Panduan Wisata Ke Garut Lengkap, Baca Ini Sebelum BerKunjung

Mau berlibur ke Garut? Silahkan baca panduan wisata ke Garut yang selengkap mungkin kami sajikan disini. Anda bisa temukan apa saja tempat wisata di Garut, cara menuju lokasi, hal yang bisa dilakukan di Garut, oleh-oleh khas Garut, dan lain sebagainya.

Sekilas Info Garut

Garut merupakan kabupaten yang terletak tidak jauh dari kota Bandung. Kota ini sudah cukup dikenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tujuan tetirah/istirahat.

Ngga heran juga sih, kota Garut dikelilingi oleh banyak gunung sehingga udaranya sejuk dan segar. Banyak tempat wisata, terutama tempat wisata di Garut yang menjadi tujuan wisata lokal yang favorit. Selain itu, lokasi kota ini strategis dan mudah dijangkau dari Bandung ataupun Jakarta.

panduan wisata ke garut

Tujuan wisata populer di kota Garut mulai dari gunung, sampai dengan pantai. Lengkap deh. Tapi, karena areanya yang luas sepertinya tidak mungkin untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata di Garut dalam 1 hari saja.

Jalan Menuju Ke Garut

Jalan menuju ke Garut cukup mudah kok. Insya Allah ngga bakal nyasar jika menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum.

Tergantung dari tempat wisata yang akan anda kunjungi, ada beberapa alternatif rute ke Garut yang bisa anda gunakan.

Jalan Ke Pusat Kota Garut

Rute menuju pusat kota Garut cukup mudah. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa keluar di gerbang tol Cileunyi lalu arahkan kendaraan ke jalan raya Bandung – Garut. Di jalan cagak Nagreg, silahkan belok kanan dan ikuti terus jalan ini sampai ke pusat kota Garut.

Rute alternatif ke Garut lainnya, bisa via rute Bandung – Majalaya – Ibun – Kamojang – Samarang – Garut. Rute ini bisa juga anda gunakan kalau terjebak macet saat mudik lewat Garut menuju ke Bandung.

Tempat Wisata Yang Bisa Dikunjungi

Menggunakan rute ini cocok jika anda ingin mengunjungi tempat wisata yang tidak begitu jauh dari pusat kota Garut. Tempat yang bisa dengan muudah anda kunjungi antara lain ; Candi cangkuang (sebelum Garut), area Cipanas, Situ bagendit, kawah Talaga Bodas, kawasan Darajat, kawasan Kamojang, gunung Papandayan, curug Orok, dan juga Curug Sang Hyang Taraje.

Menggunakan Angkutan Umum

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa naik bis jurusan Garut dari terminal leuwi panjang dan terminal Cicaheum Garut. Selain itu juga bisa naik bis (Primajasa/karunia bakti) dari jakarta ( terminal lebak bulus, dan kampung rambutan).

Alternatif lainnya adalah menggunakan kendaraan omprengan seperti Elf dan suzuki carry. Biasanya ada di terminal leuwi panjang dan Cicaheum Bandung.

Selain itu, anda juga bisa naik angkutan umum dari Cileunyi, setelah gerbang tol. Disini kita bisa naik semua bis menuju garut yang lewat sini, ataupun kendaraan omprengan.

Jalan Ke Garut Selatan

Rute ini cocok digunakan jika tujuan utama anda mengunjungi pantai-pantai yang ada di sepanjang jalur pantai selatan di wilayah Garut. Rute ini direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi (mobil-motor) karena angkutan umum yang tersedia masih sedikit.

Untuk menuju ke Garut selatan, anda bisa menggunakan rute manapun yang masuk ke jalur selatan dari Sukabumi, Cianjur, dll. Tinggal ikuti terus jalur selatan dan akan masuk ke wilayah Garut.

Jika dari Bandung, anda bisa menggunakan rute jalan Bandung – Pangalengan – Cisewu – pantai Rancabuaya (garut). Atau bisa juga rute Bandung – Ciwidey – Cidaun – Pantai Rancabuaya (Garut).

Tempat Wisata Yang Bisa Dikunjungi

Tempat wisata di Garut Selatan yang bisa anda kunjungi antara lain; pantai rancabuaya, pantai puncak guha, pantai santolo, pantai Cijeruk, pantai taman manalusu, pantai cicalobak, pantai karang paranje, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Di Garut

Banyak tempat wisata di Garut yang bisa anda kunjungi. Saya tuliskan info singkatnya dibawah ini, berdasarkan kategori.

