Candi Mendut, Saat Sejarah, Dan Filosofi Berpadu Menjadi Satu

Candi Mendut adalah pesona wisata sejarah di Magelang, selain dari kemegahan Candi Borobudur. Memang betul bahwa Borobudur lebih menyita perhatian wisatawan, baik dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Ternyata Magelang memiliki bangunan candi lainnya, yang bernama Candi Mendut. Sebuah candi yang syarat dengan nilai sejarah, dan kaya akan nilai filosofis.

Wisata sejarah Candi Mendut sangat recommended dikunjungi. Salah-satu alasannya untuk melengkapi pengetahuan, dan pemahaman kita akan sejarah, dan peradaban di masa lampau.

candi mendut
candi mendut. google maps. sumber: heru afrizal

Simak juga: daftar tempat wisata di Magelang

Faktanya, kunjungan wisata ke tempat-tempat yang bersejarah menjadi salah-satu top list bagi para wisatawan, selain tempat wisata bertemakan alam.

Aturan Saat Berada Di Candi Mendut

Bagi anda yang berencana melakukan kunjungan wisata ke Candi Mendut, untuk saat ini masih ditutup sementara, sampai level zonasi PPKM turun di Magelang.

Saat ini, para pengunjung hanya bisa melihat Candi Mendut di luar pagar yang melingkari candi tersebut. Tetapi, sekalipun nanti dibuka kembali, maka terdapat beberapa aturan saat anda berkunjung, atau masuk ke Candi Mendut Magelang. Yaitu:

  • Pembatasan jumlah pengunjung,
  • Pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan.

Adapun aturan yang mesti dipatuhi oleh pengunjung saat memasuki area dalam Candi Mendut, adalah sebagai berikut:

  • Dilarang membawa, makan, dan minuman,
  • Dilarang masuk dalam keadaan mabuk,
  • Dilarang berisik,
  • Dilarang memakai sepatu hak tinggi,
  • Dilarang merokok,
  • Dan selalu menjaga kebersihan, dan dilarang membuang sampah sembarangan.
bagian luar candi mendut
bagian luar candi mendut. google maps. sumber: rido sayyid

Lokasi Dan Alamat Candi Mendut

Lokasi Candi Mendut terletak di Jl. Badrawati. Adapun alamat Candi Mendut berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Candi Mendut

Jalan menuju Candi Mendut bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga area parkiran Candi Mendut. Kondisi jalannya juga bagus, serta tidak sulit, karena letak Candi Mendut berada di samping jalan utama.

Jika pemberangkatan awal anda dari Malioboro, Jogja, maka jarak tempuh menuju Candi Mendut Magelang sekitar 37 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Candi Mendut

Tiket masuk Candi Mendut Rp. 5.000 per orang.

  • Biaya parkir mobil Rp. 10.000
  • Biaya parkir motor Rp. 5.000
salah satu lokasi di kawasan candi mendut
salah satu lokasi di kawasan candi mendut. google maps. sumber: Hugo Cuandri

Baca: keindahan panorama di Ketep Pass

Jam Buka Candi Mendut

  • Dalam kondisi normal, Candi Mendut buka setiap hari.
  • Candi Mendut buka dari pukul 07.00 – 19.00.

Fasilitas Di Candi Mendut

Fasilitas di Candi Mendut adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Jasa pemandu wisata,
  • Toko souvenir,
  • Warung makanan, dan minuman.
arca yang ada di dalam area candi
arca yang ada di dalam area candi. google maps. sumber: Vinh Phuc

Sejarah Candi Mendut

Sejarah Candi Mendut sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti tentang dimensi sejarahnya secara komprehensif. Jejak sejarahnya hanya mengacu kepada sebuah prasasti yang bernama Prasasti Karang Tengah yang berangka 824 M.

Candi Mendut dibangun oleh Raja Indra, pada masa, atau Dinasti Syailendra. Hanya saja angka tahun pembangunan awal Candi Mendut masih belum diketahui secara pasti. Namun diduga sama, atau bahkan lebih tua dari Candi Borobudur.

Namun, Candi Mendut mulai ditemukan pertamakali di tahun 1836, tetapi penemuannya tidak utuh, tanpa atap. Upaya pemugaran pertama dilakukan dari tahun 1897-1904. Pemugaran selanjutnya di tahun 1908, dan 1925.

Saat ini, fungsi Candi Mendut selain sebagai destinasi wisata sejarah di Magelang, di sisi lain sebagai tempat beribadah umat Buddha. Jadi, para pengunjung harus bisa menjaga etika saat berkunjung ke kawasan Candi Mendut ya…

tujuan wisata lain di magelang
tujuan wisata lain di magelang. google maps. sumber: David Muñoz Pareja

Baca: uniknya arsitektur Gereja Ayam

Daya Tarik Candi Mendut

1. Bangunan Candi Yang Bersejarah

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan candi yang bersejarah, yang bernama Candi Mendut. Karakteristik Candi Mendut berbeda dengan candi-candi lainnya. Karena di kawasan tersebut, hanya ada satu candi saja.

Candi Mendut berbentuk segi empat, dengan ketinggian 26,40 meter. Di sekeliling Candi Mendut berupa hamparan rumput hijau, kemudian pepohonan besar yang memberikan keteduhan bagi para pengunjung.

2. Wisata Sejarah Yang Edukatif

salah satu relief yang menghiasi dinding candi
salah satu relief yang menghiasi dinding candi. google maps. sumber: Arka Chattopadhyay

Seperti yang sudah dijelasakan di awal pembahasan, Candi Mendut sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, sekaligus destinasi wisata sejarah yang edukatif di Magelang.

Relief-relief yang ada di Candi Mendut menjadi isyarat tentang nilai filosofis yang sangat mendalam. Dengan kata lain, Candi Mendut menjadi salah-satu gerbang untuk memahami peradaban, dan sejarah di masa lampau.


Tinggalkan komentar