Taman Belajar Mangrove Labuhan, Wisata Alam dan Edukasi Bangkalan Madura

Labuhan Mangrove Education Park atau Taman Belajar Mangrove Labuhan adalah destinasi ekowisata yang menawarkan pengalaman unik dan menarik tentang alam. Ditempat ini pengunjung akan diajak menjelajahi keanekaragaman hayati mangrove. Terletak di tepi pantai utara Pulau Madura. Taman ini menjadi tempat yang ideal untuk memahami pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan.

taman belajar mangrove labuhan
taman belajar mangrove labuhan. google maps. sumber :  abi oleolang

Hutan mangrove ini berada di Desa Labuhan sehingga dikenal dengan Mangrove Labuhan. Di area konservasi mangrove ini, pengunjung bisa menjumpai hutan mangrove atau bakau yang memiliki 30 ragam jenis mangrove dan menjadi habitat bagi ikan dan kepiting. Selain berfungsi mencegah abrasi, hutan mangrove Labuhan ini merupakan objek wisata alam sekaligus wahana edukasi.

Disini pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove melalui jembatan kayu sepanjang 350 meter. Selain mangrove, pengunjung juga bisa menyaksikan kawanan burung dari menara pantau yang disediakan pengelola. Kegiatan menarik lain ditempat ini yaitu berkeliling menggunakan kano. Anda juga bisa berkemah di kawasan hutan mangrove.

Alamat Taman Belajar Mangrove Labuhan

  • Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69154.

Jam Buka

  • Buka setipa hari. 07.00 WIB – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 7.500,-
  • Parkir motor Rp.3.000,-
  • Parkir mobil Rp.5.000,-
  • Camping (dengan tambahan biaya Rp.10.000 per orang dalam 1 malam).
  • Prewedding (dengan biaya tambahan Rp.150.000).
  • Penanaman mangrove (dengan biaya pembelian bibit mulai dari Rp.1000).

Rute ke Taman Belajar Mangrove Labuhan

Jarak dari Alun-Alun Bangkalan ke Taman Belajar Mangrove Labuhan sekitar 35 km. Dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Bangkalan : Ambil arah timur laut di Jl. Letnam Abdullah menuju Jl. Jend. A. Yani. Ambil Jl. Raya Lajing , Jl. Raya Arosbaya , Jl. Raya Klampis, dan Jl. Raya Sepulu ke Jl. Taman Mangrove Labuhan di Marlabeng. Tetap di Jl. Taman Mangrove Labuhan hingga sampai tujuan anda di Labuhan.

Transportasi

Untuk menuju Taman Belajar Mangrove Labuhan dapat menggunakan kendaraan seperti sepeda motor, mobil, bahkan juga bus. Jalanan yang dilalui untuk menuju ke wisata ini sudah beraspal sehingga nyaman dan aman menuju lokasi.

Ada Apa di Taman Belajar Mangrove Labuhan

wisata taman belajar mangrove labuhan
wisata taman belajar mangrove labuhan. google maps. sumber : Koko Traveler sejati

Selain berfungsi mencegah abrasi, hutan mangrove Labuhan ini merupakan objek wisata sekaligus wahana edukasi. Ditempat ini kita bisa belajar dan meneliti berbagai jenis satwa. Ekosistem mangrove dengan konsep destinasi taman pendidikan. Pengunjung bisa menyusuri hutan mangrove melalui jembatan kayu sepanjang 350 meter.

Menikmati Pemandangan Alam

menikmati suasana hutan mangrove
menikmati suasana hutan mangrove. google maps. sumber : Agus Satriyono

Di kawasan ini, wisatawan dapat menikmati keindahan hutan mangrove yang berada di pesisir pantai utara Madura. Anda bisa duduk bersantai di atas hamparan pasir putih di bawah teduh dan rindangnya pohon cemara laut dan mangrove. Anda bisa melihat indahnya pantai, desiran ombak yang tenang ditemani suara kicauan burung.

menikmati pemandangan alam
menikmati pemandangan alam. google maps. sumber : Dheni Ines

Tersedia jembatan tracking dari kayu yang memiliki panjang dari ujung ke ujung sekitar 350 meter. melewati hutan bakau dengan jembatan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tersedia juga beberapa kano yang dapat disewa untuk lebih menyusuri hutan bakau dengan pemandangan yang cantik.

Kegiatan Edukatif Mangrove

edukasi mangrove
edukasi mangrove. google maps. sumber : Nashwa Firstya Junika
edukasi taman mangrove labuhan
edukasi taman mangrove labuhan. google maps. sumber :  Amir Arafad

Taman hutan mangrove ini terletak di tepi pantai utara Pulau Madura. Menjadi tempat yang tepat untuk memahami pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan. Menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan konservasi sumber daya alam.

Memiliki luas area sekitar 10 hektar, disini pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan edukatif. Seperti penjelajahan serta konservasi hutan mangrove, penanaman mangrove, jelajah alam, dan pemahaman tentang keberagaman flora dan fauna yang hidup di ekosistem mangrove.

Didampingi pemandu atau tourgate yang kompeten. Pengunjung dapat belajar tentang siklus kehidupan mangrove, peranannya dalam menjaga ekosistem pesisir, serta upaya-upaya pelestarian yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Selain itu, Anda juga akan memperoleh pengetahuan terkait bagaimana pembibitan pohon bakau.

Camping Ground

Taman Belajar Mangrove Labuhan juga menyediakan fasilitas camping ground . Bagi anda yang ingin menghabiskan malam di kawasan tersebut sambil berkemah.

Berswafoto

berswafoto di taman mangrove labuhan
berswafoto di taman mangrove labuhan. google maps. sumber : Rina Handayani
foto di taman mangrove labuhan
foto di taman mangrove labuhan. google maps. sumber : Achmad Wibisono

Fasilitas Taman Belajar Mangrove Labuhan

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Taman Belajar Mangrove Labuhan.

  • Parkir Area
  • Trekking 300 m di tengah area hutan mangrove
  • Tempat pemantauan burung
  • Edukasi mangrove
  • Spot foto
  • Area bermain anak-anak
  • Spot kuliner (UKM)
  • Aula
  • Toilet
  • Mushola dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Taman Belajar Mangrove Labuhan

  • Pantai Tengket

Video Taman Belajar Mangrove Labuhan

Video Taman Belajar Mangrove Labuhan berikut dikutip dari channel : Omar Jack

Penutup

Labuhan Mangrove Education Park atau Taman Belajar Mangrove Labuhan adalah destinasi ekowisata yang menawarkan keanekaragaman hayati mangrove. Taman ini menjadi tempat yang ideal untuk memahami pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan.

Melalui kunjungan ke Taman Belajar Mangrove Labuhan, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan terlibat aktif dalam menjaga kelestarian mangrove sebagai bagian penting dari ekosistem pesisir.