Wisata Air Panas di Garut

Garut memiliki beberapa tempat wisata air panas yang bisa anda kunjungi, antara lain;

Kawasan Cipanas Garut

sumber alam garut

foto: instagram.com/sumberalam_gardenofwater

Kawasan Cipanas Garut terletak dekat sekali, hanya sekitar 5 KM dari pusat kota Garut. Di kawasan ini terdapat banyak kolam renang, resort, water park, dan pemandian air panas alami. Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi/tempat menginap antara lain ; waterboom Sabda alam, Sumber alam resort, Tirta gangga, Cipanas indah, Danau dariza, dan lain-lain.

Air panas alami disini masih ‘segar’ lho. Bersumber dari gunung Guntur yang berada tepat dibelakang kawasan wisata cipanas Garut.

Masuk ke kawasan ini tidak perlu membayar tiket. Anda hanya perlu membayar lokasi resort/pemandian air panas yang akan dikunjungi saja.

Cara menuju lokasi; Cukup ikuti jalan raya Bandung – Garut. Setelah masuk ke tarogong, tinggal ambil jalan ke kanan di pertigaan sebelum tarogong Garut. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot jurusan Garut – Cipanas dari alun-alun Tarogong, atau dari alun-alun Garut.

Kawasan Darajat Garut

darajat garut

Kawasan Darajat Garut mulai dikenal menjadi salah satu tujuan wisata air panas di Garut akhir-akhir ini. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, sekitar 20 KM saja.

Dari area Darajat Garut, kita bisa menikmati bentangan lembah yang indah karena memang berada di dataran tinggi. Selain itu, kita juga bisa menginap, berendam, dan berenang di air panas alami disini.

Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi antara lain ; Darajat pass, puncak darajat resort dan water boom, serta awit sinar alam darajat garut.

Cara menuju lokasi: Arahkan kendaraan dari Garut ke Samarang. Ikuti terus, dan belok di pertigaan Panunjuk (kawasan Chevron). Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan angkot Garut – Samarang sampai ke pertigaan panunjuk. Lalu disambung angkot kuning (pasirwangi), atau menggunakan ojek sampai ke puncak darajat.

Sekain dua kawasan diatas, ada juga wisata air panas lain namun kecil di kawasan talaga bodas. Tapi, keuda kawasan diatas yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Gunung Di Garut

Karena lokasinya yang dikelilingi banyak gunung, terdapat banyak tempat wisata alam di garut yang bisa kita kunjungi. Antara lain;

Kawasan Wisata Gunung Papandayan

papandayan garut

Berada di kecamatan cisurupan, kawah dan gunung papandayan cukup mudah untuk dijangkau. Hal yang bisa dilakukan disini;

• Trekking di area kawah yang luas dengan pemandangan yang keren banget
  • Camping di beberapa site yang tersedia seperti pondok saladah
  • Mengunjungi padang edelweiss di puncak Tegal Alun, dan lain-lain.

Cara menuju ke lokasi : arahkan kendaraan dari garut ke bayongbong – Cisurupan. Tinggal ikuti jalan ke papandayan dari pertigaan di Cisurupan.

Jika menggunakan kendaraan umum ; naik angkot  Garut – Cisurupan dari terminal garut, turun di pertigaan papandayan. Dari sana disambung naik ojek atau angkutan desa sampai ke kawah.

Kawah Talaga Bodas

talaga bodas garut

Kawah Talaga Bodas terletak kurang lebih 28 KM dari pusat kota Garut. Disini kita bisa menikmati kawah talaga bodas, dan juga berendam air panas alami di samping kawah langsung.

Cara menuju lokasi ; arahkan kendaraan dari garut ke wanaraja, lalu belok kanan di pertigaan setelah alun-alun wanaraja. Jika menggunakan angkutan umum; naik angkot jurusan wanaraja – garut, lalu disambung dengan ojek dari pertigaan setelah alun-laun wanaraja.

Kawah Kamojang

kawah kamojang

Kawah Kamojang berada tidak jauh dari kawasan Darajat. Sebetulnya area ini masuk ke wilayan kabupaten Bandung tapi mudah untuk dicapai dari Garut. Lokasinya berada didalam kawasan PLTU Kamojang . Jalan menuju kesini juga cukup mudah untuk dicapai.

