Wisata Alam Sikembang, Tempat Terbaik Untuk Kembangkan Motorik Anak

Wilayah Kabupaten Batang rata-rata berupa daerah perbukitan dan pegunungan, sehingga banyak lokasi wisata yang bernuansa alam di kabupaten bagian dari Provinsi Jawa Tengah ini.

Diantara tempat wisata yang terkenal ialah Dataran Tinggi Dieng yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta tempat Wisata Alam Sikembang yang berada di hutan pinus.

Kali ini saya akan membahas mengenai Wisata Alam Sikembang atau Sikembang Park. Tempat wisata yang satu ini memiliki udara yang sejuk sekali, karena berada diantara hamparan pohon pinus yang berderet dengan sangat rapih.

Lokasi wisata yang satu ini dapat kamu nikmati bersama dengan seluruh keluarga tercinta, apalagi anak-anak, kamu dapat melihat senyum yang lebar di wajah mereka.

Tak terlewatkan untuk kamu para pecinta fotografi, di Sikembang Park terdapat beberapa spot selfie yang kece badai yang sayang untuk kamu acuhkan.

Sebuah tempat wisata alam yang sesuai untuk segala usia, baik anak-anak, muda, dewasa bahkan orang tua sekalipun.

Taman Cantik Tempat Berfoto Selfie
Taman Cantik Tempat Berfoto Selfie. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

Simak juga: Ragam Wisata Kabupaten Batang

Lokasi Wisata Alam Sikembang

Lokasi Wisata Sikembang Park ini terletak di Dukuh Kebaturan, Desa Kembanglangit, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Wisata Alam Sikembang

Rute menuju Wisata Alam Sikembang Park ini jika kamu bergerak dari Semarang, kamu akan menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam lamanya. Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari Kota Kediri hanya sekitar 30 menit saja.

Untuk menuju Wisata Alam Sikembang Park ini sangat mudah, kamu tinggal arahkan kendaraanmu menuju Alun-Alun Batang kemudian lurus terus hingga tiba di Gapura Adi Batang.

Selanjutnya teruskan perjalananmu hingga melewati Balai Batu Tulis dan Masjid Baitul Izzah. Lalu arahkan ke kiri terus lurus kemudian belok ke kanan sebelum Polsek Tulis.

Terus lurus hingga tiba di perempatan jalan, ambil ke arah kiri, kemudian kamu akan melewati Balai Desa Candi dan Puskesmas Batang I, lalu belok kanan, lurus kemudian belok ke arah kiri.

Selanjutnya kamu tinggal lajukan kendaraan menuju Wisata Alam Sikembang Park, sebelum tiba di lokasi kamu akan melewati Wisata Bukit Tronggolasi terlebih dahulu. Dengan estimasi waktu dari Alun-Alun Batang sekitar 50 menit hingga 1 jam.

Jam Buka Wisata Alam Sikembang

Jam operasional Wisata Alam Sikembang Park dibuka setiap hari Senin sampai dengan hari Minggu mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Simak juga: Panta Ngurtafur Maluku, dengan gosong 2 km

Tiket Masuk dan Parkir Wisata Alam Sikembang

Untuk tiket masuk Wisata Alam Sikembang Park ini dibedakan menjadi:

  • Untuk memasuki area Bravo Kid Warrior harus membayar tiket untuk dewasa sebesar Rp. 5.000 per orangnya sedangkan untuk untuk anak-anak usia 2 sampai 12 tahun harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 per anak. Mereka dapat menikmati wahana permainan yang ada di area Sikembang Park sepuasnya.
  • Sedangkan ketika memasuki area Sikembang Park, kamu hanya perlu membayar tiket parkir untuk motor Rp. 5.000 sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 10.000 saja.

Fasilitas Wisata Alam Sikembang

Fasilitas umum yang ada di area Wisata Alam Sikembang Park ini sudah lengkap, dengan tersedianya:

  • Lahan parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Camping Ground
  • Homestay
  • Unit Kesehatan

Daya Tarik Wisata Alam Sikembang

Lokasi wisata alam yang satu ini, tak pernah sepi akan kehadiran pengunjung, yang coba ditawarkan bukan hanya keindahan pohon pinusnya saja. Namun Wisata Alam Sikembang Park ini memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Melihat Indahnya Alam Dari Atas Gardu Pandang

Di sepanjang perjalanan menuju Wisata Alam Sikembang Park ini kamu sudah dapat merasakan keindahannya, dengan begitu alaminya alam yang tersaji di depan mata.

Selain itu rindangnya pohon pinus membuat udara di sekitar menjadi sejuk dan menyegarkan. Kamu dapat melihat keindahan Sikembang Park dari atas sebuah gardu pandang.

