Ciwayang Body Rafting, Menyusuri Sungai yang Indah dan Eksotis di Pangandaran

|

Ciwayang Body Rafting adalah pilihan lain ketika hendak melakukan aktivitas seru papalidan atau bahasa kerennya body rafting. Setelah sebelumnya kita bahas mengenai tempat body rafting lainnya, yakni di Sungai Citumang.

Yang membedakannya ialah ketika berada di Ciwayang jalur sungainya berada di antara tebing batu yang cukup menjulang tinggi, dan terlihat masih sangat alami.

Ciwayang Body Rafting ini menyuguhkan petualangan yang sangat seru, dimana kamu akan menyusuri alur sungai dengan arus yang cukup kencang. Bahkan katanya semi ekstrim yang pas banget untuk kamu yang menyukai tantangan.

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Dhany Mulya

simak juga: citumang

FYI, Sungai Ciwayang ini merupakan aliran sungai yang mengalir terus ke Green Canyon. Jika dibandingkan view hampir sama yakni terdiri dari bebatuan tebing di kiri dan kanannya.

Jika hendak menghabiskan waktu dan seru-seruan bersama di Ciwayang Body Rafting, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Berikut ulasan singkat tentang Ciwayang Body Rafting, sebagai bahan rujukan ketika hendak berlibur dengan tantangan di Pangandaran, Jawa Barat.

Lokasi dan Alamat Ciwayang Body Rafting

Lokasi Ciwayang Body Rafting beralamat di Dusun Cikoranji, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Rute Ciwayang Body Rafting

Rute menuju Ciwayang Body Rafting, kamu akan melalui beberapa tempat wisata populer lain sebut saja Pantai Pangandaran. Dengan jarak tempuh apabila dari pusat kota Pangandaran sekitar 27 km, dan estimasi waktunya kira-kira 30 hingga 45 menit.

Untuk memudahkan, kamu dapat menggunakan aplikasi maps atau GPS yang terpasang di android. Sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan lokasi dan jalan menuju Ciwayang Body Rafting.

ciwayang body rafting
ciwayang body rafting. google maps. sumber: Ciwayang Bodyrafting

simak juga: pantai pasir putih pangandaran

Setelah melakukan registrasi, kemudian kamu akan diberikan jaket pelampung lalu diajak untuk pemanasan. Hal tersebut untuk mengurangi cedera ketika bermain body rafting nantinya.

Setelah selesai, kamu harus berjalan kaki untuk menuju area sungai. Dengan pertama-tama menuruni anak tangga yang cukup curam.

Jalan kaki menuju Sungai Ciwayang dari area parkir tidak terlalu jauh, apalagi suasananya nyaman, indah, dan tenang hingga membuat liburan kita lepas dari beban pikiran apapun.

Harga Tiket Masuk Ciwayang Body Rafting

Untuk dapat melakukan body rafting di Ciwayang, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp. 125.000,- hingga Rp. 160.000,- per orang. Dengan maksimal peserta sebanyak 5 orang, dan waktu seru-seruan sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Jam Buka Ciwayang Body Rafting

  • Ciwayang Body Rafting buka dari pukul 07.30 – 16.00.
  • Wisata Ciwayang Body Rafting buka setiap hari.
kegiatan pemanasan
kegiatan pemanasan. google maps. sumber: Rian Ard

simak juga: cagar alam pangandaran

Fasilitas Ciwayang Body Rafting

Fasilitas wisata di Ciwayang Body Rafting adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Gazebo,
  • Alat Body Rafting,
  • Pemandu Lokal,
  • Jasa dokumentasi, atau vlog.

Daya Tarik Ciwayang Body Rafting

1. Sungai yang Indah

sungai yang indah
sungai yang indah. google maps. sumber: Ciwayang Bodyrafting

simak juga: pantai sine

Sungai Ciwayang terlihat masih sangat asri, hal tersebut dapat diketahui dengan masih rindangnya pepohonan di sekitar aliran sungai.

Aliran sungainya tampak tak begitu lebar namun terlihat cukup dalam, sehingga kamu wajib menggunakan jaket pelampung yang diberikan. Warna aliran sungainya berwarna biru kehijau-hijauan, indah banget deh pokoknya.

Tak ketinggalan bebatuan yang menghiasi sungai pun ikut menghiasi Sungai Ciwayang. Pokoknya kamu akan dibuat nggak sabar untuk segera melakukan papalidan atau body rafting di aliran Sungai Ciwayang tersebut.

2. Ragam Wisata Seru Yang Asyik Banget

ragam wisata yang seru banget
ragam wisata yang seru banget. google maps. sumber: CUPEH CIWAYANG BODY RAFTING

simak juga: gunung galunggung

Keseruan yang akan kamu lakukan ketika berada di Ciwayang Bosy Rafting di antaranya:

  • Body rafting atau papalidan,
  • Terjun atau Body Jumping,
  • Menyusuri sungai.

Tentu saja kegiatan body rafting atau papalidan nggak boleh dilewatkan, meski aliran sungainya cukup deras kamu nggak usah khawatir karena akan selalu ditemani oleh pemandu.

Yang nantinya akan selalu mengawasi dan memberikan instruksi ketika kegiatan body rafting dimulai. Seru banget deh pokoknya, dan tentunya memorable kan selalu terkenang sampai kapan pun.

3. Menyusuri Gua dan Air Terjun

salah satu air terjun yang ada
salah satu air terjun yang ada. google maps. sumber: pepedan hills

simak juga: ujung aspal purwakarta

Bukan hanya hiasan tebing batu saja yang di sepanjang aliran Sungai Ciwayang, kamu juga dapat menemukan beberapa goa beberapa diantaranya:

  • Goa Sigay Omon,
  • Goa Karang Bayawak,
  • Goa Jambe Tiwi,

Selain goa-goa di atas, kamu juga akan melewati air terjun yang bernama Air terjun Gupitan. Dijamin harga yang kamu keluarkan untuk seru-seruan di Ciwayang Body Rafting worth it banget deh.

4. Kulineran

Setelah lelah melakukan beberapa ragam wisata di atas, tentunya akan membuat perutmu keroncongan. Nah, ada kuliner khas Ciwayang yang wajib kamu coba, yakni Nasi Jolem. Terus minumnya kelapa muda yang langsung diambil dari pohonnya.

Beuh,,,,,nikmat mana yang kamu dustakan…..