Untuk menuju lokasi, arahkan kendaraan dari Garut ke Samarang, lalu belok kanan di pertigaan Kamojang. Jalan menuju area kawah berada di kawasan PLTU kamojang. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot jurusan garut – samarang, turun di pertigaan kamojang. Lalu disambung angkutan desa sampai ke kamojang, dan disambung naik ojek sampai ke lokasi.

Wisata Danau/Situ di Garut

Terdapat dua wisata situ atau danau kecil di Garut yang cukup dikenal. Keduanya terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Garut;

Situ Dan Candi Cangkuang

situ candi cangkuang

Situ dan Candi Cangkuang berada di kecamatan Leles. Jika dari Bandung, letaknya berada sebelum kota Garut, jadi cukup dekat dijangkau. Di area ini terdapat candi petilasan budaya Hindu di jawa barat, situ cangkuang, dan juga desa adat kampung pulo. Untuk menuju ke candi cangkuang dan kampung pulo, anda harus menyeberang situ cangkuang terlebih dulu.

Menuju lokasi; arahkan kendaraan dari Bandung menuju Leles, lalu belok kiri ke arah cangkuang dari pertigaan dipinggir alun-laun leles. Ikuti terus sampai ke lokasi. Jika menggunakan angkutan umum ; naik bis/kendaraan omprengan jurusan garut, turun di alun-alun leles. Lalu disambung naik delman atau ojek untuk menuju ke lokasi.

Situ Bagendit

situ bagendit

Situ bagendit terletak cukup dekat dari terminal Garut, hanya sekitar 4-5 KM saja. lokasinya berada di kecamatan Banyuresmi, dan tepat berada dipinggir jalan raya sehingga ngga bakalan terlewat. Disini kita bisa berkeliking situ/danau dengan perahu kayuh (bebek-bebekan) ataupun menggunakan rakit. Di waktu weekend, ada juga warung yang buka di tengah situ lho.. rada unik juga.

Untuk menuju lokasi; arahkan kendaraan ke terminal garut- banyuresmi. Lokasi situ berada di sebelah kiri kira-kira 5 KM dari terminal. Jika menggunakan kendaraan umum; naik angkot jurusan garut – banyuresmi dari terminal, berhenti di gerbang masuk situ bagendit. Bisa juga naik delman dari terminal guntur.

Wisata Pantai Di Garut

Kabupaten Garut berbatasan langsung dengan samudera Indonesia di selatan. Karena itu, wilayah garut selatan memiliki banyak pantai yang bisa anda kunjungi. Semuanya mudah untuk dijangkau karena dilewati oleh jalur lintas selatan jawa barat.

Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan tempat wisata pantai di garut yang paling barat. Pantai ini cukup eksotis, memiliki bentang karang yang unik sampai ke tengah laut.

Cara menuju lokasi : bisa melalui rute bandung – pangalengan -cisewu – rancabuaya. Rute bandung – ciwidey – cidaun – rancabuaya. Melalui rute Garut – cikajang – pameungpeuk – rancabuaya.

Pantai Puncak Guha

pantai puncak guha

Pantai puncak guha berupa bukit dan tanjung kecil yang menjorok ke tengah laut. Disini kita bisa menikmati view yang indah di kiri dan kanan lokasi. Tempatnya hanya sekitar 2-3 KM saja dari pantai rancabuaya, dan jadi favorit wisatawan untuk menikmati sunset ataupun sunrise.

Cara menuju lokasi : bisa melalui rute bandung – pangalengan -cisewu – rancabuaya – puncak guha. Rute bandung – ciwidey – cidaun – rancabuaya – puncak guha. Melalui rute Garut – cikajang – pameungpeuk – rancabuaya – puncak guha.

Pantai Santolo

pantai santolo

Merupakan wisata pantai di garut yang paling dikenal. Disini kita bisa menikmati bentangan pasir pantai yang cukup luas, dan juga berkunjung ke pulau santolo.

Untuk menuju kesini, bisa melalui rute ; Garut – Cikajang – Pameungpeuk – Santolo. Atau bisa melalui rute jalur pantai selatan – Santolo. Jika menggunakan kendaraan umum dari garut; naik Elf tujuan Pameungpeuk di terminal guntur, disambung angkutan desa ke Santolo.

Pantai Sayang Heulang

pantai sayang heulang

Pantai Sayang Heulang bersisian dengan pantai Santolo, terpisahkan oleh pulau Santolo saja. Keunikannya berupa pantai karang yang cukup luas. Kita bisa berjalan sampai ke tengah dan melihat ikan-ikan laut yang ada di kolam-kolam kecil tersebar di bentangan karang.

