Curug Cigayor, 3 Air Terjun Cantik Dalam 1 Kawasan Di Pangandaran

|

Curug Cigayor adalah sebuah air terjun yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran, yang memiliki 3 air terjun dalam 1 kawasan yang sama.

Curug Cigayor Pangandaran masih belum dikelola secara baik, sehingga jalur trekking, hingga fasilitas wisatanya masih sangat minim. Bahkan bisa dibilang masih natural, belum ada sentuhan kreasi tangan manusia.

Meskipun begitu, nyatanya Curug Cigayor selalu dikunjungi oleh muda-mudi, atau mereka yang suka dengan dunia petualangan. Alasan kuatnya, tentu saja view air terjunnya yang begitu menggoda.

suasana sekitar yang masih alami
suasana sekitar yang masih alami. google maps. sumber: Usaha ripuh

Dan secara pribadi, saya sangat yakin bahwa setiap tempat yang memiliki potensi wisata di Pangandaran akan ditata secara baik, mengingat sektor pariwisata merupakan sektor andalan Kabupaten Pangandaran.

Anggaran penataannya sebetulnya terdapat beberapa opsi, bisa swadaya masyarakat, atau melalui anggaran Dana Desa, atau APBD Kabupaten. Yang paling penting adalah konsep dasar dari hulu ke hilirnya sudah ok.

Lokasi Dan Alamat Curug Cigayor

Lokasi Curug Cigayor berada di alamat Kp. Sirnagalih, Desa Limusgede, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cigayor

Akses jalan menuju Curug Cigayor Pangandaran bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga ke sebuah tempat yang sering dijadikan area parkir yang tidak resmi di pinggir jalan.

Jika perjalanan anda dimulai dari Pantai Pangandaran, maka jarak tempuh menuju Curug Cigayor sekitar 40 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

keadaan dimana airnya surut
keadaan dimana airnya surut. google maps. sumber: AFR Project

simak juga: cagar alam pangandaran

Trekking Menuju Curug Cigayor

Pada dasarnya trekking menuju Curug Cigayor Pangandaran tidak susah, dan tidak terlalu jauh. Hanya saja tempat tersebut masih belum dikelola secara resmi, maka jalur trekkingnya belum tertata, dan terarah.

Bahkan, bagi orang yang belum pernah datang bisa jadi akan sedikit bingung, meskipun jarak trekkingnya cukup dekat dari tempat parkiran.

Harga Tiket Masuk Curug Cigayor

Tiket masuk Curug Cigayor gratis.

Jam Buka Curug Cigayor

Sampai saat ini, belum ada keputusan resmi terkait jam operasional Curug Cigayor Pangandaran. Tetapi karena minimnya fasilitas wisata di area tersebut, sehingga saat sore tiba, para pengunjung sudah kembali pulang.

eksplor curug cigayor
eksplor curug cigayor. google maps. sumber: atet awiy berdesa

simak juga: curug luhur pangandaran

Fasilitas Di Curug Cigayor

Fasilitas wisata di Curug Cigayor Pangandaran masih sangat minim, termasuk warung yang berjualan. Oleh karena itu, persiapkan perbekalan sebelumnya ya…

Karakteristik Air Terjun

Sebelum kita masuk ke poin daya tarik, penulis ingin menyampaikan terlebih dahulu sebuah pengetahuan tentang karakteristik wisata air terjun.

Hal itu dirasa perlu, karena berdampak terhadap keselamatan, kepuasan wisata, serta view air terjun yang terkadang tidak sesuai harapan.

Secara garis besar, karakteristik air terjun dibagi menjadi dua, jika mengacu kepada sumber airnya. Yaitu:

  • Mata Air Langsung

Sebuah air terjun yang airnya bersumber dari mata air langsung, terutama di dekat kawasan tersebut, maka kondisi airnya akan cenderung statis, deras air yang turun tidak terpengaruh oleh musim.

Sehingga view air terjunnya cenderung tidak berubah-ubah. Bahkan kejernihan airnya juga cukup terjaga baik.

tempat wisata yang masih alami
tempat wisata yang masih alami. google maps. sumber: Wawan Kuswandi

simak juga: wonder hill jojogan

  • Bersumber Dari Aliran Sungai

Nah rata-rata objek wisata air terjun, kebanyakan air yang turun bersumber dari aliran sungai yang ada di atasnya. Sehingga deras dan tidaknya sangat dipengaruhi oleh musim.

Jika musim hujan, maka airnya sangat deras, sehingga sangat berbahaya untuk berenang di area kolam utamanya. Tetapi view air terjunnya menjadi semakin oke, karena pesona air yang turun menjadi dramatis.

Sebaliknya, jika musim kemarau, air yang turun sangat sedikit, sehingga kurang oke untuk dijadikan latar foto. Tetapi, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas wisata di sekitarnya.

Dan Curug Cigayor Pangandaran termasuk ke dalam air terjun yang mata airnya bersumber dari sungai yang ada di atasnya.

Daya Tarik Curug Cigayor

1. 3 Air Terjun Dalam 1 Kawasan

aliran airnya tergantung musim
aliran airnya tergantung musim. google maps. sumber: Undung supriadi

simak juga: curug bojong pangandaran

Daya tarik yang utama dari Curug Cigayor adalah terdapat 3 buah air terjun, dalam satu kawasan yang sama. 2 curug besar, dan satu curug kecil.

Curug Cigayor tidak terlalu tinggi, dan saat musim hujan view air terjunnya menjadi semakin oke. Karena debit air yang turun sangat deras.

2. Area Kolam Utama

bersantai di kolam utamanya
bersantai di kolam utamanya. google maps. sumber: Budi Yanto

simak juga: curug jebulan pangandaran

Daya tarik selanjutnya dari Curug Cigayor Pangandaran adalah area kolam utamanya yang panjang, dan setelahnya langsung mengalir ke sungai.

Saat musim hujan, terutama saat airnya sangat deras, saya pikir cukup berbahaya untuk bermain di area kolam utamanya. Tetapi, saat debit airnya berkurang, maka menjadi spot yang seru untuk hunting foto, maupun bermain air.

Yang penting, dimanapun, dan kapanpun objek wisatanya, selalu utamakan keselamatan, dan selalu menjaga kebersihan, dan kelestarian alam.

Ingatlah, “Sampahmu, adalah Dosamu”.