Info Tempat Wisata Di Indonesia

Sail Sabang 2017, Event Puncak Sail Indonesia Yang Meriah!

0 3,177

Sail Sabang adalah salah satu event yang menjadi puncak rangkaian acara bahari tahunan di Indonesia. Acara Sail Sabang 2017 mendapat dukungan penuh dari pemerintah, sekaligus menjadi salah satu jendela wisata Indonesia di mata dunia.

Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar, Indonesia pastinya memiliki segudang potensi wisata maritim yang amat potensial. Keindahan khas tropis yang memukau, kekayaan budaya, dan beragamnya aset bahari di negara kita jika dikelola dengan baik pasti akan memberikan segudang efek positif.

Karena hal ini juga, pemerintah terus bergerak memperkenalkan keindahan dan kekayaan maritim Indonesia di mata dunia. Salah satunya adalah dengan acara tahunan Sail Indonesia.

sail sabang 2017
via http://sailsabang2017.co.id

Sail Indonesia

Sail Indonesia merupakan tradisi rally maritim yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Event Sail Indonesia di organisir oleh Yayasan Cinta Bahari Indonesia (YCBI). Acara ini di ikuti oleh banyak Yachters dari seluruh dunia.

peserta sail indonesia
peserta sail indonesia via https://www.senayanpost.com

Dalam event ini, peserta akan berlayar mengunjungi berbagai destinasi menarik di Indonesia. Tujuannya untuk memperkenalkan lebih jauh potensi wisata dan keindahan negara kita, memperkenalkan destinasi menarik lain selain yang sudah populer, dan meningkatkan kesadaran wisata dari area yan dikunjungi.

Hal ini tentunya bakal bisa memperkenalkan keindahan wisata dan budaya di berbagai wilayah kepulauan di Indonesia.

Di setiap tempat yang dikunjungi, digelar berbagai rangkaian acara menarik. Mulai tahun 2009, penamaan disesuaikan dengan nama lokasi yang jadi tujuan akhir sekaligus puncak acara Sail Indonesia. Tahun ini dipusatkan di Sabang sehingga disebut dengan nama Sail Sabang 2017.

Beberapa yang telah diselenggarakan antara lain:

  • Sail Bunaken, tahun 2009
  • Sail Banda, tahun 2010
  • Sail Wakatobi-Belitung, tahun 2011
  • Sail Morotai, 2012
  • Sail Komodo, 2013
  • Sail, Raja Ampat, 2014
  • Sail Tomini, 2015
  • Sail Selat Karimata, 2016

Pelaksanaan Sail Sabang 2017

Pelaksanaan Sail Sabang 2017 mengusung tema Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional. Event ini menjadi kesempatan yang amat baik untuk Dinas Pariwisata Aceh untuk mempromosikan keindahan destinasi di Sabang, dan juga di Aceh secara umum.

logo sail sabang 2017

Dalam pelaksanaannya, acara ini didukung langsung oleh kementrian pariwisata, kementrian perhubungan, kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, dan langsung dinaungi oleh kementrian koordinator bidang kemaritiman.

Kerjasama antar kementrian di atas dilakukan agar acara terlaksana dengan sukses, sekaligus bisa menarik perhatian wisatawan lokal ataupun manca negara untuk mengunjungi keindahan Sabang dan sekitarnya.

Yatchter seluruh dunia di undang untuk menjadi peserta Sail Sabang 2017. Selain itu, berbagai komunitas diving juga ikut diundang untuk turut memeriahkan.

Untuk mensukseskan event wisata yang penting ini, Pemda Aceh telah mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas pendukung. Tentunya hal ini akan lebih mempermudah wisatawan untuk datang kemari.

Berbagai acara menarik telah disiapkan untuk dinikmati pengunjung. Tentunya akan sangat berkesan untuk kita kunjungi nanti bukan?

Kita bisa mendapatkan pengalaman yang amat unik, tentu sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Rute Sail Sabang

Rute Sail Sabang 2017 melewati berbagai tempat yang memiliki keindahan alam dan budaya yang kaya. Tempat yang akan dilalui bisa anda lihat dalam gambar dibawah ini.

