Bandar Ecopark, Wisata Populer Yang Bersejarah Di Bandar Batang

|

Bandar Ecopark bukan hanya sekedar menyajikan keseruan wisata saja. Terdapat sisi edukatif yang ditawarkan objek wisata tersebut kepada para pengunjung yang datang.

Bandar Ecopark memiliki konten utama berupa kolam renang, dan taman ekowisata yang didukung dengan beragam wahana permainan yang membuat wisata keluarga anda menjadi menyenangkan.

bandar ecopark batang
bandar ecopark batang. google maps. sumber: Daddy Hidayat

Sisi edukasi bukan hanya dari konten ecoparknya saja. Karena Bandar Ecopark Batang juga menjadi bagian dari salah-satu objek wisata yang bersejarah.

Bahkan diksi “populer” di judul utama bukanlah sebuah klise. Berdasarkan fakta yang penulis baca di beberapa sumber menunjukan bahwa wisata tersebut di tahun 2016 pernah tembus di angka 10.000 lebih kunjungan wisata dalam satu bulan.

Lalu apa saja daya tarik yang ditawarkan Bandar Ecopark Batang? Dan inilah revienya yang sudah kami siapkan untuk anda.

Simak juga: Wisata Alam Sikembang

Lokasi Bandar Ecopark

  • Lokasi Bandar Ecopark terletak di dataran tinggi dan gugusan pegunungan yang menyambung sampai ke daerah Dieng.
  • Alamat Bandar Ecopark berada di Jl. Raya Sidomulyo, Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Bandar Ecopark

lokasi bandar ecopark
lokasi bandar ecopark. google maps. sumber: Bito Batang

Jalan menuju Bandar Ecopark sudah bagus, dan sangat mudah dilalui karena lokasinya berada di samping jalan utama. Selain itu juga bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, bahkan mobil bus hingga area parkiran.

Jarak dari Alun-Alun Kabupaten Batang ke Bandar Ecopark sekitar 20 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh hanya 30 menit perjalanan saat kondisi jalanan lancar.

Kondisi jalanan banyak kelokan, serta disajikan panorama alam yang didominasi oleh perkebunan teh, dan perbukitan. Nikmati saja perjalanannya, tidak usah buru-buru, karena keselamatan yang paling utama.

Simak juga: Kebun Teh Pagilaran

Harga Tiket Masuk Bandar Ecopark

  • Tiket masuk Bandar Ecopark Rp. 5.000 per orang.
  • Tiket masuk di luar biaya parkir.

Jam Buka Bandar Ecopark

  • Bandar Ecopark buka dari pukul 07.30 – 16.00.
  • Bandar Ecopark beroperasional setiap hari.

Simak juga: Batang Dolphin Center

Fasilitas Di Bandar Ecopark

fasilitas bandar ecopark
fasilitas bandar ecopark. google maps. sumber: Nabila Lala

Fasilitas wisata di Bandar Ecopark adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kantin,
  • Souvenir,
  • Playground
  • Penyewaan ban,
  • Wahana air,
  • Area taman yang luas dan edukatif.

Simak juga: Curug Genting atu Curug Sigenting

Daya Tarik Bandar Ecopark

1. Peninggalan Dari Jaman Belanda

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa objek wisata Bandar Ecopark Batang menyajikan sisi edukatif dari sisi sejarah. Karena wisata tersebut bagian dari peninggalan penjajahan Belanda.

Peninggalan yang masih sama dari jaman dulu sampai saat ini hanya tinggal sumber mata airnya saja yang menjadi sumber air yang menuju area kolam renang.

2. Kolam Renang

kolam renang bandar ecopark
kolam renang bandar ecopark. google maps. sumber: Enyria

Bandar Ecopark terkenal dengan spot kolam renangnya yang luas serta dilengkapi dengan wahana air yang biasa ada di wahana waterboom, atau waterpark.

Selain itu, airnya bersumber dari mata air langsung. Tidak berhenti sampai di situ saja, view di sekitar kolam yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar menyajikan sensasi berenang di dalam hutan.

3. Area Taman

taman bandar ecopark
taman bandar ecopark. google maps. sumber: Enyria

Area taman yang ada di Bandar Ecopark sudah dilengkapi dengan jalur pejalan kaki yang tertata baik, dan bersih. Taman tersebut ditumbuhi beraneka ragam tanaman, dari mulai yang berukuran kecil, hingga pohon – pohon besar.

Para pengunjung bisa memilih untuk jalan- – jalan dulu di area taman, selanjutnya berenang. Atau  bisa juga sebaliknya. Tapi ingat jangan sampai membuang sampah sembarangan, dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Oh iya, bagi anda yang lupa membawa baju untuk berenang. Tenang saja, karena di objek wisata Bandar Ecopark terdapat stand penjual baju renang, hingga souvenir.