Curug Luhur Pangandaran, Air Terjun Megah, Dan Instagramable

|

Curug Luhur Pangandaran semakin melengkapi khazanah wisata Pangandaran, sehingga saat wisatawan datang ke Kabupaten Pangandaran, banyak alternatif tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Curug Luhur Pangandaran memiliki view air terjun yang megah, dan sangat keren untuk dijadikan latar foto selfie. Hanya saja, perlu perjuangan untuk bisa sampai di lokasi utama curug tersebut.

curug luhur pangandaran
curug luhur pangandaran. google maps. sumber: Ngubek Ngubek Indonesia

simak juga: curug luhur bogor

Sebelum kita lanjutkan pembahasannya, perlu diketahui bahwa nama Curug Luhur bukan hanya di Pangandaran saja. Di beberapa daerah juga ada objek wisata dengan nama yang sama, salah satunya Curug Luhur yang ada di Bogor.

Curug Luhur Pangandaran adalah objek wisata yang masih terbilang baru. Sehingga masih sangat minim dari sisi fasilitas, serta belum ada kreasi lainnya, seperti spot selfie.

Meskipun begitu, Curug Luhur Pangandaran tetap mampu memikat mata yang memandang, dan mengundang rasa penasaran pengunjung untuk datang ke curug tersebut.

Lokasi Dan Alamat Curug Luhur Pangandaran

  • Lokasi Curug Luhur Pangandaran terletak di ujung aliran Sungai Cicepok.
  • Alamat Curug Luhur Pangandaran berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.
airnya langsung mengalir
airnya langsung mengalir. google maps. sumber: Ngubek Ngubek Indonesia

simak juga: kuya maranggi waterpark

Rute Menuju Curug Luhur Pangandaran

Jika anda berangkat dari Pantai Pangandaran, maka jarak tempuh untuk bisa sampai ke Curug Luhur Pangandaran Langkaplancar sekitar 40 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.

Jalan menuju Curug Luhur Pangandaran bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga area parkir Curug Luhur. Meskipun area pakir tersebut, masih belum menjadi area parkir resmi curug tersebut.

Jalan menuju Curug Luhur Pangandaran sangat menyenangkan. Karena di sepanjang jalannya cukup teduh, banyak pohon-pohon yang melindungi dari sinar matahari, serta jalanannya tidak terlalu ramai.

Trekking Menuju Curug Luhur Pangandaran

Setelah sampai di area parkir, maka lanjutkanlah perjalanan anda menuju lokasi utama Curug Luhur Pangandaran dengan cara berjalan kaki, atau trekking.

Ada baiknya, saat berkunjung ke Curug Luhur ditemani orang yang pernah ke curug tersebut. Dikarenakan jalur trekkingnya masih minim penunjuk jalan.

curug yang megah
curug yang megah. google maps. sumber: dya iganov

simak juga: ciwayang body rafting

Dari area parkir, sebetulnya view Curug Luhur Pangandaran sudah bisa terlihat. Perjalanan awal anda akan turun melalui sebuah area perkebunan, dan jalur trekkingnya dari awal sampai akhir masih berupa lapisan tanah.

Trek selanjutnya cukup datar, dan akan berjalan di samping selokan. Jika anda kebingungan, maka fokus perjalanan anda adalah menuju area sungai yang ada di bawah.

Karena lokasi Curug Luhur Pangandaran berada tepat di titik awal aliran sungai yang ada di bawah tersebut. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan, karena tidak ada warung yang berjualan di lokasi utamanya.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur Pangandaran

Tiket masuk Curug Luhur Pangandaran gratis

aliran airnya tergantung musim
aliran airnya tergantung musim. google maps. sumber: UDAR1DER CHANNEL

Jam Buka Curug Luhur Pangandaran

Karena Curug Luhur Pangandaran belum dikelola secara resmi, maka belum ada keputusan resmi terkait jam operasionalnya.

Fasilitas Di Curug Luhur Pangandaran

Begitupun dengan fasilitas wisata di Curug Luhur Pangandaran masih minim. Semoga saja di tahun selanjutnya mampu tertata secara baik, mengingat besarnya potensi wisata yang ada di kawasan tersebut.

Daya Tarik Curug Luhur Pangandaran

1. Air Terjun Yang Megah

air terjun yang menawan
air terjun yang menawan. google maps. sumber: dya iganov

simak juga: pantai karang nini

Curug Luhur Pangandaran memiliki ketinggian sekitar 70 meter, dan sangat lebar. Curug Luhur Pangandaran masuk ke dalam kategori air terjun yang berundak.

Sumber air Curug Luhur Pangandaran berasal dari sungai Cicepok, sehingga deras dan tidaknya arus air yang turun sangat dipengaruhi oleh musim.

Secara umum, sebetulnya menjadi dilema jika sebuah objek wisata air terjun, mata airnya bersumber dari sungai, dan di sisi lain jalur trekkingnya masih berupa tanah, belum dicor.

Dilemanya adalah, ketika musim hujan jalur trekkingnya akan licin. Tetapi view yang tersaji dari sebuah air terjun akan lebih spektakuler.

Jika di musim kemarau, jalur trekkingnya tidak licin. Tetapi arus air, atau view air terjunnya kurang dramatis, karena air yang turun cukup kecil.

Benang merahnya adalah selalu memprioritaskan sisi keselamatan dalam berwisata. Begitupun saat berkunjung ke Curug Luhur Pangandaran.

2. Alam Sekitar

alam di sekitarnya masih asri
alam di sekitarnya masih asri. google maps. sumber: Didit Burhansyah

simak juga: cagar alam pangandaran

Daya tarik selanjutnya dari Curug Luhur Pangandaran adalah view alam sekitar yang masih asri. Adapun kolam utamanya tidak ada. Karena airnya mengalir langsung ke sungai.

Terdapat batuan besar di dekat air terjun tersebut, sehingga bisa dijadikan tempat duduk sambil menikmati keindahan Curug Luhur Pangandaran.

Jika cuaca mulai mendung, saya sarankan untuk segera naik meninggalkan lokasi utama Curug Luhur Pangandaran ya…