Rute Sail Sabang 2017
via http://sailsabang2017.co.id/id/daftar/

Rutenya dimulai dari Darwin, Australia dan melewati : Kupang – Timur Tengah Utara – Alor – Komodo – Sumbawa Besar – Medana Bay – Lovina – Banyuwangi – Karimunjawa – Kumai – Manggar – Belitung – Pulau Ketawai – Bintan dan berakhir di Sabang.

Lokasi Sail Sabang 2017

Lokasi Sail Sabang Aceh rencananya akan dipusatkan di sekitar area Teluk Sabang dan di Gapang Resort.

Jadwal Sail Sabang ini akan diselenggarakan pada tanggal 28 November 2017 sampai dengan tanggal 5 Desember 2017.

Ingin berlibur sekaligus mengikuti even yang meriah? Jangan lewatkan tanggal di atas. Silahkan jadwalkan liburan anda ke acara ini, pasti liburan anda akan lebih berkesan.

Rangkaian Acara

Berbagai rangkaian acara menarik telah disiapkan, baik untuk peserta ataupun untuk menghibur wisatawan yang datang berkunjung.

Beberapa event yang telah dipersiapkan antara lain;

  • Sabang expo
  • Sabang wonderful expo
  • Marine expo

Acaranya antara lain Sabang International Free Diving Competition & Workshop yang berupa kursus atau pelatihan, juga kompetisi free diving dengan total hadiah mencapai 200 juta rupiah.

Kegiatan dan atraksi lain yang direncanakan antara lain International Yatch Rally, kedatangan KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci, Flying Pass, Aceh Fun dive, underwater contest, lomba mancing, dan juga berbagai festival kuliner dan kopi.

Tak hanya itu, terdapat pula atraksi parade kapal tradisional, sendratari Keumalahayati, city tour Sabang, Aerobatic Show, dan lain sebagainya. Pokoknya, bakal meriah banget deh!

Puncak acara Sail Sabang 2017 direncanakan akan dikunjungi langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sekilas Tentang Sabang

Sabang merupakan nama kota yang ada di pulau Weh. Jadi, Sabang bukan nama pulau seperti yang banyak orang sangka. Kota Sabang sendiri merupakan ibu kota dari Kotamadya Sabang Aceh.

Wilayahnya meliputi pulau Weh, dan juga pulau-pulau lain disekitarnya seperti pulau Seulako, Klah, Rubiah, dan pulau Rondo.

Keunikan kota ini karena posisinya ;

  • merupakan kota di ujung barat Indonesia
  • berbatasan dengan 3 negara sekaligus ; Malaysia, India dan Thailand.

Pulau Weh dan area sekitarnya memiliki keindahan alam baik darat ataupun laut yang memukau. Bahkan di kalangan diver, spot di sekitar pulau Weh dikenal sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia lho.

Lokasinya juga cukup beragam, mulai dari area Shark Plateau tempat mengamati hiu dan manta. Ada juga Canyon atau lembah bawah laut dengan kedalaman mencapai 50 meter. Selain itu juga terdapat banyak spot eksotis kapal karam peninggalan perang dunia II yang sekarang berubah menjadi tempat berkumpulnya biota laut yang unik.

Sebagai salah satu tempat favorit para yatchters, tempat ini didatangi banyak turis mancanegara. Tercatat hingga Juli tahun 2016 saja sudah ada 37 yatch yang datang dan juga 10 kapar pesiar (Cruise) dengan total penumpang 9.736 wisatawan asing yang berkunjung.

Adanya event Sail Sabang 2017 tentu bakal lebih mengangkat nama wilayah ini di mata traveler dunia.

Tempat Wisata Di Sabang

Banyak tempat wisata di Sabang yang bisa anda kunjungi. Karena berupa kepulauan, tentu wajar jika sebagian besar wisatanya berupa wisata pantai ataupun diving/snorkeling.

Meskipun demikian, terdapat juga beberapa tempat wisata yang ada di daratan pulau Weh yang bisa anda kunjungi.

Beberapa tempat wisata di Sabang yang bisa anda kunjungi antara lain;

Tugu Nol Kilometer

tugu nol kilometer

Rasanya kurang pas jika berlibur ke Sabang, tapi tidak mengunjungi Tugu Nol Kilometer. monumen Kilometer Nol merupakan penanda ujung terbarat Indonesia.

