Gua Sinjang Lawang, River Tubing, Dan Berburu Foto Keren Di Pangandaran

|

Gua Sinjang Lawang adalah alternatif pilihan tempat wisata di Pangandaran, yang menyajikan spot river tubing, yang berpadu dengan gua yang memiliki spot yang sangat instagramable.

Gua Sinjang Lawang lokasinya berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti Wisata Citumang, yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Banyaknya ragam wisata di Pangandaran seperti gua, bukit, hutan, dan air terjun, semakin menegaskan bahwa pesona keindahan alam Pangandaran bukan hanya sekedar tentang pantai saja.

Nativeindonesia.com telah menyajikan secara lengkap beragam tempat wisata tersebut, dari mulai pantai, cagar alam, gua, hingga air terjun, sebagai referensi awal melengkapi rencana liburan anda bersama keluarga di akhir pekan.

Lokasi Dan Alamat Gua Sinjang Lawang

Lokasi Gua Sinjang Lawang terletak satu arah dengan objek wisata Citumang Pangandaran, dan terletak di aliran Sungai Cijulang.

Alamat Gua Sinjang Lawang berada di Dusun Parinengan, Desa Jatimulya, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Gua Sinjang Lawang Pangandaran

Jika perjalanan anda dimulai dari objek wisata Citumang Pangandaran, maka jarak tempuhnya sekitar 12 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menitan.

Akses jalan menuju Gua Sinjang Lawang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Hanya saja kendaraan roda empat seperti mobil bus belum bisa masuk ke area tersebut.

seru seruan di gua sinjang lawang
seru seruan di gua sinjang lawang. google maps. sumber: alam pangandaran

simak juga: cagar alam pangandaran

Harga Tiket Masuk Gua Sinjang Lawang

Tiket masuk Gua Sinjang Lawang biasanya tersaji dalam pilihan paket wisata, yang berkisar Rp. 150.000. paket wisata tersebut meliputi:

  • Jasa pemandu wisata,
  • Ban,
  • Pelampung,
  • Paket makan,
  • Jasa dokumentasi.

Jam Buka Gua Sinjang Lawang

  • Gua Sinjang Lawang buka dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Gua Sinjang Lawang beroperasional setiap hari.
liburan seru di sinjang lawang
liburan seru di sinjang lawang. google maps. sumber: Yudi Nyereset

simak juga: ciwayang body rafting

Fasilitas Gua Sinjang Lawang

Fasilitas wisata di Gua Sinjang Lawang Pangandaran adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Warung,
  • Jasa pemandu wisata,
  • Tim keamanan,
  • Peralatan river tubing.

Sejarah Gua Sinjang Lawang Pangandaran

Sejarah Gua Sinjang Lawang sebagai sebuah objek wisata dimulai pada tahun 2014 yang lalu. Adapun sejarah penamaan Gua Sinjang Lawang mengacu kepada bentuk mulut goa.

Bentuk mulut, dan dinding goanya menyerupai ukiran batik, atau sinjang, atau samping. Sementara kata lawang berati sebuah gerbang masuk.

river tubing
river tubing. google maps. sumber: Yudi Saryudi

simak juga: curug bojong pangandaran

Daya Tarik Gua Sinjang Lawang

1. River Tubing

Salah-satu data tarik dari wisata Gua Sinjang Lawang Pangandaran adalah tersedianya spot river tubing, menyusuri aliran Sungai Cijulang, atau Cisitu.

River tubing tersebut akan terus didampingi oleh tim khusus, serta akan dilengkapi dengan peralatan keamanan, seperti pelampung, dan ban.

Trek river tubingnya cukup panjang, dan warna airnya menghadirkan gradasi warna hijau toska, dan warna kebiru-biruan. Sehingga, trek tersebut bisa juga dijadikan spot untuk selfie.

simak juga: wanakula camp

2. Goa Instagramable

Daya tarik selanjutnya, tentu saja keberadaan Gua Sinjang Lawang, sebagai gua yang menyajikan sebuah spot instagramable yang alami. Sebuah orkestrasi alam, berupa sinar matahari yang menembus ke lubang yang ada di atas gua tersebut.

Gua Sinjang Lawang Pangandaran memiliki panjang 500 meter. Dan cara untuk bisa masuk ke dalam gua tersebut, include dengan jalur trek river tubing.

Kedalaman airnya bervariatif, dari mulai yang dangkal, hingga yang paling dalam, sekitar 3 meteran. Selama di dalam goapun akan terus didampingi oleh tim khusus.

gua sinjang lawang
gua sinjang lawang. google maps, sumber: alam pangandaran

simak juga: pantai sine

Nah, nanti saat di dalam gua terdapat sebuah dinding gua, sebagai lokasi terbaik untuk hunting foto yang keren. Biasanya, waktu terbaik di lokasi tersebut dari jam 09.00 – 10.00 pagi.

Sinar mataharipun masuk dari sebuah lubang yang ada di atas, menyajikan sebuah cahaya yang dramatis, dan menghasilkan sebuah momen yang sangat indah.

Para pengunjung diharapkan untuk selalu berhati-hati, serta selalu mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh tim pemandu wisata ya…