13 Tempat Wisata Di Purwokerto Dan Sekitarnya

Purwokerto merupakan ibu kota dari Kabupaten Banyumas provinsi Jawa Tengah. Kota ini mulai mengalami perkembangan yang signifikan setelah tahun 2000. Banyaknya mahasiswa dari luar kota bahkan luar pulau yang berdatangan untuk menimba ilmu di Universitas Jenderal Sudirman disinyalir menjadi salah satu motor penggerak berkembangnya perekonomian di kota ini.

Perkembangan ekonomi di Purwokerto berdampak positif pada sektor pariwisata. Banyak tempat wisata di Purwokerto yang dulunya kurang mendapat perhatian, kini dioptimalkan sehingga dikenal luas. Tak dipungkiri bahwa Purwokerto merupakan salah satu daerah dengan potensi wisata yang menjanjikan. Ragam wisata bisa ditemukan di kota ini, mulai dari wisata alam, religi, hingga wisata air.

Berikut 13 tempat wisata di Purwokerto yang pantang untuk dilewatkan ketika Anda berlibur ke kota ini.

1. Baturaden

Tempat wisata di Purwokerto yang satu ini seolah sudah melegenda. Tak hanya populer tetapi juga menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun domestik bahkan mancanegara. Baturaden menawarkan keindahan panorama alam disertai dengan beragam wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga.

baturaden - tempat wisata di Purwokerto

image : initempatwisata.com

Terletak di lereng Gunung Slamet, Baturaden menyuguhkan hawa sejuk nan menyegarkan sehingga cocok sekali sebagai destinasi rekreasi Anda bersama keluarga. Lokasi wisata ini juga mudah diakses dan tak jauh dari pusat kota, karena Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari pusat kota Purwokerto ke tempat wisata Baturaden.

Sebagai tempat wisata yang populer, banyak fasilitas yang disediakan di Baturaden, misalnya saja kolam renang, kolam luncur, sepeda air, dan juga pemandian air panas. Suatu paket wisata yang lengkap.

2. Curug Ceheng

Ini dia tempat wisata di Purwokerto yang menyajikan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Curug Ceheng merupakan salah satu wisata alam dengan daya tarik utamanya berupa air terjun.

curug ceheng purwokerto

gambar: instagram.com/praztyo20

Tempat wisata ini terletak di Desa Gandatapa Kecamatan Sumbang. Keindahannya yang luar biasa menjadikan setiap wisatawan yang mengunjunginya malas bahkan lupa pulang.

3. Curug Gede

Curug Gede juga menyuguhkan keindahan pemandangan alam air terjun yang begitu mempesona. Tempat wisata di Purwokerto ini benar-benar pantang untuk dilewatkan dari daftar tujuan wisata Anda.

curug gede purwokerto

gambar: instagram.com/ahgnesdn

Lokasinya tak jauh dari tempat wisata Baturaden, hanya berjarak kurang lebih 3 km. Jadi, jangan sampai menyesal karena tidak sempat singgah di tempat wisata yang satu ini.

4. Baturaden Adventure Forest

Sesuai namanya, tempat wisata di Purwokerto ini berlokasi di kawasan wisata Baturaden. Banyak permainan yang menantang disuguhkan di sini, seperti mountain advanture, water adventure, tree adventure, dan eco adventure.

baturaden adventure point purwokerto

image: instagram.com/jemmynababan

Nah, bagi Anda yang suka bertualang, maka tempat wisata ini pastinya cocok untuk mengisi liburan bersama teman-teman atau keluarga Anda.

5. Curug Cipendok

Bagai surga tersembunyi. Itulah ungkapan untuk menggambarkan tempat wisata di Purwokerto yang satu ini. Sebagai salah satu tempat wisata yang populer, Curug Cipendok telah dilengkapi dengan sarana prasarana memadai yang memudahkan wisatawan untuk menikmati keindahan alamnya.

Curug Cipendok purwokerto

gambar: instagram.com/dhefiid

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Purwokerto, yakni berjarak sekitar 25 km, tepatnya berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas.
Keindahan alam yang masih sangat terjaga dengan buaian udara yang sejuk dan segar menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapati suara-suara penghuni hutan seperti kera dan elang. Untuk urusan kuliner, Anda tak perlu khawatir, karena di lokasi ini telah banyak warung yang menjajakan susu murni dan makanan khas Purwokerto, yaitu tempe mendoan.

6. Pemandian Kalibacin

Pemandian Kalibacin menjadi salah satu tempat wisata di Purwokerto yang banyak dikunjungi wisatawan. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah pemandian air hangat yang dipercaya sanggup menyembuhkan berbagai penyakit kulit, karena mengandung belerang.

Pemandian Kalibacin purwokerto-banyumas

gambar: dinporabudpar.banyumaskab.go.id

Lokasinya berada di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo.

