Taman Nasional Meru Betiri, Petualangan Hutan, Dan Pantai Di Jawa Timur

Taman Nasional Meru Betiri, atau yang disingkat TNMB menjadi salah-satu Taman Nasional yang ada di Indonesia yang sangat bersejarah, dan sangat penting bagi kelestarian beberapa flora, dan fauna.

Taman Nasional Meru Betiri melindungi hewan yang statusnya mulai terancam punah, seperti:

  • Macan tutul
  • Penyu
  • Elang jawa

Serta beberapa tanaman – tanaman yang statusnya juga mulai terancam punah. Pada akhirnya Kawasan Taman Nasional Meru Betiri menjadi salah-satu rumah yang nyaman bagi hewan, dan tumbuhan – tumbuhan tersebut.

Taman Nasional Meru Betiri  memiliki luas sekitar 58.000 ha. Sehingga lokasi Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) terletak di dua kabupaten. Yaitu:

  • Kabupaten Banyuwangi
  • Kabupaten Jember

Wisata Taman Nasional Meru Betiri menjadi sebuah kunjungan petualangan yang sulit terlupakan. Karena wisata Taman Nasional Meru Betiri bukan hanya menyajikan tentang hutan, tetapi juga keindahan alam pantai.

perpaduan alam yang mengagumkan
perpaduan alam yang mengagumkan. google maps. sumber: Andre Zefri Resdianto

Simak juga: 14 Wisata Banyuwangi Menawan hati.

Sejarah Taman Nasional Meru Betiri

Sejarah Taman Nasional Meru Betiri sudah berlangsung jauh-jauh hari sebelum tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Tepatnya di jaman kolonialisasi bangsa Belanda.

Bahkan pada tahun 1929, pemerintah Belanda sudah memerintahkan supaya kawasan Meru Betiri menjadi sebuah kawasan yang wajib dilestarikan.

Hal tersebut menjadi sebuah isyarat bahwa pesona Taman Nasional Meru Betiri sudah memikat hati dunia internasional, jauh sebelum tahun 1929.

Perjalanan kawasan Meru Betiri menjadi berstatus Taman Nasional ditempuh dari tahun 1931 – 1982. Pada tahun 1982 status kawasan Meru Betiri baru Calon Taman Nasional.

menikmati deburan ombak
menikmati deburan ombak. google maps. sumber: arief prayoga akbar

Simak juga: Taman Nasional taka Bonerate.

Pada akhirnya, pada tahun 1997 kawasan Meru Betiri resmi berstatus sebagai Taman Nasional. Adapun sejarah penamaan Taman Nasional Meru Betiri, mengacu kepada nama dua gunung tertinggi yang ada di kawasan tersebut. Yaitu:

  • Gunung Meru
  • Gunung Betiri

Lokasi Dan Alamat Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri terletak di dua kabupaten yang ada di Jawa Timur. Adapun alamat Taman Nasional Meru Betiri berada di Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Taman Nasional Meru Betiri

Karena lokasi Taman Nasional Meru Betiri terletak di antara dua kabupaten, maka jalan ke Taman Nasional Meru Betiri terdapat dua opsi. Yaitu:

  • Akses jalan dari Banyuwangi menuju Taman Nasional Meru Betiri.
  • Akses jalan dari Jember menuju Taman Nasional Meru Betiri.

Jarak dari Banyuwangi ke Taman Nasional Meru Betiri sekitar 103 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan.

gerbang masuk taman nasional meru betiri
gerbang masuk taman nasional meru betiri. google maps. sumber: novi aprilia

Adapun jarak dari Jember ke Taman Nasional Meru Betiri sekitar 64 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke Taman Nasional Meru Betiri disarankan saat kondisi cuaca cerah, apalagi jika ingin melakukan aktivitas camping.

Serta sangat direkomendasikan menggunakan jasa guide yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, dan menggunakan jenis kendaraan khusus offroad.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

  • Tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang, untuk wisatawan lokal, dan nasional.
  • Tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri berbeda untuk wisatawan mancanegara.

Jam Buka Taman Nasional Meru Betiri

  • Taman Nasional Meru Betiri buka setiap hari.
  • Taman Nasional Meru Betiri buka dari pukul 08.00 – 17.00.

Jam operasional Taman Nasional Meru Betiri bisa 24 jam, bagi para pengunjung yang sudah mendapatkan ijin untuk camping di kawasan tersebut. Tentunya dengan ditemani oleh guide.

kawasan taman nasional meru betiri
kawasan taman nasional meru betiri. google maps. sumber: Hamzah Saefudin

Simak juga: Taman Nasional Bantimurung.

Fasilitas Di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Fasilitas di Taman Nasional Meru Betiri sudah sangat lengkap untuk mendukung kenyamanan wisata para pengunjung. Hanya saja karena statusnya Taman Nasional, maka fasilitas wisata hanya di lokasi yang sudah ditentukan saja.

Dan inilah fasilitas di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Jasa guide, atau tim rescue
  • Jasa armada khusus penjelajahan
  • Wahana wisata berupa kano

Penginapan Di Taman Nasional Meru Betiri

Terdapat penginapan di Taman Nasional Meru Betiri.

Daya Tarik Taman Nasional Meru Betiri

1. Petualangan Di Hutan

alam yang indah
alam yang indah. google maps. sumber: fendi rahardjo

Simak juga: Taman nasional alas Purwo.

Daya tarik yang pertama dari Taman Nasional Meru Betiri adalah petualangan menuju kawasan hutan yang masih terjaga kelestariannya.

Bagi yang tidak suka dengan petualangan, perjalanan wisata ke Taman Nasional Meru Betiri akan terasa angker. Tetapi sebaliknya, Taman Nasional Meru Betiri menjadi surganya para petualang.

Perjalanan menuju hutan Taman Nasional Meru Betiri, baiknya ditemani oleh guide. Perjalanan akan semakin seru, karena pengunjung akan disediakan mobil khusus, yang nantinya akan melaju di sebuah sungai.

2. Pantai Yang Eksotis

Deskripsi Taman Nasional Meru Betiri bukan hanya sebatas tentang hutan saja, namun ternyata terdapat beberapa pantai yang masih asri, dengan view alam yang eksotis.

pantai cantik di tn. meru betiri
pantai cantik di tn. meru betiri. google maps. sumber: Balsete Mayor

3. Kano

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Taman Nasional Meru Betiri, salah – satunya susur sungai dengan cara mendayung di kawasan hutan bakau dengan menggunakan Kano.

4. Wisata Budaya, Dan Edukasi

penyu di tn. meru betiri
penyu di tn. meru betiri. google maps. sumber: Andrey Tikhomirov

Simak juga: Taman Nasional Ujung Kulon.

Kunjungan wisata ke Taman Nasional Meru Betiri sangat bernilai edukatif. Selain karena keberadaan beberapa flora, dan fauna, di kawasan tersebut juga terdapat sebuah tradisi masyarakat yang bernilai edukatif.

Yang paling mengagumkan adalah upaya melestarikan penyu yang terancam punah. Hal tersebut dilakukan oleh pihak pengelola, dengan masyarakat.

Selain itu, mata pencaharian masyarakat sekitar salah-satunya dari mengolah getah karet. Dahulu, hasil pohon karet yang ada di Taman Nasional Meru Betiri pernah meramaikan pasar Eropa.


Leave a Comment