Air Terjun Batu Lapis Lampung, Wisata Alam Lampung Yang Mirip Air Terjun Tongkat

Yups, bukan hanya di Lumajang Jawa Timur saja lokasi Air Terjun Batu Lapis. Namun di Lampung juga terdapat nama yang sama.

Air Terjun Batu Lapis Lampung
Air Terjun Batu Lapis Lampung. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Seperti yang pernah saya ulas, beda tempat, ya beda juga keindahannya, maupun karakternya. Bagi yang belum baca Air Terjun Batu Lapis Lumajang, bisa klik linknya di sini : www.nativeindonesia.com

Dan edisi kali ini, kita menhadirkan info lengkap Air Terjun Batu Lapis yang ada di Lampung. Namun sebelum masuk kepada ulasannya, ada baiknya saya jelaskan dulu perbedaan dan kesamaan Air Terjun Batu Lapis yang ada di Lumajang, dan di Lampung.

Air Terjun Batu Lapis Lumajang
Air Terjun Batu Lapis Lumajang. Sumber : indonesiaone.org

Perbedaan Dan Kesamaan Air Terjun Batu Lapis Lampung Dan Lumajang

Selain karena lokasinya yang berbeda, serta pesona keindahannya yang berbeda, maka inilah perbedaan dan kesamaan Air Terjun Batu Lapis yang ada di Lumajang, dengan yang ada di Lampung :

1. Trekking

  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, trekkingnya cukup aman dilalui oleh anak-anak usia 8 tahun.
  • Air Terjun Batu Lapis Lampung, jalur trekkingnya minimal bagi orang dengan usia remaja.
  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, trekkingnya sudah tertata baik.
  • Air Terjun Batu Lapis Lampung, belum terbentuk, serta belum tertata secara baik.
  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, dan Lampung, trekkingnya sama masih berbentuk lapisan tanah.
  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, dan Lampung, trekkingnya sama-sama disuguhi view alam yang menawan.

2. Kolam Utama

  • Kolam utama Air Terjun Batu Lapis Lumajang tidak dalam.
  • Kolam utama Air Terjun Batu Lapis Lampung cukup dalam

3. Arus Air

  • Arus air dari Air Terjun Batu Lapis Lumajang tidak deras.
  • Arus air dari Air Terjun Batu Lapis Lampung cukup deras.
  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, dan Lampung memiliki air yang sama-sama jernih

4. Fasilitas

  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, dan Lampung sama – sama belum lengkap dari sisi fasilitas

5. Alam Sekitar

  • Air Terjun Batu Lapis Lumajang, dan Lampung memiliki kesamaan alam sekitar yang masih asri.

Trekking Menuju Air Terjun Batu Lapis Lampung

Akses jalan untuk sampai di Air Terjun Batu Lapis baiknya menggunakan sepeda motor. Supaya trekkingnya tidak terlalu jauh.

Sebetulnya bagi yang sudah tahu jalurnya, serta ahli dalam mengendarai sepeda motor, maka bisa langsung bisa parkir di dekat lokasi Air Terjun Batu Lapis.

Namun bagi yang belum pernah, baiknya melakukan trekking saja. Apalagi jika musim hujan, jalanannya akan menjadi licin, ditambah di samping kanan merupakan tepian jurang yang belum ada pagar pembatas.

Kondisi Trekking Menuju Air Terjun Batu Lapis
Kondisi Trekking Menuju Air Terjun Batu Lapis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Keseruan lebih terasa jika melakukan trekking, meskipun jauh, namun di sepanjang jalan akan tersaji view alam yang begitu menawan.

Udaranya juga sangat sejuk, jauh dari polusi perkotaan. Selain itu, banyak juga lokasi yang bisa dijadikan sebagai spot selfie dengan latar alam yang sangat indah, dan layak diposting di media sosial kalian.

Jika melakukan trekking tidak akan terasa nilai ekstrimnya. Namun jika naik sepeda motor, akan terasa ngeri-ngeri sedap. Kondisi motor, terutama bannya sangat menentukan sekali.

Kondisi Jalur Saat Hujan
Kondisi Jalur Saat Hujan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jika anda berkunjung di akhir pekan ini, akan tampak proses pembuatan fasilitas pendukung yang masih belum rampung di dekat lokasi utama Air Terjun Batu Lapis.

Lanjutkan beberapa langkah, maka di depan mata setelah jembatan bambu, traveler akan melihat sebuah air terjun dengan arus air yang tidak terlalu deras. Lokasinya di bawah rindangnya pohon besar. Namun itu bukan Air Terjun Batu Lapis.