7. Telaga Pucung

Telaga Pucung merupakan tempat wisata di Purwokerto yang layak menjadi destinasi wisata keluarga. Dibandingkan dengan tempat wisata lainnya, Telaga Pucung tergolong baru karena belum lama diresmikan oleh pemerintah tahun 2005.

telaga pucung purwokerto

gambar: instagram.com/rfdnptra

Lokasi tempat wisata ini tak jauh dari Curug Cipendok, hanya berjarak sekitar 500 meter di sebelah barat. Telaga Pucung dikellilingi oleh hutan yang masih alami sebagai habitat dari elang dan harimau Jawa sebagai satwa yang tergolong langka.

8. Batur Agung

Satu lagi tempat wisata di Purwokerto yang menyuguhkan paket wisata lengkap, Batur Agung. Tempat wisata ini memiliki beragam wahana permainan yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman-teman. Konsep yang diusung oleh tempat wisata ini adalah menyatu dengan alam. Nah, Anda bisa menikmati kesegaran dan kesejukan udara yang berlatar panorama alam yang indah.

batur agung purwokerto

gambar: www.purwokertoguidance.com

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai permainan seperti ATV, flying fox, arung jeram, waterpark, kebun buah, kereta mini, dan juga situs purbakala. Tempat wisata ini berlokasi ini Kedungbanteng, Banyumas.

9. Dream Land Park Pancasan

Ingin bermain air? Tempat wisata di Purwokerto ini bisa menjadi pilihan. Dream Land Park Pancasan terletak di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang. Tempat wisata ini menyuguhkan wahana air yang seru berupa kolam renang, seluncuran, ember tumpah, sepeda air, dan kayak.

Dream Land Park Pancasan

gambar: berita.suaramerdeka.com

Puas bermain air, Anda bisa menikmati taman reptil, taman unggas, dan juga taman batu alami berupa batu karts yang menyembul ke permukaan bumi.

10. Crossworld Paintball

Berwisata alam memang menyenangkan dan menenangkan. Namun, apabila Anda bosan dengan wisata alam, wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan, Crossworld Paintball. Tempat wisata di Purwokerto ini menawarkan war game atau permainan perang-perangan. Nah, Anda bisa beraksi bak jagoan di film-film Hollywood. Untuk menikmati wisata ini tentu Anda harus berkunjung bersama dengan rombongan.

crossworld paintball purwokerto

gambar: jalanjajanmurah.com

Tempat wisata ini terletak di Jalan Ringin Tirto No. 69. Selain paintball, di tempat wisata ini Anda juga bisa menikmati permainan bilyar dan sajian di mini food court.

11. Depo Bay Depo Pelita

Bermain air memang tidak ada matinya, selalu menyenangkan dan mengesankan. Depo Bay Depo Pelita yang terletak di Jalan Menteri Supeno No. 10 Sokaraja menjadi salah satu tempat wisata di Purwokerto yang pantang untuk Anda lewatkan.

Depo Bay Depo Pelita

gambar; maskurmambang.com

Tempat wisata ini tak hanya menjadi magnet bagi destinasi wisata, tetapi juga belanja dan kuliner. Tempat wisata air ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

12. Goa Maria Kaliori

Tempat wisata di Purwokerto yang satu ini merupakan tempat wisata religi bagi umat nasrani. Goa Maria Kaliori menempati area seluas 5,6 hektar yang telah dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti pendopo untuk beristirahat, gereja, dan bangku-bangku taman.

goa maria kaliori purwokerto

gambar: id.finspi.com

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus menempuh jarak 20 km dari pusat kota Purwokerto.

13. Pancuran 7

Satu lagi tempat wisata di Purwokerto yang terletak di kawasan Baturaden yang pantang untuk dilewatkan, Pancuran 7. Tempat wisata ini merupakan sumber air hangat yang mengandung belerang. Maka dari itu, sumber air hangat di sini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit, jerawat, dan gatal-gatal.

pancuran 7 baturaden

gambar; widjayaekaputra.wordpress.com

Akses menuju lokasi cukup sulit dan melelahkan, karena Anda diharuskan untuk menaiki puluhan anak tangga. Meski demikian, rasa lelah yang mendera akan langsung terobati ketika Anda telah sampai di lokasi. Tak hanya dapat memanfaatkan kehangatan air belerang, Anda juga bisa menikmati keindahan alamnya yang mempesona.

Setiap tempat wisata menyuguhkan kesan tersendiri, baik keindahan alamnya, fasilitasnya, atau faktor lainnya. Demikian pula tempat wisata di Puwokerto. Keindahan alam yang mempesona selalu akan memberikan makna dalam setiap perjalanan wisata.

13 Tempat Wisata Di Purwokerto Dan Sekitarnya
5 (100%) 16 votes

Related Posts

Add Comment