Air Terjun Sumber Pitu, Wisata Tumpang, Yang Berkelas Internasional

Jika ada yang langsung menolak terkait judul artikel ini, ada baiknya tuntaskan dulu membacanya supaya tidak gagal paham ya mas bos…

Atau mungkin ada yang kebingungan tentang lokasi dan view dari Air Terjun Sumber Pitu? Yups, memang benar Air Terjun Sumber Pitu ada di dua lokasi yang berbeda, namun masih di Malang Jawa Timur.

Air Terjun Sumber Pitu yang pertama berada di Kecamatan Pujon, dan yang saat ini akan dibahas adalah Air Terjun Sumber Pitu yang berlokasi di Kecamatan Tumpang.

Air Terjun Sumber Pitu Pujon
Air Terjun Sumber Pitu Pujon. Sumber : aktualnews.co

Jarak dari Kecamatan Tumpang ke Kecamatan Pujon cukup jauh. Jaraknya sekitar 51 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit, jika melalui Jalan Tol Pandaan – Malang.

Meskipun lokasinya berbeda, namun kesamaannya bukan hanya terletak di Malang Jawa Timur saja, namun ke duanya memiliki panorama air terjun yang sangat indah.

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com 

Bahkan karena  panorama Air Terjun Sumber Pitu sangat memukau, saya sangat berkeyakinan jika lokasi wisata tersebut mampu memikat wisatawan luar negeri.

Hanya saja terdapat catatan penting untuk mewujudkan hal tersebut, diantaranya faktor fasilitas pendukung, serta yang paling penting trekking menuju lokasi utama harus terjamin kenyaman dan keamanannya.

Trekking Menuju Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Agar tidak terlalu jauh, maka ada baiknya menggunakan kendaraan roda dua atau motor. Karena ada titik jalur yang tidak bisa dilalui oleh mobil, dan hanya bisa dilalui oleh motor saja.

Di sepanjang jalur kendaraan, akan tersaji view keindahan alam berupa pepohonan yang berbaris rapih serta memberikan nuansa keteduhan selama di perjalanan.

Dari area parkiran motor, maka selanjutnya yang mesti dilakukan oleh pengunjung adalah trekking menuju lokasi utama Air Terjun Sumber Pitu Tumpang.

Trekking Part I

Trekking menuju Air Terjun Sumber Pitu Tumpang jaraknya tempuhnya sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan, jika langkah kaki traveler cukup santai.

Ya memang harus santai, karena selain untuk menghemat tenaga bekal nanti pulang. Namun sajian pemandangan di sepanjang jalur juga sangat indah. Sayang sekali jika traveler hanya lewat saja, tanpa menikmatinya.

Trekking Menuju Air Terjun Sumber Pitu
Trekking Menuju Air Terjun Sumber Pitu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jalur trekkingnya masih berbentuk lapisan tanah, namun tidak sempit. Serta anak tangganya masih berupa lapisan tanah yang dipadatkan oleh bambu.

Trekking Part II

Saya sarankan kunjungan ke lokasi wisata Air Terjun Sumber Pitu Tumpang jangan terlalu siang. Karena sebelum sampai di lokasi utama, traveler akan sampai terlebih dahulu di sebuah air terjun yang sangat indah.

Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Tunggal. Dan nama lainnya adalah Grojokan Lading. Air Terjun Tunggal memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Air Terjun Tunggal
Air Terjun Tunggal. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air yang turun cukup deras, dan kondisi kolamnya juga tidak dalam, serta air dari kolam tersebut mengalir langsung ke sungai yang bisa dilihat di jalur trekking pertama.

Pesona alam sekitar di Air Terjun Tunggal sangat indah, dengan udara sekitar yang sangat sejuk. Sehingga para pengunjung selalu menyempatkan diri untuk mengabadikan momen kebahagiaan di air terjun tersebut.

Setelah selesai menikmati keindahan Air Terjun Tunggal, mari lanjutkan trekking menuju lokasi utama Air Terjun Sumber Pitu Tumpang.