Hanya tinggal beberapa langkah lagi, terhalang oleh tebing tanah, serta pepohonan, terdapat sebuah air terjun dengan air yang sangat deras. Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Batu Lapis Lampung.

View Air Terjun Batu Lapis Di Trekking Terakhir
View Air Terjun Batu Lapis Di Trekking Terakhir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Nama Lain Air Terjun Batu Lapis

Tidak perlu heran, jika objek wisata di Indonesia memiliki nama lain, bisa dua nama, bahkan bisa sampai 3 nama. Hal tersebut merupakan nilai tambah selain dari pesona keindahannya.

Penamaan selalu mengandung nilai histori, atau menunjukan nama tempat, maupun legenda, dan misteri. Dan nama lain dari Air Terjun Batu Lapis Lampung adalah Air Terjun Gunung Batu.

Ragam Aktivitas Wisata Dan Pesona Keindahan Air Terjun Batu Lapis Lampung

Air Terjun Batu Lapis sepintas mirip dengan Air Terjun Tongkat yang ada di Langkat, Sumatera Utara. Hal itu disebabkan oleh sebuah dahan pohon yang membentang,seolah menyangga air terjun.

Dahan Pohon Seperti Air Terjun Tongkat
Dahan Pohon Seperti Air Terjun Tongkat. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Yang membedakan adalah, dahan pohon yang membentang di Air Terjun Batu Lapis berada sedikit di samping arus air yang turun.

Namun Air Terjun Tongkat, dahan pohonnya berada tepat di tengah – tengah arus air yang turun menuju kolam. Bagi yang belum tahu tentang Air Terjun Tongkat, bisa klik linknya di sini : www.nativeindonesia.com

Pesona keindahan selanjutnya karena ketinggiannya. Tinggi Air Terjun Batu Lapis Lampung diperkirakan mencapai 60-75 meter.

Pesona Keindahan Air Terjun Batu Lapis
Pesona Keindahan Air Terjun Batu Lapis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Arus air yang turun sangat deras sekali, sehingga sulit sekali mandi di bawah guyuran Air Terjun Batu Lapis karena saking derasnya.

Kolamnya cukup dalam dibandingkan dengan Air Terjun Batu Lapis Lumajang. Sehingga para pengunjung bisa melakukan aktivitas mandi, atau bermain air di sekitar kolam utama.

View di sekitar lokasi utama didominasi oleh batuan besar, serta sungai yang terletak setelah kolam utama. Ditambah pepohonan yang memberikan keteduhan, serta keasrian alam sekitar.

View Sekitar Air Terjun Batu Lapis
View Sekitar Air Terjun Batu Lapis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di lokasi utama juga jangan lupa untuk selalu mengabadikan momen indahnya. Lalu posting di media sosial kalian, supaya lebih banyak orang yang tahu, dan ingin berkunjung ke lokasi air terjun tersebut.

Kenikmatan terindah adalah saat selesai bermain air, menikmati kopi hitam panas, sambil duduk di batu, sambil menghadap ke Air Terjun Batu Lapis.

Tapi kopinya bawa sendiri dari rumah ya…. Karena di lokasi utama belum ada penjaja makanan dan minuman untuk saat ini.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Batu Lapis Lampung

Lokasi dan alamat Air Terjun Batu Lapis berada di Pekon Talang Beringin, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Rute Menuju Air Terjun Batu Lapis Lampung

Rute menuju Air Terjun Batu Lapis sama dengan rute menuju Taman Hutan raya Lampung, yang menawarkan keindahan rumah pohon.

Jarak dari Taman Hutan raya hanya sekitar 2 kilometer saja. Di Taman Hutan raya, terdapat jasa angkutan ojek yang bisa mengantar pulang-pergi pengunjung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Batu Lapis

Belum ada keputusan resmi terkait harga tiket masuk Air Terjun Batu Lapis Lampung.

Jam Operasional Air Terjun Batu Lapis Lampung

Begitupun dengan jam operasionalnya belum ada keputusan resmi. Namun para pengunjung diharapkan kembali saat menjelang sore, atau saat cuaca buruk. Di Papan Informasi Hanya tertulis batas maksimal kunjungan pukul 16.00.

Penginapan Di Air Terjun Batu Lapis

Belum ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Batu Lapis Lampung. Karena statusnya masih dalam tahap pengembangan, dan penataan.

Penutup

Demikian info Air Terjun Batu Lapis yang ada di Lampung. Semoga ke depannya ragam wahana, dan fasilitas penunjang mampu segera terealisasi.

Bagi para pengunjung, patuhi protokol kemanan, dan kesehatan. Dan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment