Wonder Hill Jojogan, Eksplor Alam Pangandaran

|

Wonder Hill Jojogan dapat menjadi tujuan berwisata ketika berada di Pangandaran, alam dari Pangandaran sendiri terkenal masih sangat asri.

Wisata di Pangandaran bukan hanya terkenal akan berwisata di pantainya saja, melainkan terkenal juga akan kegiatan body rafting. Banyak sekali tempat wisata di Pangandaran yang memfasilitasi kegiatan tersebut, salah satunya ialah di Wonder Hill Jojogan.

wonder hill jojogan
wonder hill jojogan. google maps. sumber: Konda Ruskonda

simak juga: ciwayang body rafting

Ketika berada di Wonder Hill Jojogan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih hijau dan asri. Karena berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, yang biasa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahan pemandangan.

Tempat wisata di Pangandaran sempat ditutup untuk umum beberapa bulan ke belakang, saat ini menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022, Pemerintah Daerah Pangandaran mewajibkan seluruh wisatawan yang datang sudah divaksin.

Dan wajib menunjukkan buktinya dengan memberikan kartu vaksin atau melalui aplikasi pedulilindungi. Selain itu diharuskan mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Lokasi dan Alamat Wonder Hill Jojogan

Lokasi Wonder Hill Jojogan beralamat di Dusun Gunung Tiga, Desa Cintaratu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

eksplor alam pangandaran
eksplor alam pangandaran. google maps. sumber: saleh udin

simak juga: alam sari wates adventure

Rute Menuju Wonder Hill Jojogan

Rute menuju Wonder Hill Jojogan menempuh jarak sekitar 24 km dengan waktu tempuh 45 menit berkendara jika bergerak dari pusat kota Pangandaran.

Jika hendak menggunakan bus, kamu dapat naik bis jurusan Cijulang/Cigugur lalu turun di pertigaan Panyingkiran, Cibenda, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ojeg menuju Wonder Hill Jojogan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dengan mengarahkan kendaraan menuju Pangandaran, lalu dilanjutkan hingga ke Desa Cibenda. Belok kanan di pertigaan Panyingkiran, terus saja lurus.

Ketika berada di pertigaan jalan, belok ke kiri menuju Dusun Sukamanah. Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk arah, yang mengarahkanmu menuju Wonder Hill Jojogan.

Harga Tiket Masuk Wonder Hill Jojogan

Tiket masuk Wonder Hill Jojogan tidak ada, tetapi kamu harus membayar parkir kendaraan dengan besaran:

  • Tiket kendaraan roda dua membayar RP. 15,000,-
  • Tiket masuk untuk kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp. 40,000,-

Sedangkan untuk bermain River Tubing, Body Rafting, atau Jeep Off-road, wisatawan perlu membayar biaya tambahan.

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: Andi Candra Bayu

simak juga: curug luhur pangandaran

Jam Buka Wonder Hill Jojogan

Jam operasional Wonder Jojogan Hill dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, dan dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan untuk kamu yang ingin camping di sekitar Wonder Hill Jojogan terbuka selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari.

Fasilitas Wonder Hill Jojogan

Fasilitas wisata di Wonder Hill Jojogan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Kamar Ganti,
  • Gazebo,
  • Alat Body Rafting,
  • Spot Foto,
  • Camping Ground,
  • Masih banyak lainnya.

Daya Tarik Wonder Hill Jojogan

Daya tarik dari Wonder Hill Jojogan Pangandaran dapat membuat wisatawan yang datang merasa betah, dan juga dapat menikmati setiap momen yang tercipta.

panorama alam yang indah
panorama alam yang indah. google maps. sumber: Osmond

simak juga: pasir pataya

1. Paronama Keindahan Kebun dan Taman

Telah disebutkan di awal bahwa Wonder Hill Jojogan Pangandaran berada di ketinggian yang cukup dapat menyaksikan panorama keindahan alam yang menenangkan.

Untuk dapat menikmatinya, terdapat salah satu spot wisata yang bernama Taman Farikota atau Farikota Heaven Side. Spot tersebut menjadi tujuan utama pengunjung yang hendak mengambil beberapa gambar.

Dengan keindahan yang ditampilkannya, banyak pengunjung yang menjuluki Wonder Hill Jojogan dengan sebutan surga kecil. Ada pula yang menyebutnya dengan julukan negeri di atas awan.

2. Ragam Wisata Seru

ragam wisata seru
ragam wisata seru. google maps. sumber: dheonz blue

simak juga: curug cimanintin

Setelah puas menikmati keindahan alam dari ketinggian, kamu harus banget mengikuti ragam wisata seru yang disediakan pengelola. Beberapa diantaranya:

  • River Tubing,
  • Body Rafting,

Keseruan River Tubing dan Body Rafting yang paling digemari wisatawan yang datang ke Wonder Jojogan Hill Pangandaran. Dimana kamu dapat bermain air dengan cara yang seru dan sedikit memacu adrenalin.

Sebelumnya kamu akan diberikan jaket pelampung, dan tentu saja akan ditemani dengan seorang guide yang akan memberikan keseruan-keseruan dalam bermain air.

Untuk melakukan beberapa ragam wisata di atas, kamu harus membayar biaya tambahan dengan rincian sebagai berikut:

  • River Tubing, berkisar antara Rp. 140.000,- hingga Rp. 150.000,- per orang
  • Body Rafting, dengan harga sebesar Rp. 100.000,- per orang

3. Air Terjun Jojogan

air terjun jojogan
air terjun jojogan. google maps. sumber: Andi Candra Bayu

simak juga: situ sanghyang

Daya tarik selanjutnya dari Wonder Hill Jojogan ialah Air Terjun Jojogan, yang memiliki bentuk berundak dan cukup tinggi. Terlihat sangat menawan dan indah banget, bener-bener kayak di nirwana.

Air yang mengalir cukup deras dan juga bersih. Kamu dapat naik ke bagian yang diinginkan, dengan naik melalui tangga yang terdapat di samping air terjun. Banyak juga pengunjung yang berenang-renang di bawah aliran air terjunnya.