Cara menuju lokasi sama dengan ke pantai santolo, hanya saja berbeda gerbang masuk. Bisa juga di akses dari pantai santolo – menyeberang ke pulau santolo.

Btw, nyeberangnya ngga jauh kok.. cuma terpisah muara sungai 10-15 meter aja 😀

Pantai Taman Manalusu

pantai manalusu

foto: instagram.com/oyoriders/

Pantai taman manalusu berada kurang lebih 12 KM dari santolo. Pantai ini ada di wilayah kecamatan cikelet. Pantai manalusu masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga suasananya masih relatif alami.

Pantai Cicalobak

pantai cicalobak

foto: instagram.com/auliya_fitria/

Pantai Cicalobak berada di kecamatan Mekarmukti, masih berada di jalur selatan garut. Pantai ini juga masih lumayan sepi, biasanya lumayan ramai di weekend atau hari libur saja. Lokasinya berada tidak jauh dari Pantai Puncak Guha.

Pantai Cijeruk Indah

pantai cijeruk indah

foto: instagram.com/terryportnoy91/

Pantai Cijeruk Indah berada di desa Sagara, kecamatan Cibalong, Garut. Pantai ini masih lumayan sepi, tapi suasananya cukup indah lho. Letaknya juga tidak begitu jauh dari Pameungpeuk.

Objek wisata pantai di Garut letaknya berdekatan, dan semuanya dilewati oleh jalur pantai selatan jawa barat sehingga aksesnya cukup mudah dan bagus.

Hati-hati! Pantai selatan jawa barat biasanya memiliki arus yang kuat dan ombak yang cukup besar di waktu-waktu tertentu. Pastikan anda perhatikan rambu peringatan yang ada sebelum berenang di pantai ya..

Wisata Air Terjun Di Garut

Wisata air terjun di Garut jumlahnya cukup banyak. Hanya saja sebagian besar masih ‘perawan’ dan butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya. Beberapa air terjun di Garut yang sudah cukup banyak dikunjungi antara lain;

Air terjun / Curug Sang Hyang Taraje

curug sang hyang taraje

Air terjun / curug sang hyang taraje berada di kecamatan Pamulihan, desa Pakenjeng. Letaknya kurang lebih 47 KM dari kota Garut. Lokasi curug sang hyang taraje berada di wilayah garut selatan, tapi lebih mudah untuk diakses melalui rute garut kota.

Untuk menuju lokasi, arahkan kendaraan ke rute Garut – Cikajang – Bungbulang. Saat melewati Cisandaan, belok kanan di pertigaan menuju curug. Untuk lebih jelasnya bisa anda baca di artikel diatas. Perlu diperhatikan, jalan ke curug ini cukup ‘menantang’ lho. Pastikan kendaraan anda sehat dan siap untuk sedikit off road.

Curug Orok

curug orok

foto: instagram.com/putra_pagoda_218/

Curug orok terletak kurang lebih 1o km setelah Cikajang, masih satu rute dengan curug sang hyang taraje. Curug orok mudah ditemukan karena letak gerbangnya berada di pinggir jalan cikajang – bungbulang.

Untuk menuju lokasi, ikuti rute Garut – bayongbong – cikajang – bungbulang. Letak curug orok berada sebelum Cisandaan. Lokasinya mudah ditemukan dengan bantuan google map.

Masih banyak lagi curug lain di garut yang bisa anda kunjungi, tapi perlu sedikit petualangan untuk menuju lokasinya. Info wisata air terjun di garut, terutama di garut selatan bisa juga anda lihat di akun instagram ini ; instagram.com/garut_turunankidul.

Tempat Wisata Lainnya Di Garut

Selain tempat-tempat wisata dalam kategori diatas, terdapat juga berbagai tempat wisata lain di Garut yang sudah cukup dikenal seperti;

Kampung Sampireun Resort and Spa

kampung sampireun

foto: instagram.com/kucingkuelder/

Kampung Sampireun Resort and Spa adalah salah satu resort ekslusif di Garut. Tempat ini banyak menjadi tujuan wisatawan asing ataupun domestik. Kampung sampireun juga menjadi salah satu destinasi honeymoon di Garut yang sudah terkenal, baik di luar ataupun dalam negeri.

Disini kita bisa menginap di resort yang alami dan indah disekitar danau, menikmati budaya sekitar, dilengkapi dengan pelayanan yang ekslusif banget.

