Coban Pancawarna, Air Terjun Di Malang Dengan Sejuta Warna

Air terjun merupakan sebutan untuk sebuah keadaan alam dimana air mengalir jatuh dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Air terjun biasanya berasal dari sumber mata air yang berada di atasnya, maka tak heran jika aliran air terjun selalu berwarna jernih dan bersih.

Dengan melihat air terjun entah mengapa suasana hati menjadi lebih tenang dan damai. Dengan merasakan cipratanNya seakan dapat membangunkan kita untuk lebih siap beraktifitas kembali. Seakan memberi kita kekuatan untuk tetap melangkah menggapai mimpi kita.

Meskipun jalan yang dilalui untuk sampai dapat menimati Air Terjun selalu tidaklah mudah, namun kita selalu lagi dan lagi seakan tidak pernah kapok untuk terus mengunjungi sebuah air terjun. Karena kita yakin bahwa yang kita perjuangkan tidaklah sia-sia.

Di Kabupaten Malang banyak sekali air terjun yang cantik dan elok yang sayang untuk kamu lewati. Karena sebagian besar wilayah Kabupaten Malang merupakan kawasan dataran tinggi dan pegunungan yang berhawa sejuk.

Coban Ciblungan
Coban Ciblungan. Sumber : www.kanalmalang.net

Kabupaten Malang merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Malang adalah kabupaten terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi dan merupakan Kabupaten dengan populasi terbesar di Jawa Timur. Kabupaten Malang juga merupakan Kabupaten terluas ketiga di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sukabumi yang terletak di Jawa Barat.

Kabupaten Malang
Kabupaten Malang. Sumber: travel.detik.com

Banyak sekali wisata air terjun yang dapat kamu nikmati di Kabupaten Malang, ada Coban Ciblungan ada Coban Pancawarna atau biasa disebut juga Coban Telaga Warna. Kali ini kita akan bahas mengenai Coban Pancawarna.

Coban Pancawarna memberikan kamu sensasi lain menikmati sebuah air terjun, kamu mau tahu pesona keindahan seperti apa yang coba ditawarkan di Coban Pancawarna? Check this out!

Pesona Keindahan Coban Pancawarna

Coban Pancawarna atau Coban Telaga Warna terletak di antara Desa Purwoharjo dan Desa Sidongrenggo. Maka dari itu untuk mencapai Coban Pancawarna ini kamu bisa melalui Desa Purwoharjo dengan jalur treking yang akan dilalui yaitu beberapa turunan yang cukup curam dengan jarak tempuh mencapai 400 meter.

Bisa juga kamu melalui Desa Sidorenggo dengan jarak tempuh mencapai 300 meter. Sejauh 200 meter kamu akan menuruni jalan dan melewati kebun kopi. Sisanya kamu akan melewati treking yang berupa jalan tanah yang sangat curam, sehingga warga sekitar membuatkan tangga untuk memudahkan para wisatawan mencapai air terjun.

Jalur treking yang begitu berat tidak menyulutkan para pengunjung untuk tetap menikmati keindahan Coban Pancawarna ini. Jika kamu takut nyasar saat menjelajahi jalur treking ini, kamu dapat meminta tolong untuk diantarkan oleh warga sekitar. Jangan lupa untuk membayar jasa mereka yang telah mengantarkanmu, untuk sampai menuju Coban Pancawarna.

Treking Menuju Coban Pancawarna
Treking Menuju Coban Pancawarna. Sumber: murgiatmokoo.blogspot.com

Coban Pancawarna atau Coban Telagawarna ini memiliki tinggi sekitar 90 meter dengan posisi memanjang ke bawah dan memiliki diameter lebar sekitar 1 meter. Coban Pancawarna berada di bawah Coban Ciblungan.

Treking Coban Pancawarna
Treking Coban Pancawarna. Sumber: murgiatmokoo.blogspot.com

Berada diantara bebatuan besar yang ditumbuhi tumbuhan yang berwarna hijau, dibawahnya terdapat telaga atau danau yang jernih berwarna biru kehijauan sedangkan pinggir telaganya berwarna kecoklatan. Sehingga memunculkan perpaduan warna yang indah, maka tak heran jika air terjun ini diberi nama Coban Telagawarna atau Coban Pancawarna.

Coban Pancawarna
Coban Pancawarna. Sumber: www.kanalmalang.net

Namun, jika kamu mengunjungi Coban Pancawarna saat hujan tiba, maka warna air terjunnya akan berubah menjadi keruh, hal ini dikarenakan adanya unsur tanah yang dibawa dari atas air terjun yang terseret bersama air.

