi, Taman Kota Yang Bersejarah

|

Taman Kartini Cimahi adalah taman kota yang terletak di Kota Cimahi, Jawa Barat, dan sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Taman Kartini Cimahi selalu ramai dikunjungi masyarakat, terutama saat akhir pekan. Hal tersebut dikarenakan taman tersebut menyajikan beragam wahana permainan anak, sekaligus menjadi area Ruang Terbuka hijau, sebagai kebutuhan pundamen masyarakat perkotaan.

taman kartini
taman kartini. google maps. sumber: Fadli Nasution

Bukan hanya di Kota Cimahi saja, hampir di semua kota besar yang ada di Indonesia diwajibkan memiliki Ruang Terbuka Hijau. Salah-satu tujuannya adalah sebagai paru-paru kota, dari ancaman polusi.

Taman Kartini Cimahi bisa menjadi salah-satu alternatif juga, di tengah ancaman kecanduan gadget yang marak di kalangan anak-anak.

Simak juga : 54 Tempat Wisata Di Bandung

Lokasi Dan Alamat Taman Kartini Cimahi

Lokasi Taman Kartini Cimahi berada di alamat Jl. Raya Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kotamadya Cimahi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Kartini Cimahi

taman kartini cimahi
taman kartini cimahi. google maps. sumber: Tin Tin Lestari

Jalan menuju Taman Kartini Cimahi mudah diakses oleh kendaraan, karena lokasinya sangat strategis, dan berada di dekat alun-alun Kota Cimahi.

Jarak tempuh dari alun-alun Kota Cimahi sekitar 3,5 kilometer, dengan kisaran waktu tempuh hanya 10 menit perjalanan, jika menggunakan kendaraan mobil.

Simak juga: Trans Studio Bandung

Harga Tiket Masuk Taman Kartini Cimahi

  • Tiket masuk Taman Kartini Cimahi gratis.

Jam Buka Taman Kartini Cimahi

  • Taman Kartini Cimahi buka selama 24 jam.
  • Taman R.A. Kartini Cimahi beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Taman Kartini Cimahi

fasilitas di taman kartini
fasilitas di taman kartini. google maps. sumber: HIJRATUL FATH

Fasilitas di Taman Kartini Cimahi adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Gazebo,
  • Kolam,
  • Wahana permainan,
  • Kartini Skate Park,
  • Penjual makanan, dan minuman,
  • Tempat duduk.

Simak juga: Tempat Wisata Di Dago

Sejarah Taman Kartini Cimahi

taman bersejarah di cimahi
taman bersejarah di cimahi. google maps. sumber: Tedi Setiawan 2000

Taman kota yang kini bernama Taman Kartini Cimahi, adalah sebuah taman yang sangat bersejarah, karena sudah ada sejak jaman penjajajahn Belanda di Indonesia.

Pasa saat itu, nama taman tersebut adalah Taman Wilhelmina, yang merujuk kepada nama Ratu Belanda. Dan setelah masuk ke fase kemerdekaan RI, maka taman tersebut dirubah namanya menjadi Taman R.A. Kartini.

Kemudian, pada tahun 2019 area Taman Kartini Cimahi mulai direvitalisasi. Hal tersebut berdampak positif, karena merubah kesan angker menjadi sebuah taman yang cocok untuk wisata keluarga di akhir pekan.

Oh iya, saat sebelum direvitalisasi, sebetulnya ada spot air mancur di Taman Kartini Cimahi. Tetapi saat ini sudah tidak ada.

Simak juga: Review Tempat Wisata Di Ciwidey

Daya Tarik Taman Kartini Cimahi

1. Wisata Keluarga

kolam taman kartini
kolam taman kartini. google maps. sumber: Azkia Khoirunnisa

Taman R.A. Kartini Cimahi sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, terutama bagi anda warga Cimahi yang tidak bisa pergi jauh liburan ke luar kota.

Selain karena lokasinya strategis, Taman Kartini Cimahi juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan anak, seperti :

  • Perosotan anak,
  • Mobil-mobilan,
  • Permainan memancing untuk anak,

Tetapi, untuk naik wahana mobil-mobilan, atau mancing, para pengunjung akan dikenakan biaya. Untuk memancing hanya Rp. 5.000, dan untuk wahana mobil-mobilan Rp. 10.000.

Taman Kartini Cimahi bisa menjadi salah-satu solusi mengalihkan perhatian anak, dari kecanduan akan gadget. Serta Taman Kartini Cimahi bisa menyajikan fungsi sosial yang bagus, seperti bagaimana berinteraksi sesama manusia, dan alam.

2. Kartini Skate Park

kartini skate park
kartini skate park. google maps. sumber: Cahya Yudha Nugraha

Taman Kartini Cimahi juga menyajikan spot untuk generasi milenial yang gaul, berupa spot olah raga skateboard, yang bernama Kartini Skate Park.

Biasanya, mereka beraksi saat sore hari. Cukup menarik atraksi yang dilakukan oleh mereka, apalagi melihat atraksi – atraksi yang sudah terlatih.

Selain itu, Taman Kartini Cimahi juga dilengkapi dengan jalur trekking. Cocok bagi anda yang hanya ingin nongkrong, atau sekedar jalan-jalan.

Taman Kartini Cimahi juga memiliki area kolam, yang ditengahnya terdapat sebuah area gazebo. Hanya saja, jika air di kolam tersebut surut, akan memunculkan kesan kumuh.

Catatan Tambahan

Hampir di semua artikel yang dibahas di nativeindonesia.com, penulis selalu berulangkali memberikan gambaran bahwa musuh terbesar sebuah tempat wisata adalah sampah, dimanapun objek wisatanya.

Termasuk di Taman Kartini Cimahi, masih bergelut dengan persoalan sampah, terutama sampah plastik oleh karena itu diharapkan kesadaran pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan, dan stop melakukan kegiatan vandalisme.

Ingatlah, “Sampahmu, Adalah Dosamu”.