Lokasi kampung sampireun berada satu arah dengan kawasan kawah kamojang. Anda tinggal arahkan kendaraan ke rute garut – samarang, lalu belok kanan ke arah kamojang. Letaknya kurang lebih 5 KM dari pertigaan jalan samarang- kamojang.

Kamojang Green Hotel and Resort

kamojang green hotel

Kamojang green hotel and resort terletak sebelum kampung sampireun, kurang lebih 3 KM dari pertigaan jalan samarang – kamojang. Tempat ini terhitung baru dibuka, tapi sudah cukup lumayan diminati sebagai pilihan resort menginap yang ekslusif di garut.

Suasananya juga alami, dengan tatanan lokasi yang bagus banget.

Kebun Mawar SituHapa

kebun mawar situhapa

Kebun mawar situhapa merupakan resort yang (lagi-lagi) terletak di jalan samarang – kamojang. Lokasinya kurang lebih 1 KM setelah kampung sampireun. Kebun mawar situhapa memiliki area kebun bunga yang luas, dengan resort-bungalow yang berada di sekitarnya. Berada di ketinggian, suasananya tenang dan indah sekali.

Oleh-Oleh Khas Garut

Liburan ke Garut tentunya kurang pas jika ngga membawa oleh-oleh khas Garut. Oleh-oleh yang dibawa pulang bisa berupa kuliner khas garut ataupun cindera mata.

Beberapa hal yang bisa anda jadikan oleh-oleh saat wisata ke Garut antara lain;

Jaket Kulit Garut

Jaket kulit garut cukup dikenal memiliki kualitas yang bagus. Bahkan sudah diekspor ke mancanegara. Selain jaket kulit, banyak juga terdapat produksi kerajinan kulit lainnya seperti tas, ikat pinggang, topi, sarung tangan, dan lain sebagainya.

Sentra kerajinan kulit di Garut terletak di Sukaregang. Lokasinya kurang lebih 2 KM dari pusat kota Garut, gampang kok untuk menuju lokasi.

Dodol Garut

Selain jaket kulit, dodol juga menjadi salah satu oleh-oleh khas garut. Produsen yang sudah cukup terkenal disini adalah Dodol picnic. Dodol picnic garut memiliki berbagai pilihan rasa dan menggunakan kemasan yang bagus. Cocok untuk anda jadikan oleh-oleh. Selain itu, rasanya juga enak, tidak terlalu manis.

Chocodot – Coklat Khas Garut

Chocodot merupakan produk coklat yang sekarang menajdi buruan oleh-oleh khas dari Garut. Coklat ini memiliki berbagai rasa yang unik, dengan kemasan yang lucu dan nyeleneh. Cocok sekali kalau anda bawa sebagai oleh-oleh setelah liburan ke Garut.

Kuliner Lainnya

Selain tiga hal diatas, garut juga memiliki berbagai produk kuliner yang khas seperti;

• Jeruk garut
  • Dorokdok atau kerupuk kulit
  • Opak
  • Burayot
  • Angleng
  • Ladu
  • Rangginang
  • dan lain-lain.

Produk-produk kuliner khas Garut bisa anda temukan di sentra oleh-oleh yang banyak terdapat di kawasan tarogong dan juga di jalan Ciledug.

Penginapan Dan Hotel Di Garut

Sebagian besar objek wisata di Garut memiliki tempat menginap dan hotel yang lumayan bagus. Untuk wisata yang berupa resort, anda bisa langsung menginap disana. Tapi jika ingin berhemat, bisa memilih hotel di garut lainnya yang bertarif lebih murah.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jarak tempat wisata yang rencananya akan kita kunjungi. Jika berencana mengunjungi tempat wisata pantai di Garut, maka lebih baik untuk menginap di area wisata pantai saja. Jika menginap di pusat kota, jaraknya akan terlalu jauh, dan cukup capek untuk ditempuh dalam 1 hari.

Jika mengunjungi tempat wisata lainnya, anda bisa menginap di area Cipanas ataupun Garut kota. Hal ini karena memang objek wisata selain di garut selatan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Anda bisa langsung menuju ke area cipanas dan memilih hotel-resort ataupun penginapan yang banyak terdapat disana.

Jika ingin booking hotel di Garut online, silahkan pilih hotel yang bisa booking online dalam link dibawah:

Semoga panduan wisata ke Garut ini bisa berguna untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini ya..