Tempat Wisata Di Limbangan, Pesona Di Utara Garut

Limbangan dikalangan milenial saat ini hanya dikenal sebagai salah satu kecamatan yang ada di Garut saja, padahal kota ini merupakan cikal bakal dari terbentuknya Kabupaten Garut.

Dimana pada tahun 1813 Limbangan merupakan sebuah Kabupaten yang dipimpin oleh Raden Adipati Aria Adiwijaya atau dikenal RAA Adiwijaya, dan ibukotanya berada di daerah Suci.

Beliau menjabat sebagai Bupati Limbangan dari tahun 1813 sampai dengan tahun 1831. Berdasarkan sejarah, pada masa RAA Adiwijaya menjabat sebagai Bupati terjadi perpindahan ibukota.

ngopi di tengah hutan pinus
ngopi di tengah hutan pinus. google maps. sumber: Alvina Nurul Sabrina

simak juga: tempat hunting foto di garut

Karena daerah Suci dinilai kurang tepat untuk dijadikan sebagai pusat pemerintahan, beliau membentuk panitia khusus untuk mencari tempat yang cocok.

Hingga ditemukanlah sebuah tempat yang memiliki sumber mata air yang mengalir langsung ke Sungai Cimanuk, yang saat ini dikenal dengan nama Garut.

Demikianlah secuil kisah tentang Kecamatan Balubur Limbangan, atau biasa disebut Limbangan. Kali ini kami akan menyajikan tempat wisata yang ada di Kecamatan Balubur Limbangan yang pastinya layak untuk dijadikan destinasi wisata selanjutnya.

Pesona Jati Ciwangi

Pesona Jati Ciwangi (PJC) tempat wisata di Limbangan yang menyuguhkan ademnya hutan pinus, dan sering dimanfaatkan pengunjung untuk kegiatan piknik bersama keluarga.

Fasilitas yang tersedia pun sudah mumpuni, mulai dari ketersediaan toilet, mushola, warung makanan dan minuman, gazebo, wahana permainan untuk anak, hingga spot foto yang keren banget.

Pesona Jati Ciwangi sempat ditutup beberapa waktu lalu akibat berlakunya PPKM wilayah kala itu, tempat wisata yang dikelola oleh Bumdes Ciwangi bekerjasama dengan RPH Limbangan saat ini sudah dapat dikunjungi kembali.

berwisata di antara pohon pinus
berwisata di antara pohon pinus. google maps. sumber: Imat zu

simak juga: gunung di garut

PJC memiliki luas sekitar 2 hektar dan didominasi oleh tingginya hutan pinus yang menghalangi sinar sang mentari untuk langsung ke bumi, enak banget untuk ngadem.

Untuk para milenial yang doyan ngopi, Pesona Jati Ciwangi menyediakan spot yang bernama De Jati Coffee. Nikmatilah secangkir kopi panas dengan panorama alam yang sejuk dan indah. Hulang – healing banget ya….

Terbuka selama 24 jam membuat Pesona Jati Ciwangi banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati sunset atau matahari tenggelam. Suasana malam akan terasa sangat berbeda dan lebih romantis.

Pesona Jati Ciwangi merupakan tempat wisata di Limbangan yang paling sering dikunjungi, karena memang Desa Ciwangi diciptakan untuk menjadi desa wisata dengan segala pesona yang dimilikinya.

  • Lokasi: Jl. Manja Beureum, Desa Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- per orang
salah satu spot foto di pjc
salah satu spot foto di pjc. google maps. sumber: Kia Niza

simak juga: tempat prewedding di garut

Tempat Wisata Terdekat

Kecamatan Balubur Limbangan berbatasan dengan Kecamatan Cibiuk di sebelah selatannya. Di kecamatan tersebut terdapat salah satu tempat wisata yang hits di awal tahun ini, yakni Antapura De Djati.

Antapura De Djati baru diresmikan pada tanggal 6 Februari 2022 dengan menyuguhkan wisata kuliner yang dibalut wisata alam serta spot foto yang berlatarkan area pesawahan dengan kontur terasering.

Wahana permainan dan spot foto yang ada di Antapura De Djati diantaranya:

  • Ayunan (Big Swing),
  • Kerucut gantung,
  • Balon udara,
  • Sarang burung,
  • Sepeda gantung,
landscape antapura de djati
landscape antapura de djati. google maps. sumber: Waskara Waskara

simak juga: tempat staycation di garut

Dengan banyaknya wahana serta spot foto yang ada, tak heran jika Antapura De Djati menjadi salah satu tempat wisata yang hits di awal tahun kemunculannya.

  • Lokasi: Jalan Raya Cibiuk, Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-
  • Jam buka: 08.00 – 12.00

Penutup

Meskipun belum banyak tempat wisata yang ada, tetapi hasil obrolan penulis dengan beberapa pegiat wisata di Limbangan maka sangat dimungkinkan di tahun 2023 akan bermunculan tempat wisata baru yang recommended dan kekinian tentunya.

spot foto kece
spot foto kece. google maps. sumber: Antapura De Djati

shopee