Pulau Rubiah

Pulau rubiah

Area sekitar pulau ini menyimpan kekayaan dan keindahan biota yang memukau disamping pantainya yang indah berpasir putih. Anda bisa snorkeling atau diving, dan bisa menyewa perlengkapannya dari operator yang ada disini.

Selain keindahan alamnya, pulau Rubiah juga memiliki sejarah sebagai tempat karantina calon jemaah haji di zaman penjajahan Belanda, sebelum berangkat ke Mekkah.

Selain lokasi di atas, terdapat juga tempat wisata lain seperti Pantai Iboih, Pantai Gapang, Pantai Anoi Itam, Bunker peninggalan penjajahan Jepang, Pantai Sumur Tiga, Air Terjun Pria Laot, Pantai Paradiso, Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa lihat peta wisata dibawah ini:

tempat wisata di sabang lengkap
via Spotwisata.com . Klik untuk memperbesar gambar

Cara Menuju Ke Sabang

Ada beberapa transportasi yang bisa anda gunakan. Antara lain ;

  • Pesawat dari Bandara Kuala Namu Medan – Bandara Maimun Saleh Sabang via Garuda Indonesia.
  • Kapal cepat dari Ulee Lhee Banda Aceh – Balohan Sabang.
  • Feri Ekonomi.

Penginapan Dan Hotel Di Sabang

Berikut beberapa penginapan dan hotel di Sabang yang bisa anda pilih. Sebelumnya perlu di ingat, jika anda datang berkunjung di waktu event Sail Sabang 2017, kemungkinan hotel sudah full book. Ada baiknya anda booking secara online sebelumnya, jika memungkinkan.

Cek Hotel Sekitar Sabang

Daftar hotel yang kami kumpulkan antara lain;

  • Pade Dive Resort. Cek harga dan fasilitas klik disini
  • Fina Bungalow. Cek harga dan fasilitas klik disini.
  • Gapang Beach Resort. Cek harga dan fasilitas klik disini.
  • Yulia Bungalow. Cek harga dan fasilitas klik disini
  • Casanemo – Jalan K.H. Agus Salim, Kel. Ie Maulee, Kec. Sukajaya, Sabang, Aceh. Tel : 081362999942. [email protected] – www.casanemo.com
  • Nagoya Inn Sabang – Jalan Cut Meutia No.34, Kota Atas, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh – Telepon: +62 652 22311
  • Freddy Rousseau – Jl. K. Agus Salim, Ds Ie Meulee (Sumur Tiga) – 0813 6025 5001 – www.santai-sabang.com – [email protected]
  • Pulau Weh Dive Resort – Jalan KM 0 Sabang- Tel +62 652 332 4919 – Email : [email protected] – Website : www.pulauwehresort.com
  • Iboh Inn – Alamat: Jl. Pantai Iboih, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh 24411, Indonesia – Telepon: +62 811-841-570 – www.iboihinn.com
  • Hotel Sabang Hill – Jln. Iskandar Muda Sabang hiLL Kebun Merica Kota Sabang Phone : (0652) 21999 Faxmilie : (0652) 22666 Website : www.sabanghill-aceh.com Email : [email protected]
  • UK CC – Ujung Karang Sabang – Mobile: +62 81375908756 – email: [email protected] – www.ukccsabang.com
  • Penginapan perdana – Jl. K. Agus Salim, Ds Ie Meulee (Sumur Tiga) – Tel: 0852 6207 1939
  • Hotel Kartika – Jl. Teuku Umar No. 17-19 Sabang- P. Weh – Tel: (0652) 22168
  • Panorama Seulako – Jln. Km Nol, Pulau Weh – Aceh – 0823 6921 6501
  • Bunda Bungalow – Jln. Km Nol Tepin Layeu- Iboh Tel: 0852 7748 7545

Tertarik untuk datang ke acara Sail Sabang 2017? Segera persiapkan liburan anda kesini sekarang juga!

Acara Sail Sabang 2017
90%
Awesome
  • Acara
  • Fasilitas
  • Rekomendasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.