Dari lokasi Air Terjun Tunggal, traveler akan melewati sebuah jembatan bambu yang membentang di atas aliran sungai tadi. Jembatan bambunya cukup kuat, hanya saja tidak cukup lebar.

Jarak dari Air Terjun Tungga ke Air Terjun Sumber Pitu Tumpang hanya tinggal 150 meter lagi. Setelah itu, anda akan melihat panorma layaknya di negeri dongeng.

Lokasi tersebut terdapat lebih dari 1 air terjun, dan dipenuhi dengan view keindahan alam lainnya. Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Sumber Pitu Tumpang.

Lokasi Utama Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
Lokasi Utama Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selamat menikmati, namun sisakan tenaga karena anda harus kembali pulang.

Pesona Keindahan Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang lokasinya terletak sebagai bagian dari pesona keindahan Gunung Bromo. Tepatnya di sebelah barat Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Adapun pesona Air Terjun Sumber Pitu Tumpang adalah sebagai berikut :

1. Air Terjun

Pesona keindahan yang pertama karena jumlah air terjunya tidak hanya satu. Namun di lokasi tersebut terdapat banyak air terjun, meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi.

Pesona Keindahan Air Terjun Sumber Pitu tumpang
Pesona Keindahan Air Terjun Sumber Pitu tumpang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Sumber Mata Air

Asal Air Terjun Sumber Pitu Tumpang berasal langsung dari smuber mata air, dan tidak melewati sungai terlebih dahulu. Hal tersebut berpengaruh terhadap kejernihan airnya.

Airnya selalu jernih apapun musimnya. Bahkan Air Terjun Sumber Pitu Tumpang terkenal tidak pernah surut. Hal tersebut tentu menjadi hal mendasar dari destinasi wisata air terjun.

3. Kolam Utama

Kolam utamanya berisikan air yang sangat jernih. Dan yang paling penting lagi, para pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang secara aman. Meskipun kehati-hatian harus tetap ada.

Sensasi terindah yang akan didapatkan pengunjung saat berenang di kolam utama dengan guyuran air lebih dari satu air terjun.

Kolam Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
Kolam Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

4. Alam Sekitar

Alam sekitar Air Terjun Sumber Pitu Tumpang sangat elok. Rumput – rumput hijau yang lebat, serta tebiing yang pendek sebagai pemisah antar air terjun, menjadi pelengkap kesempurnaan keindaan yang tersaji.

Setelah lelah berenang, nikmati secangkir kopi di atas batu yang ada di sekitar kolam, sambil menikmati keindahan alam.

Pesona Alam Sekitar
Pesona Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Misteri Di Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Masyarakat sekitar meyakini bahwaa sumber mata air dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang berhubungan dengan Gunung Bromo.

Maka masyarakat sekitar menganggap air tersebut sebagai air yang suci. Dan di lokasi tersebut juga sering dilakukan beberapa ritual.

Nama Lain Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Nama lain dari Air Terjun Sumber Pitu Tumpang adalah Coban Sumber Pitu, dan Umbulan Pitu.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Lokasi Air Terjun Sumber Pitu Tumpang terletak di lereng Gunung Bromo. Alamat Air Terjun Sumber Pitu Tumpang berada di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Rute menuju Air Terjun Sumber Pitu Tumpang jika dari Pasar Tumpang, maka tinggal lanjutkan menuju Gubuk Klakah.

Selanjutnya masuk ke Desa Wringinanom, kemudian belok kiri menuju Desa Duwet Krajan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Harga tiket masuk Air Terjun Sumber Pitu Tumpang Rp. 5.000 per orang. Adapun tarif parkir sepeda motor Rp. 5.000 per unit.

Jam Operasional Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Jam operasional Air Terjun Sumber Pitu Tumpang buka dari pukul 07.00 – 18.00. dari hari Senin – Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Tidak ada penginapan di lokasi Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Penutup

Itulah info lengkap Air Terjun Sumber Pitu Tumpang. Semoga saja harapan menjadi destinasi wisata alam yang mampu memikat wisatawan mancanegaara mampu terwujud.

Selalu patuhi protokol kesehatan dan keamanan. Jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment