Air Terjun Way Lalaan, Pelepas Dahaga Di Kaki Gunung

Mendaki gunung lewati lembah, mengalir sungai indah bersama teman berpetualang. Masih inget ngga lagu itu? Untuk kamu yang masih inget berarti kita tumbuh tahun 90an. Itulah gambaran petualangan para pencinta hiking.

Kalau udah mendaki gunung, hal yang paling ditunggu selanjutnya adalah mengeksplor keindahan disekitar gunung tersebut.

Pernah ngga kamu mendaki Gunung Tanggamus di Provinsi Lampung? Tepatnya di Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Ketinggian Gunung Tanggamus yaitu 2.102 Meter dan merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi.

Nah, di kaki Gunung Tanggamus ini terdapat air terjun yang indahnya luar biasa. Namanya Air Terjun Way Lalaan. Air terjun Way lalaan sudah ditemukan sejak masih zaman pemerintahan kolonial Belanda loh, yaitu sekitar tahun 1937. Hal tersebut ditandai dengan sudah adanya tangga menuju Air Terjun Way Lalaan.

Air Terjun Way Lalaan
Air Terjun Way Lalaan. Sumber: infolpg.com

Air Terjun Way Lalaan keindahannya sudah kesohor seantero Lampung, bahkan se Indonesia. Karena memang di Pulau Sumatera itu masih banyak banget wisata alam yang masih asri bahkan belum banyak dijamah oleh tangan-tangan manusia.

Nama Way Lalaan sendiri berasal dari bahasa Lampung, yaitu “Way” yang artinya sungai dan “Lalaan” yang artinya yang “bermuara” ke Teluk Semangko. Kolam penampungan Air Terjun Way Lalaan dipenuhi air yang berwarna biru yang menandakan kondisi air yang jernih dan segar. Pantaslah kalau kita sematkan sebagai pelepas dahaga di kaki Gunung Tanggamus.

Ayo dong jelasin lagi apa aja sih yang ada di Air Terjun Way Lalaan? Pasti itu kan yang ada difikiran kalian. Sabar kawan, kita bahas lebih dalam yuk tentang pesona Air Terjun Way Lalaan. Check it dot!

Ragam wisata

1. Air Terjun Way Lalaan

Yang pertama akan kita bahas the one and only pastinya Air Terjun Way Lalaan. Tahu ngga, ternyata air terjunnya itu ada dua loh. Warga sekitar menyebutnya Air Terjun Way Lalaan satu dan Air Terjun Way Lalaan dua.

Lantas apa yang menjadi pembeda antara Air Terjun Way Lalaan satu sama Air Terjun Way Lalaan dua? Secara kasat mata yang berbeda hanyalah lokasinya aja. Way Lalaan satu terletak di atas sedangkan Way Lalaan dua terletak di bawahnya. Keduanya hanya berjarak sekitar 200 meter.

Aliran Air Terjun Way Lalaan satu akan mengalir ke Air Terjun Way Lalaan dua yang terletak memang berada di bawahnya. Aliran air terjun Way Lalaan berasal dari mata air Gunung Tanggamus, sehingga tak diragukan lagi kesegaran dari kualitas airnya.

Air Terjun Way Lalaan 1
Air Terjun Way Lalaan 1. Sumber: liburanlampung.blogspot.com

Keindahan Air Terjunnya dari keduanya sudah tidak bisa diragukan lagi. Deburan air yang jatuh dari ketinggian 11 Meter ini menambah sejuk dan indahnya Air Terjun Way Lalaan.

Air Terjun Way Lalaan Dua mengalir lebih deras daripada Air Terjun Way Lalaan Satu. Air yang muncul mengalir dengan derasnya dari celah batu yang ukurannya sangat besar. Aliran air yang datang disambut oleh sebuah kolam yang selalu siap menampung banyaknya air yang dijatuhkan.

Air dengan warna yang biru sehingga nampak sangat indah, siap menjadi santapan keindahan mata kita. Air Terjun Way Lalaan masih dihiasi oleh pepohonan yang rindang dan jika kita beruntung kita bisa bertemu dengan kawanan monyet.

Batu-batu besar yang ada disekitar air terjun pun tak kalah indahnya dan dapat juga dijadikan spot swafoto.

Air Terjun Way Lalaan 2
Air Terjun Way Lalaan 2. Sumber: dkonten.com

2. Bermain Air

Apalagi agenda kamu untuk datang kesini kalau bukan untuk main air, iya kan? Yang suka main air bukan hanya anak-anak aja loh, itu seperti kodrat manusia bahwa kalau lihat air bawaanya pengen nyemplung aja.

Air Terjun Way Lalaan menyuguhkan air terjun yang tidak terlalu deras alirannya, kedalam kolamnya pun masih dalam batas aman. Anak-anak pun bisa ikut nyemplung bareng-bareng.

Namun selama kita masih mengikuti aturan ya. Di sepanjang kolam ada seutas tali yang memanjang, tali tersebut merupakan tanda batas aman untuk kita bermain air.

Di kolam penampung Air Terjun Way Lalaan terdapat kolam yang ada pusaran airnya dan kedalamannya pun cukup dalam. Pusaran tersebut akan membuat kamu tersedot kedalamnya dan tidak bisa keluar lagi, sekalipun kamu mahir dalam berenang.

So, kalau kamu ingin liburanmu menyenangkan ikuti aturannya. Jangan berenang melewati tali yang sudah disediakan.

Bermain air di Air Terjun Way Lalaan
Bermain air di Air Terjun Way Lalaan

3. Makan durian langsung dari pohonnya

Lokasi Air Terjun Way Lalaan dekat dengan perkebunan durian, dijamin duriannya manis dan legit banget deh. Tapi itu kalau kamu datang ke Air Terjun Way Lalaan bertepatan dengan musim panen durian.

Jika kamu beruntung kamu bisa makan durian langsung dari pohonnya, yang kamu ambil sendiri atau meminta pada petugas yang berjaga disana.

Enak banget kan sehabis seharian kamu bermain air, eksplor kedua Air Terjun Way Lalaan, menikmati keindahan alam yang disajikan kamu akhiri petualanganmu dengan yang manis dan lezat.

Fasilitas di Air Terjun Way Lalaan

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Way Lalaan sudah dibilang lengkap, dari mulai kamar mandi, mushola, warung-warung makanan, dan area parkir yang luas.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan terdapat di Desa Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung.

Rute Menuju Air Terjun Way Lalaan

Dari Kota Agung hanya berjarak kurang lebih sekitar 8 Km. Jika kamu berangkat dari Tanggamus kamu harus menempuh jarak sekitar 80 Km. Dan kurang lebih selama 1,5 jam dari Kota Bandar Lampung.

Lebih cepat jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, kamu hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit jika kamu berangkat dari Batu Keramat. Selanjutnya kamu masuk ± 300 m dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera – Bandar Lampung ke Kota Agung hingga pintu gerbang.

Tiket Masuk dan Biaya Parkir

Air Terjun Way Lalaan dikelola dibawah Dinas Pariwisata Tanggamus. Untuk memasuki tempat wisata alam Air Terjun Way Lalaan kamu cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- perorang.

Untuk kamu yang membawa kendaraan sendiri, kamu cukup memarkirkan kendaraanmu ditempat yang sudah disediakan dan membayar uang parkir untuk motor membayar Rp. 5.000,- dan untuk mobil sebesar Rp. 10.000,-.

Cukup murah meriah bukan? Alam memang selalu baik kepada kita.

Kuliner Daerah Kota Agung, Tanggamus, Lampung

Setiap daerah pasti mempunyai makanan khasnya tersendiri. Kamu ngga lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah terus tidak mencoba mencicipi makanan khasnya.

Setelah kamu menikmati keindahan alam Air Terjun Way Lalaan, kamu wajib mencoba beberapa kuliner khas dari Kota Agung Tanggamus ini. Daerah ini terletak di kaki Gunung Tanggamus dan disisi Teluk Semangko yang dapat menghasilkan banyak ikan, maka tak heran jika kulinernya banyak yang berbahan dasar ikan. Seperti Sup Ikan Marlin, otak-otak, iwan, bekasam, sambol cubik, dan lepot tapai.

Sup Ikan Marlin
Sup Ikan Marlin. Sumber: seringjalan.com

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Way Lalaan, alangkah baiknya ikuti tips berikut ini:

  • Pastikan cuacanya cerah dan tidak sedang hujan.
  • Siapkan kamera anda untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.
  • Jaga kebersihan di sekitar Air terjun Way Lalaan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Ajaklah keluarga dan teman untuk sama-sama menikmati keindahan Air Terjun Way Lalaan.

Penutup

Alam selalu menyuguhkan keindahan yang luar biasa dan tak tertandingi. Meskipun terkadang dalam mendapatkan keindahan tersebut kita harus menempuh jarak yang lumayan dapat menguras tenaga, tetapi alam kan membayarnya lebih.

Jagalah selalu potensi alam yang ada disekitar kita. Tanpa harus menjadi apa atau siapa. Jika kamu beruntung kamu dapat mewariskannya pada anak cucu kelak.

Baca juga:

Leave a Comment