Menikmati Indahnya Alam Dari Atas Gardu Pandang
Menikmati Indahnya Alam Dari Atas Gardu Pandang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di ketinggian tersebut kamu dapat melihat dengan jelas, panorama menakjubkan yang hadir di wisata alam yang satu ini. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikannya dalam sebuah video maupun foto.

Kamu juga dapat bersantai di atas sebuah hammock yang diikatkan diantara pohon pinus, dengan melihat ke atas begitu tingginya pohon pinus yang kamu tatap. Sehingga mampu menghalau sinar matahari mengenai wajahmu.

2. Bermain di Bravo Kids Warrior

Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak
Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika berada di area Bravo Kids Warrior anak-anak akan disuguhkan dengan lebih dari 15 wahana permainan, yang dapat dimainkan sepuasnya. Wahan permainan yang ada yakni:

  • Kolam Renang/Waterboom
  • Mandi Bola
  • Flying Fox
  • Labirin
  • Mushroom Castle
  • Geometri Trap
  • Dragon Ring
  • Balance Bridge
  • Spider Trap
  • Domino Trap
  • Birma Bridge
  • Titian Gantung
  • Monkey Jump
  • Swing Bridge
  • Warped Wall
  • Panjat Tambang
Waterboom Sikembang Park
Waterboom Sikembang Park. Sumber: www.cintapekalongan.com

3. Spot Selfie

Wisata Alam Sikembang Park sangat berusaha memanjakkan pengunjung dari berbagai kalangan usia. Salah satunya ialah mereka para milenial yang sedang hobi fotografi dengan menggunakan kamera di Hp nya.

Lokasi wisata yang satu ini menyediakan berbagai macam spot foto yang Instagramable banget, diantaranya deretan payung cantik warna-warni yang digantung, rumah pohon, Jembatan bambu dengan latar hamparan pohon pinus yang sangat cantik, sebuah kayu yang dibentuk menyerupai I Love U.

Serta jangan lupakan juga untuk mengabadikan keindahan hamparan pohon pinus yang sangat menenangkan. Dijamin kamu akan puas mengambil beberapa gambar ketika berada di Wisata Alam Sikembang Park ini.

Mengabadikan Keindahan Sikembang Park
Mengabadikan Keindahan Sikembang Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Keindahan Bukit Selong di Lombok

4. Camping

Untuk kamu yang ingin mendirikan tenda di sekitar Wisata Alam Sikembang Park ini juga bisa. Kamu akan merasakan berkemah diantara pepohonan pinus dengan ditemani kicauan serangga di malam hari.

Apalagi jika menikmati keindahan alam yang tersaji dengan menikmati secangkir kopi yang dapat menghangatkan tubuhmu yang mulai kedinginan.

5. Offroad

Offroad Mengelilingi Sikembang Park
Offroad Mengelilingi Sikembang Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Telaga Bidadari di tengah kota industri Batam

Untuk kamu yang ingin mengelilingi area Wisata Alam Sikembang Park dengan cara yang berbeda, kamu dapat menyewa mobil jeep yang telah disediakan untuk kegiatan offroad.

Melalui jalan yang masih berupa tanah sehingga akan membuat badanmu sedikit bergoncang karenanya, namun pengalaman itu sangat seru sekali.

Penginapan Atau homestay

Di area Wisata Alam Sikembang Park terdapat beberapa penginapan atau homestay yang dapat kamu sewa, dengan harga yang coba ditawarkan yakni sebagai berikut:

  • Dengan fasilitas 3 kamar cukup membayar sebesar Rp. 300.000 per malamnya
  • Dengan fasilitas 4 kamar dan kamar mandi di dalam sebesar Rp. 600.000 per malamnya
Penginapan Atau Homestay
Penginapan Atau Homestay. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang berkeinginan mengunjungi Sikembang Park:

  • Bawa baju hangat karena cuaca akan sangat dingin ketika menjelang sore hari.
  • Apabila hendak bermain air di kolam renang atau waterboomnya, pastikan tubuh kamu kuat menahan dinginnya air pegunungan.
  • Berhati-hatilah ketika melajukan kendaraan menuju Sikembang Park, karena jalurnya berkelok-kelok dan menanjak.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Sikembang park.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Sikembang Park.

 

Penutup

Simak juga: Puncak Widosari Jogja, setinggi 1000 mdpl

Wisata Alam Sikembang Park merupakan tempat yang tepat untuk melatih kemampuan motorik kasar pada anak, karena banyaknya wahana permainan yang mendukung.

Luangkan waktu kamu bersama keluarga tercinta dengan mengunjungi Wisata alam Sikembang Park ini!

Leave a Comment