Telaga atau danaunya pas banget untuk kamu yang ingin berenang ataupun hanya sekedar bermain air. Merasakan dinginnya air Coban Pancawarna dapat menghilangkan rasa lelah setelah melakukan treking yang lumayan menguras tenaga.

Tidak lupa untuk mengabadikan momen kamu saat berada di Coban Pancawarna dengan latar belakang air terjunnya atau keindahan alam yang ditawarkan.

Berfoto Bersama Keindahan Coban Pancawarna
Berfoto Bersama Keindahan Coban Pancawarna. Sumber: malang.merdeka.com

Lokasi Dan Alamat Coban Pancawarna

Lokasi dan alamat Coban Pancawarna berada di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Coban Pancawarna

Rute menuju Coban Pancawarna dapat mengikuti rute sebagai berikut :

  • Dari pusat Kota Malang memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Kamu akan menuju Kepanjen kemudian Gondanglegi setelah itu menuju Turen, Dampit kemudian sampailah di Ampelgading.
  • Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari arah Lumajang kamu mengambil rute menuju Sumbersuko kemudian menuju Tempeh, setelah itu Pasirian, Candipuro, Pronojiwo sampailah kamu di Ampelgading.

Rute yang akan kamu lewati sama dengan rute Air Terjun Coban Ciblungan, karena memang masih searah. Setelah sampai di persimpangan akan ada petunjuk arah menuju Coban Pancawarna.

Tiket Masuk Coban Pancawarna

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam Coban Pancawarna, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis.

Jam Operasional Coban Pancawarna

Jam operasional Coban Pancawarna dibuka selama 24 jam sehari dan dibuka mulai hari Senin sampai hari Minggu. Jadi, Coban Pancawarna siap menerima kamu kapan pun kamu ingin berkunjung.

Fasilitas yang tersedia di Coban Pancawarna

Fasilitas yang tersedia di Coban Pancawarna belum terlalu lengkap. Seperti kesediaan tempat parkir, toilet, ataupun warung-warung makanan. Untuk tempat parkir kamu harus menitipkannya di rumah warga dengan membayar Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda dua sedangkan untuk mobil dengan membayar Rp. 5.000,-.

Penginapan

Penginapan di sekitar Coban Pancawarna belum tersedia, tapi jika kamu ingin menginap terdapat banyak penginapan atau homestay di Desa Sidorenggo dengan kisaran harga dibawah Rp. 300.000,- per malamnya.

Kuliner Khas Ampelgading

Banyak sekali tempat kuliner enak yang dapat kamu kunjungu saat berada di Ampelgading, Malang, diantaranya :

  • Soto dan Ayam Goreng Pak darji yang terletak di Jl. Ahmad Yani Comal Pemalang Jateng
  • Warung Kiwil Bodeh terletak di Bodeh Jateng
  • Kebun Bambu yang berada di Jl.A Yani 77 Comal Pemalang Jateng
  • Warung Sate Mbak Zul terletak di Kesesi Pekalongan
  • WM Om Warno di Sikuang

Tips Wisata Saat Mengunjungi Coban Pancawarna

Untuk kamu yang akan mengunjungi Coban Pancawarna alangkah baiknya jika kamu simak tips berikut ini:

  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk melakukan perjalanan yang jauh dan curam.
  • Bawalah makan dan minum yang cukup untuk bekal diperjalanan.
  • Pastikan kondisi kamu sedang prima.
  • Perhatikan cuacanya, pastikan cuaca sedang cerah dan tidak dalam keadaan mendung apalagi turun hujan.
  • Berhati-hatilah saat menyusuri jalan setapak menuju Coban Pancawarna.
  • Jagalah kebersihan dan keindahan alam Coban Pancawarna.

Penutup

Alam selalu mempunyai cara untuk membangkitkan semangat manusia yang sudah lelah. Keindahan alam memang selalu tiada duanya. Tidak ada yang bisa menandingi cipataan sang Pencipta.

Cara menikmati air terjun memang selalu tidaklah mudah, kita harus bersusah payah terlebih dahulu untuk dapat menikmatinya. Namun perjuangan yang dilakukan sebanding dengan keindahan yang didapatkan.

Coban Pancawarna merupakan keindahan alam yang Tuhan anugrahkan untuk masyarakat Malang, meskipun letaknya tersembunyi dan akses menuju air terjunnya dibilang masih sulit. Namun keindahan alamnya telah membayar lunas semuanya.

Jagalah selalu keindahan dan keasrian dari Coban Pancawarna, dengan begitu kita akan selalu dapat menikmati keindahannya sampai kapan pun. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat di Coban Pancawarna, ya!

Baca juga:

Leave a Comment